3/06/2015

Dampak Buruk Merokok Bagi Tubuh Dan Orang Lain


Dampak Buruk Merokok Bagi Tubuh Dan Orang Lain


Firdaus45 -  Bagi sebagian orang merokok mungkin menjadi trendi gaya hidup. Banyak yang beranggapan bahwa seorang lelaki jika tidak merokok maka dia bukanlah lelaki sejati atau diibaratkan banci. Orang yang beranggapan seperti ini adalah salah satu orang yang paling bodoh. Jika ada yang bilang merokok tidak akan membuat orang mati seketika, ini memang benar adanya. Merokok tidak akan membunuh seseorang seketika saat orang tersebut mulai merokok, akan tetapi secara perlahan orang dengan kebiasaan merokok sedikit demi sedikit akan mengurasi rasa nyaman dalam hidupnya.

Mungkin bagi sebagian orang merokok memiliki beberapa manfaat. Bagi para pecandu rokok, mungkin manfaatnya berlangsung sesaat saja yaitu mereka merasakan ketenangan dan seolah mendapatkan inspirasi dalam hidup. Inspirasi dalam hidup dan ketenangan diri ini menurut saya pribadi datangnya hanya dikarenakan sugesti diri yang menginstruksikan otak untuk menciptakan perasaan nyaman jika sebatang rokok dihisap. Mengenai sugesti mungkin akan coba saya buatkan artikelnya.



Bahaya Rokok Bagi Tubuh


Jika ada yang beranggapan bahwa merokok memiliki beberapa manfaat seperti yang saya sebutkan diatas, sekarang mari kita semua ketahui apa saja bahaya yang terkandung dalam sebatang rokok. Hanya sebatang saja dan setelah itu silahkan anda hitung sendiri berapa bahaya yang akan menyerang tubuh jika seorang pecandu rokok menghabiskan satu bungkus rokok atau bahkan satu slop rokok atau mungkin ada yang mampu menghabiskan satu produksi rokok? ^_^

Bahaya rokok dalam jangka panjang tidak hanya untuk rusaknya paru-paru saja melainkan banyak organ tubuh yang juga terancam bahaya akibat racun yang terkandung dalam sebatang rokok dan asap yang ditimbulkannya. Untuk mengetahui apa saja dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh sebatang rokok bagi organ tubuh, berikut penjelasannya :

Pertama dan yang paling utama adalah kanker paru-paru. Sebagian besar seorang pecandu rokok saya rasa pasti sudah mengetahui dampak yang paling buruk ini, tapi anehnya mereka tak kunjung sadar saja. Mungkin mereka sadar akan tetapi mereka tak menghiraukannya. Hampir sebanyak 80% penderita kanker paru-paru didierita oleh kaum laki-laki dan sebagian kecil kaum perempuan menderika kanker jenis ini. Seorang pria pecandu rokok memiliki resiko terkena kanker paru-paru sebanyak 23 kali dibandingkan dengan wanita. Dari hasil riset mengenai hal ini, jumlah tersebut meningkat sebanyak 24% dibandingkan dengan pria yang bukan perokok. 

Selain kanker paru-paru, bahaya rokok juga dapat mengganggu pernafasan. Gangguan pernafasan adalah ancaman berikutnya yang tidak kalah menyeramkan dengan kanker paru-paru. Bahaya merokok dapat meningkatkan risiko kematian hingga 90% akibat penyakit paru-paru kronis.

Penyakit jantung.
Aterosklerosis atau pergeseran pembuluh darah adalah salah satu dampak akibat kebiasaan merokok. Kondisi ini disebabkan oleh lemak yang yang menumpuk pada arteri, terdapat beberapa lemak dan plak yang menghambat aliran darah dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini penyebab utama penyakit jantung selain penyakit jantung bawaan lahir. Pada kondisi berikutnya jantung dipaksa bekerja lebih keras yang akan menyebabkan angina atau nyeri dada. Selanjutnya jika penyempitan salah satu arteri benar-benar terblokir, maka serangan jantung akan terjadi

Gangguan janin.
Bagi wanita yang menjadi perokok aktif. Maka berhati-hatilah. Tidak hanya organ seperti paru-paru dan jantung. Tapi juga organ reproduksi juga akan terkena dampak merokok. Bagi wanita yang hamil, ini akan berbahaya karena wanita tersebut akan beresiko melahirkan bayi yang cacat atau mengalami gangguan mental.

Diabetes.
Bagi perokok, resiko terkena diabetes juga akan semakin besar. Kebiasaan buruk ini akan memperparah seseorang yang sudah menderita diabetes sebelumnya.

Penyakit mulut.
Mungkin jika merokok tidak menggunakan mulut tidak akan ada dampak seperti ini. Karena merokok menggunakan mulut. Dan ada begitu banyak zat kimia berbahaya dalam rokok yang masuk ke mulut, ini menyebabkan bau pada mulut. Dan ini akan mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Kebutaan
Ini mungkin dampak yang sangat jarang diketahui oleh orang awam, merokok dapat menyebabkan degenerasi makula yaitu gangguan penglihatan pada manula. Hasil penelitian yang diterbitkan oleh 'Archives of Ophthalmology' seorang perokok pada usia lanjut usia mengalami peningkatan kebutaan sebanyak 4 kali.

Penyakit paru
Selain kanker paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit paru-paru seperti Emphysema, Bronchitis chronic dan pneumonia. Penyakit paru-paru akan bertambah buruk seiring dengan bertambahnya usia. Berdasarkan American Cancer Society, Gejala emphysema meningkat bagi penderita dengan usia diatas 40 tahun.

Gigi kuning.
Zat kimia yang terkandung di dalam roko lama kelamaan akan menempel pada gigi dan gusi seseorang sehingga warna gigi akan emnguning dan gusi akan sedikit menghitam.

Impotensi.
Rokok adalah faktor resiko utama penyakit pembuluh darah perifer yang akan mempersempit pembuluh darah pembawa darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah pada alat reproduksi pria kemungkinan dapat terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang berukuran kecil dan dapat mengakibatkan disfungsi impoten.

Demikian artikel ini dibuat. Semoga Anda segera meninggalkan kebiasaan buruk yang satu ini. Bagi pria merokok memang terlihat keren. Tapi percayalah. Sehat lebih mahal dari keren. Selamat beraktifitas tanpa rokok.

Artikel Menarik Lainnya