Yuk Cari Tahu Apa Penyebab dan Gejala Batu Ginjal (Kencing Batu)

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab dan Gejala Batu Ginjal (Kencing Batu)

Yuk Cari Tahu Apa Penyebab dan Gejala Batu Ginjal (Kencing Batu)

Firdaus45.com - Penyebab dan Gejala Batu Ginjal Batu - ginjal, atau yang lebih sering disebut dengan kencing batu adalah penyakit dimana terdapat batu-batu kecil di saluran kandung kemih. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil ataupun tidak. Bahkan, terkadang orang yang menderita batu ginjal ini bisa mengeluarkan darah saat kencing dan jika batu tersebut sudah sangat membesar, maka penderita tidak dapat mengeluarkan urine melalui saluran kencing.

Batu tersebut terbentuk dari hasil penyaringan zat-zat yang terbuang namun tidak dapat keluar melalui urine sehingga menumpuk dan menimbun lalu lama-kelamaan berubah menjadi batu dalam saluran kandung kemih. Ini juga merupakan faktor utama penyebab kelainan pada ginjal atau gagal ginjal.




Biasanya gejala-gejala yang timbul adalah :
  1. Ayang-ayangan, atau munculnya rasa ingin buang air kecil namun ketika sudah melakukannya hanya sedikit sekali air seni yang keluar. Dan itu terjadi terus-menerus.
  2. Air seni berwarna kemerahan.
  3. Rasa nyeri di area kandung kemih.
  4. Nyeri ketika buang air kecil.
  5. Mual dan demam.
  6. Nyeri pada bagian pinggang. Di dalam pinggang terdapat dua ginjal yang juga berhubungan erat dalam proses pembentukan batu dalam kandung kemih maupun pada ginjal.


Berikut adalah faktor yang mempengaruhi terjadinya kencing batu :
  • Kebiasaan Minum. Orang yang mengkonsumsi air putih kurang dari 1 liter per hari dinyatakan lebih rentan terkena kencing batu. (Terlihat Awet Muda Dengan Banyak Minum Air Putih)
  • Gender. Pria lebih rentan terkena kencing batu daripada wanita dengan perbandingan 3:1
  • Bentuk Kandung Kemih. Bentuk kandung kemih yang tidak normal akan menyebabkan sisa kalsium dari air seni terhambat dan terhenti pada satu tempat sehingga menimbulkan sebuah batu-batu kecil.
  • Kebiasaan Bergerak. Orang yang lebih sering berolahraga akan terhindar dari penyakit yang satu ini daripada orang yang tidak berolahraga secara rutin.
  • Faktor Genetik. Orang yang mempunyai ayah atau ibu, kakek atau nenek yang pernah mengidap kencing batu, orang tersebut akan rentan terhadap timbulnya batu pada kandung kemih.
  • Infeksi. Adanya infeksi pada saluran kandung kemih merupakan salah sau penyebab munculnya batu pada saluran kandung kemih.

    Penyebab Batu Ginjal

    Setiap hari, ginjal berperan dalam membersihkan segala macam bentuk endapan hasil metabolisme yang dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine. Akan tetapi, pada kenyataannya endapan dalam tubuh tidak semuanya dapat dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk urine. Sisa endapan yang masih tersisa lama kelamaan akan mengkristal dan membentuk batu yang lama-lama akan membesar. 

    Penyebab munculnya batu pada kandung kemih diantaranya adalah kurangnya konsumsi air putih, terlalu banyak makan makanan yang mengandung kalsium oksalat yang tinggi, terlalu sering mengkonsumsi junk food dan fast food sehingga tubuh kekurangan gizi, mengkonsumsi garam yang berlebihan, sering mengkonsumsi kopi yang kental dan terlalu manis, dan sering mengkonsumsi minuman bersoda.

    Sebenarnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya batu ginjal tadi.  Faktor yang mendasarinya diantaranya adalah kesehatan, makanan yang dikonsumsi. Melihat dari faktor-faktor penyebab munculnya, maka batu ginjal dapat dibedakan menjadi empat jenis utama yaitu: batu kalsium, batu asam urat, batu truvit, dan batu sistin.

    Batu kalsium disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam urin. Jenis batu ginjal ini merupakan yang paling umum terjadi. Tingginya kadar kalsium bisa berasal dari makanan yang mengandung oksalat maupun vitamin D, misalnya kacang kedelai, hati sapi, cokelat, teh, kopi, dan tiram. Tingginya kalsium juga bisa disebabkan kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Hormon yang diproduksi kelenjar ini berfungsi sebagai pengatur jumlah kalsium di dalam darah.

    Yang kedua adalah batu asam urat. Batu ini terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam urin yang disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi. Contoh makanan yang memicu tingginya asam urat adalah kerang-kerangan, daging kambing, dan jeroan. Selain batu ginjal, batu asam urat juga bisa terbentuk dan menyebabkan rematik asam urat atau gout.

    Yang ketiga adalah batu struvit. Ini merupakan jenis batu ginjal yang dapat terbentuk dan membesar secara cepat. Penyebab utama terbentuknya batu struvit adalah infeksi saluran kemih yang tidak diobati dan dibiarkan saja. Jenis batu ini lebih sering ditemukan pada pasien wanita dibandingkan pasien laki-laki.

    Yang terakhir adalah batu sistin. Batu ginjal ini terbentuk akibat terlalu banyaknya asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal. Batu sistin merupakan jenis batu ginjal yang sangat jarang ditemukan. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit yang dikenal sebagai sistin

    Jika sudah masuk dalam kondisi yang sudah parah, maka konsumsi obat perlu dilakukan. Bahkan jika sudah parah sekali penderita harus melakukan operasi. Namun sebenarnya ada banyak ramuan tradisional yang dapat digunakan dengan memanfaatkan tumubuhan seperti daun kumis kucing, keji beling, daun tempuyung.

    Pencegahan Batu Ginjal

    Untuk menghindari munculnya kencing batu adalah :
    1. Mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5-2 liter/hari.
    2. Menambah makan sayur dan buah.
    3. Hindari mengkonsumsi alkohol.
    4. Menghindari teh, kopi yang kental.
    Baca juga:

    Dampak Buruk Akibat Penggunaan Lensa Kontak Mata

    Dampak Buruk Akibat Penggunaan Lensa Kontak Mata


    Firdaus45 - Lensa kontak adalah sebuah benda yang digunakan untuk membantu proses penglihatan. Namun, pada zaman modern seperti sekarang ini banyak orang yang memakai lensa kontak untuk keperluan fashion bukan untuk keperluan kesehatan mata. 

    Banyak orang melakukan kesalahan saat pertama kali membeli lensa kontak. Orang-orang tidak berkonsultasi pada dokter mata terlebih dahulu. Mereka langsung membeli lensa kontak di gerai optik yang banyak berjejer di pinggir jalan.

    Banyak orang yang tidak menjaga kebersihan saat melakukan pemasangan lensa kontak. Beberapa orang tidak mencuci tangan saat memasangkannya pada mata, sehingga akan menimbulkan infeksi mata pada mata. Beberapa orang lagi tidak mencuci lensa kontak setelah digunakan.




    Banyak orang mengalami goresan luka pada kornea mata karena kecerobohan saat pemakaian lensa kontak. Ditambah lagi orang-orang pengguna lensa kontak bekerja di depan komputer dan berada di ruang ber-AC serta pemakaiannya lebih ari 10 jam. 

    Gejala yang timbul:
    1. Air mata meningkat
    2. Mata terasa perih
    3. Pandangan menjadi buram
    4. Silau atau terlalu peka terhadap cahaya
    5. Timbulnya alergi pada mata
    6. Bola mata mulai membengkak


    Gejala pertama adalah mata merah karena kekurangan oksigen di mana lapisan mata tertutup oleh lensa kontak. Lensa kontak yang dipakai terlalu lama dan karena adanya gesekan-gesekan kecil membuat mata terluka. Jika ini terjadi, pandangan seseorang akan membaur dan kemungkinan seseorang akan mengalami kebutaan.

    Pembengkakan bola mata terjadi karena bentuk lensa kontak yang berubah. Lensa kontak yang dipakai terlalu sering, lama-kelamaan bola mata akan mengikuti bentuk lensa kontak. Sehingga ukuran bola mata pun akan berubah dan membengkak.

    Untuk menghindari hal-hal di atas. Berikut adalah tips memakai lensa kontak :
    • Cuci tangan sebelum memakai lensa kontak
    • Gunakan tangan Anda yang sering anda gunakan untuk menulis
    • Pakai jari tengah di tangan yang sama, tarik kelopak mata bawah ke arah bawah, dan pada saat bersamaan pakai jari telunjuk dari tangan satu nya untuk tarik kelopak mata atas ke arah atas.
    • Lihat ke arah atas
    • Letakkan lensa kontak di bagian putih mata Anda dengan perlahan
    • Lepaskan dan tutup mata beberapa detik
    Melepas lensa kontak :
    • Cuci tangan
    • Lihat ke atas lalu tarik kelopak mata ke bawah dengan jari tengah
    • Letakkan jari telunjuk pada bagian bawah lensa
    • Tarik secara perlahan lalu tutup mata
    • Simpan lensa kontak di tempat yang seharusnya

    Mengapa Gigi Bungsu Sering Terasa Sakit? Inilah Alasannya Yang Wajib Anda Ketahui


    Mengapa Gigi Bungsu Sering Terasa Sakit


    Tips Kesehatan - Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang tumbuh paling akhir. Gigi ini termasuk gigi geraham tetap yang tumbuh pada seseorang saat usia 18-25 tahun. Jumlah gigi manusia dewasa normalnya adalah 32. Nah untuk gigi manusia dewasa yang hanya berjumlah 28. Anda perlu benar-benar membaca tulisan ini.

    Baca Juga Artikel Tentang:
    Mengenali Pertumbuhan Gigi Bayi dan Cara Merawat Gigi Bayi



    Tidak semua gigi terakhir yang tumbuh disebut gigi bungsu. Yang disebut gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga. Ini merupakan gigi tetap. Biasanya jumlah gigi bungsu yang akan tumbuh berjumlah 4 buah di mana 2 akan tumbuh di rahang bawah dan 2 di rahang atas. Gigi bungsu ini sering tidak muncul karena terperangkap di dalam rahang. Jika muncul, gigi ini akan menimbulkan sakit karena sobeknya gusi, kurangnya tempat untuk gigi tumbuh dan terhalangnya gigi bungsu oleh gigi lain.

    Tumbuhnya gigi bungsu ini akan menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Gigi bungsu akan seringkali tumbuh secara tidak normal. Kadang gigi ini akan tumuh ke samping, miring bahkan ada yang sebagian tertanam di bawah gusi. Kondisi seperti ini dinamakan gigi bungsu impaksi yang menimbulkan gejala seperti berikut :
    1. Gusi bengkak dan berwana merah (Cara Mengatasi Gusi Bengkak)
    2. Bau mulut (Tips Mengatasi Bau Mulut)
    3. Rasa sakit yang mengganggu
    4. Migrain
    5. Infeksi gusi/radang gusi
    6. Kesukaran membuka mulut
    7. Demam
    8. Sakit pada telinga (tinnitus)

    Bila muncul rasa skit, Anda boleh mencoba cara berikut:
    1. Minum obat penahan rasa sakit
    2. Berkumurlah menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam

    Bila rasa sakit yang diderita akibat gigi bungsu ini sudah sangat parah biasanya perlu dilakukan pembedahan atau dikenal dengan istilah Odontektomi. Pembedahan ini akan membutuhkan waktu sekitar 25-60 menit, tergantung tingkat kondisi dan kesuakran letak gigi bungsu. Beberapa hal juga mungkin dialami pasien setelah dilakukan pembedahan, diantaranya adalah :
    1. Sukar membuka mulut dan bengkak pada bagian pipi sekitar 1 minggu.
    2. Pasien akan merasa pipinya sedikit kebas.
    3. Terjadinya pendarahan yang berkelanjutan. Jika ini terjadi segera kembalii ke rumah sakit di mana Anda melakukan pembedahan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa menanyakan masalah ini sebelum melakukan pembedahan agar Anda berpikir tenang. Dokter akan melakukan yang terbaik untuk Anda.

    Cara Mengatasi Nyeri Haid (Dismenore) Secara Alami


    Firdaus45.com - Penyebab  Nyeri Haid dan Cara Mengatasi Nyeri Haid Anda sedang menstruasi dan merasakan nyeri pada area perut bagian bawah? Jika Anda merasakan nyeri ketika haid bisa jadi itu adalah dismenorea atau nyeri haid.Dismenore atau nyeri haid adalah kasus di mana timbul nyeri di bagian bawah perut.Nyeri haid pada umumnya  disertai dengan rasa mual, sering buang air kecil, dan sembelit.

    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nyeri haid yang dialami wanita, yaitu :

    • Faktor kejiwaan. Menstruasi pertama dialami wanita saat usia remaja. Saat usia seperti inilah kejiwaan dan mental remaja masih labil sehingga menimbulkan rasa sakit.
    • Faktor endokrin. Ini terjadi akibat kejang pada uterus yang berlebihan.
    • Faktor konstitusi. Penyakit menahun dapat mempengaruhi timbulnya dismenore



    Klasifikasi Nyeri Haid atau Dismenore


    1. Dismenore  / nyeri haid primer

    nyeri haid primer merupakan klasifikasi nyeri haid tanpa dijumpai kelainan pada alat-alat genital. Dismenore primer juga tidak berhubungan dengan kelainan fisik yang seringkali muncul sebagai tanda adanya kelainan. Dismenore primer ini biasanya terjadi setelah 6 samapi 12 bulan setelah menars. Inilah yang menyebabkan siklus haid pada bulan-bulan pertama pada umumnya tidak terjadi rasa nyeri karena tidak adanya proses pengeluaran ovum. Rasa nyeri timbul tidak lama sebelumnya atau bersama-sama dengan permulaan haid dan berlangsung untuk beberapa jam, pada umumnya hanya berlangsung selama 8-72 jam. Rasa sakit yang ditimbulkan biasanya hanya muncul pada sekitar perut bawah, akan tetapi pada beberapa kasus rasa nyeri ini dapat menyebar sampai daerah pinggang dan paha. Bersamaan dengan rasa nyeri dapat dijumpai rasa mual, muntah, sakit kepala, diare, iritabilitas, dan sebagainya.

    Nyeri haid yang berdasarkan gangguan alat reproduksi saat haid terjadi, ini proses normal haid. Sebanyak 50% wanita remaja ataupun wanita dewasa mengalaminya.

    Gejala :


    1. Nyeri perut yang timbu selama 24 jam sebelum atau bersamaan dengan haid bahkan ada yang berlangsung 1 atau 2 hari setelahnya.
    2. Nyeri di bagian perut bawah.
    3. Kadang timbul rasa pusing dan mual.
    Penyebab:

    Pada saat haid, lapisan rahim yang sengaja dirusak oleh tubuh tergantikan oleh yang baru. Ini menyebabkan otot rahim berkontraksi dan menimbulkan rasa sakit. Selain itu stres, kurang olhraga dan tidak menjaga suplai zat gizi juga menjdai salah satu penyebab timbulnya rasa sakit.

    Dismenore / nyeri haid  sekunder


    Nyeri haid yang menimbulkna sakit yang luar biasa. Nyeri haid seperti ini lebih sering dialami oleh wanita dewasa.

    Gejala :


    1. Nyeri hebat pada perut bagian bawah yang tertahankan.
    2. Pusing, mual, dan muntah.
    3. Tidak dapat beraktifitas.

    Penyebab :


    1. Tumor jinak yang ada dalam rahim.
    2. Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim.
    3. Infeksi menular seksual.
    Baca juga artikel tentang:
    Kanker Servik – Mengenali Kanker Servik dan Bagaimana Cara Mencegah Kanker Servik

    Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

    Skala Pengukuran Dismenore / nyeri haid


    Saat seorang wanita memeriksakan dirinya ke dokter. Dokter akan bertanya keluhan dan rasa sakit yang dirasakan. Untuk Anda, berikut adalah skala pengukuran nyeri haid.

    • 1-3 : nyeri di bagian bawah perut, masih dapat beraktifitas dan berkonsentrasi belajar
    • 4-6 : nyeri sudah sampai ke pinggang dan sulit beraktifitas hingga berkurangnya nafsu makan dan susah berkonsentrasi belajar
    • 7-9 : kram berat di bagian bawah perut, nyeri menyebar ke pinggang, paha dan punggung. Tidak nafsu makan, mual, pusing. Lemas dan tidak kuat beraktifitas.
    • 10 : kram berat di bawah perut, nyeri menyebar ke pingang, paha dan punggung. Pusing, mual bahkan sampai muntah. Tidak dapat beraktifitas sama sekali. tidak dapat bangun dari tempat tidur, bahkan sampai pingsan.

    Untuk mengatasi nyeri haid yang menyiksa ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

    1. Tidur terlentang.
    2. Kompres perut dengan botol yang sudah diisi dengan air hangat.
    3. Olahraga teratur sebelum masa haid datang.
    4. Jaga pola makan dengan baik. Hindari fast food ataupun junk food.
    5. Jika sudah tak tertahankan, segera periksa ke dokter

    Berikut adalah resep tradisional membuat jamu kunir asam agar sakit akibat dismenore berkurang.

    Bahan :
    • 10-15 batang kunir
    • 50 gram gula jawa
    • 3 sendok gula pasir
    • 4 gelas air
    • Asam jawa secukupnya

    Cara Pembuatan :
    • Kupas kunir hingga bersih. Lalu cuci sampai bersih. Kemudian potong serong seukuran 1cm.
    • Siapkan panci. Masukkan air putih, kunir yang telah di potong. Lalu rebus
    • Pada saat proses merebus, sebelum mendidih, masukkan gula jawa, gula pasir, dan asam jawa. Aduk sebentar. Dan biarkan hingga mendidih.
    • Biarkan dingin. Setelah itu saring.
    • Jamu kunir asam jawa siap untuk anda minum seharian.
    Mengenal Apa Itu Kista Serta Penyebabnya

    Mengenal Apa Itu Kista Serta Penyebabnya

    Mengenal Apa Itu Kista Serta Penyebabnya


    Firdaus45 - Setiap wanita memiliki potensi menderita kista atau miom. Pola hidup yang Anda jalani memegang kunci utama dalam mempengaruhi pertumbuhan kista. Bila Anda menerapkan pola hidup sehat, pertumbuhan atau perkembangan kista dapat ditekan atau diminimalisir. Namun apabila pola hidup Anda kurang sehat, maka potensi kista muncul juga semakin cepat.

    Macam-macam Kista

    Bila selama ini yang Anda ketahui hanya kista ovarium, maka sebaiknya Anda baca artikel ini secara perlahan sampai habis supaya mendapat sedikit tambahan informasi mengenai macam macam kista melalui tulisan singkat ini.

    Yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini.

    1. Kista Ganglion

    Kista ganglion adalah sebuah benjolan atau tumor di bagian atas persendian atau tendon (jaringan penghubung otot dan tulang). Benjolan ganglion kista ini tampak seperti kantung yang berisi cairan berwarna bening dengan tekstur kental dan lengket seperti jeli, yang disebut juga dengan cairan sinovial.

    Ukuran kista ganglion bermacam-macam, dari sekecil kacang polong hingga sebesar bola golf. Kista ganglion yang kecil biasanya berjumlah lebih dari satu, namun mereka dihubungkan oleh jaringan yang sama di bawah kulit.

    Pada umumnya, kista ganglion muncul pada bagian pergelangan tangan, ruas jari paling bawah, ujung jari (tepat di bawah kuku), lutut bagian luar, pergelangan kaki, atau punggung kaki.

    Menurut beberapa sumber, kista ganglion ini termasuk kista yang tidak berbahaya. Meskipun begitu, kemunculan kista dapat mengganggu penderitanya karena rasa sakit yang ditimbulkannya.

    Penyebab dan Faktor Resiko Kista ganglion

    Belum diketahui secara pasti apa penyebab munculnya kista ganglion pada bagian tubuh seseorang. Salah satu teori mengakatan bahwa kista ganglion ini muncul akibat adanya trauma atau benturan yang mengakibatkan jaringan-jaringan di bawah kulit mengalami kerusakan.

    Jaringan-jaringan di bawah kulit yang rusak tadi kemudian berkumpul dan membentuk kista-kista kecil.

    Teori lain mengatakan bahwa kista ganglion dapat muncul akibat adanya kerusakan pada pelindung tendon, sehingga jaringan di tendon menonjol ke luar.

    Beberapa faktor resiko yang dapat memicu munculnya kista ganglion pada bagian tubuh seseorang adalah:
    • Wanita,
    • Usia antara 20 - 40 tahun
    • Pernah mengalami cedera sendi maupun tendon
    • Mengidap penyakit osteoarthritis

    2. Kista arachnoid

    Salah satu penyakit kista yang harus anda ketahui dan waspadai agar anda terhindar untuk terkena dampak buruk yang bisa ditimbulkan penyakit kista adalah adanya kista arachnoid.

    Kista arachnoid merupakan salah satu jenis penyakit kista yang bisa tumbuh diotak, biasanya kista jenis ini terjadi karena kelainan bawaan.

    Beberapa gejala yang dapat Anda gunakan untuk mengenali penyakit kista arachnoid yaitu:
    • Penglihatan mengalami gangguan
    • Pertumbuhan dan perkembangan terganggu
    • Kejang
    • Bentuk kepala yang tidak proporsional
    • Mual dan muntah
    • Gampang mengantuk
    • Sering merasa nyeri pada bagian kepala

    Bila menjumpai beberapa gejala di atas, ada baiknya bila segera berkonsultasi pada dokter agar Anda tidak hanya menduga-duga dan memutuskan obatnya sendiri. Walaupun sepele, ada baiknya bila segera berkonsultasi agar Anda mendapat informasi secara jelas seputar kesehatan tubuh Anda.

    3. Kista bartholin

    Jenis kista lain yang harus anda ketahui dan waspadai apabila anda tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena penyakit kista adalah kista bartholin.

    Biasanya kista jenis ini lebih sering dialami oleh perempuan. Hal ini disebabkan karena bartholin adalah kelenjar yang terletak di kedua sisi bibir vag**a yang merupakan jenis kelamin perempuan.

    Baca juga:
    Menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah munculnya kista bartholin.

    4. Kista dermoid

    Bagi anda yang tidak ingin terkena dampak buruk dari penyakit kista dermoid, berikut ada beberapa gejala dari penyakit kista dermoid yang harus anda ketahui dan waspadai :
    • Sering merasakan nyeri pada perut
    • Adanya pertumbuhan tumor
    • Susah untuk buang air kecil
    • Sering merasakan sakit pada punggung bawah
    • Mengalami pendarahan
    • Mengalami gangguan miksi
    • Adanya tekanan pada punggung bawah

    Kami menyarankan kepada anda apabila anda mengalami beberapa kondisi diatas untuk segera melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi yang anda alami.

    5. Kista ginjal

    Selain kista ovarium, jenis kista lain yang harus anda waspadai apabila anda tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit kista adalah harus mewaspadai penyakit kista ginjal.

    Kista ginjal merupakan kista yang menyerang organ ginjal, perlu untuk anda ketahui bahwa penyakit kista ginjal bisa berpotensi mengganggu organ ginjal apabila sampai kondisinya kronis.

    Untuk itu pentingnya upaya pengobatan sejak dini untuk mencegah agar tidak terkena dampak buruk dari penyakit kista ginjal.

    6. Kista baker

    Kista baker merupakan kista yang menyerang lutut, biasanya kista ini terdapat di belakang lutut yang diakibatkan karena adanya cairan yang membentuk benjolan di belakang lutut.

    Biasanya orang yang mengalami penyakit kista baker ini sampai merasakan kondisi yang sangat menyiksa apabila sampai kondisi kista baker sudah parah.

    Oleh karena itu untuk mencegah agar kista baker tidak menyerang anda, lakukan pencegahan sejak dini untuk mengurangi resiko terkena penyakit kista baker.

    7. Kista sebasea

    Bagi anda yang tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk yang bisa ditimbulkan penyakit kista, anda harus mewaspadai kista sebasea.

    Kista jenis ini merupakan salah satu jenis kista yang juga merupakan kista yang memiliki potensi bisa merugikan dan bahkan membahayakan kesehatan tubuh orang yang mengalaminya.

    Oleh karena itu apabila anda tidak ingin memiliki resiko tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit kista sebasea, sebaiknya segera lakukan pengobatan sejak dini.

    8. Kista payudara

    Kista lainnya yang mana wanita akan memiliki resiko lebih tinggi untuk menderitanya adalah kista payudara.

    Kista payudara merupakan kista yang tumbuh dan berkembang di payudara, penyebab terjadinya kista payudara beragam.

    Mulai dari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol, malas olahraga, dan lain sebagainya.

    Kista payudara ini bisa berpotensi menjadi kanker payudara apabila tidak cepat dalam melakukan pengobatan.

    Oleh karena itu bagi anda yang tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena penyakit kanker payudara anda harus segera melakukan pengobatan kista payudara sejak dini.

    9. Kista epidermoid

    Jenis kista lainnya yang harus anda waspadai apabila anda tidak ingin memiliki resiko yang tinggi untuk terkena dampak buruk dari penyakit kista yang dapat merugikan tubuh adalah dengan mewaspadai penyakit kista epidermoid.

    Kista jenis ini bisa tumbuh dimana saja, untuk itu anda harus berhati hati terhadap penyakit kista epoidermoin ini.

    Untuk mencegah agar anda tidak memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit kista epidermoid, upaya pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

    10. Kista Ovarium

    Kista ovarium adalah kantung kecil berisi cairan yang berkembang dalam ovarium (indung telur) wanita. Kebanyakan kista yang menyerang manusia adalah tidak berbahaya. Akan tetapi, beberapa kasus penderita kista yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan masalah, mulai dari nyeri haid, kista pecah, perdarahan, hingga penyakit serius, seperti: terlilitnya batang ovarium, gangguan kehamilan, infertilitas hingga kanker endometrium.

    Pada wanita normal, terdapat sepasang ovarium yang memiliki ukuran sebesar biji kenari yang masing-masing berada pada sebelah kanan dan kiri rahim. Setiap ovarium ini memiliki fungsi atau tugas untuk menghasilkan satu telur yang terbungkus rapi dalam kantong atau folikel. Pada saat telur ini hendak keluar, hormon esterogen segera memberikan sinyal kepada rahim untuk mempersiapkan diri. Saat rahim sudah siap menerima telur yang berasal dari ovarium, (biasanya ditandai dengan menebalnya lapisan rahim) pada saat itu seorang wanita bersiap untuk hamil atau bisa dihamili atau bisa disebut dengan istilah masa subur. Sel telur yang sudah matang dan berada pada lapisan rahim kemudian tidak dibuahi, maka akan terjadi peluruhan lapisan rahim atau lebih dikenal dengan istilah menstruasi. 


    Perlu diperhatikan bagi setiap wanita, terkadang kista muncul dikarenakan sisa-sisa haid yang tidak dibersihkan secara menyeluruh atau bahkan ada yang tertinggal dalam rahim. Oleh karenanya, penting menjaga kebersihan organ kewanitaan.

    Artikel yang disaran untuk menambah wawasan mengenai daerah kewanitaan
    1. Cara Memutihkan Daerah Kewanitaan 
    2. Mengetahui Penyebab dan Tips Cara Atasi Dismenore
    3. Kanker Servik – Mengenali Kanker Servik dan Bagaimana Cara Mencegah Kanker Servik

    OPERASI KISTA

    Operasi kista dapat dilakukan apabila folikel gagal untuk pecah dan melepaskan telur, Cairan folikel yang tersisa dalam rahim atau tertinggal saat menstruasi, dapat membentuk kista kecil. Kondisi seperti ini sebenarnya normal terjadi pada wanita dan biasanya terjadi pada salah satu ovarium. Kondisi ini disebut sebagai kista fungsional, biasanya akan hilang dengan sendirinya, dan tidak perlu diobati.

    Penyebab Kista Ovarium

    Untuk lebih jelasnya, beberapa faktor yang dapat memicu resiko berkembangnya kista ovarium, apada wanita dan biasanya memiliki kriteria seperti dibawah ini:
    • riwayat kista ovarium 
    • siklus haid yang tidak teratur
    • tampilan perut yang buncit
    • menstruasi di usia dini (11 tahun atau lebih muda)
    • sulit hamil
    • penderita hipotiroid
    • penderita kanker payudara yang pernah menjalani kemoterapi (tamoxifen).

    Gejala dan Diagnosa Kista Ovarium

    Pada umumnya kista ovarium tidak menimbulkan gejala dan terkadang secara tidak sengaja terdeteksi melalui USG saat pemeriksaan rutin kandungan. Akan tetapi beberapa gejala dibawah ini dapat dijadikan acuan sebagai pertimbangan, hal ini diperoleh dari beberapa orang yang pernah  menderita kista dan mengalami gejala seperti dibawah ini:
    • kram perut bawah atau nyeri panggul yang muncul secara mendadak dan terasa sangat sakit
    • siklus haid tidak teratur
    • perut bawah sering terasa penuh atau tertekan
    • Nyeri haid yang luar biasa, bahkan terasa hingga ke pinggang belakang
    • Nyeri panggul setelah olahraga intensif atau senggama
    • Sakit atau tekanan yang menyertai saat berkemih atau BAB
    • Mual dan muntah
    • Rasa nyeri atau keluarnya flek darah dari vagina


    Biasanya wanita baru memeriksakan diri ke dokter bila rasa sakit sudah tak tertahankan, pingsan, ataupun mengalami perdarahan yang luar biasa hebat hingga lemas/anemia.
    Dokter spesialis kandungan (Obsgyn), biasanya akan melakukan test mulai dari USG, CT Scan, test darah, seperti CA125 – ovarium tumor marker test, ataupun test kehamilan untuk mendeteksi kehamilan anggur.
    Inilah Dampak Buruk High Heels Yang Harus Anda Ketahui

    Inilah Dampak Buruk High Heels Yang Harus Anda Ketahui

    Duh, Dampak Buruk High Heels


    Akhir-akhir ini high heels memang menjadi style favorit kalangan wanita terutama kaum muda. Namun dalam artikel ini bukan membahas merk high heels terbaik, merk high heels terpopuler, merk high heels terbaru maupun merk high heels terpercaya. Melainkan hanya membahas kelemahan / dampak buruk pemakian high heels dalam jangka panjang.

    High heels memang menjadi sahabat karib kaum hawa masa kini. Wanita sangat menyukai benda berujung runcing yang digunakan untuk alas kaki ini. Dengan adanya high heels kepercayaan diri seorang wanita akan bertambah, apalagi untuk wanita yang dikatakan kurang tinggi.

    Terdongkraknya style penampilan seorang wanita karena high heels menjadikan wanita kesulitan untuk menjauhi benda yang satu ini untuk aktifitas sehari-hari. Namun jika terlalu sering memakai high heels maka akan berakibat buruk pada kesehatan.




    Berikut adalah bagian yang terkena dampak buruk high heels, diantaranya adalah :

    Lutut

    Posisi tubuh saat memakai high heels akan menambah beban pada lutut sekitar 26%. Jika pemakaian sepatu hak tinggi ini berlangsung lama, kemungkinan terkena osteoarthritis juga akan semakin besar.

    Ibu jari.

    Pemakaian high heels akan membuat pusat massa bertumpu tubuh pada bagian depan terutama tekanan pada jari-jari kaki.

    Betis.

    Otot betis terlalu berkontraksi sehingga otot menjadi lebih tegang dan pendek.

    Tulang belakang.

    Karena adanya pusat massa yang bertumpu di bagian depan tubuh, ini mengakibatkan bentuk tulang punggung terlihat melengkung.

    Selain bagian tubuh yang terkena dampak buruk berkenaan dengan pemakaian high heels, ada juga beberapa dampak buruk yang lainnya. Diantaranya adalah :

    1. Adanya radang pada ibu jari karena beban tubuh yang terlalu berat.
    2. Ketika memakai high heels terlalu menambah beban bagian belakang lutut, sehingga menambah resiko osteoarthritis.
    3. Terjadinya penebalan jaringan syaraf antara jari ketiga dan keempat sehingga menimbulkan rasa sakit dan mati rasa.
    4. Jika terlalu sering memakai high heels, kaki akan mudah terkena cedera.
    5. Peredaran tidak lancar.
    6. Tubuh akan condong ke depan.
    7. Mempengaruhi kesuburan seksual.


    Untuk menghindari dampak buruk akibat pemakaian high heels, Anda sebaiknya melakukan hal-hal berikut :

    1. Pilih high heels yang tidak terllau tinggi, misal 2-3 cm. Jangan memilih high heels yang berkisar 10-15 cm untuk dipakai sehari-hari.
    2. Pakailah high heels seperlunya saja. Tidak perlu setiap keluar rumah selalu pakai high heels.
    3. Lakukan terapi kaki pada batu-batuan lancip di beberapa taman agar telapak kaki menjadi segar dan rileks.
    4. Rendam kaki selama 10 menit dua kali seminggu.
    5. Kenakan sepatu flat saat beraktifitas santai dan saat Anda berjalan jauh.
    6. Lakukan pemijatan pada kaki seminggu sekali agar peredaran darah lancar.

    Tips dan Cara Mengatasi Karang Gigi

    Dampak dan Tips Cara Mengatasi Karang Gigi


    Terlihat kotoran pada gigi yang berwarna kuning dan sulit dibersihkan walau dengan sikat gigi? Itu adalah karang gigi. Karang gigi terbentuk oleh plak pada gigi yang telah menumpuk. Karang gigi biasa muncul di bagian permukaan gigi atau di atas gusi. Ada juga karang gigi yang muncul di bawah gusi, ini dapat terjadi karena adanya peradangan yang membuka jalan sehingga karang gigi bisa bebas berkembang di sana.


    Terbentuknya plak pada gigi akibat dari sisa makanan yang telah membusuk. Pembusukan itu akan menimbulkan permukaan gigi menjadi kasar.  Karang gigi yang mulanya hanya sedikit dan tipis, jika dibiarkan lama kelamaan akan menumpuk dan tebal. Jika karang gigi sudah tebal, maka karang gigi yang tadinya kuning akan berubah menjadi coklat lalu kehitaman. Jika sudah seperti ini email gigi akan tergerus dan gigi akan berlubang. Bahkan ada sebagian kasus di mana gigi patah karena pengeroposan oleh karang gigi.

    Karang gigi yang dibiarkan, juga akan menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Hal ini juga akan mengganggu kepercayaan diri seseorang. Selain itu akan berkibat pada radang gusi. Radang gusi ditandai dengan gusi yang berwarna merah mengkilap dan ukurannya membengkak. Kondisi seperti ini akan menimbulkan rasa sakit pada gusi.

    Berikut adalah dampak adanya karang gigi:
    1.    Bau mulut.
    2.    Kepercayaan diri menurun.
    3.    Radang gusi dan gusi berdarah.
    4.    Infeksi gigi.
    5.    Pengeroposan gigi atau patahnya gigi.

    Menyikat gigi setiap hari bukanlah jaminan seseorang akan bebas dari masalah karang gigi. Ada beberapa orang yang menyikat giginya dengan asal sikat. Seakan akan dia hanya meleburkan kewajibannya. Jika menyikat gigi, pastikan Anda menyikat gigi dengan benar. Dari atas bawah lalu bulat-bulat menyentuh gusi. Lakukan dengan perlahan dan teratur. Walaupun sudah melakukannya dengan benar, tapi karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi saja.

    Karang gigi hanya bisa dibersihkan dengan menggunakan alat kedokteran. Ujung alat ini dapat bergetar dan dapat dilepas serta disterilisasi. Bagian ujung akan menyemprotkan air untuk membilas karang gigi yang sudah rontok. Air ini juga berfungsi sebagai pendingin gigi karena gigi akan memanas akibat gesekan dari alat yang menyentuh permukaan gigi. Gesekan dari getaran alat ini tidak akan merusak email gigi karena getarannya sudah diatur sehingga tidak akan sampai merusak lapisan email yang terbentuk sempurna.

    Tips merawat gigi dari pembentukan karang:
    1. Berkumurlah setelah makan, agar sisa makanan yang menempel pada gigi tidak membusuk dan menimbulkan bau.
    2. Makanlah bergantian pada salah satu bagian gigi. Jika Anda selalu makan di bagian kiri, karang gigi akan mudah berkembang di bagian kanan gigi. Begitu pula sebaliknya. Jadi gunakanlah kedua bagian gigi Anda, sisi kiri dan kanan secara bergantian.
    3. Sikat gigi tiga kali sehari. Jika tidak bisa, dua kali sehari cukup. Pilihlah waktu pagi dan menjelang tidur.
    4. Gunakan pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda penderita gigi sentitif, pilihlah pasta gigi yang bisa membantu permasalahan Anda.
    5. Membersihkan gigi menggunakan benang gigi.
    6. Pembersihan karang gigi setiap 6 bulan sekali. Untuk yang satu ini, biasanya orang-orang tidak melakukannya dengan berbagai macam alasan. Jika alasan Anda adalah malas, segera hilangkan rasa malas tersebut. Jika alasan Anda adalah biaya, sebenarnya biaya untuk pembersihan karang gigi tidak terlalu mahal. Bersihkan gigi Anda di rumah sakit, itu  akan jauh lebih murah daripada di dokter praktek spesial.


    Banyak orang yang telah menyepelekan karang gigi ini. Dan banyak orang juga kehilangan rasa percaya dirinya ketika berbicara di depan publik karena karang gigi. Jika Anda belum pernah ke dokter gigi, sebaiknya setelah membaca tulisan ini, lihat kondisi gigi Anda. Dan segeralah pergi ke dokter gigi.

    Inilah Gejala dan Macam Katarak Yang Harus Diketahui

    Mengenali Gejala dan Macam Katarak


    Tips Kesehatan - Penyakit katarak terkadang akan memaksa penderita untuk mengkonsumsi berbagai macam merk obat katarak yang dianggap terbaik. Mau tidak mau harus menggunakan obat katarak alami maupun buatan pabrik bermerk. Merk obat katarak paling populer bukan berarti jenis obat katarak paling ampuh.

    Setidaknya sebelum menggunakan obat sakit mata katarak diteliti terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah merk obat katarak tersebut layak digunakan ataupun tidak.

    Katarak merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian mata seseorang.  Pada orang dengan penderita katarak, terdapat sebuah penghalang yang terdapat dalam mata sehingga membuat pandangan orang tersebut menjadi kabur karena cahaya tidak dapat menembus penghalang yang terdapat dalam mata orang tersebut.  Ketebalan penghalang yang muncul dalam mata sesorang berbeda beda tergantung dari seberapa besar tingkat ketebalan selaput yang menutupi mata.

    Dalam perkembangannya, penyakit katarak yang diderita oleh orang yang berusia lanjut juga akan menyebabkan penebalan atau pengerasan pada lensa mata lebih jauh lagi orang tersebut dapat menderita miopi karena penyakit katarak ini. Jika hal ini tidak ditindaklanjuti dengan segera, maka mata orang tersebut akan berubah warna mejadi kuning atau coklat. Tingkat ketebalan katarak juga dapat menyebabkan seseorang buta warna.

    Penyebaran penyakit katarak ini beralngsung secara perlahan yang berujung pada kehilangan penglihatan dan berujung pada kebutaan jika ketebalan katarak sudah melampaui batas.

    Beberapa kondisi yang disebebakan oleh katarak diantaranya: 
    1. Silau saat terkena cahaya matahari.
    2. Pandangan kabur saat malam hari.
    3. Sangat peka terhadap sinar yang terang.
    4. Warna pada benda yang dilihat memudar.
    5. Timbul beberapa bayangan pada satu benda yang dilihat.


    Mulanya penderita katarak usia senja tidak merasakan gangguan dari selaput tipis yang belum terlihat. Namun, lama kelamaan selaput akan berwarna putih dan menutup lensa mata. Dalam jangka waktu 3-5 tahun, penderita mulai mengalami gangguan penglihatan. Lensa mata yang  tertutup akan menghalangi cahaya yang masuk sehingga tidak sampai di retina. Jika cahaya tidak dapat masuk ke retina maka tidak akan bayangan yang terbentuk pada mata. dan tidak ada yang bisa dilihat oleh mata.

    Jika sudah parah, penderita katarak bahkan akan mengalami kebutaan. Dan jalan satu-satunya yang dapat ditempuh untuk menyembuhkan katarak yang sudah parah adalah dengan jalan operasi.
    Ada 4 macam katarak yang biasa dijumpai :
    Katarak congential.
    Katrak yang sudah muncul sejak bayi. Katarak ini sangat jarang terjadi.

    Katarak sekunder.
    Katarak yang disebabkan konsumsi obat tertentu yang terus-menerus.

    Katarak traumatik.
    Katarak ini terjadi karena adanya kecelakaan pada mata.

    Katarak yang berkaitan dengan usia.
    Ini adalah katrak yang paling sering dijumpai di dunia. Biasanya dialami oleh orang-orang berusia senja.

    Penyebab katarak antara lain yaitu:

    Faktor Usia

    Dengan bertambahnya umur maka resiko katarak menjadi lebih besar. Biasanya orang-orang yang berumur 75-85 tahun-lah yang sering mengalaminya.

    Banyak terpapar sinar ultraviolet yang berasal dari sinar  matahari.

    Terlalu banyak sinar matahari yang mengenai mata akan berpengaruh besar pada kekuatan lensa mata.

    Faktor genetik atau keturunan.

    Kromosomyang diturunkan pada Anda akan mempengaruhi kekuatan lensa mata.

    Penyakit Diabetes.

    Kadar gula yang berlebih memicu timbulnya selaput putih pada mata yang akan mengganggu kesehatan.

    Penggunaan obat tertentu yang berlebihan.

    Beberapa jenis obat seperti korikosteroid dideteksi sebagai penyebab munculnya katarak.


    Pencegahan

    Bila perlu, Anda harus melakukan pencegahan untuk menghindari katarak. Diantaranya adalah :
    1. Makan makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin A.
    2. Hindari merokok.
    3. Lindungi mata menggunakan kacamata saat bepergian.
    Tips dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

    Tips dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

    Tips dan Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah


    Tidak percaya diri ketika tumit anda pecah-pecah? Pasti semua orang akan menjawab “iya”. Kondisi dimana tumit kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Banyak masyarakat masih menganggap tumit pecah-pecah adalah sebuah masalah ringan yang jika dibiarkan tidak akan menimbulkan bahaya. Namun, janganlah bersikap seperti itu. Jika tumit Anda sudah pecah-pecah, segera rawatlah.


    Gejala pertama yang menimpa kebanyakan orang adalah kondisi kulit kering dan terasa gatal. Jika sudah sampai ke tahap yang paling parah, kulit kaki akan berdarah. Dan ini akan menimbulkan rasa sakit.



    Kondisi di atas biasanya diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya:

    • Kulit kaki yang terkena panas berlebih.
    • Suhu yang ekstrim, suhu yang terlalu panas atau suhu yang terllau dingin.
    • Tidak memakai alas kaki dalam waktu yang lama.
    • Terkena infeksi.
    • Terlalu sering mandi air panas.
    • Terllau sering berenang di kolam renang yang banyak mengandung kaporit.
    • Kekuatan kaki yang lelah karena menopang berat tubuh.
    • Kekurangan vitamin.
    • Kulit bersisik akibat jarang dibersihkan.
    • Musim kemarau yang berkepanjangan.
    • Penggunaan sepatu yang bagian belakangnya terbuka.
    • Kebiasaan menggaruk.


    Kulit mula-mula hanya kering. Lalu karena kebiasaan menggaruk biasanya kulit akan menjadi gatal dan muncullah pecah-pecah. Kulit yang sudah pecah, akan mudah terinfeksi dan sobek lebih dalam. Apabila tidak diberikan perawatan akan menjadi terasa lebih perih. Itu dikarenakan sobekan kulit sudah menembus jaringan kulit epidermis lalu menimbulkan rasa sakit. Bagi penderita diabetes, sobekan kulit ini bisa menjadi ancaman yang akan berujung pada kesakitan dan ketidakpuasan hidup.

    Sesibuk apapun Anda, sebaiknya sempatkanlah untuk merawat kaki. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:
    1. Membersihkan kaki menggunakan sikat atau batu apung saat mandi.
    2. Berjalan menggunakan alas kaki, baik dalam kondisi panas maupun dingin.
    3. Merendam kaki pada air hangat seminggu dua kali, ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah.
    4. Setelah mandi oleskan pelembab pada ujung tumit. Bisa juga dilakukan sebelum tidur di malam hari.
    5. Jagalah berat badan Anda. Berat badan juga mempengaruhi karena tumitlah yang menopang tubuh manusia.


    Jika Anda menyukai cara tradisional, cara ini bisa Anda lakukan.
    1. Rendam kaki dengan air hangat yang telah dicampur dengan air perasan jeruk lemon. Lalu sikat bagian yang sudah pecah-pecah. Ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati.
    2. Oleskan minyak zaitun pada ujung tumit lalu bungkus dengan kaus kaki. Lakukan setiap malam, sebelum tidur.
    3. Haluskan beberapa siung bawang putih lalu tambahkan air. Kemudian gunakan sebagai scrub.
    4. Buatlah scrub alami. Caranya dengan menumbuk satu genggan beras lalu campur dengan dua sendok madu. Lalu oleskan pada bagian yang kering dan pecah-pecah. Jika tumit sudah pecah sampai ke dalam dan menembus jaringan epidermis, tambahkan minyak zaitun. Kemudian pijat. Lakuakan dua kali seminggu.


    Selamat mencoba. Pastikan kulit tumit tidak pecah-pecah seperti buah durian. Itu terlihat mengecewakan bukan?

    Memahami Apa Itu Penyakit TINNITUS dan Bagaimana Ciri-cirinya

    Memahami Apa Itu Penyakit TINNITUS dan Bagaimana Ciri-cirinya


    Firdaus45 - Tinnitus adalah suatu penyakit yang menyerang bagian telinga. Penderita akan sering mendengar suara yang  berdengung, misal suara yang seperti mikrofon rusak, suara desiran ombak, atau suara desisan ular. Sebenarnya suara yang didengar ini tidak ada, hanya penderita saja yang merasa mendengarnya. Penyebab munculnya tinnitus biasanya adalah terjadinya luka pada syaraf telinga, pengapuran pada tulang-tulang pendengaran, infeksi saluran telinga, radang yang terjadi pada gendang telinga dan luka akibat kecelakaan. Ada juga kebiasaan buruk yang menyebabkan tinnitus ini muncul, yaitu terlalu sering mendengar suara keras setiap hari dan berlebihan dalam menggunakan headseat.

    Kebanyakan penderita biasa mendengar dengungan ini hanya ketika suasana sedang sepi. Dalam kondisi seperti ini dia benar-benar menyadari bahwa telinganya sedang bermasalah. Ketika penderita sedang berada di tempat ramai, dengungan ini akan ditelan oleh keramaian di sekitarnya, sehingga penderita tidka begitu peka terhadap ganggunan tinnitus ini. Namun, jika tinnitus sudah parah, di tempat ramai pun penderita akan mendengar suara dengungan itu. Jika sudah seperti ini, kadang penderita sudah tidak mampu mendengar apa yang orang katakan pada dirinya.

    Belum ada obat yang mampu menyembuhkan tinnitus. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk membantu kondisi pasien agar tidak memburuk. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk pencegahan tinnitus adalah : kurangi konsumsi garam, makanan makanan begizi, berpikir positif agar terhindar dari stres, menghindari konsumsi obat yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dikonsumsi, menghindari kebisingan, menjaga kolesterol dan tekanan darah, kurangi kebiasaan merokok, serta olahraga secukupnya.

    Penderita tinnitus juga harus melakukan diet makanan dengan tertib. Pendertia harus mengurangi konsumsi garam. Mengurangi makanan yang mengandung protein hewani seperti daging merah, dan gula. Makanan tersebut  dapat menyempitkan arteri, menimbulkan stres dan menurunkan aliran darah.

    Ahli diet menyarankan penderita tinnitus menambah konsumsi magnesium dan kalium. Seperti pisang, kentang, sayuran hijau, kacang-kacangan, alpukat, yogurt, melon, pepaya dll. Penderita juga harus menambah konsumsi vitamin B, khusunya B6, B5, B12. Misalnya bayam, kembang kol, sawi, brokoli, tiram, kerang, dan kepiting .

    Ada beberapa langkah yang biasa ditempuh penderita tinnitus ini. diantaranya adalah :

    1. Menjalani tes pendengaran secara rutin.
    2. Terapi suara. Ini bertujuan untuk memberikan stimulus dan mengalihkan perhatian penderita dari suara dengungan tinnitus yang mengganggu.
    3. Pijat akupuntur.
    4. Mengkonsumsi obat khusus yang telah direkomendasikan oleh dokter.
    5. Alat bantu dengar, suatu alat yang dipasang di telinga penderita untuk membantu proses menangkapan suara.
    6. Konseling. Seringkali tinnitus tidak bisa disembuhkan. Ini akan menyebabkan stres pada penderita. Walaupun konseling tidak dapat menyembuhkan tinnitus, tapi setidaknya konseling dapat membantu suasana hati dan meredakan stres yang diderita oleh penderita tinnitus.


    Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan saat tes pendengaran.

    1. Apakah Anda sering meminta seseorang mengulangi perkataannya?
    2. Apakah Anda sering menaikkan volume radio atau TV padahal volumenya sudah tinggi?
    3. Apakah Anda sulit mendengar percakapan di tempat ramai?
    4. Apakah Anda sulit mendengar pembicaraan lewat telepon?
    5. Apakah Anda sering dikatakan berteriak saat berbicara?
    6. Apakah Anda sulit memahami percakapan ketika rapat di kantor?


    Jika kebanyakan jawaban dari anda adalah “YA”, maka segera periksaan telinga Anda ke dokter.
    Inilah Penyebab Munculnya Kanker Hati Yang Harus Diwaspadai

    Inilah Penyebab Munculnya Kanker Hati Yang Harus Diwaspadai

    Penyebab Munculnya Kanker Hati

    Firdaus45 - Mungkin sampai sekarang masih  ada sebagian besar masyarakat yang belum mengenal penyebab kanker hati. Atau bahkan sama sekali tidak mengenal apa itu kanker hati. Mengenali penyebab kanker hati merupakan langkah awal dalam mencegah timbulnya kanker hati. Karena dengan mengenali penyebab kanker hati otomatis akan mendorong seseorang lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh.

    Kanker hati adalah sebuah kanker yang tumbuh di dalam hati. Secara umum pria lebih mudah terkena kanker hati daripada wanita. Usia pasien penderita kanker hati biasanya berkisar antara 20-50 tahun. Penyebab timbulnya kanker hati adalah adanya infeksi kronis hepatitis B, infeksi kronis hepatitis C, konsumsi alkohol yang berlebihan, terforsirnya kinerja tubuh tanpa istirahat yang cukup, diabetes, dan obesitas.

    Pada dasarnya, hati adalah organ tubuh yang memiliki fungsi vital yaitu sebagai penawar racun dalam tubuh. Fungsi hati adalah untuk membentuk sebuah cairan empedu, cairan empedu ini berfungsi sebagai penghancur lemak, membantu daya absorpsi lemak di usus, serta mengubah zat yang tidak larut dalam air.

    Jika saluran empedu ini tersumbat, maka cairan empedu yang telah diproduksi oleh hati secara otomatis akan terikut (masuk) dalam darah. Cairan empedu yang masuk ke dalam aliran darah akan merubah warna kulit seseorang menjadi berwarna kuning. Berdasarkan hal inilah masyarakat Indonesia pada umumnya menyebutnya dengan istilah penyakit kuning.

    Belum ada organ tiruan yang dapat digunakan sebagai pengganti hati. Akan tetapi, ada beberapa fungsi hati yang masih bisa digantikan dengan proses dialisis. Meskipun fungsi hati hati bisa diganti dengan alat-alat kedokteran, akan tetapi alat tetaplah saja alat tidak akan senyaman orang aslinya.



    Penyebab Kanker Hati

    Belum diketahui secara jelas apa penyebab utama kanker pada hati. Akan tetapi, pada beberapa kasus kanker hati, diketahui bahwa beberapa penyebab kanker hati adalah karena adanya infeksi kronis pada hati dengan virus hepatitis tertentu yang menyebabkan rusaknya fungsi hati sehingga mengakibatkan kanker hati.

    Kanker hati muncul saat sl DNA mengalami mutasi yang membuat se tetap tumbuh dan berkembang. Akan tetapi pada sel normal lain memiliki siklus hidup dan mati, beberapa sel normal yang berkembang secara cepat akan berkumpul dan membentuk kanker hati

    Jenis Kanker Hati

    • Kanker hati primer yang berasal dari sel hati terbagi dalam beberapa tipe, antara lain : Hepatocellular carcinoma (HCC). Kanker hati yang paling umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Kanker ini dimulai dari hepatocytes yang merupakan tipe utama sel hati.
    • Cholangiocarcinoma. Kanker ini berasal dari saluran kantung empedu.
    • Hepatoblastoma. Ini adalah tipe kanker langka yang menyerang anak-anak berusia 4 tahun ke bawah. Tipe kanker ini banyak yang berhasil disembuhkan.
    • Angiosarcoma dan hemangiosarcoma. Tipe kanker langka ini dimulai pada pembuluh darah di hati dan tumbuh dengan sangat cepat.
    Beberapa penyakit yang diderita seseorang juga dapat berpotensi menjadi penyebab munculnya kanker hati dalam tubuh. Beberapa faktor yang dapat memicu munculnya kanker hati dalam tubuh diantaranya:
    • Jenis kelamin. Laki-laki lebih banyak mengalami kanker hati daripada wanita
    • Usia. Kanker hati banyak terjadi pada pasien usia antara 20 sampai 50 tahun
    • Infeksi kronis. Orang yang mengalami infeksi kronis virus hepatitis tipe B atau C mengalami peningkatan risiko kanker hati
    • Sirosis. Merupakan kondisi di mana jaringan hati mengalami kerusakan yang terus meningkat dan tidak dapat disembuhkan, meningkatkan peluang anda terkena kanker hati
    • Penyakit hati tertentu yang diturunkan dalam keluarga. Hemochromatosis, hepatitis dan Wilson’s desease adalah kondisi yang dapat meningkatkan risiko kanker hati
    • Diabetes. Orang memiliki kadar gula darah yang tinggi berisiko terkena kanker hati
    • Nonalcoholic fatty liver disease. Akumulasi lemak di hati meningkatkan risiko kanker hati
    • Terkena racun aflatoxins. Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi racun aflatoxins meningkatkan risiko kanker hati. Jagung dan kacang dapat terkontaminasi racun aflatoxins.
    • Konsumsi alkohol secara berlebihan. Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker hati.
    • Obesitas. Memiliki kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker hati.

    GEJALA dan PENYEBAB OSTEOARTHRITIS

    GEJALA OSTEOARTHRITIS 

    Firdaus45 - Osteoarthritis adalah kondisi degeneratif sendi akibat terkikisnya tulang rawan. Osteoarthritis biasa terjadi pada sendi lutut. Tapi, tidak menutup kemungkinan terjadi pada sendi pinggul, pinggang bawah dan ibu jari. Osteoarthritis bisa dialami oleh siapa saja. Baik muda maupun tua, pria maupun wanita. Namun, penderita osteoarthritis terbanyak masih didominasi oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.


    Penderita osteoarthritis tahap awal biasanya tidak merasakan nyeri pada sendinya. Nyeri akan terasa jika osteoarthritis sudah pada tahap yang cukup parah. Dimana tulang rawan sudah bergesekan. Di sela tulang rawan terdapat cairan yang disebut cairan synovial yang fungsinya melumasi ujung-ujung tulang agar tidak bergesekan. Jika terjadi kekurangan cairan synovial maka tulang rawan akan terkikis dan terjadilah gesekan-gesekan yang akan menimbulkan rasa nyeri. Nah, saat seperti inilah penderita osteoarthritis akan merasakan kaku bahkan ngilu yang luar biasa.

    Ciri-ciri seseorang mengalami osteoarthritis adalah sebagai berikut :
    • Lutut terasa kaku dan susah digerakkan pada satu waktu. Biasanya jika masih pada tahap awal osteoarthritis, nyeri ini akan hilang setelah istirahat.
    • Lutut akan terasa ngilu saat duduk jongkok maupun saat bangkit dari duduk.
    • Terdapat benjolan pada lutut.
    • Krepitasi atau munculnya bunyi “krik” saat lutut digerakkan.


    Faktor penyebab osteoarthritis :

    Usia.
    Semakin lanjut usia, semakin besar resiko terkena osteoarthritis. Ini disebabkan penurunan fungsi pada tulang rawan yang mulai kehilangan cairan synovial

    Obesitas.
    Semakin berat tubuh seseorang, semakin berat pula kerja dari sendi penopang. Jika sendi bekerja terlalu keras, pada akhirnya sendi tersebut kehilangan kekuatan menopangnya. Jika sendi sudah tak dapat menopang berat tubuh makan ini adalah kabar buruk bagi penderita obesitas “Anda mengalami Osteoarthritis”

    Aktivitas fisik.
    Terlalu melakukan aktivitas berat mempengaruhi kinerja tulang rawan pada sendi. Dimana tulang rawan akan semakin terkikis akibat kekurangan cairan synovial.

    Patah tulang.
    Patahnya tulang membuat bentuk tulang berubah sehingga mempengaruhi tulang rawan seseorang.

    Faktor bawaan
    Faktor gen yang mengahsilkan tulang-tulang yang tidak teratur dan tidak selayaknya menjadi salah faktor yang menyebebkan osteoarthritis. Banyak ditemukan bahwa penderita osteoarthritis memiliki orangtua yang juga pernah mengalami osteoarthritis.

    Bila sudah menderita osteoarthritis, maka penderita harus segera mendapat pengobatan. Ada beberapa pengobatan yang perlu diketahui. Diantaranya adalah :
    Terapi air hangat.
    Kompres lutut anda menggunakan air hangat secara teratur 15 menit sehari. Ini hanya berlaku pada tahap awal osteoarthritis.

    Akupuntur.
    Teknik tradisional ini akan mengurangi sedikit rasa sakit yang dirasakan penderita osteoarthritis

    Suntikan.
    Suntikan ini hanya berlaku pada penderita Osteoarthritis pada tahap awal, bukan untuk penderita Osteoarthritis yang sudah parah.

    Operasi.
    Ini dilakukan pada penderita osteoarthritis yang sudah pada level yang parah.

    Untuk menghindari peradangan sendi. Diperlukan pencegahan diantaranya :

    Menghindari olahraga berat.
    Bagi Anda yang hobi bermain sepak bola. Bermainlah sewajarnya. Jika sudah merasa lelah, beristirahtlah. Jangan sampai hobi Anda itu menjadi penyebab penderitaan dalam hidup Anda. Itu akan terdengar menyedihkan.

    Kurangi aktivitas yang membuat sendi bekerja keras.
    Jika pekerjaan menuntut Anda bekerja terlalu keras, pintar-pintarlah mencuri waktu di sela-sela pekerjaan Anda untuk beristirahat sejenak.

    Menjaga berat tubuh agar tetap ideal.
    Perketat pola makan Anda. Jangan sampai berat badan Anda mengalahkan tinggi tubuh Anda.

    Minum vitamin khusus osteoarthritis.
    Banyak vitamin atau suplemen yang dijual di apotek. Sebelum membeli, mintalah saran dokter terlebih dahulu.

    Makan makanan yang bergizi.
    Ini sangat penting. Asupan gizilah yang akan membuat tubuh Anda sehat.

    Memahami Proses Terbentuknya Tumor Payudara Dan Bagai Mana Cara Mencegahnya


    Memahami Proses Terbentuknya Tumor Payudara Dan Bagai Mana Cara Mencegahnya

    Firdaus45.com - Cara Mencegah Tumor Payudara - Tumor payudara adalah sebuah penyakit yang diakibatkan sel-sel tumor yang berkembang sehingga menimbulkan benjolan pada payudara. Penyakit ini tidak menular dan tidak menyebabkan kegagalan pada organ yang ditempatinya. Pertumbuhan sel tumor pada payudara sangat lambat, mungkin bertahun tahun baru terlihat membesar. Jadi para penderita kebanyakan tidak peka untuk menyadarinya. 

    Sel-sel tumor yang mulanya masih jinak lama kelamaan akan berkembang menjadi tumor ganas. Jika tidak mendapat penanganan lebih lanjut, sel tumor ini akan terus berkembang menjadi sel kanker. Ini bahaya.



    Tumor payudara ini tentu saja menyerang wanita. Tapi tidak semua wanita. Penderitta yang mempunyai resiko besar terkena tumor payudara adalah :

    1. Wanita di atas 25 tahun.
    2. Pernah mengalami radiasi.
    3. Menstruasi di bawah 13 tahun.
    4. Wanita yang tidak menikah.
    5. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

    Anda harus jeli dan peka terhadap datangnya sel tumor yang mungkin terjadi. Berikut adalah gejala yang dialami penderita tumor payudara:

    1. Payudara nyeri saat tidak sedang haid.
    2. Munculnya benjolan sebesar kelerang pada payudara. Benjolan ini keras dan padat. Jika benjolan sudah lunak seperti daging, itu bukan tumor melainkan kanker.
    3. Kelainan bentuk payudara. Payudara terlihat kempis dan bentuknya tidak simetris.
    4. Payudara lembek dan tidak kenyal.

    Jika mungkin Anda sudah mengalami keadaan seperti yang disebutkan di atas, jangan berpikir ulang untuk segera ke dokter. Pergilah sekarang juga, tapi selesaikanlah dulu membaca tulisan ini sebelum Anda pergi.

    Tumor dibedakan menjadi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak dicirikan dengan benjolan kecil yang terdapat di dalam kulit. Jika benjolan ini diraba, benjolan tersebut tidak terlalu keras dan tidak semakin besar seiring siklus haid. Tumor ganas dicirikan dengan benjolan kecil maupun agak besar yang terdapat di dalam daging. Baik tumor jinak maupun tumor ganas bisa tumbuh lebih dari satu tempat.

    Jika tumor terus berlanjut maka akan menimbulkan akibat, diantaranya adalah :

    • Timbulnya gejala kanker payudara.
    • Perubahan bentuk payudara.
    • Keluarnya cairan (bukan air susu) pada puting.

    Untuk itu terdapat beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan, yaitu :

    • Kemoterapi : pemberian obat-obatan pada penderita untuk mencegah berkembangnya sel tumor menjadi sel kanker.
    • Operasi : dengan cara mengangkat tumor yang berbentuk benjolan pada payudara. Baik tumor jinak maupun tumor ganas.

    Hal-hal yang menjadikan tumor payudara berkembang menjadi salah satu penyebab kematian adalah ketidaktahuan kaum hawa mendeteksi adanya tumor tersebut, ketakutan untuk melakukan kemoterapi dan operasi, keadaan ekonomi di mana sebenarnya penderita tahu dia mengidap tumor tetapi tidak mempunyai biaya untuk pengobatan. Dan yang sering kali terjadi adalah terlalu mengandalkan pengobatan tradisional dari dukun yang belum tentu tahu tentang tumor payudara.

    Cara mencegah timbulnya tumor payudara :

    1. Perbanyak konsumsi kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai.
    2. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
    3. Mengkonsumsi karbohidrat sewajarnya. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat yaitu nasi, jagung, kentang dan umbi-umbian.
    4. Menghindari minuman beralkohol. Alkohol dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara sebesar 20%-25%.
    5. Mengurani konsumsi lemak jenuh seperti daging merah, daging ayam. Daging merah adalah penghasil lemak jenuh yang bisa meningkatkan aktivitas sel tumor menjadi sel kanker.
    6. Jika Anda adalah ibu muda yang harus menyusui. Lakukanlah. Aktivitas menyusui dapat menurunkan resiko terkena tumor payudara.
    7. Olahraga teratur. Lakukan olahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda adalah seorang yang sangat sibuk, Anda dapat mengganti olahraga dengan berjalan kaki saat pergi ke kantor atau ke manapun asalkan jaraknya tidak terlalu jauh.

    MENGENALI TANDA-TANDA ALZHEIMER

    MENGENALI TANDA-TANDA ALZHEIMER


    FIRDAUS45 - Anda sering melupakan sesuatu? Baik kunci ataupun nama teman Anda? Berapapun umur Anda, sebaiknya Anda perlu mengenal lebih jauh tentang Demensia Alzheimer.
    Demensia Alzheimer adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf di otak yang mengakibatkan penderita mengalami kepikunan (demensia).

    Sebagian besar penderita alzheimer tidak dapat disembuhkan. Penyakit alzheimer biasanya dialami oleh lansia yang berumur sekitar 65 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini menyerang orang-orang yang berusia 40-50 tahun.

    Alzheimer merupakan mimpi buruk bagi manusia yang mengalaminya. Mereka yang menderita penyakit ini akan mengalami kepikunan yang sangat parah. Bahkan bisa dikatakan seperti amnesia.



    Gejala alzheimer susah untuk dikenali. Biasanya orang-orang menganggap “lupa” adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda mengetahui gejalanya. Berikut adalah gejala yang dialami oleh penderita alzheimer :

    1. Sering lupa menaruh barang-barang seperti kunci, dompet, Hp dll.
    2. Lupa nama teman atau bahkan nama anak atau cucu.
    3. Tidak bisa mengingat alamat rumah ataupun kantor.
    4. Sulit mengungkapkan apa yang ingin dikatakan.
    5. Perubahan suasana hati yang sangat mendadak. Dari riang mendadak sedih ataupun sebaliknya.
    6. Menurunnya intelegensi.
    7. Kesulitan menyelesaikan tugas yang sering dikerjakan.
    8. Sering mengulangi pekerjaan yang sudah dilakukan.
    9. Kelalaian melakukan hal-hal kecil. 


    Bahkan jika sudah parah, para penderita akan lupa caranya untuk mandi bahkan buang air kecil. Percayalah, tidak ada manusia normal yang menginginkan dibantu untuk buang air kecil. Ini adalah salah satu mimpi buruk yang menjadi nyata untuk para penderita alzheimer.

    Jika Anda adalah seorang wanita, berhati-hatilah. Karena wanita mempunyai resiko mengalami alzheimer 3x lebih besar daripada kaum pria. Namun, jika Anda adalah seorang pria, Anda juga tidak boleh menganggap remeh penyakit yang belum ada obatnya ini.

    Beberapa penelitian mengatakan bahwa faktor pemicu adanya alzheimer adalah :

    Genetik/keturunan.

    Resiko ini akan menjadi lebih tinggi jika ada seseorang dalam keluarga yang sudah terkena penyakit alzheimer.

    Kerusakan pada bagian otak penderita. 

    Plak
    Plak terbentuk dari protein secara normal. Namun, bukti-bukti penelitian mengarah bahwa plak menjadi penyebab penyakit ini.
    Tangles
    Benang-benang protein menjadi terpelintir dan mengalami perubahan dari posisi semula. Banyak peneliti meyakini kondisi ini merupakan penyebab sel saraf menjadi mati dan menyebabkan penyakit alzheimer.

    Kolesterol yang tinggi.


    Diabetes yang tak terkontrol.


    Pencegahan :
    • Makan makanan yang mengandung antioksidan. Tak perlu mahal, murahpun tak masalah, asalkan itu bersih dan sehat. Jauhi fast food dan junk food.
    • Olahraga secara teratur. Luangkan 10-30 menit waktu Anda untuk berolahraga di pagi atau sore hari. Jika Anda tidak bisa berolah raga setiap hari. Minimal Anda melakukannya dua hari sekali. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali.
    • Cek kolesterol Anda secara rutin. Pastikan kadar kolesterol Anda normal.
    • Kendalikan konsumsi makanan manis. Pastikan juga, Anda tidak terkena diabetes akut.

    Itulah beberapa informasi yang semoga bisa membantu Anda. Jika penderita alzheimer sudah pada kondisi yang parah dan jika itu terjadi pada keluarga Anda. Entah itu ibu, ayah, nenek, kakek atau siapapun. Jangan marah dan jangan sakit hati. Mungkin mereka melupakan Anda, tapi mereka sedang benar-benar membutuhkan Anda. Tanpa Anda, hidup mereka akan seperti mimpi buruk setiap harinya. Kasing sayang Anda-lah yang mereka butuhkan. Sekarang.

    KANKER HATI


    KANKER HATI


    Firdaus45 - Hati terletak pada perut bagian kanan agak ke tengah. Hati adalah salah satu organ vital bagi tubuh manusia yang menghasilkan cairan empedu.  Fungsinya yaitu untuk mengaktifkan lipase, mencerna lemak dan mengubah zat yang tidak larut dalam air menjadi larut dalam air serta membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Jika fungsi hati terganggu, maka akan menimbulkan banyak keluhan yang akan menghambat aktivitas yang berujung pada kanker hati.

    Kanker hati adalah sebuah kanker yang tumbuh di dalam hati. Secara umum pria lebih mudah terkena kanker hati daripada wanita. Usia pasien kanker hati biasanya berkisar antara 20-50 tahun. Penyebab timbulnya kanker hati adalah adanya infeksi kronis hepatitis B, infeksi kronis hepatitis C, konsumsi alkohol yang berlebihan, terforsirnya kinerja tubuh tanpa istirahat yang cukup, diabetes, dan obesitas.



    Berikut adalah gejala klinis yang sering dialami oleh penderita kanker hati :
    • Urine berwarna kuning gelap atau kecoklatan.
    • Pembengkakan hati, yaitu hati akan melebarkan posisinya di bagian tengah perut. Atau jika terdapat benjolan pada perut kanan bagian atas, segera periksakan ke dokter.
    • Perut terasa mual dan kembung dengan rasa sakit yang tak wajar. 
    • Kelelahan yang berlebihan dan terjadi terus-menerus. Ini mungkin disebabkan adanya penurunan fungsi hati. Jika merasa dalam kondisi tersebut, beristirahatlah dari rutinitas yang melelahkan itu.
    • Pendarahan pada sistem pencernaan.
    • Penurunan berat badan dan mudah kenyang.
    • Kulit dan mata yang berwarna kuning. Cairan empedu yang tersumbat akan akan masuk ke perdaran darah dan mengakibatkan penyakit kuning. 


    Stadium kanker hati:

    Stadium I

    Ukuran tumor masih berukuran sekitar 2 cm dan terletak di dalam hati. Belum menyebar ke pembuluh darah lain.

    Stadium II

    Kanker hadir dalam bentuk tumor lebih dari satu tempat, tapi masih berada di dalam area hati. Belum menyebar ke daerah pembuluh darah yang berdekatan

    Stadium III

    Tumor belum menyebar ke pembuluh darah yang berdekatan, tapi ukurannya sudah lebih dari 2 cm.

    Stadium IV

    Pada tahap ini kanker sudah menyebar ke daerah pembuluh darah yang berdekatan.


    PENGOBATAN

    Pengobatan kanker hati didasarkan pada kondisi pasien. Faktor yang harus menjadi acuan pengobatan kanker hati diantaranya adalah ukuran tumor, keadaan tubuh pasien, stadium kanker, dan usia kanker pasien.
    Pilihan perawan kanker hati antara lain adalah sebagai berikut:

    Reseksi Hati

    Dilakukan untuk mengangkat bagian yang terkena kanker dalam hati.

    Cangkok Hati atau Transplantasi Hati

    Pengangkatan hati dan menggantinya dengan hati baru (hati yang telah didonorkan) yang tentunya masih sehat. Ini membutuhkan biayanya yang tidak sedikit. Cara ini juga mempunyai resiko diantaranya adalah infeksi pada hati, pendarahan dalam organ hati dan penolakan tubuh akibat ketidakcocokan hati. Namun, tidak pelu khawatir, dokter sudah memikirkan semua resiko yang akan diminimalisir dalam operasi transplantasi hati ini.

    Bila pembedahan tidak mungkin dilakukan, maka akan dilakukan beberapa cara untuk mengendalikan pertumbuhan kanker agar tidak berkembang semakin parah seperti kemoterapi, dan radioterapi.

    Kemoterapi

    Penggunaan obat-obatan untuk mmebunuh sel kanker pada pasien. Efek samping cara ini adalah rambut rontok, lemah, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan.

    Radioterapi

    Penggunaan X-ray untuk menghancurkan sel-sel kanker. Efek samping cara ini adalah iritasi pada kulit, mudah terkena infeksi, dan kehilangan nafsu makan.

    Kanker hati merupakan momok yang sangat menakutkan bagi manusia. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengibati. Nah, berikut adalah beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan :

    • Vaksinasi tehadap virus hepatitis B dan hepatitis C.
    • Ketahui kondisi kesehatan pasangan sebelum melakukan hubungan suami istri.
    • Gunakan jarum suntik yang steril
    • Istirahatlah yang cukup. Jangan membuat tubuh Anda tersiksa akibat rutinitas yang Anda lakukan.
    • Periksalah ke dokter secara rutin.

    NB: Jagalah hatimu dengan hati-hati 