2/24/2015

Mengapa Gigi Bungsu Sering Terasa Sakit? Inilah Alasannya Yang Wajib Anda Ketahui


Mengapa Gigi Bungsu Sering Terasa Sakit


Tips Kesehatan - Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang tumbuh paling akhir. Gigi ini termasuk gigi geraham tetap yang tumbuh pada seseorang saat usia 18-25 tahun. Jumlah gigi manusia dewasa normalnya adalah 32. Nah untuk gigi manusia dewasa yang hanya berjumlah 28. Anda perlu benar-benar membaca tulisan ini.

Baca Juga Artikel Tentang:
Mengenali Pertumbuhan Gigi Bayi dan Cara Merawat Gigi Bayi



Tidak semua gigi terakhir yang tumbuh disebut gigi bungsu. Yang disebut gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga. Ini merupakan gigi tetap. Biasanya jumlah gigi bungsu yang akan tumbuh berjumlah 4 buah di mana 2 akan tumbuh di rahang bawah dan 2 di rahang atas. Gigi bungsu ini sering tidak muncul karena terperangkap di dalam rahang. Jika muncul, gigi ini akan menimbulkan sakit karena sobeknya gusi, kurangnya tempat untuk gigi tumbuh dan terhalangnya gigi bungsu oleh gigi lain.

Tumbuhnya gigi bungsu ini akan menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Gigi bungsu akan seringkali tumbuh secara tidak normal. Kadang gigi ini akan tumuh ke samping, miring bahkan ada yang sebagian tertanam di bawah gusi. Kondisi seperti ini dinamakan gigi bungsu impaksi yang menimbulkan gejala seperti berikut :
  1. Gusi bengkak dan berwana merah (Cara Mengatasi Gusi Bengkak)
  2. Bau mulut (Tips Mengatasi Bau Mulut)
  3. Rasa sakit yang mengganggu
  4. Migrain
  5. Infeksi gusi/radang gusi
  6. Kesukaran membuka mulut
  7. Demam
  8. Sakit pada telinga (tinnitus)

Bila muncul rasa skit, Anda boleh mencoba cara berikut:
  1. Minum obat penahan rasa sakit
  2. Berkumurlah menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam

Bila rasa sakit yang diderita akibat gigi bungsu ini sudah sangat parah biasanya perlu dilakukan pembedahan atau dikenal dengan istilah Odontektomi. Pembedahan ini akan membutuhkan waktu sekitar 25-60 menit, tergantung tingkat kondisi dan kesuakran letak gigi bungsu. Beberapa hal juga mungkin dialami pasien setelah dilakukan pembedahan, diantaranya adalah :
  1. Sukar membuka mulut dan bengkak pada bagian pipi sekitar 1 minggu.
  2. Pasien akan merasa pipinya sedikit kebas.
  3. Terjadinya pendarahan yang berkelanjutan. Jika ini terjadi segera kembalii ke rumah sakit di mana Anda melakukan pembedahan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menanyakan masalah ini sebelum melakukan pembedahan agar Anda berpikir tenang. Dokter akan melakukan yang terbaik untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya