2/16/2015

GEJALA dan PENYEBAB OSTEOARTHRITIS

GEJALA OSTEOARTHRITIS 

Firdaus45 - Osteoarthritis adalah kondisi degeneratif sendi akibat terkikisnya tulang rawan. Osteoarthritis biasa terjadi pada sendi lutut. Tapi, tidak menutup kemungkinan terjadi pada sendi pinggul, pinggang bawah dan ibu jari. Osteoarthritis bisa dialami oleh siapa saja. Baik muda maupun tua, pria maupun wanita. Namun, penderita osteoarthritis terbanyak masih didominasi oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.


Penderita osteoarthritis tahap awal biasanya tidak merasakan nyeri pada sendinya. Nyeri akan terasa jika osteoarthritis sudah pada tahap yang cukup parah. Dimana tulang rawan sudah bergesekan. Di sela tulang rawan terdapat cairan yang disebut cairan synovial yang fungsinya melumasi ujung-ujung tulang agar tidak bergesekan. Jika terjadi kekurangan cairan synovial maka tulang rawan akan terkikis dan terjadilah gesekan-gesekan yang akan menimbulkan rasa nyeri. Nah, saat seperti inilah penderita osteoarthritis akan merasakan kaku bahkan ngilu yang luar biasa.

Ciri-ciri seseorang mengalami osteoarthritis adalah sebagai berikut :
  • Lutut terasa kaku dan susah digerakkan pada satu waktu. Biasanya jika masih pada tahap awal osteoarthritis, nyeri ini akan hilang setelah istirahat.
  • Lutut akan terasa ngilu saat duduk jongkok maupun saat bangkit dari duduk.
  • Terdapat benjolan pada lutut.
  • Krepitasi atau munculnya bunyi “krik” saat lutut digerakkan.


Faktor penyebab osteoarthritis :

Usia.
Semakin lanjut usia, semakin besar resiko terkena osteoarthritis. Ini disebabkan penurunan fungsi pada tulang rawan yang mulai kehilangan cairan synovial

Obesitas.
Semakin berat tubuh seseorang, semakin berat pula kerja dari sendi penopang. Jika sendi bekerja terlalu keras, pada akhirnya sendi tersebut kehilangan kekuatan menopangnya. Jika sendi sudah tak dapat menopang berat tubuh makan ini adalah kabar buruk bagi penderita obesitas “Anda mengalami Osteoarthritis”

Aktivitas fisik.
Terlalu melakukan aktivitas berat mempengaruhi kinerja tulang rawan pada sendi. Dimana tulang rawan akan semakin terkikis akibat kekurangan cairan synovial.

Patah tulang.
Patahnya tulang membuat bentuk tulang berubah sehingga mempengaruhi tulang rawan seseorang.

Faktor bawaan
Faktor gen yang mengahsilkan tulang-tulang yang tidak teratur dan tidak selayaknya menjadi salah faktor yang menyebebkan osteoarthritis. Banyak ditemukan bahwa penderita osteoarthritis memiliki orangtua yang juga pernah mengalami osteoarthritis.

Bila sudah menderita osteoarthritis, maka penderita harus segera mendapat pengobatan. Ada beberapa pengobatan yang perlu diketahui. Diantaranya adalah :
Terapi air hangat.
Kompres lutut anda menggunakan air hangat secara teratur 15 menit sehari. Ini hanya berlaku pada tahap awal osteoarthritis.

Akupuntur.
Teknik tradisional ini akan mengurangi sedikit rasa sakit yang dirasakan penderita osteoarthritis

Suntikan.
Suntikan ini hanya berlaku pada penderita Osteoarthritis pada tahap awal, bukan untuk penderita Osteoarthritis yang sudah parah.

Operasi.
Ini dilakukan pada penderita osteoarthritis yang sudah pada level yang parah.

Untuk menghindari peradangan sendi. Diperlukan pencegahan diantaranya :

Menghindari olahraga berat.
Bagi Anda yang hobi bermain sepak bola. Bermainlah sewajarnya. Jika sudah merasa lelah, beristirahtlah. Jangan sampai hobi Anda itu menjadi penyebab penderitaan dalam hidup Anda. Itu akan terdengar menyedihkan.

Kurangi aktivitas yang membuat sendi bekerja keras.
Jika pekerjaan menuntut Anda bekerja terlalu keras, pintar-pintarlah mencuri waktu di sela-sela pekerjaan Anda untuk beristirahat sejenak.

Menjaga berat tubuh agar tetap ideal.
Perketat pola makan Anda. Jangan sampai berat badan Anda mengalahkan tinggi tubuh Anda.

Minum vitamin khusus osteoarthritis.
Banyak vitamin atau suplemen yang dijual di apotek. Sebelum membeli, mintalah saran dokter terlebih dahulu.

Makan makanan yang bergizi.
Ini sangat penting. Asupan gizilah yang akan membuat tubuh Anda sehat.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya