3/10/2015

Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam Berminyak Secara Alami

Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam Berminyak Secara Alami

Firdaus45.com - Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Kusam Berminyak Secara Alami. Wajah kusam dan berminyak akan membuat penampilan menjadi semakin tidak nyaman dipandang. Banyak orang minder karena memiliki wajah kusam dan berminyak ketika bergaul dan ngobrol dengan teman-temannya.

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Berminyak

Secara alami, tubuh manusia memiliki mekanisme regenerasi terhadap sel-sel kulit yang mati. Sehingga pada dasarnya kita tidak memerlukan berbagai macam kosmetik untuk membantu regenerasi sel kuli yang mati. Banyak orang yang sibuk mencari produk kecantikan untuk mencerahkan wajah dari kulit kusam dan berminyak. Hal ini terjadi karena mekanisme tubuh dalam meregenerasi sel kulit yang mati tidak berjalan dengan baik. Sehingga kebutuhan kosmetik kecantikan untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam dan berminyak tidak dapat dihindarkan lagi.

Pada dasarnya, tubuh akan meregenerasi sel kulit yang mati dalam rentang waktu 18 hari. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, maka kemampuan sistem tubuh dalam meregenerasi sel kulit yang mati tidak dapat berjalan dengan baik. Pada akhirnya dibutuhkan waktu yang lebih lama dalam meregenerasi sel kulit yang mati.

Akibat lain yang ditimbulkan karena proses regenerasi sel kulit mati yang lamban adalah munculnya keriput atau kerutan pada kulit wajah dan area kulit yang lainnya. Penyebab kulit kusam dan berminyak karena kemampuan tubuh dalam meregenerasi sel kulit mati disebabkan karena beberapa faktor penyebab diantaranya:

1. Faktor Genetik (Keturunan)
Penyebab kulit kusam dan berminya disebabkan salah satunya karena faktor genetik. Hampir semua gejala penyakit, struktur tubuh, dan lain-lain dipengaruhi oleh faktor genetik atau bawaan dari orang tua. Termasuk salah satunya adalah kulit kusam dan berminyak. Sehingga bila melihat kedua orang tuamu memiliki kulit kusam dan berminyak, ada kemungkinan kulit kusam dan berminyak yang Anda alami disebabkan karena faktor keturunan dari orang tua.

2. Pola Hidup
Penyebab kulit kusam dan berminyak yang selanjutnya adalah karena pola hidup. Pola hidup yang tidak sehat juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda, termasuk kulit wajah yang kusam dan berminyak.

Pola hidup sehat dapat diperoleh dengan rajin berolahraga, rajin mandi, tidur yang cukup dan lain sebagainya. Jika dilihat, kesemuanya itu juga akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit Anda.

3. Pola Makan
Makanan memang akan berdampak langsung dengan kondisi kesehatan tubuh. Penyebab kulit wajah kusam dan berminyak juga dikarenakan terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak, makanan yang terlalu berminyak dan makanan lainnya yang dapat memicu wajah menjadi kusam dan berminyak.

Ada baiknya untuk selalu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin agar kulit tetap lentur dan terhindar dari wajah kusam dan berminyak.

4. Faktor Lingkungan
Tempat tinggal yang kotor dan kumu juga menjadi penyebab wajah kusam dan berminyak. Anda dapat rasakan sendiri ketika berada di perkotaan yang penuh dengan asap kendaraan dengan ketika Anda berada di pegunungan. Orang yang lebih lama tinggal di perkotaan, wajahnya akan mudah sekali kusam dan berminyak. Meskipun dapat dibersihkan, namun bagi orang dengan kulit yang tidak normal hal ini akan sulit disembuhkan dan bahkan akan memperburuk kondisi kulit wajah. 

Udara yang penuh dengan debu dan asap kendaraan akan menempel pada kulit wajah yang menjadikan pori-pori wajah membesar. Sehingga memicu timbunan minyak dan munculnya jerawat.

Baca: Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

5. Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik
Nah, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat,sehingga tidak cocok untuk kulit kita dan akibatnya kulit kita pun menjadi kusam.

6. Tidur tidak teratur
Terlalu sering tidur terlalu larut malam (begadang), juga akan menyebabkan kulit terlihat pucat dan kusam, karena darah menjadi berkurang, maka dari itu, kurangi tidur terlalu malam.

7. Kurang mengkonsumsi air putih
Kurang mengkonsumsi air putih dapat menjadikan anda dehidrasi dan menebabkan kulit menjadi kusam
8. Siklus Menstruasi
Siklus mentruasi juga menjadi penyumbang minyak berlebih setiap bulannya. Pada saat menstruasi, hormon yang dimilki oleh wanita akann cenderung memproduksi minyak secara berlebihan. Sehingga wajah akan terlihat kusam dan letih.




Jika Anda belum tahu jenis kulit apa yang Anda miliki sekarang. Nah, berikut adalah ciri-ciri kulit berminyak :
  • Banyak minyak yang terdapat di area hidung dan dahi.
  • Kulit wajah terlihat selalu mengkilap meskipun setelah cuci muka.
  • Make up yang dipakai tidak tahan lama.


Setelah mengetahui ciri-ciri kulit berminyak. Sebaiknya Anda juga harus mengetahui cara mengatasi kulit berminyak secara alami tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan :

Cuci muka

Kebiasaan pening ini sering kali dianggap remeh oleh sejumlah orang. Bagi sebagian orang definisi mencuci muka adalah muka terkena oleh siraman air. Tapi, menyiram muka dengan air saja tidak cukup. Anda perlu menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kulit Anda. Lakukan pembersihan muka atau cuci muka setidaknya dua kali sehari. Jika wajah Aada memang sangat berminyak, Anda bisa melakukannya tiga kali sehari.

Jeruk nipis

Iris atau peras jeruk nipis. Oleskan irisan atau perasan air jeruk nipis pada bagian wajah secara merata. Ritual ini mungkin akan menimbulkan rasa “clekit-clekit” pada wajah. Settelah 10 menit segera cuci wajah dan keringkan.

Mentimun.

Iris mentimun dengan ketebalan ½ cm. Tempelkan pada permukaan wajah. Diamkan 15 menit sambil berbaring. Lalu bilas dengan air bersih.

Daun seledri.

Selain untuk dimasak, daun seledri juga bermanfaat untuk menguragi minyak yang berlebih pada wajah. Caranya potog kecil-kecil daun seledri secukupnya. Didihkan dua gelas air dan masukkan potongan daun seledri. Tunggu hingga 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. Lalu oleskan air tersebut pada bagian wajah dan tunggu hingga kering. Cuci wajah dengan air hingga bersih.

Putih Telur

Pisahkan kuning telur dan putihnya. Kocok putih telur hingga berbusa. Lalu oleskan ke bagian wajah menggunakan kuas wajah secara merata. Biarkan mengering lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu cuci muka dengan air dingin.

Pakai kertas minyak

Jika minyak pada wajah sudah keluar banyak. gunakan kertas minyak. Kertas minyak ini dapat didapat di toko-toko terdekat. Caranya dengan menepuk-nepukkan kertas minyak pada wajah. Jangan mengusap kulit wajah. Ini akan membuat kulit iritasi dan riasan make-up juga akan rusak.

Pola makan.

Jika Anda adalah pecinta masakan berlemak ataupun gorengan-gorengan krispi. Sebaiknya kurangi asupan makanan tersebut. Kandungan zat dalam tersebut akan memicu hormon memproduksi minyak secara berlebih. Makanlah makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran hijau. 

Jangan suka menyentuh wajah.

Kebiasaan yang satu ini juga menjadi salah satu penyebab kotoran dengan mudah menempel pada kulit dan masuk ke pori-pori sehingga menjadikan kulit semakin berminyak. Jika tangan Anda kotor, sebaiknya jangan pegang wajah Anda. Cuci dulu tangan Anda lalu barulah pegang wajah.

Perbanyak mengkonsumsi air putih

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa air putih sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ tubuh kita termasuk dalam merawat kesehatan kulit. Air dapat mencegah dehidrasi dan menjaga kebersihan tubuh. Orang yang banyak mengkonsumsi air putih biasanya akanar dan memiliki kulit wajah yang terlihat segar da sehat. Maka dari itu, usahakan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas / harinya.

Bersihkan tubuh secara teratur

Usahakan mandi secara teratur misalnya 3 kali dalam satu hari. Lebih bagus lagi jika lebih sering. Jika anda adalah seorang muslim, maka anda sudah tidak akan khawatir dengan masalh ini, karena dalam islam kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, dalam 1 hari kita diwajibkan melaksanakan sholat sebanyak 5 waktu. Nah, sebelum kita melaksanakan sholat, kita diwajibkan untuk wudhu, yaitu membersihkan diri sebelum sholat. Jadi jika dalam 1 hari kita melaksanakan sholat 5 waktu, maka itu sama artinya dengan kitia sudah membersihkan tubuh kita sebanyak 5 kali dalam sehari.

Gunakan Krim Pelembap Kulit

Pakailah lotion pelembab untuk membantu melembabkan kulit yang semula terlihat kusam. Tapi ingat berhati-hatilah dalam meilikih produk lotion pelembab. Akan lebih bagus jika ada meminta saran dari dokter terleih dahulu, karena keadaan / jenis kulit setiap orang itu berbeda.

Kurangi, bahkan hindari begadang

Karena kurang tidur atau sering begadang adalah salah satu penyebab kulit terlihat kering dan kusam, maka hindarilah tidur terlalalu malam jika tidak ada hal yang terlalu penting. Normalnya waktu tidur kita adalah 7-8 jam.

Hindari Hal-hal yang dapat Membuat Anda Stress

Stress juga merupakan salah satu penyebab mengapa kulit anda terlihat kusam dan kering. Maka dari itu hindari hal-hal yang dapat membuat anda menjadi stres. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Jangan terlalu sibuk bekerja, luangkan juga waktu untuk refreshing.

Rutin Berolahraga

Luangkan waktu untuk olahraga misalnya setiap hari, atau setiap 1 mnggu 1 kali, karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat. Tidak harus melakukan olahraga yang berat tapi cukup hanya dengan melakukan gerakan pemanasan setiap kali bangun tidur, minimal hingga keluar keringat. Atau melakukan jogging atau lari kecil setiap 1 minggu 1 kali.

Jalani Pola Makan Sehat

Jagalah pola makan anda agar hidup anda menjadi sehat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung gizi, terlalu banyak mengandung lemak dan santan. konsumsi makanan yang tergolong kedalam 4 sehat 5 sempurna.

Pakailah lotion pelembab setiap sebelum anda tidur

Lho mengapa harus setiap sebelum tidur? entahlah saya juga kurang tahu, namun ini sudah saya coba dan terbukti ampuh dalam mengatasi kulit kering dan kusam. Saya memakai produk lotion pelembab sarang wallet (bukan promosi). Dan produk ini banyak ditemukan di warung atau apotik.

Putih Telur

Pakailah masker alami dari putih telur setiap sebelum anda tidur. Caranya gampang, kita hanya perlu memisahkan antara putih dan kuning telur. Kemudian oleskan putih telur ke semua permukaan kulit wajah kita. Kemudian cuci kembali wajah kita setelah bangun keesokan harinya. Lakukan langkah ini secara teratur dan terus menerus, insyaalloh kulit wajah anda akan terlihat lebih segar dan terasa halus.

Coba Gunakan Es Batu

Anda juga dapat menggunakan es batu untuk menghaluskan wajah. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan es baru pada wajah kita.
Kulit wajah adalah harta bagi setiap orang. Maka, rawatlah kulit wajah dengan baik dan sewajarnya. Selamat hidup sehat dengan kulit wajah yang sehat.