1/09/2015

Mengenali Apa Itu Panu, Kadas, Kurap dan Cara Mengatasinya

Mengenali Apa Itu Panu Kadas dan Kurap dan Cara Mengatasinya


Firdaus45 - Kesehatan merupakan hal yang terpenting bagi kehidupan. Wajah cantik tubuh kekar body sexy tidak bisa menjadi orang tersebut sehat luar dan dalam. Pola hidup sehat ditujukan untuk menjaga agar orang tersebut sehat penampilan maupun sehat mengenai organ bagian dalam. 

Menjaga penampilan mungkin sekarang menjadi prioritas utama kaum remaja sekarang. Sedikit saja ada yang tidak sedap dipandang mata, langsung saja mencari cara untuk menghilangkannya. Khususnya untuk kesehatan kulit, orang yang tidak memperhatikan dan menjaga kesehatan kulit dan membiarakan banyak bakteri yang bersarang dikulitnya tidak terkecuali jamur juga akan menempel pada kulit yang tidak terawat. 

Jamur pada kulit dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

Panu


Panu merupakan sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Panu disebut juga dengan istilah Tinea Versicolor. Jamur yang menempel pada kulit ini akan menimbulkan bercak pada kulit. Jamur yang menempel ini menimbulkan rasa gatal pada kulit saat berkeringat. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh jamur panu ini bermacam-macam ada yang sampai menimbulkan luka karena rasa gatal yang hebat akibat jamur panu sudah terlalu banyak menempel pada kulit. Rasa gatal yang berlebih biasanya akan muncul saat ada keringat tubuh disekitar daerah jamur panu itu muncul.

Bercak-bercak yang muncul pada kulit akibat jamur panu biasanya berwarna putih terkadang juga berwarna merah maupun coklat tergantung warna kulit yang dihinggapi oleh jamur panu ini. Tampilan panu ini berbeda dengan jerawat yang menonjol pada permukaan kulit. Panu terlihat rata dengan kulit yang lain jika dipegang, akan tetapi ada garis batas yang terlihat jelas membedakan antara daerah panu dan daerah kulit normal. Jamur panu ini disebabkan oleh Candida Albicans.

Pada umumnya, panu banyak dijumpai pada anak usia remaja, akan tetapi banyak juga orang dewasa yang dihinggapi oleh jamur panu ini. Jamur panu ini biasanya muncul pada daerah kulit yang menghasilkan banyak keringat. Penyakit panu sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, akan tetapi tampilan panu inilah yang sering menjadi momok bagi siapa saja yang dihinggapi oleh jamur panu ini. Orang yang dihinggapi oleh panu identik dengan orang yang kurang bisa menjaga kebersihan badan, padahal jamur panu muncul bukan karena hal itu saja, ada yang memang karena kulit si penderita kekurangan vitamin sehingga mudah sekali terkena panu jika keringat yang berlebih muncul.

Kadas / Kurap

Kurap adalah salah satu penyakit yang juga disebabkan oleh jamur yang menempel pada kulit seseorang. Jamus kurap berbeda dengan jamur yang mengakibatkan panu. Kurap disebabkan oleh jamur trchophytoon rubrum, trichopiton mentagrophytes, microsporum canis, microsporum gypseum, trichopyton concentrium, epidermophyton floccosum. Proses munculnya penyakit jamur kurap ini sangat cepat, hanya beberapa hari setelah terinfeksi jamur kurap.

Bentuk penyakit jamur kadas atau kurap ini sangat terlihat mencolok sekali bagi orang yang berkulit putih. Jamur kadas atau kurap ini berbentuk lingkarang merah yang disertai dengan sisik pada bagian yang terinfeksi jamur kadas atau kurap ini jika terkena garukan. Penularan penyakit kadas atau kurang ini dapat melalui kontak langsung dengan penderita lain atau dengan menggunakan pakaian orang lain yang terkena jamur kadas atau kurap. Selain itu, penyebaran penyakit jamur kadas atau kurap  ini juga dapat melalui kamar mandi dengan air sisa. Penularan juga bisa terjadi karena hewan peliharaan semacam kucing atau anjing yang juga kurang diperhatikan kebersihan badannya.

Hanya pada kulit yang kurang sehat dan orang yang kurang memperhatikan akan kesehatan kulit dan kebersihan kulit yang mudah terinfeksi oleh penyakit ini. Orang yang terkena penyakit jamur kadas atau kurap ini akan merasa sangat gatal ketika suhu mulai memanas dan saat tubuh penuh dengan keringat. Pencegahan pertama untuk mengatasi penyakit jamur kadas atau kurap ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan, pakaian, tempat tidur dan selalu mencuci tangan dengan sebersih mungkin. 

Cara Mengobati Panu


Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati panu kadas kurap yang berada di kulitmu. Kamu bisa menggunakan cara herbal, obat oles atau salep, dan juga pengobatan secara dalam atau oral.

Mengobati Panu dengan Bahan Herbal

Bila kamu memilih mengobati panu menggunakan bahan herbal, beberapa bahan ini dapat Anda jadikan alternatif untuk mengobati panu kadas dan kurap Anda.

1. Lengkuas

Buat kalian yang sering pergi ke dapur pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lengkuas. Bumbu dapur ini ternyata cukup ampuh dalam mengatasi panu kadas kurap yang berada di kulitmu.