2/17/2015

Inilah Penyebab Munculnya Kanker Hati Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Munculnya Kanker Hati

Firdaus45 - Mungkin sampai sekarang masih  ada sebagian besar masyarakat yang belum mengenal penyebab kanker hati. Atau bahkan sama sekali tidak mengenal apa itu kanker hati. Mengenali penyebab kanker hati merupakan langkah awal dalam mencegah timbulnya kanker hati. Karena dengan mengenali penyebab kanker hati otomatis akan mendorong seseorang lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kanker hati adalah sebuah kanker yang tumbuh di dalam hati. Secara umum pria lebih mudah terkena kanker hati daripada wanita. Usia pasien penderita kanker hati biasanya berkisar antara 20-50 tahun. Penyebab timbulnya kanker hati adalah adanya infeksi kronis hepatitis B, infeksi kronis hepatitis C, konsumsi alkohol yang berlebihan, terforsirnya kinerja tubuh tanpa istirahat yang cukup, diabetes, dan obesitas.

Pada dasarnya, hati adalah organ tubuh yang memiliki fungsi vital yaitu sebagai penawar racun dalam tubuh. Fungsi hati adalah untuk membentuk sebuah cairan empedu, cairan empedu ini berfungsi sebagai penghancur lemak, membantu daya absorpsi lemak di usus, serta mengubah zat yang tidak larut dalam air.

Jika saluran empedu ini tersumbat, maka cairan empedu yang telah diproduksi oleh hati secara otomatis akan terikut (masuk) dalam darah. Cairan empedu yang masuk ke dalam aliran darah akan merubah warna kulit seseorang menjadi berwarna kuning. Berdasarkan hal inilah masyarakat Indonesia pada umumnya menyebutnya dengan istilah penyakit kuning.

Belum ada organ tiruan yang dapat digunakan sebagai pengganti hati. Akan tetapi, ada beberapa fungsi hati yang masih bisa digantikan dengan proses dialisis. Meskipun fungsi hati hati bisa diganti dengan alat-alat kedokteran, akan tetapi alat tetaplah saja alat tidak akan senyaman orang aslinya.



Penyebab Kanker Hati

Belum diketahui secara jelas apa penyebab utama kanker pada hati. Akan tetapi, pada beberapa kasus kanker hati, diketahui bahwa beberapa penyebab kanker hati adalah karena adanya infeksi kronis pada hati dengan virus hepatitis tertentu yang menyebabkan rusaknya fungsi hati sehingga mengakibatkan kanker hati.

Kanker hati muncul saat sl DNA mengalami mutasi yang membuat se tetap tumbuh dan berkembang. Akan tetapi pada sel normal lain memiliki siklus hidup dan mati, beberapa sel normal yang berkembang secara cepat akan berkumpul dan membentuk kanker hati

Jenis Kanker Hati

  • Kanker hati primer yang berasal dari sel hati terbagi dalam beberapa tipe, antara lain : Hepatocellular carcinoma (HCC). Kanker hati yang paling umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Kanker ini dimulai dari hepatocytes yang merupakan tipe utama sel hati.
  • Cholangiocarcinoma. Kanker ini berasal dari saluran kantung empedu.
  • Hepatoblastoma. Ini adalah tipe kanker langka yang menyerang anak-anak berusia 4 tahun ke bawah. Tipe kanker ini banyak yang berhasil disembuhkan.
  • Angiosarcoma dan hemangiosarcoma. Tipe kanker langka ini dimulai pada pembuluh darah di hati dan tumbuh dengan sangat cepat.
Beberapa penyakit yang diderita seseorang juga dapat berpotensi menjadi penyebab munculnya kanker hati dalam tubuh. Beberapa faktor yang dapat memicu munculnya kanker hati dalam tubuh diantaranya:
  • Jenis kelamin. Laki-laki lebih banyak mengalami kanker hati daripada wanita
  • Usia. Kanker hati banyak terjadi pada pasien usia antara 20 sampai 50 tahun
  • Infeksi kronis. Orang yang mengalami infeksi kronis virus hepatitis tipe B atau C mengalami peningkatan risiko kanker hati
  • Sirosis. Merupakan kondisi di mana jaringan hati mengalami kerusakan yang terus meningkat dan tidak dapat disembuhkan, meningkatkan peluang anda terkena kanker hati
  • Penyakit hati tertentu yang diturunkan dalam keluarga. Hemochromatosis, hepatitis dan Wilson’s desease adalah kondisi yang dapat meningkatkan risiko kanker hati
  • Diabetes. Orang memiliki kadar gula darah yang tinggi berisiko terkena kanker hati
  • Nonalcoholic fatty liver disease. Akumulasi lemak di hati meningkatkan risiko kanker hati
  • Terkena racun aflatoxins. Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi racun aflatoxins meningkatkan risiko kanker hati. Jagung dan kacang dapat terkontaminasi racun aflatoxins.
  • Konsumsi alkohol secara berlebihan. Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker hati.
  • Obesitas. Memiliki kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker hati.

Artikel Menarik Lainnya