2/15/2015

Memahami Proses Terbentuknya Tumor Payudara Dan Bagai Mana Cara Mencegahnya


Memahami Proses Terbentuknya Tumor Payudara Dan Bagai Mana Cara Mencegahnya

Firdaus45.com - Cara Mencegah Tumor Payudara - Tumor payudara adalah sebuah penyakit yang diakibatkan sel-sel tumor yang berkembang sehingga menimbulkan benjolan pada payudara. Penyakit ini tidak menular dan tidak menyebabkan kegagalan pada organ yang ditempatinya. Pertumbuhan sel tumor pada payudara sangat lambat, mungkin bertahun tahun baru terlihat membesar. Jadi para penderita kebanyakan tidak peka untuk menyadarinya. 

Sel-sel tumor yang mulanya masih jinak lama kelamaan akan berkembang menjadi tumor ganas. Jika tidak mendapat penanganan lebih lanjut, sel tumor ini akan terus berkembang menjadi sel kanker. Ini bahaya.



Tumor payudara ini tentu saja menyerang wanita. Tapi tidak semua wanita. Penderitta yang mempunyai resiko besar terkena tumor payudara adalah :

  1. Wanita di atas 25 tahun.
  2. Pernah mengalami radiasi.
  3. Menstruasi di bawah 13 tahun.
  4. Wanita yang tidak menikah.
  5. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

Anda harus jeli dan peka terhadap datangnya sel tumor yang mungkin terjadi. Berikut adalah gejala yang dialami penderita tumor payudara:

  1. Payudara nyeri saat tidak sedang haid.
  2. Munculnya benjolan sebesar kelerang pada payudara. Benjolan ini keras dan padat. Jika benjolan sudah lunak seperti daging, itu bukan tumor melainkan kanker.
  3. Kelainan bentuk payudara. Payudara terlihat kempis dan bentuknya tidak simetris.
  4. Payudara lembek dan tidak kenyal.

Jika mungkin Anda sudah mengalami keadaan seperti yang disebutkan di atas, jangan berpikir ulang untuk segera ke dokter. Pergilah sekarang juga, tapi selesaikanlah dulu membaca tulisan ini sebelum Anda pergi.

Tumor dibedakan menjadi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak dicirikan dengan benjolan kecil yang terdapat di dalam kulit. Jika benjolan ini diraba, benjolan tersebut tidak terlalu keras dan tidak semakin besar seiring siklus haid. Tumor ganas dicirikan dengan benjolan kecil maupun agak besar yang terdapat di dalam daging. Baik tumor jinak maupun tumor ganas bisa tumbuh lebih dari satu tempat.

Jika tumor terus berlanjut maka akan menimbulkan akibat, diantaranya adalah :

  • Timbulnya gejala kanker payudara.
  • Perubahan bentuk payudara.
  • Keluarnya cairan (bukan air susu) pada puting.

Untuk itu terdapat beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Kemoterapi : pemberian obat-obatan pada penderita untuk mencegah berkembangnya sel tumor menjadi sel kanker.
  • Operasi : dengan cara mengangkat tumor yang berbentuk benjolan pada payudara. Baik tumor jinak maupun tumor ganas.

Hal-hal yang menjadikan tumor payudara berkembang menjadi salah satu penyebab kematian adalah ketidaktahuan kaum hawa mendeteksi adanya tumor tersebut, ketakutan untuk melakukan kemoterapi dan operasi, keadaan ekonomi di mana sebenarnya penderita tahu dia mengidap tumor tetapi tidak mempunyai biaya untuk pengobatan. Dan yang sering kali terjadi adalah terlalu mengandalkan pengobatan tradisional dari dukun yang belum tentu tahu tentang tumor payudara.

Cara mencegah timbulnya tumor payudara :

  1. Perbanyak konsumsi kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai.
  2. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  3. Mengkonsumsi karbohidrat sewajarnya. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat yaitu nasi, jagung, kentang dan umbi-umbian.
  4. Menghindari minuman beralkohol. Alkohol dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara sebesar 20%-25%.
  5. Mengurani konsumsi lemak jenuh seperti daging merah, daging ayam. Daging merah adalah penghasil lemak jenuh yang bisa meningkatkan aktivitas sel tumor menjadi sel kanker.
  6. Jika Anda adalah ibu muda yang harus menyusui. Lakukanlah. Aktivitas menyusui dapat menurunkan resiko terkena tumor payudara.
  7. Olahraga teratur. Lakukan olahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda adalah seorang yang sangat sibuk, Anda dapat mengganti olahraga dengan berjalan kaki saat pergi ke kantor atau ke manapun asalkan jaraknya tidak terlalu jauh.

Artikel Menarik Lainnya