1/03/2015

Tips Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Tips Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)


Firdaus45 - Seseorang yang memiliki masalah dengan tidur atau susah untuk tidur diwaktu malam hari akan membuat orang tersebut menjadi lesu dipagi harinya. Beberapa alasan orang susah tidur diantaranya disebabkan oleh stres dan gangguan kejiwaan atau juga dikarenakan orang tersebut sedang mengalami sakit. Susah tidur di malam hari sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja dan dalam waktu yang lama.

Orang yang memiliki jam tidur sedikit, akan lebih mudah terkena penyakit otak. Seperti manusia, otak juga membutuhkan waktu untuk istirahat yang cukup. Saat seseorang jarang tidur, maka dia akan cepat sekali merasa kantuk dan lemas, hal ini disebabkan karena terjadi penurunan fungsi otak. Karena Faktor Pemicu Kerusakan Pada Otak bukan hanya disebabkan oleh keseringan menonton film dewasa, tetapi masih banyak lagi yang dapat memicu kerusakan otak diantaranya juga disebabkan kurang tidur.

Ada banyak tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi susah tidur (insomnia) diantaranya: 

Mengendalikan visualisasi

Menurut Joshua Jacobi, ahli jantung dari Pasadena, California, membayangkan sesuatu yang indah dengan badan yang dibaringkan rileks dapat membantu seseorang memperoleh perasaan yang rileks. Dalam rileksasi sebelum tidur ini usahakan agar sebua bagian tubuh tidak ada yang terkontraksi, biarkan semua otot mengendur dan kemudian mulai membayangkan hal-hal yang indah yang dapat membuat hati anda senang.

"Kemudian bayangkan Anda sedang berada di pantai dan bayangkan pantai di semua sensor tubuh. Misalnya, rasakan kasarnya pasir di ujung kaki, panasnya matahari yang menyirami, dan angin sepoi-sepoi yang menyapu wajah. Bayangkan pohon kepala bergoyang tertiup angin. Dan dengarkan suara ombak laut berdesir," ujar Jacobi.


Kenali siklus tidur

Ari Meisel, pendiri blog kesehatan "Less Doing More Living" mengatakan, mengetahui data tentang tidur akan mempermudah Anda mengatasi insomnia. Ini juga akan membantu untuk mengetahui pola tidur yang seharusnya paling tepat untuk Anda.

Setiap orang memiliki siklus tidur yang berbeda-beda, untuk itu ada baiknya kenali di jam berapa biasanya saat anda berbaring dan tak lama tertidur pulas. Terkadang, seseorang yang memaksakan untuk tidur tetapi pada jam itu anda belum ingin tidur maka hal ini terkadang akan memperburuk susah tidur anda. Orang yang memaksakan untuk tidur akan membuat perasaan gelisah dan rasa kantung terkadang akan ikut menghilang sehingga orang tersebut akan terjaga lebih larut malam.

Hilangkan rasa cemas

Saat cemas menyerang, jangan langsung mencoba tidur karena justru akan menyebabkan insomnia. Sebaliknya, Anda perlu lebih dulu mengatasi kecemasan tersebut. Caranya antara lain olahraga, yoga, hingga minum obat antidepresan. Mengenali rasa cemas yang anda miliki juga dapat membantu anda untuk mengatur emosi anda saat kondisi kejiawaan anda sedang tidak stabil karena suatu alasan

Hindari membaca buku sebelum tidur

Kebiasaan membaca buku sebelum tidur juga dapat memperburuk keadaan anda yang susah tidur. Jika memang hendak membaca buku usahakan satu jam sebelum tidur sudah selesai membaca. Bagi sebagian orang mungkin merasakan hal yang berbeda, terkadang sebagian orang akan merasa sangat mengantuk jika membaca buku. Tapi jika buku yang dibaca mengandung isi yang seru, maka akan membuat si pembaca menjadi penasaran tentang halaman berikutnya dan rasa kantuk juga akan menghilang. 

Mungkin beberapa tips diatas dapat anda gunakan sebagai pandangan untuk mengatasi susah tidur yang anda alami. Untuk mengatasi susah tidur, sebaiknya anda juga harus mengetahui beberapa hal atau beberapa alasan mengapa seseorang susah tidur. Dari situ mungkin anda dapat menemukan sendiri solusi mengenai masalah susah tidur yang anda alami, karena setiap orang memiliki kasus yang berbeda-beda dan berbeda-beda pula dalam hal penangannya.

Tags: Mengatasi Susah Tidur,mengatasi susah tidur,mengatasi susah tidur malam,mengatasi susah tidur saat hamil,mengatasi susah tidur saat hamil muda,mengatasi susah tidur siang,mengatasi susah tidur pada anak,mengatasi susah tidur pada bayi,mengatasi susah tidur saat hamil tua,mengatasi susah tidur ibu hamil,mengatasi susah tidur saat hamil besar, Mengatasi insomnia,mengatasi insomnia,mengatasi insomnia secara alami,mengatasi insomnia pada ibu hamil,mengatasi insomnia pada anak,mengatasi insomnia kronis,mengatasi insomnia akut,mengatasi insomnia susah tidur malam,mengatasi insomnia karena stress,mengatasi insomnia saat hamil,mengatasi insomnia secara islami