1/09/2015

Cara Mengatasi Panu, Kadas, dan Kurap

Mengenali Apa Itu Panu Kadas dan Kurap dan Cara Mengatasinya


Firdaus45 - Kesehatan merupakan hal yang terpenting bagi kehidupan. Wajah cantik tubuh kekar body sexy tidak bisa menjadi orang tersebut sehat luar dan dalam. Pola hidup sehat ditujukan untuk menjaga agar orang tersebut sehat penampilan maupun sehat mengenai organ bagian dalam. 

Menjaga penampilan mungkin sekarang menjadi prioritas utama kaum remaja sekarang. Sedikit saja ada yang tidak sedap dipandang mata, (seperti panu, kadas dan juga jerawat) langsung saja mencari cara untuk menghilangkannya. Khususnya untuk kesehatan kulit, orang yang tidak memperhatikan dan menjaga kesehatan kulit dan membiarakan banyak bakteri yang bersarang dikulitnya tidak terkecuali jamur juga akan menempel pada kulit yang tidak terawat. Menghilangkan jamur pada kulit sebenarnya mudah sekali dilakukan, baik menggunakan obat oles maupun obat tradisional.

Jamur pada kulit dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

Panu


Panu merupakan sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Panu disebut juga dengan istilah Tinea Versicolor. Jamur yang menempel pada kulit ini akan menimbulkan bercak pada kulit. Jamur yang menempel ini menimbulkan rasa gatal pada kulit saat berkeringat. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh jamur panu ini bermacam-macam ada yang sampai menimbulkan luka karena rasa gatal yang hebat akibat jamur panu sudah terlalu banyak menempel pada kulit. Rasa gatal yang berlebih biasanya akan muncul saat ada keringat tubuh disekitar daerah jamur panu itu muncul.

Bercak-bercak yang muncul pada kulit akibat jamur panu biasanya berwarna putih terkadang juga berwarna merah maupun coklat tergantung warna kulit yang dihinggapi oleh jamur panu ini. Tampilan panu ini berbeda dengan jerawat yang menonjol pada permukaan kulit. Panu terlihat rata dengan kulit yang lain jika dipegang, akan tetapi ada garis batas yang terlihat jelas membedakan antara daerah panu dan daerah kulit normal. Jamur panu ini disebabkan oleh Candida Albicans.

Pada umumnya, panu banyak dijumpai pada anak usia remaja, akan tetapi banyak juga orang dewasa yang dihinggapi oleh jamur panu ini. Jamur panu ini biasanya muncul pada daerah kulit yang menghasilkan banyak keringat. Penyakit panu sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan, akan tetapi tampilan panu inilah yang sering menjadi momok bagi siapa saja yang dihinggapi oleh jamur panu ini. Orang yang dihinggapi oleh panu identik dengan orang yang kurang bisa menjaga kebersihan badan, padahal jamur panu muncul bukan karena hal itu saja, ada yang memang karena kulit si penderita kekurangan vitamin sehingga mudah sekali terkena panu jika keringat yang berlebih muncul.

Kadas / Kurap

Kurap adalah salah satu penyakit yang juga disebabkan oleh jamur yang menempel pada kulit seseorang. Jamus kurap berbeda dengan jamur yang mengakibatkan panu. Kurap disebabkan oleh jamur trchophytoon rubrum, trichopiton mentagrophytes, microsporum canis, microsporum gypseum, trichopyton concentrium, epidermophyton floccosum. Proses munculnya penyakit jamur kurap ini sangat cepat, hanya beberapa hari setelah terinfeksi jamur kurap.

Bentuk penyakit jamur kadas atau kurap ini sangat terlihat mencolok sekali bagi orang yang berkulit putih. Jamur kadas atau kurap ini berbentuk lingkarang merah yang disertai dengan sisik pada bagian yang terinfeksi jamur kadas atau kurap ini jika terkena garukan. Penularan penyakit kadas atau kurang ini dapat melalui kontak langsung dengan penderita lain atau dengan menggunakan pakaian orang lain yang terkena jamur kadas atau kurap. Selain itu, penyebaran penyakit jamur kadas atau kurap  ini juga dapat melalui kamar mandi dengan air sisa. Penularan juga bisa terjadi karena hewan peliharaan semacam kucing atau anjing yang juga kurang diperhatikan kebersihan badannya.

Hanya pada kulit yang kurang sehat dan orang yang kurang memperhatikan akan kesehatan kulit dan kebersihan kulit yang mudah terinfeksi oleh penyakit ini. Orang yang terkena penyakit jamur kadas atau kurap ini akan merasa sangat gatal ketika suhu mulai memanas dan saat tubuh penuh dengan keringat. Pencegahan pertama untuk mengatasi penyakit jamur kadas atau kurap ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan, pakaian, tempat tidur dan selalu mencuci tangan dengan sebersih mungkin. 

Cara Mengobati Panu


Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati panu kadas kurap yang berada di kulitmu agar selamanya menghilang. Kamu bisa menggunakan cara herbal, obat oles atau salep, dan juga pengobatan secara dalam atau oral.

Mengobati dan Menghilangkan Panu dengan Bahan Herbal

Bila kamu memilih mengobati panu menggunakan bahan herbal, beberapa bahan ini dapat Anda jadikan alternatif untuk mengobati panu kadas dan kurap Anda.

Banyak sumber dari internet mengatakan cara ampung menghilangkan panu dalam waktu 1 minggu, 2 minggu atau bisa dikatakan secepat kilat. Semua itu sebenarnya tergantung dari bagaimana kondisi kulit Anda sendiri. Bila kondisi kulit terbilang sehat, maka menghilangkan panu dapat dilakukan dengan cepat baik ketika menggunakan obat oles, oral ataupun herbal.

Namun bila kondisi kulit Anda tidak sehat, seperti kekurangan nutrisi, vitamin dll. Maka, menyembuhkan panu ataupun kadas, juga membutuhkan waktu yang cukup lama sampai benar-benar menghilang dari kulit Anda.

1. Lengkuas

Buat kalian yang sering pergi ke dapur pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya lengkuas. Bumbu dapur ini ternyata cukup ampuh dalam mengatasi panu kadas kurap yang berada di kulitmu.

2. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai obat penghilang panu alami yang cukup ampuh. Kandungan anti-bakteri yang terdapat di dalam bawang putih inilah yang dipercaya banyak orang sangat ampung untuk menghilangkan panu.

Langkah Penggunaan :
Ambilah 1 siung bawang putih lantas potong bawang putih jadi dua segi. Gosoklah segi dalam bawang putih itu pada ruangan panu sampai kulit agak memerah dan terasa sedikit perih.

Tahan saja perihnya, jika rasa perih sudah menghilang lanjutkan menggosok-gosok lagi sampai kulit memerah dan terasa perih lagi. Lalu biarlah sebentar sampai bakteri jamur itu mati. Cara barusan akan buat panu hilang selamanya hanya dalam satu hari.

3. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Paduan gabungan belimbing wuluh bersamaan kapur sirih akan jadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi panu dan jamur.

Langkah Penggunaan :
Tumbuk halus belimbing wuluh dan campur dengan kapur sirih sekedarnya lalu berikanlah dibagian panu lewat cara rata sampai jadi kering dan bersihkan dengan air bersih.

Baca juga: Manfaat Belimbing Wuluh

4. Jeruk Nipis dan Belerang

Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Langkah Penggunaan :
Tumbuk halus belerang sekedarnya dan campur dengan perasan air jeruk nipis lantas aduk rata dan berikanlah pada panu. Lakukan cara barusan 2-3 kali sehari lewat cara teratur. Jadi panu akan menghilang dengan cepat.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis

Mengobati panus kadas dan kurap dengan salep rekomendasi dokter


1. Salep 88



Salep 88 adalah obat anti jamur dan anti parasit yang sangat mudah hidup pada daerah tropikal. Salep 88 cukup ampuh mengatasi jamur pada kulit seperti panu, kadas dan juga kurap. Selain itu, salep 88 juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi kutu air yang seringkali melanda.

Salep 88 banyak dijumpai di apotek-apotek terdekat. Harganya juga cukup murah, hanya dengan uang sebesar kurang lebih Rp. 10.000 Anda sudah dapat memperoleh salep tersebut. Salep ini diproduksi oleh Meccaya, salah satu perusahaan yang fokus memproduksi obat anti jamur.

Komposisi Salep 88 yaitu: acidum salicylicum 60 mg, acidum benzoicum 65 mg, sulfur praecipitatum 60 mg, camphora 30 mg, mentholatum 25 mg, base salep 1000 mg.

Saat Anda menggunakan salep 88 untuk mengobati jamur kulit, usahakan untuk tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung ketika menggunakan salep 88 untuk mengobati jamur kulit akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Dosis yang dianjurkan ketika menggunakan salep 88 adalah 3 kali dalam sehari. Oleskan pada daerah yang terdapat jamur kulit. Jangan lupa untuk membersihkan area kulit sebelum dioleskan.


2. Pagoda salep extra
Pagoda salep extra adalah salah satu salep kurap di apotik yang dapat memenuhi semua kriteria dermatoterapeutika yaitu pengobatan penyakit kulit dimana selain zat aktifnya juga terdapat bahan pembantu sebagai bahan anti bakteri, antijamur, keratolitik dan antipruriginosa. Harga pagoda salep extra Rp 6.200,00. Walau harganya dibanderol murah akan tetapi salep kurap ini termasuk salah satu obat kurap paling manjur sedunia yang sudah dikenakan sejak zaman dulu dan masih digunakan sampai sekarang.

Pagoda Salep Extra Salep Kurap Di Apotik merupakan salep anti jamur. Salep ini memiliki komposisi Sulfur praecipitatum, asam salisilat, menthol dan champora.

Salep ini seringkali digunakan untuk mengatasi gatal – gatal kurap di telapak tangan, kaki, selangkangan paha, dan badan. Selain mengatasi kurap juga mengatasi kutu air, kudis dan sejenisnya.

Bila Anda memiliki alergi terhadap asam salisilat, tidak diperkenankan menggunakan salep ini. Efek samping yang ditimbulkan adalah iritasi pada kulit dan sensitivitas cahaya.

Salep ini sebaiknya digunakan 3 kali dalam sehari pada bagian yang terkena kurap

Cara penggunaan : Bersihkan area kulit yang terkena kurap kemudian oleskan pagoda salep extra 3 kali sehari.

3. Termisil
Bagi Anda yang mencari salep obat kurap, Termisil juga menjadi salah satu salep kurap yang ampuh menyembuhkan kurap dengan cepat. Termisil dapat Anda temukan di apotik dengan mudah seharga Rp 69.100,00 per tube.

Termisil Salep Kurap Di Apotik merupakan salep anti jamur dan anti parasit yang biasa hidup pada daerah tropikal. Salep ini memiliki komposisi terbinafine HCI sebanyak 1%.

Salep ini biasanya digunakan untuk terapi topikal untuk kurap, jamur kuku, tinea pedis, kruris, dan korporis.

Bagi penderita hipersensitif dan ibu hamil tidak dianjurkan menggunakan termisil apalagi secara berlebihan.

Efek samping yang seringkali dialami oleh pengguna yang memiliki sensitif, adalah iritasi kulit, melempuh (sangat jarang terjadi), area kulit yang diobati terasa panas dan terkadang meninggalkan memar ringan.

Dosis : oleskan 2 kali sehari, tine pedis : 2 – 4 minggu, tinea korporis/kruris : 1 – 2 minggu. Cara penggunaan : Oleskan secara tipis dan merata di area yang menderita kurap sesuai anjuran dosisnya.

4. Miconazole
Miconazole merupakan obat kurap ampuh di apotik yang juga aman digunakan sebagai obat kurap untuk anak-anak.  Salep kurap di apotik ini bisa Anda beli di apotik dengan atau tanpa resep dokter. Anda bisa temukan Miconazole cream di apotek dengan harga sebesar Rp 4.700,00.

Miconazole Salep Kurap Di Apotik

    Sub kategori : anti jamur dan anti parasit topikal
    Komposisi : Miconazole nitrat
    Indikasi : mengatasi panu dan kurap, infeksi kulit dan kuku karena dermatofita, dan bakteri gram positif.
    Perhatian : hindari penggunaan secara berlebihan
    Efek samping : menimbulkan iritasi dan dermatitis
    Dosis : 2 kali sehari
    Cara penggunaan : Setelah mandi pagi dan sore, oleskan secara merata di area kulit yang terkena kurap.
    Kemasan : tube
    Produksi : Kimia Farma


5. Mikorex

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan Mikorex karena saat ini juga sudah banyak iklan di televisi tentang Mikorex. Mikorex merupakan salah satu salep kurap di apotik yang diklaim menjadi obat kurap paling manjur sedunia. Mikorex dapat Anda temukan di apotik terdekat dengan mengorbankan kocek Rp 3.444,00 saja.

Mikorex Salep Kurap Di Apotik

    Sub kategori : obat kulit lain
    Komposisi : salicylic acid 6%, benzoic acid 6%, menthol 1%, champora 4%
    Indikasi : Mikorex memiliki komposisi yang membantu meringankan penyakit kulit seperti kurap, panu, kudis, kutu air dan berbagai penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur dan bakteri.
    Perhatian : hindari penggunaan berlebihan, hindari kontak dengan area mata. Jika mengalami efek samping serius segera konsultasikan dengan dokter.
    Efek samping : iritasi dan memar ringan, sensitivitas cahaya karena itu hindari terpapar sinar matahari setelah pengobatan.
    Dosis : oleskan 2 – 3 kali sehari
    Cara penggunaan : Oleskan tipis secara teratur 2 – 3 kali sehari di area kulit yang terkena kurap.
    Kemasan : tube
    Produksi : Kalbe Farma


6. Liposin

Obat kurap paling ampuh Liposin selain dapat mengatasi masalah kurap di kulit juga dapat digunakan sebagai obat gatal pada selangkangan. Liposin sampai saat ini menjadi salah satu obat salep untuk mengobati penyakit kulit dan mukosa utamanya yang disebabkan karena infeksi bakteri. Liposin mengandung 3 kandungan antibiotik diantaranya neomycin, bacitracin dan polymixin yang bisa dikombinasikan dengan lidocain obat dalam anestesi lokal. Liposin dapat Anda temukan dengan harga Rp 54.300,00.

Liposin Salep Kurap Di Apotik

    Sub kategori : antibiotik topikal
    Komposisi : bacitracin 6,67 mg, lidocaine HCI 40 mg, neomycin sulfate 5 mg.
    Indikasi : mengatasi kurap di area kulit dan selangkangan, terapi impetigo, ektima, furunkuloris, luka bakar dan luka gores.
    Perhatian : ketika pengobatan di area selangkangan, hindari mengenai organ vital Anda.
    Efek samping : sensasi terbakar di kulit, iritasi ringan, dermatitis.
    Dosis : 1 – 3 kali sehari untuk dewasa dan anak – anak
    Cara penggunaan : bersihkan area kulit yang mengalami kurap atau penyakit lainnya kemudian oleskan secara rutin 3 kali sehari agar cepat sembuh.
    Kemasan : tube
    Produksi : Pharos

Anda bisa pilih salah satu obat salep kurap di apotik dari beberapa daftar obat yang kami rekomendasikan. Jika perlu, Anda bisa konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum memilih salep kurap untuk Anda gunakan. Selamat mencoba dan semoga segera diberikan kesembuhan. Get Well Soon !! 

Artikel Menarik Lainnya