2/04/2015

KANKER HATI


KANKER HATI


Firdaus45 - Hati terletak pada perut bagian kanan agak ke tengah. Hati adalah salah satu organ vital bagi tubuh manusia yang menghasilkan cairan empedu.  Fungsinya yaitu untuk mengaktifkan lipase, mencerna lemak dan mengubah zat yang tidak larut dalam air menjadi larut dalam air serta membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Jika fungsi hati terganggu, maka akan menimbulkan banyak keluhan yang akan menghambat aktivitas yang berujung pada kanker hati.

Kanker hati adalah sebuah kanker yang tumbuh di dalam hati. Secara umum pria lebih mudah terkena kanker hati daripada wanita. Usia pasien kanker hati biasanya berkisar antara 20-50 tahun. Penyebab timbulnya kanker hati adalah adanya infeksi kronis hepatitis B, infeksi kronis hepatitis C, konsumsi alkohol yang berlebihan, terforsirnya kinerja tubuh tanpa istirahat yang cukup, diabetes, dan obesitas.



Berikut adalah gejala klinis yang sering dialami oleh penderita kanker hati :
  • Urine berwarna kuning gelap atau kecoklatan.
  • Pembengkakan hati, yaitu hati akan melebarkan posisinya di bagian tengah perut. Atau jika terdapat benjolan pada perut kanan bagian atas, segera periksakan ke dokter.
  • Perut terasa mual dan kembung dengan rasa sakit yang tak wajar. 
  • Kelelahan yang berlebihan dan terjadi terus-menerus. Ini mungkin disebabkan adanya penurunan fungsi hati. Jika merasa dalam kondisi tersebut, beristirahatlah dari rutinitas yang melelahkan itu.
  • Pendarahan pada sistem pencernaan.
  • Penurunan berat badan dan mudah kenyang.
  • Kulit dan mata yang berwarna kuning. Cairan empedu yang tersumbat akan akan masuk ke perdaran darah dan mengakibatkan penyakit kuning. 


Stadium kanker hati:

Stadium I

Ukuran tumor masih berukuran sekitar 2 cm dan terletak di dalam hati. Belum menyebar ke pembuluh darah lain.

Stadium II

Kanker hadir dalam bentuk tumor lebih dari satu tempat, tapi masih berada di dalam area hati. Belum menyebar ke daerah pembuluh darah yang berdekatan

Stadium III

Tumor belum menyebar ke pembuluh darah yang berdekatan, tapi ukurannya sudah lebih dari 2 cm.

Stadium IV

Pada tahap ini kanker sudah menyebar ke daerah pembuluh darah yang berdekatan.


PENGOBATAN

Pengobatan kanker hati didasarkan pada kondisi pasien. Faktor yang harus menjadi acuan pengobatan kanker hati diantaranya adalah ukuran tumor, keadaan tubuh pasien, stadium kanker, dan usia kanker pasien.
Pilihan perawan kanker hati antara lain adalah sebagai berikut:

Reseksi Hati

Dilakukan untuk mengangkat bagian yang terkena kanker dalam hati.

Cangkok Hati atau Transplantasi Hati

Pengangkatan hati dan menggantinya dengan hati baru (hati yang telah didonorkan) yang tentunya masih sehat. Ini membutuhkan biayanya yang tidak sedikit. Cara ini juga mempunyai resiko diantaranya adalah infeksi pada hati, pendarahan dalam organ hati dan penolakan tubuh akibat ketidakcocokan hati. Namun, tidak pelu khawatir, dokter sudah memikirkan semua resiko yang akan diminimalisir dalam operasi transplantasi hati ini.

Bila pembedahan tidak mungkin dilakukan, maka akan dilakukan beberapa cara untuk mengendalikan pertumbuhan kanker agar tidak berkembang semakin parah seperti kemoterapi, dan radioterapi.

Kemoterapi

Penggunaan obat-obatan untuk mmebunuh sel kanker pada pasien. Efek samping cara ini adalah rambut rontok, lemah, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan.

Radioterapi

Penggunaan X-ray untuk menghancurkan sel-sel kanker. Efek samping cara ini adalah iritasi pada kulit, mudah terkena infeksi, dan kehilangan nafsu makan.

Kanker hati merupakan momok yang sangat menakutkan bagi manusia. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengibati. Nah, berikut adalah beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan :

  • Vaksinasi tehadap virus hepatitis B dan hepatitis C.
  • Ketahui kondisi kesehatan pasangan sebelum melakukan hubungan suami istri.
  • Gunakan jarum suntik yang steril
  • Istirahatlah yang cukup. Jangan membuat tubuh Anda tersiksa akibat rutinitas yang Anda lakukan.
  • Periksalah ke dokter secara rutin.

NB: Jagalah hatimu dengan hati-hati  

Loading...

Artikel Menarik Lainnya