3/10/2015

Inilah Tips Merawat Kuku Yang Tepat

Cara Merawat Kuku Yang Baik


Fidaus45 - Kuku juga memerlukan perawatan yang benar agar terlihat rapi dan sehat. Bagi kaum wanita kuku adalah salah satu bagian yang penuh dengan estetika. Kuku yang bersih, mengkilap, tidak mudah patah dan cantik, itulah yang selalu diidamkan oleh setiap wanita. Tak jarang sebagian wanita mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk mendapatkan perawatan kuku yang maksimal.

Seringkali kutikula pada kuku yang tidak dibersihkan membuat penampilan sesorang terlihat tidak elok. Kutikula adalah jaringan tipis yang terdapat di sekitar pangkal kuku. Akan ada suara-suara yang akan mengatakan bahwa orang berkuku kotor itu adalah seseorang pemalas. Anda tentu saja tidak menginginkan itu terjadi bukan?

Perawatan kuku yang cepat sudah banyak tersaji di salon-salon kecantikan. Anda hanya perlu datang ke sana dan menyerahkan tugas itu pada petugas salon. Petugas tersebut akan memperlakukan kuku Anda bak seorang putri. Dan terakhir Anda harus mengganti semua itu dengan sejumlah uang.

Jika Anda tak ingin membuang uang, Anda bisa melakukan perawatan kuku secara alami dan terjangkau harganya. Berikut adalah cara merawat kuku secara alami yang murah dan mudah dilakukan.




Potong kuku secara berkala.

Meskipun kebanyakan wanita suka dengan kuku yang panjang. Tapi secara medis, kuku yang terlalu panjang akan memperbesar kemungkinan kotoran-kotoran akan masuk dan bersarang di dalamnya. Anda juga harus memperhatikan pertumbuhan kuku tangan dan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku jari tnagan rata-rata  dalam satu minggu adalah 0,5 – 1,5 mm. Empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku pada jari kaki. Lagipula, Rasulullah juga menyarankan memotong kuku secara berkala.

Bawang putih.

Rempah-rempah yang satu ini selain sangat bermanfaat untuk keperluan dapur terutama digunakan bumbu masakan. Bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kuku. Cara merawat kuku dengan bawang putih terbilang cukup mudah, ambil beberapa siung bawang putih. Iris tipis dan oleskan pada semua kuku jari. Diamkan hingga kering lalu cuci hingga bersih. Jika melakukan perwatan ini secara berkala seminggu dua kali, maka kuku akan lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

Belimbing wuluh.

Ambil dan iris belimbing wuluh. Oleskan merata pada seluruh kuku jari tangan dan jari kaki. Setelah kering, bilas dengan bersih. Manfaat yang didapat dari ritual ini adalah kuku menjadi lebih bersih, kotoran-kotoran di sela-sela kuku akan mudah terangkat. Selain itu kuku juga akan terlihat lebih kuat.

Lidah buaya.

Buah yang satu ini terkenal dalam perawatannya untuk rambut. Namun, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat permukaan kuku menjadi lebih bening dan sehat. Caranya, iris lidah buaya. Ambil gel dan oleskan pada kuku. Tunggu hingga mengering dan bilas menggunakan air bersih.

Getah pepaya.

Sama seperti yang lain. Setelah mengiris pangkal pepaya atau pangkal cabang pepaya. Oleskan pada kuku. Diamkan lalu bilas. Getah pepaya ini bermanfaat untuk membersihkan permukaan kulit agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

Lemon.

Caranya, peras lemon dan ambil airnya. Campur air perasan lemon dengan pasta gigi. Aduk rata dan oleskan pada permukaan kuku. Tunggu hingga kering. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara teratur seminggu sekali. Ini akan bermanfaat untuk mengembalikan warna kuku yang telah kotor. Kuku Anda akan terlihat lebih kinclong daripada sebelumnya.

Madu.

Madu sudah sangat terkenal digunakan dalam berbagai pengobatan alami. Termasuk dalam perawatan kuku kali ini. caranya, campurkan dua sendok madu dan minyak zaitun. Aduk rata dan oleskan pada kuku. Ini akan bermanfaat untuk melembabkan kuku serta memberi nutrisi pada kuku yang kering.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya