3/10/2015

Ingin Jadi Teman Bicara Yang Menyenangkan? Berikut Tips Yang Bisa Anda Lakukan

Tips Menjadi Lawan Bicara Yang Menyenangkan

Firdaus45.com - Menjadi Teman Bicara yang Menyenangkan - Saat berbincang-bincang dengan seseorang, terkadang kita harus memperhatikan dan menunjukkan sikap jika kita adalah lawan bicara yang baik dan asik untuk diajak bicara. Namun, menjadi lawan bicara yang baik tidaklah semudah seperti yang kita bayangkan. Akan muncul rasa grogi atau rasa tidak nyaman saat kita menatap langsung matanya, bahkan pada sebagian orang hal ini membuat mereka menjadi salah tingkah.

Menjadi pribadi yang menyenangkan lawan bicara dan disenangi oleh banyak orang adalah hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Masalah seperti ini biasanya akan timbul ketika kita baru mengenal seseorang atau baru pertama kali ngobrol dengan orang yang tidak kenal. Pasti akan ada rasa untuk menyepelekan perkataan lawan bicara kita. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua orang bisa menjadi lawan bicara yang baik, walau hanya sebentar.



Tips Menjadi Teman Bicara yang Menyenangkan

Jadilah pribadi yang menyenangkan

Menjadi pribadi yang menyenangkan memang tidaklah mudah. Ada yang berpendapat bahwa menjadi pribadi yang menyenangkan itu adalah bawaan lahir dan sebagai karunia tuhan. Beberapa hal yang perlu anda latih ketika anda ingin menjadi pribadi yang menyenangkan yaitu pahamilah diri anda sendiri. Selebihnya dapat anda pelajari sembari anda mempraktekkannya dengan dasar bertutur yang sopan dan santun kepada semua.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menghindari untuk berbincang mengenai hal-hal yang tidak penting.

Menjadi teman bicara yang menyenangkan tidak selalu harus meladeni semua perbincangan lawan anda. Dalam setiap perbincangan yang menjurus ke arah yang menyerukan, ada kalanya anda merasa terpojokkan dengan bahasan yang sedang anda bicarakan dengan lawan bicara anda. Pada saat inilah, jika anda merasa itu adalah hal yang tidak penting dan tidak perlu untuk dibicarakan, anda tidak harus menjelaskannya dan menjawabnya. Meskipun anda berusaha untuk mengalihkan pembicaraan, tetap hindari diri dari mengalihkan perhatian karena hal ini akan merubah suasana perbincangan anda dengan lawan bicara anda yang awalnya seru menjadi senyap, untuk itu tetaplah fokus pada lawan bicara anda.

Hindari memberi pertanyaan beruntun jika pertanyaan sebelumnya belum selesai terjawab

Saling melontarkan pertanyaan adalah hal yang wajar ketika kita berbincang-bincang dengan lawan bicara. Apapun jenis pertanyaannya, hal ini wajar bagi setiap orang menanyakan kepada lawan bicaranya. Entah itu masalah pribadi, pekerjaan atau apapun jenisnya, melontarkan pertanyaan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, dalam melontarkan pertanyaan, sebaiknya anda menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar tidak melukai perasaan lawan bicara anda. Selain itu, pada saat anda melontarkan pertanyaan, jangan sering-sering mengajukan pertanyaan berikutnya jika pertanyaan yang sebelumnya belum selesai dijawab. Terlalu sering melontarkan pertanyaan akan membuat imej anda terlihat seorang yang egois bagi lawan bicara anda, hal seperti inilah yang terkadang membuat lawan bicara anda menjadi malas menanggapi pertanyaan yang anda ajukan.

Tips berikutnya yang perlu anda lakukan agar anda dapat menjadi teman bicara yang baik dan asik adalah dengan jangan pernah memotong lawan bicara yang sedang berbicara.

Pada saat anda berbicara dengan lawan bicara, anda mengutarakan saja apa yang ingin anda sampaikan secara jelas dan tidak bertele-tele. Berbicara langsung pada intinya memang terkesan membuat perbincangan ingin segera diakhiri. Akan tetapi tidak selamanya begitu, terkadang perbincangan yang menyangkut hal-hal serius lebih baik jika dibicarakan secara langsung dan jelas dan tidak bertele-tele yang nantinya akan membuat lawan bicara anda memiliki tafsiran ganda terhadap apa yang ingin anda sampaikan. Selain itu, pada saat lawana bicara anda sedang menanggapi pertanyaan anda, sebaiknya biarkan dia selesai berbicara dan jangan pernah memotong saat lawan bicara anda sedang serius memberikan tanggapan terhadap anda.

Jangan melakuan pertentangan terhadap hal-hal yang sudah jelas dan menganai hal-hal yang tidak terlalu penting.

Perbincangan yang asik adalah apabila kita dan lawan biara kita memiliki topik bahasan yang sesuai dan sejalan dengan pemahaman yang kita miliki. Akan tetapi, banyak juga orang-orang yang memperincangkan hal-hal yang tidak penting kemudian mempertentangkannya satu sama lain. Jika hal itu merupakan sebuah diskusi ilmiah maka sah-sah saja dan wajib dilakukan untuk mendapatkan kebenaran yang disepakati oleh banyak orang. Akan tetai jika hanya berdua dengan lawan bicara anda, maka ada baiknya untuk tidak melakukan hal yang demikian itu. Apalagi mempertentangkan mengenai sebuah keyakinan yang telah diyakin oleh lawan bicara anda, maka hal itu malah akan membuat permusuhan antara anda dengan lawan bicara yang sedang anda hadapi.

Jangan pernah merasa diri anda adalah orang yang paling pintar dengan menguasai perbincangan dari awal sampai berakhir.

Sebelum memulai perbancangan ada baiknya jika saling mengtahui satu sama lain dan kesamaan satu sama lain. Orang akan merasa minder atau malah pergi jika pada suatu sesi perbincangan anda menguasai perbincangan tersebut sampai selesai. Jangan pernah egois dengan tidak memberikan lawan bicara anda kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Perbincangan dua arah antara anda dengan lawan bicara anda akan membuat perbincangan anda semakin seru dan pada akhirnya akan menemukan banyak kesamaan antara anda dengan lawan bicara anda.

Jangan selalu menjadi sosok yang paling hebat dalam setiap obrolan

Memotivasi lawan bicara memang terkadang perlu dilakukan, menceritakan kesuksesan kita terkadang dapat membuat lawan bicara akan menjadi sebuah motivasi hidup bagi lawan bicara anda. Cerita motivasi terkadang juga perlu diberikan agar lawan bicara anda dapat menjadikan anda sebagai motivator dalam hidupnya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita membuat cerita motivasi untuk lawan bicara agar tidak terlihat sebagai sosok yang sombong. Menceritakan kesuksesan terkadang malah membuat lawan bicara minder dan menjauh jika cerita tidak dikemas dengan sebaik mungkin. Dalam melakukan perbincangan dengan lawan bicara anda, bangunlah perbincangan yang baik dan menyenangkan. Jangan selalu berbicara mengenai tentang diri anda terhadap lawan bicara anda, karena hal it akan membuat lawan bicara anda merasa bosan terhadap anda. Berbicaralah secukupnya hanya jika karena diminta oleh lawan bicara anda untuk menceritakan tentang diri anda.

Pilihlah topik sesuai keinginan bersama

Pilihlah topik yang menarik untuk diperbincangkan dengan lawan bicara anda. Usahakan jangan memperbincangkan mengenai hal-hal yang berbau fanatisme, hal ini hanya akan menimbulkan perdebatan dengan lawan bicara anda jika tidak sepaham dengan diri anda.

Usahkanlah untuk selalu menjadi pendengar yang baik

Memperhatikan dan mendengarkan perkataan lawan bicara anda dengan baik akan membuat anda dapat membangun komunikasi dan membangun topik-topik perbincangan yang seru dengan lawan bicara anda.

Pilihlah tempat ngobrol yang sejuk sehingga dapat membuat diri anda merasa nyaman dan betah berlama-lama disitu.

Dengan memperhatikan lingkungan sekitar yang menarik dan indah sudah bisa menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Selain itu, berbicara di lokasi yang nyaman akan membuat pikiran tenang dan dapat memperhatikan secara penuh.

Jangan membuat cerita yang berbeda dan membesar-besarkannya.

Menceritakan sebuah cerita fakta akan lebih disukai ketimbang anda harus membuat sebuah cerita yang jauh dari kenyataan dan membesar-besarkannya. Selain itu menggunakan anda bicara dan ekspresi yang sesuai akan membuat anda terlihat lebih dewasa di mata lawan bicara anda.

Salah tingkah dan grogi saat berbicara dengan lawan bicara selain menimbulkan rasa serba salah, hal itu juga bisa dijadikan sebuah tanda bahwa anda adalah orang yang jarang bergaul dan tidak suka bersosialisasi. Karena pada umumnya, orang yang suka bersosialisasi akan lebih memiliki banyak topik untuk diperbincangkan. Maka dari itu, janganlah menghindari seseorang yang hendak mengajak anda berbicara, luangkan waktu barang 5 menit.

Untuk itu, agar rasa grogi anda hilang dan bisa menjadi orang yang menarik dan asik untuk diajak berbicara sering-seringlah berkomunikasi dengan orang lain. Dengan sering melakukan komunikasi dengan orang lain, secara perlahan anda akan dapat memahami karakter seseorang tanpa harus mencari informasi terlalu dalam. Beberapa kiat agar anda tidak grogi sewaktu berbicara dengan orang lain dalah:

Pengalaman dan Penerapan

Ribuan tips yang diberikan akan mendapatkan hasil positif jika hal itu anda lakukan dan benar-benar anda terapkan dalam kehidupan anda. Pada saat teman anda meminta waktu anda untuk mendengarkan cerita dan keluhkesahnya, sebaiknya jangan anda tolak, karena hal itu merupakan salah satu kesempatan untuk anda belajar menjadi seseorang yang nyaman dan asik untuk diajak berbicara. Bukan hanya untuk curhatan, jika sikap dan perilaku anda dalam berbincang dengan lawan bicara anda sudak baik dan asik, maka hal ini juga akan bermanfaat nantinya pada pekerjaan anda yang lebih mengutamakan untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain. Ketika anda berusaha untuk menjadi lawan bicara yang menyenangkan, maka sudah tentu anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan (Baca: Cara menjadi pribadi yang menyenangkan). Dengan menjadi pribadi yang menyenangkan, anda tidak perlu terlalu bersusah payah menjadi lawan bicara yang menyenangkan. Ketika anda adalah pribadi yang menyenangkan, sedikit bicarapun sudah membuat lawan bicara anda merasa nyaman terhadap anda. 

Selamat mencoba dan semoga anda sukses menjadi orang yang baik dan menyenangkan saat anda menjadi lawan bicara.

Sumber: publicspeaking.co.id
Loading...

Artikel Menarik Lainnya