3/25/2015

Jumlah Porsi Nutrisi Ideal Bagi Tubuh

Jumlah Porsi Nutrisi Ideal Bagi Tubuh

Tips Kesehatan - Dalam mejalankan perannya sebagai organisme kehidupan, tubuh manusia memerlukan bahan bakar untuk dapat terus bekerja sesuai apa yang seharusnya menjadi tugasnya. Akan tetapi tubuh manusia ini sangat jauh berbeda dengan robot atau yang lainnya. Dalam tubuh terdapat berbagai macam organ dan sel yang kesemuanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda dalam fungsinya sebagai organisme yang tergabung menjadi satu yaitu manusia. 

Semua organ dan sel tersebut memiliki menu makan yang berbeda-beda pula dan itu harus selalu dipenuhi agar mereka tidak mati. Karena ada beberapa sel yang memiliki waktu hidup sangat singkat, untuk itu diperlukan beberapa makanan agar dapat meregenerasi sel yang mati tersebut. Apalagi bagi ibu hamil nutrisi memang sangat diperlukan untuk perkembangan janin. Dampak kekurangan gizi saat kehamilan akan membuat si ibu menderita anemia, KEK dan kesulitan pada saat proses persalinan.

Dalam tubuh manusia dikenal sebagai karbohidrat, lemak, vitamin dan nutrisi. Kesemuanya ini merupakan sumber makanan pokok dari setiap organ dan sel yang ada dalam tubuh manusia. Namun pada artikel kali ini saya akan berbagi info tips kesehatan mengenai seberapa banyak Jumlah porsi Nutrisi ideal bagi tubuh. 

Sebelumnya, mari kita pahami dulu apa itu nutrisi? Nutrisi atau yang sering disebut dengan gizi merupakan sebuah substansi organik yang diperlukan sebuah organisme untuk dapat bekerja secara normal dari seluruh sistem tubuh. Pemeliharan, peremajaan seluruh komponen sel memerlukan peran nutrisi agar dapat membuat komponen tersebut sehat (badan yang sehat). Untuk lebih jelasnya, akan saya sampaikan pada artikel berbeda yang membahas mengenai apa itu nutrisi. Namun pada intinya, nutrisi adalah makan utama bagi seluruh komponen sel dalam tubuh.

Ilustrasi Posrsi Nutrisi Ideal


Nah untuk mengetahui seberapa besar yang diperlukan oleh tubuh perharinya, berikut penjelasannya.

Karbohidrat

Para ahli kesehatan sependapat bahwa karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh seseorang. Meskipun pada dasarnya kebutuhan seseorang dalam mengkonsumsi karbohidrat itu berbeda-beda akan tetapi para ahli memberikan sebuah gambaran mengenai hal itu. Dalam kabohidrat itu sendiri, rata-rata tiap 1 gramnya mengandung 4 kalori, sedangkan kebuthan karbohidrat tiap orang untuk menjalankan aktivitasnya membutuhkan kalori sebanyak kurang lebih berkisar dari 1200-2000 kalori dalam satu hari. Dari situ kita dapat mengetahui seberapa banyak karbohidrat yang harus dikonsumsi. Akan tetapi, terkadang timbul pertanyaan Apakah benar gula dalam karbohidrat adalah penyebab kegemukan dan diabetes?


Protein

Proten dalam tubuh memiliki fungsi dan berperan untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, dan memperbaharui sel-sel yang telah mati. Protein juga mampu menghasilkan enzim dan hormon yang berfungsi untuk proses metabolisme tubuh dan juga sebagai sumber energi. Kekurangan protein dalam tubuh akan dapat mengganggu pertumbuhan serta dapat menyebabkan keroposnya tulang dan rambut yang mudah rontok.

Sumber protein dapat diperoleh dari hewan dan tumbuh-tumbuhan. Protein dari keduanya ini memiliki kandungan yang berbeda-beda pula. Protein yang berasal dari hewani, lebih banyak mengandung asam amino yang berperan sangat bagus untuk mencerdaskan otak. Sedangkan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati) lebih banyak pada tumbuhan polong, seperti kacang-kacangan dan sejenisnya.

Protein merupakan komponen kedua yang paling dibutuhkan oleh tubuh,oleh karena itu sangat penting sekali bagi kita untuk selalu memperhatikan kebutuhan protein dalam tubuh tiap harinya. Dalam tubuh seseorang, berat protein berkisar 1/6 dari berat badan seseorang. Sedangkan kebutuhan energi / kalori seseorang berkisar 1 gram untuk setiap 1 kg berat badan, Sedangkan tiap 1 gram protein menghasilkan kurang lebih 4 kalori.

Untuk memperoleh jumlah protein yang maksimal dari setiap makanan yang kita masak, disarankan untuk menghidari memasak makanan dengan suhu yang terlampai tinggi. Karena suhu yang tinggi akan merusak sususan protein yang terkandung dalam makanan yang sedang dimasak. Dan lagi, agar memperoleh hasil protein yang maksimal, hindari juga memasang dengan menggunakan minyak terlalu banyak, lebih disarankan untuk memasak dengan cara di kukus.

Lemak

Meskipun lemak terkadang membuat orang menjadi tidak nyaman, penampilan menjadi tidak menarik, karena lemak dapat membuat seseorang menjadi memiliki berat badan yang berbelih (obesitas). Akan tetapi, lemak merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan tidak mungkin kita menghilangkan lemak dalam tubuh sampai 0%. Dalam tubuh lemak memiliki peran sebagai penghangat tubuh, pengatur suhu tubuh. Selain menghangatkan tubuh, lemak juga berfungsi sebagai cadangan energi saat kita sedang puasa. Lemak juga dapat melindungi organ tubuh. Kandungan lemak yang cukup akan sangat membantu tubuh dalam melarutkan vitamin A, D, E, K dan juga dapat membantu proses metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. 

Satu gram lemak dapat menghasilkan sekitar 90 kalori. Lemak harus dipenuhi sekitar 20%-30% dari total kebutuhan kalori.Seperti halnya protein, lemak juga dibedakan mejadi dua jenis, yaitu lemak baik dan lemak jahat.

Baca juga artikel tentang:

Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

Lemak Baik (Lemak Tak Jenuh)

Lemak jenis ini dapat kita peroleh dari bahan makanan seperti kacang-kacangan, ikan salmon, kenari dan alpukat. Pada lemak tak jenuh ini kandungan asam omega 3 nya cukup tinggi dan berguna untuk memelihara kesehatan jantung. Selain berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung, lemak jenis ini juga dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah da mencegah terjadinya jantung koroner. Untuk memenuhi kebutuhan lemak tak jenuh pada tubuh, coba anda baca artikel mengenai manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh

Lemak Jahat

Lemak jahat juga ada dua jenis, yaitu lemak Jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat). Lemak jenis ini banyak terdapat pada daging, jeroan atau makanan yang digoreng. Konsumsi lemak jahat yang berlebihan akan membuat kadar kolesterol total dan LDL dalam darah meningkat. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyaklit jantung, tekanan darah tinggi dan pemicu diabetes.
Konsumsi lemak dalam sehari tidak boleh melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian dan agar bermanfaat, lemak yang dikonsumsi harus lemak baik (lemak tidak jenuh).

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral ini banyak terdapat pada buah dan sayuran yang alami. Vitamin dan mineral dalam tubuh dapat berfungsi sebagai pengatur dan pendukung berbagai proses yang terjadi dalam tubuh manusia. Pada proses pembentukan energi dan proses metabolisme juga dibutuhkan vitamin. Pada satu porsi buah mennghasilkan sekitar 40 kalori. Disarankan agar setiap hari melakukan konsumsi 5-9 porsi buah. Buah dan sayur juga dapat memberikan serat.

Serat

Serat terutama berfungsi pada proses pencernaan dan menjaga tubuh sehat dengan mengkonsumsi serat pangan. Serat banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan serelia. Beberapa contoh buah dengan serat tinggi adalah pepaya, sirsak, apel dan jeruk. Pada sayuran, serat banyak terdapat pada kacang panjang, brokolim wortel, tauge, dan kangkung dengan kandungan 2-5 gram setiap 100 gram. Pada kacang-kacangan dan serelia, serat yang terkandungnya sebanyak 4-10 gram per 100 gram.

Fungsi utama dari serat antara lain:

  • Melancarkan buang air besar yang akan mencegah terjadinya konstipasi dan wasir.
  • Membuat agar makanan yang tidak terserap di usus dapat segera dikeluarkan sehingga mengurangi kemungkinan terserapnya racun yang terdapat dari sisa makanan yang tidak terserap.
  • Menjaga berat badan tetap ideal karena sifat serat yang dapat mencegah penyerapan lemak dan memberi rasa kenyang yang akan membantu keinginan untuk mengkonsumsi makanan.
  • Menjaga kolesterol dan gula darah pada angka yang stabil. Kestabilan kolesterol dan gula darah dapat mencegah berbagai penyakit yang membahayakan seperti diabetes atau penyakit jantung.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya