3/23/2015

Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi


Tips Kesahatan - Pada saat sedang mengandung, kesehatan seorang ibu haruslah terus dijaga. Beberapa cara menjaga kehamilan yang dapat dilakukan secara alami adalah dengan mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. karena kesehatan janin dan perkembangan janin dalam kandungan bergantung kepada kondisi si ibu itu sendiri. Saat ibu hamil sedang sakit, atau kekurangan nutrisi, maka hal ini juga akan berdampak pada janin yang sedang dikandungnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal dibawah ini selama masa kehamilan.

Jenis makanan yang dikonsumsi

Saat sedang hamil, seorang ibu hami hendaknya mengkonsumsi beraneka macam jenis makanan yang memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan pada masa kehamilan. Akan tetapi, bagi ibu hamil bukan porsi makan yang harus banyak dengan beranggapan bahwa makanan yang sedang dimakan untuk dua orang. Ini merupakan sebuah anggapan yang keliru. Bukan jumlah makanan yang sebenarnya dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan, akan tetapi nutrisi yang mereka serap dari hasil apa yang telah si ibu makan. Jika anda khawatir, bukan makan dengan jumlah banyak yang menjadi solusi, akan tetapi makanlah dengan porsi yang cukup, penuh nutrisi dengan intensitas yang lebih sering.



Menu makan ibu hamil

Seorang ibu hamil pada dasarnya tidak perlu secara ketat mengatur pola makan khusus. Jika langkah diatas sudah dipenuhi, yaitu dengan mengkonsumsi beraneka ragam jenis makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan setiap harinya. Akan tetapi berbeda bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Mungkin kontrol menu makan diperlukan demi kesehatan keduanya. Jadi pada dasarnya yang menjadi kunci utama kesehatan bayi dan ibu hami adalah nutrisi yang cukup selama masa kehamilan.

Kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan dapat dipenuhi dengan beberapa jenis makanan dan mineral dibawah ini.

Kecukupan air meniral

Unsur terpenting yang terkandung didalam tubuh setiap orang adalah cairan. Cairan dalam tubuh berfungsi untuk proses metabolisme dan semua sistem kerja tubuh agar dapat berjalan dengan stabil. Cairan yang memiliki banyak mineral adalah cairan yang paling bagus dalam hal mengantarkan nutrisi keseluruh tubuh dari hasil pengolahan makanan yang dimakan pada masa kehamilan. Kekurangan cairan atau kurang minum air pada masa kehamilan dapat menyebabkan prematur pada bayi. Minum cukup air juga dapat mencegah hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih.

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil disarankan untuk terus menjaga cairan dalam tubuhnya. Kurang lebih sebanyak 2,5 liter air dalam sehari yang disarankan untuk selalu ibu hamil penuhi. Cairan mineral ini bukan semata dari air minum saja, akan tetapi cairan mineral ini berasal dari makanan yang memiliki kadar air yang tinggi. Perlu menjadi perhatian bagi ibu hamil untuk tidak mengganti mineral alami dengan mineral olahan pabrik, misal dengan membeli jus kaleng atau yang sejenisnya yang memiliki kadar gula tinggi akan dapat menyebabkan hipertensi bahkan dapat menaikkan berat badan atau obesitas.

Baca juga: Hipertensi pada kehamilan

Sayur-sayuran dan buah-buahan

Bukan hanya pada masa kehamilan, buah dan sayuran merupakan sebuah komponen utama dalam menu keseharian baik itu ibu hamil maupun yang tidak. Untuk ibu hamil, selama masa kehamilan disarankan untuk terus mengkonsumsi sedikitnya lima jenis sayur dan buah dalam setiap menu makannya, dan berbeda menu di hari berikutnya. Diharapkan dari beraneka ragam menu yang dikonsumsi, ibu hamil akan mendapatkan beraka ragam pula vitamin, mineral dan serat yang masuk ke dalam tubuh. Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh ibu hamil ketika pada masa kehamilannya gemar mengkonsumsi beraneka ragam sayuran salah satunya adalah untuk menguatkan janin dalam kandungan. Sebagai saran, berikut beberapa buah yang dapat anda gunakan sebagai menu makan harian:

Avokado
Kandungan avokado yang kaya akan vitamin dan serat ini sangat bagus sekali bagi ibu hamil. Kandungan asam lemak tak jenuh juga sangat bagus untuk kesehatan janin. Mengenai apa saja manfaat dari alpukat, bisa anda baca pada artikel tentang manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh
Brokoli
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, brokoli juga dapat menjadi detox untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat menjadi racun dalam tubuh.
Kacang merah (Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh)
Kacang tanah mengandung vitamin B yang cukup bayak. Vitamin B dalam tubuh memiliki peranan yang erat kaitannya dengan fungsi sel-sel otak. Dengan kecukupan vitamin b dalam tubuh, maka saraf-saraf otak dapat terjaga sehingga meningkatkan fungsi kerja sel otak dan juga meningkatkan kognitif bagi yang mengkonsumsinya. Selebihnya dapat anda baca pada artikel tentang bagaimana Menjaga kesehatan otak
Pisang
Kandungan potasium dan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme tubuh. Untuk mengetahui fungsi pisang bagi tubuh dapat anda baca pada artikel Khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh.
Kacang edamame
Kandungan asam folat pada kacang edamame, zat besi, kalsium, vitamin a dan b ini sangat menyehatkan, sehingga makan ini dapat dijadikan sebagai alternatif cemilan bagi ibu hamil
Apel
kandungan vitamin C yang banyak pada 1 buah apel dan juga serat ini dapat mencegah sembelit yang kemungkinan dapat terjadi pada ibu hamil serta juga dapat menurunkan kandungan lemak atau kolesterol dalam tubuh.
Wortel, 
Sayur wortel yang kaya akan vitamin A ini sangat berperan penting bagi pembentukan mata pada janin juga bagi ibu hamil itu sendiri
Dengan memvariasikan makanan Anda, Anda dapat memaksimalkan nutrisi yang diterima tubuh dan bayi Anda.

Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

Makanan yang kaya akan protein juga sangat penting bagi pertumbuhan janin. Pada masa enam bulan pertama, pemenuhan protein sangat penting sekali. Apabila anda sedang dalam masa 0-6 bulan hamil, mungkin anda dapat memprogram menu harian anda dengan menu-menu dibawah ini

Daging ayam, pilihlah ayam kampung dan buanglah seluruh kulitnya ambilah dagingnya saja karena ayam kampung dipercaya rendah lemak. Dan kalau bisa pilihlah hanya bagian dadanya saja.Proten pada ayam berperan penting dalam pembentukan janin, otot, dan kelancaran metabolisme tubuh.

Daging sapi, Protein pada sapi berperan untuk pembentukan struktur tulang serta juga untuk membangun sistem kekebalan tubuh janin selain itu juga dapat menghindari resiko kelahiran prematur.

Telur, Telur yang kaya akan protein, lemak, kolin dan omega 3 juga sangat bagus apabila dijadikan sebagai menu harian. kandungan gizi dalam telur tersebut berpan untuk perkembangan otak dan pengelihatan calon bayi.

Tuna, Kaya omega 3 yang penting untuk pembentukan otak janin. pilihlah tuna segar untuk menghindari obat pengawet yang biasanya sering digunakan, dan jangan pilih yang sudah diasap.

Salmon, Kandungan DHA pada salmon juga berperan untuk perkembangan otak janin. Dalam daging ikan salmon juga terdapat omega 3 yang membuat kesehatan otak janin menjadi lebih cerdas nantinya.

Beberapa makanan tersebut diatas tidak semata-mata harus menjadi menu makanan ibu hamil tiap harinya. Butuh penyeleksian dari beberapa jenis makanan yang mengandung protein diatas. Beberapa ikan terkadang mengandung merkuri yang cukup tinggi yang dapat menimbulkan resiko kanker pada ibu hamil maupun pada janin yang sedang berada dalam kandungan. Meskipun salmon bisa dimakan mentah-mentah, namun bagi ibu hamil sebaiknya menghindari makanan yang dimakan sebelum diolah khususnya bagi hewan atau ikan. 

Selalu memilih makanan laut yang segar adalah cara utama menjaga kesehatan janin, karena seperti kita ketahui, hasil tangkapan laut yang tidak langsung diolah atau laku seringkali diberi perlakuan agar ikan tersebut terlihat masih segar dan terkadang mereka juga menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi ibu hamil.

Artikel yang disarankan untuk menambah wawasan mengenai kehamilan
1. Tips Menjaga Agar Janin sehan dan kuat dalam kandungan
2. Tanda Bahaya yang Harus Diwaspadai Oleh Ibu Hamil
3. Makanan yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hami
4. Tips Agar Bayi Selalu Sehat di Dalam Kandungan