3/27/2015

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan - Banyak sebagian masyarakat yang menyukai buah alpukat karena jumlah kandungan nutrisi buah alpukat yang bermanfaat bagi tubuh. Berbagai macam manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh sudah tak diragukan lagi. Buah alpukat atau apukad atau avokad (avocado) adalah tanaman yang berasal dari meksiko amerika tengah. Pohon Avocado ini memiliki tinggi mencapai 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 centi meter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 centi meter.

Di Indonesia buah yang satu ini menjadi populer karena manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh sangat besar sekali. Mengapa alpukat memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh? Mungkin dalam tabel jumlah kandungan gizi buah alpukat dibawah ini akan membantu anda memahami apa manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Alpukat

Dari gambar tabel nilai gizi buah alpukat diatas, diketahui bahwa buah alpukat ternyata memiliki  sumber nutrisi salah satunya kandungan lemak nabati yang cukup tinggi. Meskipun buah alpukat ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, anda jangan salah sangka dulu dengan kandungan lemak dalam buah alpukat ini. Jenis lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak yang baik bagi kesehatan. Lemak tak jenuh dalam alpukat ini berupa asam oleat dimana oleh para ahli kesehatan, lemak jenis ini dianggap sebagai lemak yang baik untuk kesehatan karena mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko stroke dan serangan jantung yang kerap menjadi ancaman bagi orang yang memiliki masalah obesitas (kegemukan).

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam buah alpukat juga terdapat vitamin B-6 yang berperan bersama asam folat dalam mengatur homocystein sebagaimana bila kadar homocystein ini meningkat pesat dalam tubuh dan tidak terkontrol maka dia akan menjadi radikal bebas yang dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit.

Jadi secara tidak langsung, alpukat juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jika radikal bebas dalam tubuh sudah berkurang, resiko terkena penyakit kanker juga semakin berkurang. Dengan kata lain, alpukat juga mampu untuk menangkal munculnya kanker dalam tubuh

Menurunkan Kolesterol

Buah alpukat membantu mengatur kadar kolesterol darah karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini terbukti dari berkurangnya jumlah kolesterol serta tingkat fosfolipid sekitar 20% apabila di konsumsi setiap hari. Karena mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, maka buah alpukat ini juga disarankan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) atau bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk dijadikan menu harian. 

Manfaat Alpukat


Menurunkan Gula Darah (Diabetes)

Berkaitan dengan kolesterol dalam tubuh, diabetes juga lebih banyak disebabkan karena kolesterol tubuh yang terlalu tinggi. Mengurangi kolesterol dalam tubuh juga sama halnya dengan berusaha untuk mengurangi gula darah dalam tubuh.

Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Vitamin B juga dikenal dengan istilah folic acid. Bagi seorang wanita yang masih berada dalam masa kehamilan, mengkonsumsi buah atau jus alpukad menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan janin. Asam folat pada alpukat sangat penting sekali dikonsumsi bagi ibu hamil agar tidak terjadi cacat lahir pada bayi.

Mengurangi Resiko Stroke

Diatas sudah dijelaskan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena kandungan asam oleat yang terdapat di dalam buah alpukat. Penyakit stroke disebabkan karena jumlah lemak dalam tubuh terlampau tinggi sehingga menghambat laju darah di dalam pembuluh darah. Apabila darah sudah tidak mampu lagi berjalan dengan lancar, maka pada daerah yang terdapat timbunan lemak, disitu darah akan terkumpul. Pembuluh darah merupakan jaringan yang lentur/elastis akan tetapi mudah sekali pecah. 

Tidak masalah jika pecahnya pembuluh darah dibagian kulit yang bukan merupakan organ vital, mungkin hanya akan terlihat benjolan ungu diluar. akan tetapi jika terjadinya dipembuluh darah yang menuju ke otak? maka resiko stroke dapat terjadi. 

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh. Mungkin lain kali akan saya tambahkan apa manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh yang lain, dilain kesempatan. Semoga artikel ini bermanfaat.