3/09/2015

Manfaat Scrub Bagi Tubuh

Scrub Bagi Tubuh Sesuai 


Firdaus45 - Tampil cantik dan tampan adalah idaman bagi semua orang. Wajah terlihat putih bersinar menjadi prioritas seseorang dalam menjaga penampilan tubuh agar tetap menarik. Bagi kebanyakan orang, mencuci wajah dengan sabun mampu membersihkan tuntas kotoran pada wajah. Padahal sebenarnya dengan sabun saja belum cukup. 

Jessica Wu, MD, ahli kulit dari Los Angeles, merekomendasikan penggunaan scrub pada wajah. Kebanyakan orang menggunakan scrub yang mengandung almond atau kenari. Namun, Dr Wu memperingatkan scrub almond memiliki bentuk yang bergerigi sehingga bisa menggali pori kulit serta cenderung mengakibatkan gatal dan iritasi pada kulit sensitif.

"Hati-hati untuk penggunaan scrub mengandung almond. Untuk kulit berjerawat, oatmeal sangat lembut dan mengandung senyawa alami yang membantu melarutkan minyak," kata Dr Wu.



Untuk itu mengetahui jenis kulit sangat diperlukan sebelum memilih jenis scrub yang akan digunakan pada kulit. Berikut ini kegunaan scrub yang tepat bagi jenis kulit Anda.

1. Scrub untuk jenis kulit yang normal. Kulit yang normal bila menggunakan scrub yang mengandung pepaya, hasilnya akan terlihat cerah setelah penggunaan. Enzim-enzim yang terkandung didalamnya akan mampu menghapus sel kulit mati yang membuat wajah tampak kusam dan lebih tua. Penggunaan ini sebaiknya dilakukan tiga kali dalam satu minggu sampai dirasa kulit benar-benar bersih. Jika tidak ada iritasi yang serius, bisa dilakukan berulang-ulang namun tetap mempertimbangkan jarak penggunaan agar kulit wajah tidak menjadi tipis.

2. Scrub untuk kulit kering. Bila anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit kering, ada baiknya bila mencari atau menggunakan scrub yang mengandung almond dan zaitun. Kacang almond dan minyak zaitun jika digunakan dan dioleskan pada kulit, keduanya akan menciptakan minyak alami pada kulit sehingga membuat kulit anda lembut dan tidak kering.

3. Scrub untuk kulit berminyak. Jika anda memiliki jenis kulit yang berminyak, coba anda gunakan scrub yang mengandung asam salsilat. Orang yang memiliki jenis kulit berminyak, biasanya pada wajah terdapat banyak pori-pori yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan kulit normal. Penggunaan scrub yang mengandung asam salsilat ini ditujukan agar terjadi pengurangan minyak berlebih pada wajah. 

4. Sedang pemilihan scrub untuk jenis kulit yang sensitif, sebaiknya hindari pemilihan scrub yang memiliki kandungan partikel kasar. Untuk kulit yang sensitif lebih baik menggunakan scrub dengan butiran halus dan sebaiknya lakukan dalam jangka waktu satu kali dalam seminggu.

Tips Menggunakan Scrub Yang Baik Dan Benar

Setelah mengetahui jenis scrub apa yang cocok untuk tubuh anda, selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah bagaimana cara menggunakan scrub yang baik dan benar supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal. Scrub adalah sebuah teknik yang bertujuan untuk mengelupaskan atau menghilangkan kulit mati yang tidak dapat rontok, baik yang terdapat pada tubuh maupun pada wajah. Metode scrub merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memperoleh kecantikan. Dengan menggunkan scrub sebagai perawatan wajah, akan membuat wajah anda menjadi lebih segar karena sirkulasi darah pada wajah menjadi lancar. Kesegaran yang diperoleh disebabkan karena hilangnya kotoran yang menempel pada wajah sehingga membuat wajah anda terlihat lebih bersinar.

Untuk menggunakan scrub, beberapa tips yang mungkin dapat anda perhatikan sebelum menggunakannya pada kulit badan maupun kulit wajah anda diantaranya:

Memperhatikan jenis kulit

Seperti yang sudah disebutkan diatas, mengetahui jenis kulit yang dimiliki adalah modal utama agar anda dapat terlihat lebih cantik.

Pilih produk yang benar

Memilih produk yang benar jelas merupakan sebuah tuntutan yang wajib dilakukan jika anda ingin memiliki kulit wajah yang putih, mulus, cantik dan bersinar. Sangat dianjurkan sekali apabila hendak memiliki produk scrub, usahakan untuk selalu memiliki scrub dengan bahan dasar alami, karena apa saja yang alami akan menghasilkan sesuatu yang tahan lama meskipun proses pengerjaannya juga membutuhkan waktu yang cukup lama juga.

Frekuensi Scrubing

Pada wajah terdapat beberapa lapisan kulit yang halus, dan hal ini tidak sama pada setiap orang, Untuk itu, memhami jenis kulit sangat diperlukan guna mengetahui kondisi kulit sebelum scrubing dilakukan. Berapa lama penggunaan scrub dan berapa kali menggunakannya, ini berdasarkan jenis kulit yang anda miliki. Jika anda salah dalam menentukan hal ini, tidak menutup kemungkinan kulit wajah anda akan menipis dan mudah sekali ditumbuhi jerawat. Oleh karena itu pentingnya memahami jenis kulit yang anda miliki. 

Teknik Scrub yang Tepat

Teknik dalam melakukan scrubing juga berdasarkan jenis kulit yang dimiliki. Jika kulit anda halus, sebaiknya menggunakan scrub dengan butiran halus. Usahakan dalam mengusapnya tidak terlalu menekan kulit anda. Putarlah secara lembut dan perlahan, dan pada saat selesai scrubing, sebaiknya menggunakan handuk yang juga bertekstur halus. 

Jangan salah tempat

Jangan salah tempat disini dimaksudkan pada produk scrub yang harusnya untuk kulit badan jangan anda gunakan untuk wajah anda, karena tekstur kulit badan sangat jauh berbeda dengan kulit wajah anda. Memang pada sebagian orang tidak terjadi masalah dengan hal ini, akan tetapi bagi yang memiliki kulit sensitif, hal ini akan berdampak sangat buruk sekali.

Mudah-mudahan beberapa tips dalam memilih scrub yang cocok untuk kulit diatas dapat membantu anda yang memiliki masalah kulit sensitif.