Tips Meningkatkan Daya Ingat Yang Sudah Menurun

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Tips Kesehatan- Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin banyak pula keluhan yang dirasakan. Hal ini seiring dengan menurunnya performa organ-organ tubuh yang kita miliki. Saat kita merasa lemas karena kurang berolahraga, dengan melakukan olahraga secara teratur maka kebugaran tubuh akan kembali pulih dengan diiringi konsumsi makanan yang kaya akan serat.

Namun, apabila organ yang mengalami penurunan fungsi itu adalah otak, maka apa yang harus dilakukan? bagaimana cara melatih otak agar kembali kepada fungsi awalnya?

Dari beberapa artikel yang telah saya baca, ada beberapa tips meningkatkan daya ingat yang mungkin bisa anda coba lakukan jika daya ingat anda sudah mulai menurun. 

Cara meningkatkan daya ingat adalah :

Melatih pikiran setiap hari adalah cara yang paling sederhana yang dapat dilakukan dalam meningkatkan daya ingat. Jika diibaratkan seperti mata pisau, setajam apapun itu mata pisau jika tidak pernah digunakan maka akan tumpul juga. Demikian halnya dengan otak yang kita miliki, daya ingat otak akan cenderung menurun kemampuannya jika kita tidak pernah menggunakannya untuk berfikir. Berfikir disini bukan berfikir mengenai hutang, jodoh, atau yang sejenisnya. Berfikir disini adalah dengan menggunakannya untuk belajar, menghafal seseuatu yang rumit, melakukan analisa sebuah masalah yang rumit dan mencoba untuk memecahkannya. Otak yang selalu aktif akan mempengaruhi proses regenerasi sel, otak yang selalu digunakan diaktifkan akan selalu menghasilkan sel syaraf baru yang berguna dalam membantu otak untuk menyimpan dan memulihkan kembali informasi yang sudah lama saat kita mencoba mengingatnya kembali.


cara mengembalikan ingatan, Tips Mengembalikan ingatan, tips memulihkan ingatan, Mengembalikan ingatan yang menurun, mengembalikan ingatan yang mulai menurun


Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam meningkatkan daya ingat. Memahami apa dan bagaimana diri anda adalah hal yang lebih penting dari anda membaca berbagai macam tips yang mungkin tidak akan ada pengaruhnya untuk diri anda. Kondisi tubuh hanyalah kita yang mengetahui, jadi belajarlah mulai dari sekarang untuk lebih mengenali tubuh anda sendiri.

Pada sebagian orang, ketenangan kesunyian mungkin lebih efektif dalam menata kembali pikiran yang sudah menumpuk dengan hal-hal yang memicu stres. Stres yang terus menerus juga akan mempengaruhi fungsi otak. Pada kasus yang baru-baru ini, stres dapat menyebabkan meningitis. Cara sederhana yang dapat dilakukan bagi orang yang menyukai ketenangan adalah dengan pergi ke tempat wisata yang sejuk, jauh dari keramaian dan polusi. Jika tidak ada waktu untuk pergi piknik, cobalah untuk mendengarkan musik musik klasik dengan alunan nada yang teratur dan nyaman untuk didengarkan.

Sedangkan bagi orang yang selalu menonjolkan kinestetiknya, mungkin berolahraga yang menguras energi dapat membantu memulihkan dan meningkatkan daya ingat. Mengisi teka teki silang, bersepeda atau dengan memantau berita yang kemudian mendiskusikannya dengan teman sekantor.

Berolahraga merupakan aktivitas yang bisa disebut penyembuhan secara alami. Aktivitas olahraga secara teratur setiap hari dapat membantu kualitas aliran darah ke otak bukan hanya ke otak, aliran darah keseluruh tubuh juga akan lancar. Dengan aerobik seperti jalan cepat, bersepeda atau berenang, berdampak positif bagi jantung, paru-paru dan pembuluh darah untuk mengalirkan oksigen ke otot-otot tubuh selama badan beraktivitas. Dengan rajin berolahraga Otak kita akan selalu berpikir positif, lebih tangkap dan lebih cermat.

Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Hidup sehat adalah pilihan untuk memiliki tubuh tetap sehat dan bugar tanpa ada keluhan. Makanan yang begizi akan selalu membuat tubuh menjadi sehat, dengan porsi seimbang bukan tidak mungkin kecukupan gizi bagi otak maupun seluruh tubuh terpenuhi. Makan banyak buah-buahan dan sayuran, karena mengandung bahan antioksidan yang melindungi dan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi sel-sel otak. Karena Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat ada banyak sekali macamnya

Jadikan Diri Anda Sebagai Alarm

Tips yang mungkin sedikit sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang. Orang sistemnya otaknya sudah mengalami penurunan drasti dalam hal mengingat akan lebih sulit jika melakukan hal seperti ini. Mereka yang memiliki masalah seperti ini biasanya hal yang baru saja diingatnya, mereka akan cepat melupakannya meskipun dalam hitungan jam. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba jika hal ini dilakukan secara rutin dan terus diulang.

Jika ada hal penting yang ingin diingat, sering-seringlah untuk menuliskan hal tersebut dimana saja yang memungkinkan untuk anda lihat. Mengingat dengan cara memvisualisasikan akan lebih mudah dari pada harus dengan kata-kata. 

Ulangi dengan kata-kata sesering mungkin tentang apa yang ingin anda ingat. Melakukan pengulangan akan membuat syaraf otak bekerja secara otomatis saat anda mengucapkan kembali atau mendengar orang mengucapkan hal yang sama mengenai apa yang anda ingat.


Buat Diri Anda Tenang dan Jauhkan Dari Stress

Belajar teknik untuk relaks akan sangat berguna bagi siapa saja dan bukan hanya bagi orang yang sedang berusaha meningkatkan daya ingat. Stress dan perasaan khawatir berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, jadi penting maknanya meluangkan waktu untuk lebih rileks. Salah satu teknik untuk ‘istirahat’ dari hiruk pikuk dunia adalah dengan berbaring atau duduk dengan santai dengan mata tertutup. Pahami pikiran anda, Apakah dipenuhi dengan masalah yang mengganggu pikiran? Bayangkan bahwa penyebab ketidaknyamanan pikiran pergi melayang jauh. Bernafas secara perlahan, teratur dan dalam. Lakukanlah rileksasi tersebut dimana saja saat anda merasa gelisah atau mulai beranjak stress, bayangkan bahwa anda berada di tempat favorite anda atau di tempat yang sepi. Setelah 5 atau 10 minit, beranjaklah secara perlahan-lahan pergi untuk meninggal tempat yang membuat anda merasa stress

Positif Thingking

Selalu berpikir positif. “Kebahagiaan memainkan peranan utama dalam perspektif kehidupan. Kebahagiaan membuat anda lebih stabil, pikiran kita akan lebih terbuka untuk menerima informasi. Jauhkan dari pikiran kotor dan jorok adalah solusi bagi anda yang menginginkan pikiran anda selalu bersif dan fresh. Orang yang selalu berpikir jorok akan membuat orang tersebut selalu berhalusinasi tentang hal-hal yang berbau s3x. Pikiran yang sudah terpenuhi dengan hal-hal tersebut akan susah untuk fokus.

Semoga artikel mengenai tips meningkatkan daya ingat yang sudah menurun ini dapat bermanfaat bagi anda. 

Manfaat Luar Biasa Dari Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan - Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki serat cukup tinggi. Pada sebagian orang jawa, kacang merah ini biasanya dimasak bersamaan dengan sayur lodeh atau sebagai bahan isian kue seperti onde-onde

Nilai Gizi Kacang Merah
Mengapa kacang merah bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Pada kacang merah ini terdapat kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan memiliki jumlah protein yang tinggi. Dimana kesemua senyawa tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk digunakan sebagai berbagai macam keperluan, misalnya menjaga daya tahan tubuh, Menjaga kesehatan otak, membantu proses pertumbuhan, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi keperluan lain yang membutuhkan senyawa tersebut.

Mengkonsumsi karbohidrat dengan susunan gula kompleks serta dipadukan dengan serat tinggi dapat mempermudah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Karena indeks kadar glikemik pada kacang merah dipercaya dapat menekan atau mengurangi resiko munculnya penyakit diabetes yang sering menyerang orang-orang yang suka mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. 

Pada kacang merah juga terdapat kandungan vitamin B6, besi, mangan, dan thiamin. Vitamin B6 pada artikel tentang  Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh disebutkan bahwa vitamin B6 memiliki perang dalam mengontrol agar senyawa yang berpotensi menjadi radikal bebas tidak berkembang secara pesat. Dimana sekarang kita ketahui bahwa banyaknya timbunan radikal bebas dalam tubuh dapat berpotensi menjadi pemicu berbagai macam penyakit semisal peradangan, kanker dan yang lainnya.

Manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh, Manfaat kacang merah,
Nilai Gizi Kacang Merah


Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah: 

Sebagai Antioksidan Alami
Kacang merah memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga, kacang merah ini dapat dijadikan alternatif sebagai obat alami mengurangi antioksidan dalam tubuh. Para peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat  melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda. Hasil yang diperoleh cukup mengejutkan ketika diketahui bahwa kacang merah ini memiliki antioksidan yang tinggi dan bisa dibilang melebihi kualitas antioksidan yang terkandung pada buah-buah yang lain. Perannya dalam tubuh, adalah untuk menjaga sel dari kerusakan dan mempercepat regenerasi sel yang sudah mati akibat radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Sumber Protein Nabati
Sudah bisa dipastikan bahwa semua jenis kacang-kacangan atau polong merupakan sumber protein nabati yang bagus bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein pada kacang merah memiliki komposisi yang lengkap dengan semua jenis asam amino yang diperlukan untuk gizi yang baik. Berbeda dengan daging, kacang-kacangan lebih rendah lemak dan bebas kolesterol.

ketika tubuh mendapatkan manfaat protein yang berasal kacang merah, juga menyokong kesehatan jantung dari serat larut serbaguna yang disediakan oleh kacang-kacangan ini. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 gram protein.

Meningkatkan Energi Tubuh
Kacang merah juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh karena kandungan zat besi pada kacang merah yang juga tinggi sehingga dalam takaran tertentu dapat memenuhi kebutuhan energi untuk melakukan aktivitas dalam keseharian. Setiap 1 porsi cangkir kacang merah yang telah dimasak, mengandung lebih dari 5 mg zat besi. Setara dengan 30 persen kebutuhan nutrisi harian.  Energi pada proses metabolisme tubuh, juga membutuhkan zat besi.

Zat besi merupakan komponen turunan dari hemoglobin yang memiliki fungsi pada proses pengangkutan oksigen ke paru-parud dan keseluruh sel tubuh. Oleh karenanya, tujuan mengkonsumsi kacang merah secara rutin adalah juga untuk memperlancar peradaran darah dalam tubuh, saat semua sel menerima "jatah makanan" yang dibutuhkan, maka kerja mereka akan optimal dan tubuh serasa memiliki energi ekstra dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kacang merah ini juga sangat baik sekali jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Mengkonsumsi kacang merah pada saat masa kehamilan akan sangat membantu sekali dalam menjaga pertumbuhan janin seperti halnya manfaat sayur bayam bagi ibu hamil. (Baca: Dampak kekurangan gizi saat hamil)

Menyehatkan Pencernaan
Berbicara soal pencernaan pasti berbicara mengenai serat. Serat yang cukup akan mempermudah organ percernaan. Orang yang mengkonsumsi serat yang cukup, sistem percernaannya tidak akan mengalami masalah. Seperti kacang hijau, Kacang merah merupakan jenis makanan yang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang cukup dalam tubuh akan dapat membantu pergerakan usus selalu berjalan dengan baik. Pada akhirnya hal ini dapat memberi hal yang baik pada kelancaran buang air besar. Kelancaran pencernaan ini sangat bersampak positif pada penurunan resiko gejala kanker usus besar. Pencernaan yang sehat juga memudahkan seseorang dalam menjalankan program diet. Selengkapnya bisa anda baca pada artikel tentang Apa itu Diet? Dan Bagaimana Cara Melakukan Diet yang Sehat?

Mengontrol Kadar Gula Darah
Serat yang ada di dalam tubuh tidak hanya memiliki fungsi memperlancar pencernaan. Beberapa fungsi serat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat akan mendorong kolesterol larut dan terbuang melalui jalur pencernaan sebelum diserap oleh tubuh.  Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga, kacang merah bisa menjadi pilihan yang sehat untuk penderita diabetes atau bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah. (Baca: Apakah Benar Gula Dalam Karbohidrat Adalah Penyebab Kegemukan Dan Diabetes?)

Mengoptimalkan Memori Otak
Sebagai sumber vitamin B, kacang merah sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak. Saraf-saraf otak dapat dipelihara oleh vitamin B pada kacang merah, terutama kandungan vitamn BI (Thiamin). Thiamin berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif.

Thiamin diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer. (Baca: Cara Sederhana Mengoptimalkan Kinerja Otak)

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan - Banyak sebagian masyarakat yang menyukai buah alpukat karena jumlah kandungan nutrisi buah alpukat yang bermanfaat bagi tubuh. Berbagai macam manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh sudah tak diragukan lagi. Buah alpukat atau apukad atau avokad (avocado) adalah tanaman yang berasal dari meksiko amerika tengah. Pohon Avocado ini memiliki tinggi mencapai 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 centi meter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 centi meter.

Di Indonesia buah yang satu ini menjadi populer karena manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh sangat besar sekali. Mengapa alpukat memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh? Mungkin dalam tabel jumlah kandungan gizi buah alpukat dibawah ini akan membantu anda memahami apa manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Alpukat

Dari gambar tabel nilai gizi buah alpukat diatas, diketahui bahwa buah alpukat ternyata memiliki  sumber nutrisi salah satunya kandungan lemak nabati yang cukup tinggi. Meskipun buah alpukat ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, anda jangan salah sangka dulu dengan kandungan lemak dalam buah alpukat ini. Jenis lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak yang baik bagi kesehatan. Lemak tak jenuh dalam alpukat ini berupa asam oleat dimana oleh para ahli kesehatan, lemak jenis ini dianggap sebagai lemak yang baik untuk kesehatan karena mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko stroke dan serangan jantung yang kerap menjadi ancaman bagi orang yang memiliki masalah obesitas (kegemukan).

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam buah alpukat juga terdapat vitamin B-6 yang berperan bersama asam folat dalam mengatur homocystein sebagaimana bila kadar homocystein ini meningkat pesat dalam tubuh dan tidak terkontrol maka dia akan menjadi radikal bebas yang dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit.

Jadi secara tidak langsung, alpukat juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jika radikal bebas dalam tubuh sudah berkurang, resiko terkena penyakit kanker juga semakin berkurang. Dengan kata lain, alpukat juga mampu untuk menangkal munculnya kanker dalam tubuh

Menurunkan Kolesterol

Buah alpukat membantu mengatur kadar kolesterol darah karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini terbukti dari berkurangnya jumlah kolesterol serta tingkat fosfolipid sekitar 20% apabila di konsumsi setiap hari. Karena mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, maka buah alpukat ini juga disarankan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) atau bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk dijadikan menu harian. 

Manfaat Alpukat


Menurunkan Gula Darah (Diabetes)

Berkaitan dengan kolesterol dalam tubuh, diabetes juga lebih banyak disebabkan karena kolesterol tubuh yang terlalu tinggi. Mengurangi kolesterol dalam tubuh juga sama halnya dengan berusaha untuk mengurangi gula darah dalam tubuh.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa asupan lemak yang ada di dalam buah alpukat sangat baik untuk menstabilkan insulin dan gula darah dalam tubuh. Sehingga bila Anda secara rutin mengkonsumsi alpukat dengan jumlah yang cukup dapat menghindarkan Anda dari diabetes tipe 2. 

Mencegah Terjadinya Cacat Lahir

Vitamin B juga dikenal dengan istilah folic acid. Bagi seorang wanita yang masih berada dalam masa kehamilan, mengkonsumsi buah atau jus alpukad menjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan janin. Asam folat pada alpukat sangat penting sekali dikonsumsi bagi ibu hamil agar tidak terjadi cacat lahir pada bayi.

Mengurangi Resiko Stroke

Diatas sudah dijelaskan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena kandungan asam oleat yang terdapat di dalam buah alpukat. Penyakit stroke disebabkan karena jumlah lemak dalam tubuh terlampau tinggi sehingga menghambat laju darah di dalam pembuluh darah. Apabila darah sudah tidak mampu lagi berjalan dengan lancar, maka pada daerah yang terdapat timbunan lemak, disitu darah akan terkumpul. Pembuluh darah merupakan jaringan yang lentur/elastis akan tetapi mudah sekali pecah. 

Tidak masalah jika pecahnya pembuluh darah dibagian kulit yang bukan merupakan organ vital, mungkin hanya akan terlihat benjolan ungu diluar. akan tetapi jika terjadinya dipembuluh darah yang menuju ke otak? maka resiko stroke dapat terjadi.

Meredakan Radang Sendi 


Buah alpukat memiliki kandungan antioksidan fitosterol dan asam lemak omega-3 merupakan senyawa atau zat di dalam buah alpukat yang berguna untuk mengatasi radang sendi.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa alpukat memang benar-benar dapat digunakan untuk mengatasi radang sendi. Pemanfaatan alpukat untuk mengatasi radang sendi adalah dengan membuat ekstrak alpukat dalam bentuk minyak alpukat dengan campuran minyak kedelai.

Di eropa, ekstrak ini dikenal dengan istilah ASU (Avocado Soybean Unsaponifiables). Cara kerja ekstrak ini adalah dengan memblokir zat kimia yang menjadi pemicu peradangan pada sendi, serta mencegah terjadinya kerusakan sel yang melapisi sendi sendi tubuh. Ekstrak ini juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel pada jaringan ikat sendi.

Ekstrak ini sudah banyak digunakan di Eropa untuk pengobatan osteoarthritis. Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Rheumatology tahun 2003 telah membuktikan bahwa ekstrak alpukat dengan campuran minyak kedelai bisa menghambat kerusakan tulang rawan dan membantu proses perbaikan jaringan.

Melembabkan Kulit Wajah 


Bila Anda menginginkan kulit wajah yang halus dan bersih serta bebas kering, buah alpukat dapat Anda jadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan dua cara yaitu perawatan dari dalam dan perawatan dari luar.

Untuk perawatan dari dalam, dapat Anda lakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan memenuhi serat dan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Untuk perawatan dari luar, Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker alami untuk melembabkan kulit wajah. Buah alpukat memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit secara alami, serta mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Berikut ini adalah cara membuat masker alpukat.
  • haluskan buah alpukat kemudian campur dengan 2 sendok makan madu.
  • campur dan aduk sampai merata seperti pasta.
  • Sebelum mengoleskan masker alpukat, bersihkan wajah dengan air mengalir hingga bersih kemudian keringkan dengan handuk.
  • Oleskan masker secara merata ke area wajah.
  • Pijat lembut wajah Anda sembari mengoleskan masker alpukat.
  • Diamkan beberapa menit sampai kering.
  • Setelah beberapa menit, cuci bersih wajah Anda dengan air bersih.

Agar lebih optimal, jangan lupa gunakan pelembab alami seperti minyak zaitun.

Karena jenis kulit berbeda-beda, maka hentikanlah bila terjadi iritasi setelah pemakaian masker alami dengan bahan buah alpukat ini.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh. Mungkin lain kali akan saya tambahkan apa manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh yang lain, dilain kesempatan. Semoga artikel ini bermanfaat.
Pengertian dan Fungsi Nutrisi Bagi Tubuh Manusia

Pengertian dan Fungsi Nutrisi Bagi Tubuh Manusia

Tips Kesehatan - Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti membutuhkan nutrisi atau gizi untuk keberlangsungan hidupnya. Ibu hamil, Ibu menyusui, anak-anak, balita, dewasa semuanya membutuhkan nutrisi lengkap agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Nutrisi juga memiliki andil dalam pertumbuhan dan dalam menjaga kesehatan tubuh. Pemenuhan nutrisi lengkap dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak anak agar menjadi lebih cerdas, menjaga program diet agar tubuh tetap fit selama menjaalani diet dan juga bagi Anda yang gemar fitnes, pasti membutuhkan beberapa nutrisi terbaik agar pembentukan otot terbentuk dengan sempurna. 

Karena nutrisi merupakan substansi organik yang berperan dalam semua sistem kerja pada tubuh agar prosesnya berlangsung secara normal. Subtansi atau zat yang diambil oleh sel dari lingkungannya kemudian digunakan dalam reaksi katabolik atau anabolik untuk kehidupan.

Menurut para ahli, nutrisi adalah sebuah ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh supaya fungsi organ atau sistem dalam tubuh dapat berjalan secara normal. Nutrisi juga digunakan sebagai bahan pembentuk energi dimana setiap jaringan yang terdapat didalam tubuh membutuhkan energi agar dapat berkeja secara maksimal dan optimal. Nutrisi juga dapat dikatakan sebagai suatu proses organism yang menggunakan objek utamanya yaitu makanan yang sering dikonsumsi dalam kondisi yang normal, dengan menggunakan proses degesti, absorsi serta metabolisme yang pada nantinya akan membuang beberapa zat yang memang tidak digunakan oleh tubuh.

Secara umum, nutrisi dibedakan menjadi dua tipe dasar yaitu:
  • Bahan anorganik yang diserap oleh organisme autotrofik seperti tanaman dan mikroorganisme tertentu untuk digunakan dalam reaksi sintetis dan metabolisme.
  • Biomassa yang dicerna sebagai makanan oleh binatang (termasuk manusia) dan mikroorganisme heterotrofik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara makanan dan minuman dalam pencegahan penyakit kronis yang diderita oleh seseorang. Pemenuhan nutrisi yang mencapai level optimal atau dikenal dengan istilah Optimal Daily Allowance (ODA), mampu mencegah dan menangani penyakit kronis yang disebabkan oleh banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Peran nutrisi dalam hal ini adalah mencegah dan menangani stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang selanjutnya dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis. Dalam penanganan penyakit, penggunaan nutrisi sebagai pengobatan komplementer dapat membantu efektifitas dari pengobatan dan pada saat yang bersamaan mengatasi efek samping dari pengobatan. Sehingga terdapat hubungan antara kesehatan yang prima dengan peningkatan kualitas hidup. Pengukuran mengenai hal ini dapat dilakukan dengan metode antropometri.


Fungsi Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Diatas telah dijelaskan secara singkat mengenai apa fungsi nutrisi bagi kesehatan tubuh manusia. Nutrisi adalah zat yang menjadi asupan utama bagi tubuh seseorang dalam melakukan berbagai kegiatan sebagai pembentuk energi penting. Oleh karena itu, nutrisi memiliki fungsi yang beragam bagi tubuh manusia, seperti sebagai proses pengambilan zat-zat makanan yang penting, yang dibutuhkan organisme untuk bergerak dan hidup normal.

Akan tetapi, nutrisi ini sangat berbeda dengan makanan yang dimakan seseorang tiap harinya. Nutrisi merupakan bagian dari apa yang terkandung dari makanan yang dikonsumsi seseorang. Bagi ibu hamil, nutrisi sangat berperan penting untuk kesehatan dan perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Peran nutrisi bagi ibu hamil bukan semata hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan janin saja, akan tetapi juga bagi sang ibu. Kekurangan nutrisi pada saat masa kehamilan akan beresiko terhadap munculnya berbagai macam penyakit dan bahkan menimbulkan resiko pada saat proses melahirkan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengatur menu makan ibu hamil agar terhindar dari kekuran gizi / nutrisi pada masa kehamilan.

Kebutuhan Nutrisi manusia
Kebutuhan nutrisi seseorang dapat dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Serat.  

Karbohidrat: Merupakan sumber energi utama tubuh yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). Karbohidart bersumber dari makanan seperti beras, jangung, gandum, kentang, Dll. 

Protein: Di dalam tubuh, protein berperan sebagai pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh juga sebagai sumber energi. Saat tubuh kekurangan protein, maka pertumbuhan tulang akan terganggu dan menyebabkan tulang keropos serta kerontokan. Protein dapat diperoleh dari hewan atau dari tumbuh-tumbuhan.

Sumber protein berasal dari hewan dan juga dari kacang-kangan. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani, misalnya daging, susu atau telur. Sedangkan protein dari tumbuhan disebut protein nabati yang terdapat pada kacang-kacangan. Protein hewani mengandung asam amino essensial lebih dibandingkan protein nabati.

Protein adalah komponen ke dua terbesar penyusun tubuh setelah air. Setiap 1 kg berat seseorang membutuhkan kurang lebih sebanyak 1 gr kalori. 1gr protein menghasilkan kuranglebih 4 kalori dari kebutuhan kalori total seseorang. Agar mendapatkan protein dengan jumlah maksimal, hindari memasak dengan susu tinggi dan menggunakan banyak minyak. Suhu tinggi dan minyak dapat merusak protein yang terdapat di dalam masakan yang sedang dimasak. Untuk makanan berprotein, disarankan untuk memasak dengan cara mengukus atau memanggang.

Lemak: Lemak berfungsi untuk melindungi organ tubuh, dan terkadang digunakan sebagai energi cadangan. Seperti saat kita sedang kelaparan dan diburu seekor anjing, tiba-tiba energi seolah kembali sehingga kita sanggup untuk berlari.

Tidak selamanya lemak berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Lemak akan berdampak buruk apabila jumlahnya melebihi batas dari kebutuhan total tubuh Anda. Lemak yang tercukupi berguna dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan menjaga suhu tubuh Anda tetap normal. Lemak juga berperan sebagai pelarut vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Setiap 1 gr lemak menghasilkan kuranglebih 90 kalori. Kebutuhan lemak seseorang kurang lebih 20-30% dari total kebutuhan kalori.

Lemak dibedakan menjadi 2 jenis yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik adalah lemak tak jenuh yang pada umumnya berasal dari kacang-kacangan, ikan salmon, kenari dan alpukat. Lemak jenis ini memiliki kandungan asam omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah terjadinya jantung koroner. Lemak jahat atau lemak jenuh dan lemak trans yang pada umumnya terdapat pada daging, minyak, atau makanan yang digoreng. Lemak jenis inilah yang seharusnya dihindari, karena akan menjadi bahaya bila kelebihan lemak jenis ini di dalam tubuh. Lemak jahat yang berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol di dalam darah. Kelebihan kolesterol akan memicu terjadinya penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan juga diabetes.


Usahakan untuk tidak mengkonsumsi lemak melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian Anda.

Vitamin dan mineral: Vitamin dan mineral berperan untuk pendukung proses kimia yang terjadi di dalam tubuh. Setiap proses pembentukan, misalnya pembentukan enzim memerlukan vitamin jenis tertentu agar dapat berlangsung dengan baik. Sehingga diperlukan untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin dalam tubuh dalam satu hari. Pada umumnya, vitamin dan mineral dijumpai pada buah dan sayuran. Setiap satu porsi buah menghasilkan kuranglebih 40 kalori. Disarankan agar setiap hari melakukan konsumsi 5-9 porsi buah. Buah dan sayur juga dapat memberikan serat.

Serat: Serat berperan untuk membantu proses pencernaan. Seperti halnya vitamin, serat juga banyak di jumpai pada buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Beberapa fungsi serat bagi tubuh antara lain:
  • Melancarkan buang air besar yang akan mencegah terjadinya konstipasi dan wasir.
  • Membuat agar makanan yang tidak terserap di usus dapat segera dikeluarkan sehingga mengurangi kemungkinan terserapnya racun yang terdapat dari sisa makanan yang tidak terserap.
  • Menjaga berat badan tetap ideal karena sifat serat yang dapat mencegah penyerapan lemak dan memberi rasa kenyang yang akan membantu keinginan untuk mengkonsumsi makanan.
  • Menjaga kolesterol dan gula darah pada angka yang stabil. Kestabilan kolesterol dan gula darah dapat mencegah berbagai penyakit yang membahayakan seperti diabetes atau penyakit jantung.

Angka kecukupan gizi
Berbicara mengenai kebutuhan gizi, setiap orang tentu memiliki kebutuhan gizi yang beragam. Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau Recommended Dietary Allowances (DRA) merupakan kecukupan rata-rata zat gizi perhari bagi hampir semua orang sehat (97,5%) menurut golongan umur, jenis kelamin, ukuran tubuh aktifitas fisik, genetik dan keadaan fisiologis untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Angka kecukupan gizi yang dihitung oleh badan nasional Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) dilakukan secara berkala setiap 5 tahun sekali. Perhitungan AKG dimulai pada tahun 1978 dan merupakan perhitungan asupan rata-rata perhari yang dikonsumsi oleh suatu populasi dan bukan kebutuhan gizi perorangan.

Sedangkan kebutuhan gizi merupakan kebutuhan zat gizi minimal yang perlu dikonsumsi oleh setiap individu. Perbedaan kebutuhan gizi setiap individu dipengaruhi oleh faktor genetik. Keberadaan AKG bagi masyarakat adalah sebagai anjuran kepada setiap warga untuk mengetahui kebutuhan gizi rata-rata perharinya yang harus dipenuhi. Adanya AKG juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk merencanakan pemberian makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Pada tahun 2013, rata-rata kecukupan energi dan protein penduduk Indonesia sebesar 2150 Kilo kalori dan 57 gram protein perorang perhari pada tingkat konsumsi.

Menghitung kebutuhan gizi
Kebutuhan gizi perhari berkaitan dengan kebutuhan kalori yang diperlukan oleh seseorang untuk melakukan aktivitas dalam satu hari. Menghitung kebutuhan energi yang diperlukan dalam satu hari dapat menggunakan teori berat badan relatif. Perhitungannya yaitu membagi berat badan dengan tinggi badan dikalikan 100%

BBR = BB/TB X 100%

BBR : berat badan relatif
BB   : berat badan
TB   : tinggi badan

Kriteria yang digunakan dalam menghitung berat badan relatif yaitu
  1. Kurus (underweight) : BBR < 90%
  2. Normal (ideal) : BBR 90 – 110% 
  3. Gemuk (overweight) : BBR > 110% 
  4. Obesitas : BBR > 120%

Jenis-Jenis Nutrisi
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, kita juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis nutrisi yang dapat kita konsumsi setiap harinya. Nutrisi pokok yang menjadi kebutuhan seseorang tiap harinya seperti karbohidrat, serat, lemak dan protein masing-masing terdapat pada bahan makanan yang berbeda-beda. Seperti karbohidrat, jenis nutrisi ini adalah komposisi yang terdiri dari elemen karbon,hydrogen serta oksigen. Jenis zat ini terdapat pada beras, jagung, gandum, umbi-umbian. Ada lemak sebagai jenis nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh kita, lemak berperan sebagai sumber energi yang dipadatkan. Ada protein yang merupakan konstituen pentinguntuk semua sel-sel dalam tubuh. Vitamin juga menjadi sarana nutrisi yang tak kalah penting untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Meniral serta air juga merupakan jenis nutrisi yang penting bagi tubuh.

Nutrisi Bagi Kesehatan
Pengertian akan nutrisi tidak hanya sebatas dari para ahli gizi atau peneliti kesehatan saja. Namun pengertian ini juga meluas khususnya bagi dunia kesehatan. Nutrisi bagi kesehatan adalah semacam asupan penting yang terdapat pada makanan yang sering dikonsumsi oleh kita. Berisi zat-zat penting seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan lainnya. Pengetahuan akan pengertian nutrisi memang perlu kita ketahui sebagai pengatur pola makanan.Kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia tentu sangat penting sebagai penunjang berbagai aktifitas dan kesehatannya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga memiliki kadar yang jelas dan berguna bagi tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya tidak benar-benar memiliki nutrisi yang jelas. Hal ini akan sangat memprihatinkan jika selalu kita konsumsi dalam rentan waktu yang lama. Bagaimana pun juga nutrisi penting adalah kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan. Nutrisi berfungsi untuk menjaga metabolisme dalam tubuh sebab didalam nutrisi terdapat zat dan hal-hal penting untuk diserap. Fungsi organ bagian dalam tubuh juga akan tetap terjaga jika pemenuhan akan nutrisi tersebut stabil dan jelas adanya.

Cara Kerja Nutrisi
Kebutuhan nutrisi setiap harinya berbeda-beda dari jenis makanan yang kita konsumsi. Namun pada dasarnya jenis makanan yang cukup nutrisi akan sama jumlahnya dengan makanan yang sebelumnya kita makan. Adapun cara kerja nutrisi juga berdasarkan zat apa yang masuk dalam tubuh sebab semua itu memiliki fungsinya sendiri. Seperti karbohidrat yang terdapat pada beras, umbi-umbian dapat membuat tubuh berenergi dan akan menimbulkan efek kenyang setelah memakannya. Karbohidrat semacam ini merupaka kebutuhan pokok yang disandang oleh manusia. Selain itu ada pula lemak, zat ini juga berfungsi sebagai penambah energi untuk tubuh yang terdapat pada makanan. Ada mineral dan vitamin yang terdapat dalam air dan buah-buahan serta sayur-sayuran. Hal ini bertujuan sebagai kelancaran metabolisme dalam tubuh serta mengurangi dampak dehidrasi yang mungkin kita alami.

Dampak Dari Nutrisi Yang Rusak Pada Makanan
Tidak semua jenis makanan memiliki nutrisi yang optimal. Ada pula jenis makanan yang rusak nutrisinya dan memang tidak memiliki nutrisi sama sekali. Dalam cara memasak makanan pun juga kita harus perhatikan, jangan sampai memasaknya terlalu lama sehingga vitamin dan mineral yang semula lengkap akan hilang begitu saja. Ada pun untuk makanan yang tidak begitu jelas kadar nutrisinya akan berdampak baruk bagi kesehatan kita. Awal dari terjadinya gangguan kesehatan dapat bermula dari nutrisi yang tidak kita dapat pada makanan yang dikonsumsi atau hilangnya nutrisi tersebut. dampak jangka panjang atau pun saat ini bisa kita rasakan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak cukup akan nutrisi. Gangguan pencernaan, metabolisme tubuh terganggu, dehidrasi, jantung, liver, gagal ginjal, fungsi hati dan pankreas terganggu. Semua itu akibat dari nutrisi yang tidak terserap optimal dalam tubuh dan kurang memperhatikan kadar nutrisi pada makanan. Bagaimana pun juga kebutuhan nutrisi merupakan hal utama sebagai pola hidup sehat.

Baca Juga: Dampak Kekurangan Gizi Saat Kehamilan

Jumlah Porsi Nutrisi Ideal Bagi Tubuh

Jumlah Porsi Nutrisi Ideal Bagi Tubuh

Tips Kesehatan - Dalam mejalankan perannya sebagai organisme kehidupan, tubuh manusia memerlukan bahan bakar untuk dapat terus bekerja sesuai apa yang seharusnya menjadi tugasnya. Akan tetapi tubuh manusia ini sangat jauh berbeda dengan robot atau yang lainnya. Dalam tubuh terdapat berbagai macam organ dan sel yang kesemuanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda dalam fungsinya sebagai organisme yang tergabung menjadi satu yaitu manusia. 

Semua organ dan sel tersebut memiliki menu makan yang berbeda-beda pula dan itu harus selalu dipenuhi agar mereka tidak mati. Karena ada beberapa sel yang memiliki waktu hidup sangat singkat, untuk itu diperlukan beberapa makanan agar dapat meregenerasi sel yang mati tersebut. Apalagi bagi ibu hamil nutrisi memang sangat diperlukan untuk perkembangan janin. Dampak kekurangan gizi saat kehamilan akan membuat si ibu menderita anemia, KEK dan kesulitan pada saat proses persalinan.

Dalam tubuh manusia dikenal sebagai karbohidrat, lemak, vitamin dan nutrisi. Kesemuanya ini merupakan sumber makanan pokok dari setiap organ dan sel yang ada dalam tubuh manusia. Namun pada artikel kali ini saya akan berbagi info tips kesehatan mengenai seberapa banyak Jumlah porsi Nutrisi ideal bagi tubuh. 

Sebelumnya, mari kita pahami dulu apa itu nutrisi? Nutrisi atau yang sering disebut dengan gizi merupakan sebuah substansi organik yang diperlukan sebuah organisme untuk dapat bekerja secara normal dari seluruh sistem tubuh. Pemeliharan, peremajaan seluruh komponen sel memerlukan peran nutrisi agar dapat membuat komponen tersebut sehat (badan yang sehat). Untuk lebih jelasnya, akan saya sampaikan pada artikel berbeda yang membahas mengenai apa itu nutrisi. Namun pada intinya, nutrisi adalah makan utama bagi seluruh komponen sel dalam tubuh.

Ilustrasi Posrsi Nutrisi Ideal


Nah untuk mengetahui seberapa besar yang diperlukan oleh tubuh perharinya, berikut penjelasannya.

Karbohidrat

Para ahli kesehatan sependapat bahwa karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh seseorang. Meskipun pada dasarnya kebutuhan seseorang dalam mengkonsumsi karbohidrat itu berbeda-beda akan tetapi para ahli memberikan sebuah gambaran mengenai hal itu. Dalam kabohidrat itu sendiri, rata-rata tiap 1 gramnya mengandung 4 kalori, sedangkan kebuthan karbohidrat tiap orang untuk menjalankan aktivitasnya membutuhkan kalori sebanyak kurang lebih berkisar dari 1200-2000 kalori dalam satu hari. Dari situ kita dapat mengetahui seberapa banyak karbohidrat yang harus dikonsumsi. Akan tetapi, terkadang timbul pertanyaan Apakah benar gula dalam karbohidrat adalah penyebab kegemukan dan diabetes?


Protein

Proten dalam tubuh memiliki fungsi dan berperan untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, dan memperbaharui sel-sel yang telah mati. Protein juga mampu menghasilkan enzim dan hormon yang berfungsi untuk proses metabolisme tubuh dan juga sebagai sumber energi. Kekurangan protein dalam tubuh akan dapat mengganggu pertumbuhan serta dapat menyebabkan keroposnya tulang dan rambut yang mudah rontok.

Sumber protein dapat diperoleh dari hewan dan tumbuh-tumbuhan. Protein dari keduanya ini memiliki kandungan yang berbeda-beda pula. Protein yang berasal dari hewani, lebih banyak mengandung asam amino yang berperan sangat bagus untuk mencerdaskan otak. Sedangkan protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati) lebih banyak pada tumbuhan polong, seperti kacang-kacangan dan sejenisnya.

Protein merupakan komponen kedua yang paling dibutuhkan oleh tubuh,oleh karena itu sangat penting sekali bagi kita untuk selalu memperhatikan kebutuhan protein dalam tubuh tiap harinya. Dalam tubuh seseorang, berat protein berkisar 1/6 dari berat badan seseorang. Sedangkan kebutuhan energi / kalori seseorang berkisar 1 gram untuk setiap 1 kg berat badan, Sedangkan tiap 1 gram protein menghasilkan kurang lebih 4 kalori.

Untuk memperoleh jumlah protein yang maksimal dari setiap makanan yang kita masak, disarankan untuk menghidari memasak makanan dengan suhu yang terlampai tinggi. Karena suhu yang tinggi akan merusak sususan protein yang terkandung dalam makanan yang sedang dimasak. Dan lagi, agar memperoleh hasil protein yang maksimal, hindari juga memasang dengan menggunakan minyak terlalu banyak, lebih disarankan untuk memasak dengan cara di kukus.

Lemak

Meskipun lemak terkadang membuat orang menjadi tidak nyaman, penampilan menjadi tidak menarik, karena lemak dapat membuat seseorang menjadi memiliki berat badan yang berbelih (obesitas). Akan tetapi, lemak merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan tidak mungkin kita menghilangkan lemak dalam tubuh sampai 0%. Dalam tubuh lemak memiliki peran sebagai penghangat tubuh, pengatur suhu tubuh. Selain menghangatkan tubuh, lemak juga berfungsi sebagai cadangan energi saat kita sedang puasa. Lemak juga dapat melindungi organ tubuh. Kandungan lemak yang cukup akan sangat membantu tubuh dalam melarutkan vitamin A, D, E, K dan juga dapat membantu proses metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. 

Satu gram lemak dapat menghasilkan sekitar 90 kalori. Lemak harus dipenuhi sekitar 20%-30% dari total kebutuhan kalori.Seperti halnya protein, lemak juga dibedakan mejadi dua jenis, yaitu lemak baik dan lemak jahat.

Baca juga artikel tentang:

Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

Lemak Baik (Lemak Tak Jenuh)

Lemak jenis ini dapat kita peroleh dari bahan makanan seperti kacang-kacangan, ikan salmon, kenari dan alpukat. Pada lemak tak jenuh ini kandungan asam omega 3 nya cukup tinggi dan berguna untuk memelihara kesehatan jantung. Selain berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung, lemak jenis ini juga dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah da mencegah terjadinya jantung koroner. Untuk memenuhi kebutuhan lemak tak jenuh pada tubuh, coba anda baca artikel mengenai manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh

Lemak Jahat

Lemak jahat juga ada dua jenis, yaitu lemak Jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat). Lemak jenis ini banyak terdapat pada daging, jeroan atau makanan yang digoreng. Konsumsi lemak jahat yang berlebihan akan membuat kadar kolesterol total dan LDL dalam darah meningkat. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyaklit jantung, tekanan darah tinggi dan pemicu diabetes.
Konsumsi lemak dalam sehari tidak boleh melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian dan agar bermanfaat, lemak yang dikonsumsi harus lemak baik (lemak tidak jenuh).

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral ini banyak terdapat pada buah dan sayuran yang alami. Vitamin dan mineral dalam tubuh dapat berfungsi sebagai pengatur dan pendukung berbagai proses yang terjadi dalam tubuh manusia. Pada proses pembentukan energi dan proses metabolisme juga dibutuhkan vitamin. Pada satu porsi buah mennghasilkan sekitar 40 kalori. Disarankan agar setiap hari melakukan konsumsi 5-9 porsi buah. Buah dan sayur juga dapat memberikan serat.

Serat

Serat terutama berfungsi pada proses pencernaan dan menjaga tubuh sehat dengan mengkonsumsi serat pangan. Serat banyak terdapat pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan serelia. Beberapa contoh buah dengan serat tinggi adalah pepaya, sirsak, apel dan jeruk. Pada sayuran, serat banyak terdapat pada kacang panjang, brokolim wortel, tauge, dan kangkung dengan kandungan 2-5 gram setiap 100 gram. Pada kacang-kacangan dan serelia, serat yang terkandungnya sebanyak 4-10 gram per 100 gram.

Fungsi utama dari serat antara lain:

  • Melancarkan buang air besar yang akan mencegah terjadinya konstipasi dan wasir.
  • Membuat agar makanan yang tidak terserap di usus dapat segera dikeluarkan sehingga mengurangi kemungkinan terserapnya racun yang terdapat dari sisa makanan yang tidak terserap.
  • Menjaga berat badan tetap ideal karena sifat serat yang dapat mencegah penyerapan lemak dan memberi rasa kenyang yang akan membantu keinginan untuk mengkonsumsi makanan.
  • Menjaga kolesterol dan gula darah pada angka yang stabil. Kestabilan kolesterol dan gula darah dapat mencegah berbagai penyakit yang membahayakan seperti diabetes atau penyakit jantung.
Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi Agar Janin Sehat dan Kuat

Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi Agar Janin Sehat dan Kuat

Makan Sehat Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi


Tips Kesahatan - Pada saat sedang mengandung, kesehatan seorang ibu haruslah terus dijaga. Beberapa cara menjaga kehamilan yang dapat dilakukan secara alami adalah dengan mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. karena kesehatan janin dan perkembangan janin dalam kandungan bergantung kepada kondisi si ibu itu sendiri. Saat ibu hamil sedang sakit, atau kekurangan nutrisi, maka hal ini juga akan berdampak pada janin yang sedang dikandungnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal dibawah ini selama masa kehamilan.

Jenis makanan yang dikonsumsi

Saat sedang hamil, seorang ibu hami hendaknya mengkonsumsi beraneka macam jenis makanan yang memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan pada masa kehamilan. Akan tetapi, bagi ibu hamil bukan porsi makan yang harus banyak dengan beranggapan bahwa makanan yang sedang dimakan untuk dua orang. Ini merupakan sebuah anggapan yang keliru. Bukan jumlah makanan yang sebenarnya dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan, akan tetapi nutrisi yang mereka serap dari hasil apa yang telah si ibu makan. Jika anda khawatir, bukan makan dengan jumlah banyak yang menjadi solusi, akan tetapi makanlah dengan porsi yang cukup, penuh nutrisi dengan intensitas yang lebih sering.




Menu makan ibu hamil

Seorang ibu hamil pada dasarnya tidak perlu secara ketat mengatur pola makan khusus. Jika langkah diatas sudah dipenuhi, yaitu dengan mengkonsumsi beraneka ragam jenis makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan setiap harinya. Akan tetapi berbeda bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Mungkin kontrol menu makan diperlukan demi kesehatan keduanya. Jadi pada dasarnya yang menjadi kunci utama kesehatan bayi dan ibu hami adalah nutrisi yang cukup selama masa kehamilan.

Kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan dapat dipenuhi dengan beberapa jenis makanan dan mineral dibawah ini.

Kecukupan air meniral

Unsur terpenting yang terkandung didalam tubuh setiap orang adalah cairan. Cairan dalam tubuh berfungsi untuk proses metabolisme dan semua sistem kerja tubuh agar dapat berjalan dengan stabil. Cairan yang memiliki banyak mineral adalah cairan yang paling bagus dalam hal mengantarkan nutrisi keseluruh tubuh dari hasil pengolahan makanan yang dimakan pada masa kehamilan. Kekurangan cairan atau kurang minum air pada masa kehamilan dapat menyebabkan prematur pada bayi. Minum cukup air juga dapat mencegah hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih.

Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil disarankan untuk terus menjaga cairan dalam tubuhnya. Kurang lebih sebanyak 2,5 liter air dalam sehari yang disarankan untuk selalu ibu hamil penuhi. Cairan mineral ini bukan semata dari air minum saja, akan tetapi cairan mineral ini berasal dari makanan yang memiliki kadar air yang tinggi. Perlu menjadi perhatian bagi ibu hamil untuk tidak mengganti mineral alami dengan mineral olahan pabrik, misal dengan membeli jus kaleng atau yang sejenisnya yang memiliki kadar gula tinggi akan dapat menyebabkan hipertensi bahkan dapat menaikkan berat badan atau obesitas.

Baca juga: Hipertensi pada kehamilan

Sayur-sayuran dan buah-buahan

Bukan hanya pada masa kehamilan, buah dan sayuran merupakan sebuah komponen utama dalam menu keseharian baik itu ibu hamil maupun yang tidak. Untuk ibu hamil, selama masa kehamilan disarankan untuk terus mengkonsumsi sedikitnya lima jenis sayur dan buah dalam setiap menu makannya, dan berbeda menu di hari berikutnya. Diharapkan dari beraneka ragam menu yang dikonsumsi, ibu hamil akan mendapatkan beraka ragam pula vitamin, mineral dan serat yang masuk ke dalam tubuh. Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh ibu hamil ketika pada masa kehamilannya gemar mengkonsumsi beraneka ragam sayuran salah satunya adalah untuk menguatkan janin dalam kandungan. Sebagai saran, berikut beberapa buah yang dapat anda gunakan sebagai menu makan harian:

Avokado
Kandungan avokado yang kaya akan vitamin dan serat ini sangat bagus sekali bagi ibu hamil. Kandungan asam lemak tak jenuh juga sangat bagus untuk kesehatan janin. Mengenai apa saja manfaat dari alpukat, bisa anda baca pada artikel tentang manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh
Brokoli
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, brokoli juga dapat menjadi detox untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat menjadi racun dalam tubuh.
Kacang merah (Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan Tubuh)
Kacang tanah mengandung vitamin B yang cukup bayak. Vitamin B dalam tubuh memiliki peranan yang erat kaitannya dengan fungsi sel-sel otak. Dengan kecukupan vitamin b dalam tubuh, maka saraf-saraf otak dapat terjaga sehingga meningkatkan fungsi kerja sel otak dan juga meningkatkan kognitif bagi yang mengkonsumsinya. Selebihnya dapat anda baca pada artikel tentang bagaimana Menjaga kesehatan otak
Pisang
Kandungan potasium dan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme tubuh. Untuk mengetahui fungsi pisang bagi tubuh dapat anda baca pada artikel Khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh.
Kacang edamame
Kandungan asam folat pada kacang edamame, zat besi, kalsium, vitamin a dan b ini sangat menyehatkan, sehingga makan ini dapat dijadikan sebagai alternatif cemilan bagi ibu hamil
Apel
kandungan vitamin C yang banyak pada 1 buah apel dan juga serat ini dapat mencegah sembelit yang kemungkinan dapat terjadi pada ibu hamil serta juga dapat menurunkan kandungan lemak atau kolesterol dalam tubuh.
Wortel, 
Sayur wortel yang kaya akan vitamin A ini sangat berperan penting bagi pembentukan mata pada janin juga bagi ibu hamil itu sendiri
Dengan memvariasikan makanan Anda, Anda dapat memaksimalkan nutrisi yang diterima tubuh dan bayi Anda.

Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

Makanan yang kaya akan protein juga sangat penting bagi pertumbuhan janin. Pada masa enam bulan pertama, pemenuhan protein sangat penting sekali. Apabila anda sedang dalam masa 0-6 bulan hamil, mungkin anda dapat memprogram menu harian anda dengan menu-menu dibawah ini

Daging ayam, pilihlah ayam kampung dan buanglah seluruh kulitnya ambilah dagingnya saja karena ayam kampung dipercaya rendah lemak. Dan kalau bisa pilihlah hanya bagian dadanya saja.Proten pada ayam berperan penting dalam pembentukan janin, otot, dan kelancaran metabolisme tubuh.

Daging sapi, Protein pada sapi berperan untuk pembentukan struktur tulang serta juga untuk membangun sistem kekebalan tubuh janin selain itu juga dapat menghindari resiko kelahiran prematur.

Telur, Telur yang kaya akan protein, lemak, kolin dan omega 3 juga sangat bagus apabila dijadikan sebagai menu harian. kandungan gizi dalam telur tersebut berpan untuk perkembangan otak dan pengelihatan calon bayi.

Tuna, Kaya omega 3 yang penting untuk pembentukan otak janin. pilihlah tuna segar untuk menghindari obat pengawet yang biasanya sering digunakan, dan jangan pilih yang sudah diasap.

Salmon, Kandungan DHA pada salmon juga berperan untuk perkembangan otak janin. Dalam daging ikan salmon juga terdapat omega 3 yang membuat kesehatan otak janin menjadi lebih cerdas nantinya.

Beberapa makanan tersebut diatas tidak semata-mata harus menjadi menu makanan ibu hamil tiap harinya. Butuh penyeleksian dari beberapa jenis makanan yang mengandung protein diatas. Beberapa ikan terkadang mengandung merkuri yang cukup tinggi yang dapat menimbulkan resiko kanker pada ibu hamil maupun pada janin yang sedang berada dalam kandungan. Meskipun salmon bisa dimakan mentah-mentah, namun bagi ibu hamil sebaiknya menghindari makanan yang dimakan sebelum diolah khususnya bagi hewan atau ikan. 

Selalu memilih makanan laut yang segar adalah cara utama menjaga kesehatan janin, karena seperti kita ketahui, hasil tangkapan laut yang tidak langsung diolah atau laku seringkali diberi perlakuan agar ikan tersebut terlihat masih segar dan terkadang mereka juga menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi ibu hamil.

Berikut ini adalah daftar lengkap makanan untuk ibu hamil agar janin sehat dan kuat

1. Telur
Seperti kita ketahui bersama bahwa telur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan protein terbilang lengkap. Setidaknya terdapat 7 gr kandungan protein serta hanya memiliki 2 gram lemak jenuh. kandungan protein yang ada di dalam telur ini sangat baik dijadikan makanan penguat kandungan lemah.

Berbagai macam jenis telur sangat cocok di jadikan sebagai makanan penguat kandungan lemah. Sebab di dalam telur banyak terdapat gizi yang sangat di perlukan oleh ibu hamil, terutama kandungan protein dan omega-3 pada telur yang memiliki fungsi yang dapat menguatkan kandungan ibu hamil. Jenis-jenis telur yang biasa dikonsumsi ibu hamil untuk menguatkan kandungan di antaranya telur ayam kampung, telur angsa, telur bebek, dan berbagai macam telur unggas lainnya. dari beberapa jenis telur yang di sebutkan tadi, yang memiliki kandungan protein paling tertinggi adalah telur bebek, maka dari itu ibu hamil sangat di anjurkan mengkonsumsi telur bebek agar kandungan jadi kuat. (baca juga : Bolehkah Ibu Hamil Berhubungan Intim Setiap Hari )

2. Kacang polong
Satu cangkir kacang polong menyuplai setidaknya sekitar 12-15 gram protein. Namun bukan hanya kacang polong, hampir semua jenis kacang-kacangan juga mempunyai kandungan protein serta serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Kandungan protein pada kacang polong membantu ibu menjaga kandungan agar lebih kuat.

3. Kacang kedelai
Kacang keledai memiliki kandungan lemak yang rendah dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Tak hanya itu jenis kacang ini juga mengandung isoflavon, asam phytc, serta kandungan saponin. Beberapa kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung pada ibu hamil, osteoporosis, kanker serta sangat ampuh dijadikan makanan untuk penguat kandungan.

Kacang kedelai dapat di olah menjadi Susu Kedelai, dan dengan mengkonsumsinya setiap hari, kandungan ibu akan lebih kuat dan juga sehat.

4. Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga kacang hijau juga dapat di konsumsi ibu hamil sebagai makanan penguat kandungan. Kacang hijau membantu menjaga perkembangan janin agar sehat selama masa kehamilan. Kacang hijau juga bermanfaat meningkatkan HB dalam darah sehingga kesehatan ibu selama masa kehamilan juga terjaga.

5. Sayuran Hijau
Sayuran hijau tua seperti kale, bayam, kangkung, brokoli, bokchoy dll bermanfaat membantu menjaga keseimbangan basa rahim. Selain itu sayuran hijau juga menyediakan banyak mineral untuk fungsi sistem saraf yang optimal. Dengan mengkonsumsi sayuran, maka Anda akan mendapatkan banyak nutrisi termasuk folat, untuk memastikan rahim siap membuat bayi yang sehat

6. Kecambah
Kecambah banyak dikenal sebagai makanan agar cepat hamil, digunakan untuk menyuburkan pria dan juga meningkatkan kualitas sperma pria . Ternyata ibu hamil pun boleh mengkonsumsi kecambah, karena terbukti dapat membantu sebagai makanan penguat kandungan alami. Caranya mengkonsumsinya cukup mudah kita hanya perlu merebus kecambah hingga matang,dan kita bisa makan kecambah dengan di dampingi makanan lainnya, atau di olah sebagai masakan tersendiri.

7. Yoghurt
Kalsium tinggi yang ada pada yoghurt sangat bermanfaat menjaga kesehatan. Salah satu kandungannya adalah kalsium namun bukan hаnуа mengandung kalsium, yoghurt іnі јugа memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi. Bаhkаn ibu hamil јugа disarankan untuk mengkonsumsi olahan susu уаng satu іnі ѕеtіар harinya. Yoghurt juga dapat membantu menjaga dan menguatkan kandungan ibu.

8. Ikan Air Tawar
Berbagai macam jenis ikan air tawar segar sangat kaya akan kandungan protein dan juga omega-3. Oleh sebab itu mengkonsumsi ikan air tawar juga dapat membantu menjaga dan menguatkan kandungan. Dengan mengolahnya secara benar dan bersih Ikan Air tawar sangat di rekomendasikan sebagai makanan untuk ibu hamil.

9. Tahu
Tahu merupakan lauk yang nikmat sebagai pendamping makanan. Tahu juga terbukti mengandung banyak nutrisi penting yang di perlukan oleh tubuh yang berasal dari kacang kedelai. Bukan hаnуа kaya аkаn nutrisi уаng berasal dаrі kedelai, tahu јugа memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi уаng mеmаng dі butuhkan оlеh ibu hamil.

10. Ikan segar
Ikan segar baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut sama sama memiliki kandungan protein уаng cukup tinggi, ѕеlаіn іtu ikan segar јugа memiliki kandungan omega 3 уаng mеmаng ѕаngаt baik untuk kesehatan Andа јugа janin уаng ada dі dalam kandungan. Disarankan ibu hamil untuk memperbanyak konsumsi ikan ikanan baik itu ikan air tawar maupun ikan air asin untuk memberi nutrisi yang lengkap untuk janin.

11. Buah-buahan
Dі awal kehamilan, ѕаngаt penting јіkа ibu hamil menerima asupan buah-buahan. Dimana hаmріr ѕеmuа buah-buahankaya аkаn vitamin C dan bioflavonoid dараt membantu menghambat pertumbuhan fibroid rahim. Buah-buahan јugа dараt menormalkan kadar estrogen. Jadi pastikan, Andа јugа makan buah-buahan beragam dalam jumlah cukup. Bioflavonoid dalam buah bermanfaat mencegah kanker ovarium dan membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi Anda.

12. Susu murni
Susu merupakan bahan utama pembuatan yoghurt, Meskipun kandungan protein уаng terkandung dі dalam susu murni jauh lebih sedikit јіkа dі bandingkan dеngаn yoghurt. Nаmun asam amino уаng dі butuhkan оlеh tubuh ibu hamil terkandung dі dalam susu murni. Jadi tіdаk ada salahnya јіkа Andа mengkonsumsi susu murni karena memang dapat membantu menguatkan kandungan ibu hamil.

13. Udang
Udang kaya akan protein, namun tak hаnуа mengandung protein уаng tinggi saja, udang јugа mengandung kalsium уаng cukup tinggi уаng baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin уаng ada dі dalam kandungan. Kandungan kalsium juga akan membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

14. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang kaya akan kandungan omega-3, protein, serta kaya akan asam folat. Ikan Salmon sangat baik di konsumsi dan sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janin. Banyak mengkonsumsi ikan salmon terbukti dapat membantu menguatkan kandungan ibu selama masa kehamilan muda. Disamping itu kandungan asam folat dan omega-3 yang terkandung pada ikan salmon sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin.

15. Brokoli
Brokoli yang kaya akan kalsium, asam folat, zat besi dan juga vitamin C. Sangat di rekomendasikan di konsumsi secara rutin oleh ibu hamil yang memiliki masalah pada kandungannya. Mengkonsumsi brokoli juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, kandungan zat besinya mampu melawan radikal bebas dan mencegah anemia pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli 100gram setiap hari, akan menjaga kesehatan bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

16. Sereal
Sereal merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan vitamin B. Vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang amat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu menguatkan kandungan. Bagi ibu yang mengalami sulit makan mengkonsumsi sereal yang kaya akan kandungan vitamin B di dalamnya bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif makanan sehari hari bagi ibu hamil.

17. Ubi Jalar
Riset membuktikan bahwa Ubi Jalar juga dapat digunakan sebagai salah satu makanan penguat kandungan yang lemah. Ubi jalar banyak mengandung beta karoten, yaitu sebuah kandungan zat yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Tidak hanya itu Ubi jalar juga memiliki kandungan lain seperti asam folat, serat dan juga mengandung vitamin C. Kandungan – kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan juga menguatkan kandungan ibu hamil.

18. Buah Berry
Taukah anda bahwa buah berry juga dapat dijadikan sebagai buah untuk menguatkan kandungan. Hal ini di sebabkan karena dalam buah beri banyak terkandung, vitamin C, asam folat, kalium dan juga serat. Dengan mengkonsumsi buah berry secara rutin bisa membantu ibu hamil menguatkan kandungan. Jenis jenis buah berry yang dapat dipergunakan sebagai makanan penguat kandungan adalah blueberry dan juga buah raspberry.

19. Apel
Kandungan Anti oksidan yang tinggi serta kandungan vitamin C pada apel dapat membantu ibu untuk menguatkan kandungan. Jika Anda mengalami masalah dengan kandungan Anda, perbanyaklah konsumsi buah Apel setiap hari.

20. Jenis Makanan Yang Kaya Asam Folat
Beberapa jenis saur dan ikan ikanan banyak mengandung asam folat, sebagai contoh ikan salmon, bandenga, tomat dan lain sebagainya. Makanan yang banyak mengandung asam folat akan membantu menguatkan kandungan serta membantu perkembangan janin dalam kandungan

21. Madu
Madu merupakan glukosa alami yang sangat aman untuk dikonsumsi. Madu sudah terkenal dengan banyak khasiat di dalamnya, bagi ibu hamil selain bermanfaat untuk menguatkan kandungan, madu juga bermanfaat untuk menambah serta menjaga stamina ibu hamil.

22. Kurma
Kurma merupakan buah yang istimewa. Mengkonsumsi kurma bagi ibu hamil dapat menjadi sumber energi dan kandungan kurma lainnya dapat membantu menguatkan kandungan serta membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, kurma juga dapat membantu anda mengatai anemia saat hamil.

23. Madu Bee Pollen
Madu bee pollen merupakan madu yang dicampurkan dengan pollen lebah. Pollen lebah mengandung banyak protein. Protein yang terkandung dalam pollen lebah dapat bermanfaat untuk menguatkan kandungan yang lemah. Bee pollen juga kaya akan berbagai vitamin, enzim dan mineral yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

24. Buah Alpukat
Buah alpukat kaya akan lemak tidak jenuh, vitamin E dan berbagai macam vitamin lain serta mineral. Mengkonsumsi alpukat bagi ibu hamil dapat membantu menguatkan kandungan, serta memberikan nutrisi yang di butuhkan untuk perkembangan janin.

Vitamin B atau yang disebut juga dengan istilah Folic Acid atau lebih populer dengan istilah asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang harus selalu dipenuhi kebutuhannya di dalam tubuh oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil, asam folat memiliki peran penting untuk menjaga kondisi janin agar tetap normal dan terhindar dari kecacatan.

Itulah beberapa jenis makanan penguat kandungan di awal kehamilan, dengan makanan tersebut diharapkan ibu hamil akan tetap sehat dan janin di dalam kandungan juga akan tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat

Artikel yang disarankan untuk menambah wawasan mengenai kehamilan
1. Tips Menjaga Agar Janin sehan dan kuat dalam kandungan
2. Tanda Bahaya yang Harus Diwaspadai Oleh Ibu Hamil
3. Makanan yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hami
4. Tips Agar Bayi Selalu Sehat di Dalam Kandungan  
WARNING!! Bahaya Menggunakan Pemotong Kuku Secara Bergantian

WARNING!! Bahaya Menggunakan Pemotong Kuku Secara Bergantian

Bahaya Menggunakan Pemotong Kuku Secara Bergantian


Firdaus45 - Tampil cantik adalah dambaan bagi siapa saja. Dengan tampil cantik atau tampil menawan akan membuat daya tarik yang lebih dari diri kita bagi orang lain. Merawat penampilan dan juga kebersihan bukanlah anjuran untuk kaum perempuan saja, akan tetapi kaum lelaki juga dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. Tak terlepas dari merawat kuku.

Jika anda bertanya kenapa kita haru merawat kuku kita? Perlu ditekankan lagi, merawat kuku bukan berarti memanjangkan kuku, mengecat kuku dan memberi pernak pernik yang mungkin sering dilakukan oleh kaum perempuan. Merawat kuku yang ingin saya sampaikan disini adalah menjaga kebersihan dari kuku itu memotong kuku apabila panjang kuku sudah melebihi kewajaran. Untuk perawatan kuku, mungkin anda bisa lihat dalam artikel sebelumnya yaitu Tips Merawat Kuku




Memanjangkan kuku mungkin sering dilakukan oleh banyak orang baik laki-laki maupun perempuan. Sebenarnya sampai sekarang saya masih tidak mengerti sebenarnya apa fungsi dari merawat kuku sampai memiliki panjang yang tidak sewajarnya. 

Jika anda ketahui, dan saya rasa kalian semua sudah mengetahui bahwa kuku merupakan tempat kuman-kuman bersarang. Melalui kuku itu pula, kuman-kuman masuk ke dalam tubuh jika sewaktu makan kita tidak menggunakan alat makan seperti sendok. 

Diatas adalah sekelumit dari tujuan yang ingin saya sampaikan dalam artikel ini, mengenai bahaya menggunakan pemotong kuku secara bergantian.

Bahaya menggunakan pemotong kuku secara bergantian sebenarnya didasari pada tulisan diatas dimana kuku merupakan sarang kuman. Kuku yang kotor akan membuat si pemilik kuku mudah terkena penyakit ringan semacam influensa. 

Kenapa menggunakan pemotong kuku secara bergantian menjadi berbahaya? Sebenarnya bahaya yang ditimbulkan tidak sampai membuat orang meninggal seketika, akan tetapi banyak penyakit-penyakit yang mengintai akibat menggunakan pemotong kuku secara bergantian.

Pemotong kuku menjadi berbahaya saat kita gunakan apabila pemotong kuku itu bekas atau telah digunakan oleh orang lain yang mengidap riwayat penyakit menular. Seringkali saat kita berkunjung atau bermain-main ditepat teman atau saudara, memotong kuku sambil berbincang-bincang santai memang cukup mengasikkan. Hal ini sering terjadi dan rasa tertarik untuk memotong kuku saat melihat pemotong kuku tergeletak di meja.

Menggunakan pemotong kuku menjadi berbahaya apabila menggunakan pemotong kuku secara bergantian dengan orang akan membuat kita tertular berbagai macam penyakit. Penyakit menular yang diderita orang lain dapat tertular pada tubuh kita salah satunya adalah akibat penggunaan pemotong kuku secara bergantian tersebut. Seringkali orang memotong kuku menggunakan pemotong bekas orang lain tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Kuman yang tertinggal pada alat  pemotong kuku tersebut akan tertinggal pada kuku kita. Saat kita menggunakan kuku untuk menggaruk kulit kita, maka terkadang muncul bekas luka yang membuat kuman-kuman mudah masuk ke dalam tubuh. 

Mungkin hal ini masih jarang terjadi, akan tetapi menggunakan alat pemotong kuku secara bergantian bisa saja menjadi jalan masuk bagi penyakit menular menyerang tubuh kita. Lebih parah lagi jika penyakit tersebut adalah jenis penyakit kulit yang susah untuk disembukan. Semacam penyakit kusta

Alangkah baiknya jika sebelum anda menggunakan pemotong kuku, cucilah terlebih dahulu alat pemotong kuku tersebut meskipun tidak digunakan oleh orang lain.

Potonglah kuku anda dan rapikan kuku anda sampai halus agar sewaktu digunakan untuk menggaruk tidak menimbulkan luka pada kulit.

Setelah selesai memotong kuku, bersihkan dengan menggunakan sabut anti septik atau pembersih lainnya dan juga jangan lupa untuk memcuci kembali agar tidak ada kuman yang tertinggal setelah digunakan untuk memotong kuku anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,, 
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu

Firdaus45 - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah mengkudu telah dikenal sejak zaman nenek moyang sebagai bahan baku obat herbal.

Obat herbal ekstrak mengkudu sangat ampuh untuk pengobatan. Saat ini telah banyak ekstrak buah mengkudu yang dikemas dengan berbagai macam merek yakni dari merk ekstrak buah mengkudu terpopuler hingga ekstrak buah mengkudu terbaik.

Cara mendapatkan buah mengkudu juga tidak terlalu susah. Karena buah mengkudu telah banyak tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Buah mengkudu dikenal dapat tumbuh dengan subur di daerah dataran rendah. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 meter, memiliki bunga berwarna putih.

Buah yang masih hijau berwarna mengkilap dan memiliki totol-totol. Sementara buah yang sudah tua berwarna putih  dengan bintik-bintik hitam.

Buah mengkudu sering dijumpai dan sering dianggap buah yang tidak enak. Anggapan tersebut akan berangsur berubah jika Anda tahu manfaat dan kandungan apa saja yang terdapat dalam buah mengkudu.


Berikut adalah zat-zat yang terkandung dalam buah mengkudu :


  1. Kandungan zat scopoletin yang ada di buah mengkudu berfungsi untuk memperlancar peredaran darah serta memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Zat tersebut juga dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab alergi
  2. Zat terpenoid yang terkandung dalam mengkudu dapat membantu proses sintesis organic dan dapat membantu pemulihan sel pada tubuh.
  3. Zat anti kanker, kandungan zat ini sangat efektif untuk melawan bibit sel kanker. Penelitian menyatakan bahwa mengkudu mengandung senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang dapat bermanfaat dalam mencegah kerusakan DNA dan kanker. Hal ini juga dapat menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.
  4. Anti inflamasi. Sari mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya peradangan organ tubuh. Hal tersebut juga dapat berfungsi untuk menurunkan resiko terkena serangan penyakit jantung.
  5. Zat fitonutrien yang terdapat pada buah mengkudu berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras. Jika jantung tidak bekerja keras maka tekanan darah akan normal
  6. Morindone, asam kapril, morindin, metil asetil, morindadiol dan sorandiyiol. Kandungan dalam mengkudu tersebut dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis serta dapat memperkuat tulang.

Setelah mengetahui kandungan buah mengkudu, ada baiknya Anda mengetahui juga cara memanfaatkan buah tersebut. berikut adalah beberapa cara mengolah dan memanfaatkan buah mengkudu untuk kesehatan secara alami :

Untuk Menyembuhkan batuk

Ambil satu buah mengkudu dan tambahkan dengan ½ genggam daun bujanggut. Cuci bersih dan rebus dua bahan tersebut dengan 2 gelas air. Didihkan hingga air tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum selagi hangat.

Sakit Kuning

Cuci bersih dua buah mengkudu yang telah matang. Kupas dan blender hingga halus. Setelah itu saring dan ambil air sarinya. Kemudian tambahkan dengan satu sendok madu. Kemudian Minum secara rutin.

Hipertensi/darah tinggi

Cara untuk menurunkan tekanan darah sama dengan cara memanfaatkan mengkudu untuk mengobati penyakit kuning.

Melembutkan kulit

Ambil buah mengkudu dan iris tipis. Oleskan pada kulit tangan atau kaki Anda. Tunggu hingga kering selama kurang lebih 10 menit. Usap kulit dengan handuk hangat. Lalu keringkan

Obat sakit perut

Cuci bersih 2-3 lembar daun mengkudu. Tumbuk halus serta tambah dengan garam secukupnya. Lalu seduh dengan air panas. Tunggu hingga dingin. Minum.

Kesehatan tulang

Mengkonsumsi jus mengkudu baik untuk kepadatan tulang, terutama bagi wanita berumur 40-50 tahun. Siapkan 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon. Cuci bersih dan kupas. Lalu potong kecil-kecil masukkan dalam blender bersama gula secukupnya.

Kesehatan rambut

Selain untuk kesehatan tubuh bagian dalam, buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Caranya adalah, iris buah mengkudu lalu oleskan pada batang rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga kering. Lalu bilas dan keramas hingga bersih.

Kesehatan sangatlah mahal harganya. Sebelum Anda jatuh sakit rawatlah diri dan kesehatan Anda dengan baik. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. 

Cara Alami Mengatasi Kulit Kering

Tips Mengatasi Kulit Kering


Firdaus45 - Kulit kering adalah lawan dari kulit berminyak. Jika pada kulit berminyak hormon terlalu memproduksi minyak berlebih, maka di kulit kebalikannya. Kelenjar minyak tidak atau kurang memproduksi minyak sehingga kulit menjadi kering bahkan terlihat bersisik. Kulit kering akan terlihat lebih kusam karena kurang kelembaban. Kerutan akan terlihat lebih jelas pada bagian-bagian wajah. Jika hal tersbut terjadi, pasti itu akan membuat jengkel hati dan kerepotan mengatasinya.

Anda perlu mengetahui alasan kulit seseorang menjadi kering. Dengan pengetahuan tersbut Anda bisa merawat kulit lebih baik lagi. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kulit menjadi kering :

cara mengatasi kulit kering, cara mengatasi kulit kering dan bersisik, cara mengatasi kulit kering pada wajah, cara mengatasi kulit kering secara alami, cara mengatasi kulit kering di wajah, cara mengatasi kulit kering pada bayi, cara mengatasi kulit kering dan keriput, cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara alami, cara mengatasi kulit kering dan berminyak, cara mengatasi kulit kering dan kasar


Usia

Lama-kelamaan usia seseorang akan bertambah dan aktifitas dalam tubuhnya juga akan menurun. Termasuk kelenjar minyak yang memproduksi minyak yang fungsinya untuk melembabkan kulit.

Genetik

Faktor ini termasuk faktor intern yang menentukan jenis kulit wajah seseorang.

Suhu

Suhu kering dan panas. Serta suhu yang sangat dingin juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena kehilangan kelembaban.

Iklim

Iklim berlangsung cukup lama. Berbeda dengan cuaca yang berlangsung relatif sebentar. Dalam iklim yang sangat panas ataupun sangat dingin, kelenjar keringat seseorang akan mengalami penurunan fungsi kerja dalam melembabkan kulit.

Asupan gizi

Asupan gizi sangatlah penting dalam meningkatkan kelembaban kulit. Jika seseorang kekurangan asupan gizi maka dipastikan kulit seseorang tersebut akan mengering atau kusut.

Untuk mengatasi agar kulit tidak semakin kering, Anda perlu melakukan beberapa hal. Berikut adalah  tips alami bagaimana cara mengatasi kulit kering :

Minum air putih

Mengonsumsi air putih sebanyak 1,5-2 liter /hari sangatlah dianjurkan. Air yang ada dalam tubuh akan memperlancar peredaran darah dan memenuhi kebutuhan zat cair yang diperlukan tubuh. Dan jika anda menginginkan penampilan anda terlihat awet muda, maka cara paling sederhada terlihat awet muda adalah dengan meminum air putih yang cukup.

Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air hangat setiap hari tidaklah bagus untuk kesehatan kulit. Kebiasaan ini menyebabkan kulit menjadi kering dan terlalu kesat. Air hangat akan membersihkan minyak hingga benar-benar bersih sehingga minyak akan berkurang drastis. Dan hilanglah pelembab wajah yang alami itu.

Mengonsumsi buah

Betakaroten yang terdapat pada buah-buahan dapat membantu mengatasi masalah kulit kering pada seseorang. Selain itu serat dalam buah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan lainnya. Karena tidak hanya untuk mengatasi kulit yang kering, buah adalah salah satu cara menjaga tubuh anda tetap sehat.

Rajin-rajinlah mengkonsumsi buah, jangan hanya mau mengkonsumsi buah jika itu menjadi buah yang anda sukai. Karena khasiat buah berbeda-beda, maka hendaknya anda mencoba mulai dari sekarang untuk lebih menyukai berbagai macam varians buah yang ada.

Sabun muka

Banyaknya sabun muka yang dijual dipasaran akan membuat seseorang pusing untuk memilihnya. Kenalilah kulit anda. Jika kulit Anda termasuk jenis kulit kering, maka tanyakanlah pada penjaga toko mana produk yang cocok untuk kulit kering.

Pelembab wajah

Sama halnya dengan sabun wajah. Pelembab pun demikian. Pilihlah pelembab wajah untuk kulit kering. Jangan memilih pelembab wajah yang malah akan merusak kulit Anda.

Masker wortel

Wortel adalah buah berwarna orange yang kaya akan antioksidan. Cara membuat masker wortel sangatlah mudah. Ambil dua buah wortel, cuci dan blender hingga halus. Lalu oleskan pada permukaan wajah hingga rata. Tunggu selama 15-20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dan bilas hingga bersih. Lakukan kegiatan tersebut dengan teratur. Hasilnya kulit kering Anda lama kelamaan akan menjadi halus.

Susu dan madu

Campur 2 sendok teh susu dan 1 sendok teh madu. Campur rata dan oleskan pada kulit wajah Anda. Tunggu selama 15 menit sambil berbaring. Dengan berbaring gaya gravitasi akan membuat kulit wajah Anda lebih kencang. Setelah benar-benar kering. Bilas dengan handuk hangat lalu bilas wajah dengan air dingin.
Ingin Jadi Teman Bicara Yang Menyenangkan? Berikut Tips Yang Bisa Anda Lakukan

Ingin Jadi Teman Bicara Yang Menyenangkan? Berikut Tips Yang Bisa Anda Lakukan

Tips Menjadi Lawan Bicara Yang Menyenangkan

Firdaus45.com - Menjadi Teman Bicara yang Menyenangkan - Saat berbincang-bincang dengan seseorang, terkadang kita harus memperhatikan dan menunjukkan sikap jika kita adalah lawan bicara yang baik dan asik untuk diajak bicara. Namun, menjadi lawan bicara yang baik tidaklah semudah seperti yang kita bayangkan. Akan muncul rasa grogi atau rasa tidak nyaman saat kita menatap langsung matanya, bahkan pada sebagian orang hal ini membuat mereka menjadi salah tingkah.

Menjadi pribadi yang menyenangkan lawan bicara dan disenangi oleh banyak orang adalah hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Masalah seperti ini biasanya akan timbul ketika kita baru mengenal seseorang atau baru pertama kali ngobrol dengan orang yang tidak kenal. Pasti akan ada rasa untuk menyepelekan perkataan lawan bicara kita. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua orang bisa menjadi lawan bicara yang baik, walau hanya sebentar.



Tips Menjadi Teman Bicara yang Menyenangkan

Jadilah pribadi yang menyenangkan

Menjadi pribadi yang menyenangkan memang tidaklah mudah. Ada yang berpendapat bahwa menjadi pribadi yang menyenangkan itu adalah bawaan lahir dan sebagai karunia tuhan. Beberapa hal yang perlu anda latih ketika anda ingin menjadi pribadi yang menyenangkan yaitu pahamilah diri anda sendiri. Selebihnya dapat anda pelajari sembari anda mempraktekkannya dengan dasar bertutur yang sopan dan santun kepada semua.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menghindari untuk berbincang mengenai hal-hal yang tidak penting.

Menjadi teman bicara yang menyenangkan tidak selalu harus meladeni semua perbincangan lawan anda. Dalam setiap perbincangan yang menjurus ke arah yang menyerukan, ada kalanya anda merasa terpojokkan dengan bahasan yang sedang anda bicarakan dengan lawan bicara anda. Pada saat inilah, jika anda merasa itu adalah hal yang tidak penting dan tidak perlu untuk dibicarakan, anda tidak harus menjelaskannya dan menjawabnya. Meskipun anda berusaha untuk mengalihkan pembicaraan, tetap hindari diri dari mengalihkan perhatian karena hal ini akan merubah suasana perbincangan anda dengan lawan bicara anda yang awalnya seru menjadi senyap, untuk itu tetaplah fokus pada lawan bicara anda.

Hindari memberi pertanyaan beruntun jika pertanyaan sebelumnya belum selesai terjawab

Saling melontarkan pertanyaan adalah hal yang wajar ketika kita berbincang-bincang dengan lawan bicara. Apapun jenis pertanyaannya, hal ini wajar bagi setiap orang menanyakan kepada lawan bicaranya. Entah itu masalah pribadi, pekerjaan atau apapun jenisnya, melontarkan pertanyaan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, dalam melontarkan pertanyaan, sebaiknya anda menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar tidak melukai perasaan lawan bicara anda. Selain itu, pada saat anda melontarkan pertanyaan, jangan sering-sering mengajukan pertanyaan berikutnya jika pertanyaan yang sebelumnya belum selesai dijawab. Terlalu sering melontarkan pertanyaan akan membuat imej anda terlihat seorang yang egois bagi lawan bicara anda, hal seperti inilah yang terkadang membuat lawan bicara anda menjadi malas menanggapi pertanyaan yang anda ajukan.

Tips berikutnya yang perlu anda lakukan agar anda dapat menjadi teman bicara yang baik dan asik adalah dengan jangan pernah memotong lawan bicara yang sedang berbicara.

Pada saat anda berbicara dengan lawan bicara, anda mengutarakan saja apa yang ingin anda sampaikan secara jelas dan tidak bertele-tele. Berbicara langsung pada intinya memang terkesan membuat perbincangan ingin segera diakhiri. Akan tetapi tidak selamanya begitu, terkadang perbincangan yang menyangkut hal-hal serius lebih baik jika dibicarakan secara langsung dan jelas dan tidak bertele-tele yang nantinya akan membuat lawan bicara anda memiliki tafsiran ganda terhadap apa yang ingin anda sampaikan. Selain itu, pada saat lawana bicara anda sedang menanggapi pertanyaan anda, sebaiknya biarkan dia selesai berbicara dan jangan pernah memotong saat lawan bicara anda sedang serius memberikan tanggapan terhadap anda.

Jangan melakuan pertentangan terhadap hal-hal yang sudah jelas dan menganai hal-hal yang tidak terlalu penting.

Perbincangan yang asik adalah apabila kita dan lawan biara kita memiliki topik bahasan yang sesuai dan sejalan dengan pemahaman yang kita miliki. Akan tetapi, banyak juga orang-orang yang memperincangkan hal-hal yang tidak penting kemudian mempertentangkannya satu sama lain. Jika hal itu merupakan sebuah diskusi ilmiah maka sah-sah saja dan wajib dilakukan untuk mendapatkan kebenaran yang disepakati oleh banyak orang. Akan tetai jika hanya berdua dengan lawan bicara anda, maka ada baiknya untuk tidak melakukan hal yang demikian itu. Apalagi mempertentangkan mengenai sebuah keyakinan yang telah diyakin oleh lawan bicara anda, maka hal itu malah akan membuat permusuhan antara anda dengan lawan bicara yang sedang anda hadapi.

Jangan pernah merasa diri anda adalah orang yang paling pintar dengan menguasai perbincangan dari awal sampai berakhir.

Sebelum memulai perbancangan ada baiknya jika saling mengtahui satu sama lain dan kesamaan satu sama lain. Orang akan merasa minder atau malah pergi jika pada suatu sesi perbincangan anda menguasai perbincangan tersebut sampai selesai. Jangan pernah egois dengan tidak memberikan lawan bicara anda kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Perbincangan dua arah antara anda dengan lawan bicara anda akan membuat perbincangan anda semakin seru dan pada akhirnya akan menemukan banyak kesamaan antara anda dengan lawan bicara anda.

Jangan selalu menjadi sosok yang paling hebat dalam setiap obrolan

Memotivasi lawan bicara memang terkadang perlu dilakukan, menceritakan kesuksesan kita terkadang dapat membuat lawan bicara akan menjadi sebuah motivasi hidup bagi lawan bicara anda. Cerita motivasi terkadang juga perlu diberikan agar lawan bicara anda dapat menjadikan anda sebagai motivator dalam hidupnya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita membuat cerita motivasi untuk lawan bicara agar tidak terlihat sebagai sosok yang sombong. Menceritakan kesuksesan terkadang malah membuat lawan bicara minder dan menjauh jika cerita tidak dikemas dengan sebaik mungkin. Dalam melakukan perbincangan dengan lawan bicara anda, bangunlah perbincangan yang baik dan menyenangkan. Jangan selalu berbicara mengenai tentang diri anda terhadap lawan bicara anda, karena hal it akan membuat lawan bicara anda merasa bosan terhadap anda. Berbicaralah secukupnya hanya jika karena diminta oleh lawan bicara anda untuk menceritakan tentang diri anda.

Pilihlah topik sesuai keinginan bersama

Pilihlah topik yang menarik untuk diperbincangkan dengan lawan bicara anda. Usahakan jangan memperbincangkan mengenai hal-hal yang berbau fanatisme, hal ini hanya akan menimbulkan perdebatan dengan lawan bicara anda jika tidak sepaham dengan diri anda.

Usahkanlah untuk selalu menjadi pendengar yang baik

Memperhatikan dan mendengarkan perkataan lawan bicara anda dengan baik akan membuat anda dapat membangun komunikasi dan membangun topik-topik perbincangan yang seru dengan lawan bicara anda.

Pilihlah tempat ngobrol yang sejuk sehingga dapat membuat diri anda merasa nyaman dan betah berlama-lama disitu.

Dengan memperhatikan lingkungan sekitar yang menarik dan indah sudah bisa menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Selain itu, berbicara di lokasi yang nyaman akan membuat pikiran tenang dan dapat memperhatikan secara penuh.

Jangan membuat cerita yang berbeda dan membesar-besarkannya.

Menceritakan sebuah cerita fakta akan lebih disukai ketimbang anda harus membuat sebuah cerita yang jauh dari kenyataan dan membesar-besarkannya. Selain itu menggunakan anda bicara dan ekspresi yang sesuai akan membuat anda terlihat lebih dewasa di mata lawan bicara anda.

Salah tingkah dan grogi saat berbicara dengan lawan bicara selain menimbulkan rasa serba salah, hal itu juga bisa dijadikan sebuah tanda bahwa anda adalah orang yang jarang bergaul dan tidak suka bersosialisasi. Karena pada umumnya, orang yang suka bersosialisasi akan lebih memiliki banyak topik untuk diperbincangkan. Maka dari itu, janganlah menghindari seseorang yang hendak mengajak anda berbicara, luangkan waktu barang 5 menit.

Untuk itu, agar rasa grogi anda hilang dan bisa menjadi orang yang menarik dan asik untuk diajak berbicara sering-seringlah berkomunikasi dengan orang lain. Dengan sering melakukan komunikasi dengan orang lain, secara perlahan anda akan dapat memahami karakter seseorang tanpa harus mencari informasi terlalu dalam. Beberapa kiat agar anda tidak grogi sewaktu berbicara dengan orang lain dalah:

Pengalaman dan Penerapan

Ribuan tips yang diberikan akan mendapatkan hasil positif jika hal itu anda lakukan dan benar-benar anda terapkan dalam kehidupan anda. Pada saat teman anda meminta waktu anda untuk mendengarkan cerita dan keluhkesahnya, sebaiknya jangan anda tolak, karena hal itu merupakan salah satu kesempatan untuk anda belajar menjadi seseorang yang nyaman dan asik untuk diajak berbicara. Bukan hanya untuk curhatan, jika sikap dan perilaku anda dalam berbincang dengan lawan bicara anda sudak baik dan asik, maka hal ini juga akan bermanfaat nantinya pada pekerjaan anda yang lebih mengutamakan untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain. Ketika anda berusaha untuk menjadi lawan bicara yang menyenangkan, maka sudah tentu anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan (Baca: Cara menjadi pribadi yang menyenangkan). Dengan menjadi pribadi yang menyenangkan, anda tidak perlu terlalu bersusah payah menjadi lawan bicara yang menyenangkan. Ketika anda adalah pribadi yang menyenangkan, sedikit bicarapun sudah membuat lawan bicara anda merasa nyaman terhadap anda. 

Selamat mencoba dan semoga anda sukses menjadi orang yang baik dan menyenangkan saat anda menjadi lawan bicara.

Sumber: publicspeaking.co.id