1/11/2015

Manfaat Gula Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Gula Bagi Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan - Selain air, kebutuhan pokok tubuh manusia adalah gula. Gula saat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Gula merupakan kebutuhan pokok untuk menjaga kesehatan otak. Kekurangan asupan gula membuat otak menjadi tidak sehat dan mudah sekali menjadi pelupa.

Gula merupakan karbohidrat sederhana yang dapat diubah menjadi energi yang dibutuhkan manusia untuk beraktifitas. Terkadang banyak yang beranggapan bahwa gula adalah penyebab kegemukan dan diabetes yang paling utama

Di Indonesia, gula banyak sekali jenisnya. Beberapa jenis gula hasil olahan yang ada di Indonesia diantaranya:


  • Gula batu
Gula batu ada gula yang juga terbuat dari gula pasir. Namun karena pembuatannya menggunakan air yang dipanaskan sampai pada suhu tertentu sehingga membuat gula pasir menjadi kristal dan mengeras seperti batu. "Manfaat gula batu" bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai pengganti gula pasir. Gula batu lebih mudah dirubah menjadi energi dari pada gula pasir.


  • Gula merah / Gula Aren / Gula Jawa
Gula merah adalah gula yang terbuat dari pohon aren, tampilannya yang berwarna merah membuat gula ini sering disebut dengan gula merah dan karena gula ini juga berasal dari jawa, maka namanya pun bertambah menjadi gula jawa. "Manfaat gula merah" biasanya digunakan untuk bahan bumbu masakan sebagai penambah aroma. "Manfaat gula merah" bagi kesehatan tubuh adalah untuk mengatasi sariawan, mencegah munculnya jerawat, mencegah anemia. Bagi perempuan, gula merah memiliki manfaat untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Selain itu, gula merah juga memiliki manfaat untuk membersihkan darah.


  • Gula pasir / Gula Putih
Gula pasir adalah gula yang terbuat dari sari tebu (pada umumnya) berbentuk kristal dengan ukuran yang lebih kecil dan halus daripada gula batu. Pada masa perang kuno, "Manfaat gula pasir" adalah bahan untuk mengobati infeksi, atau luka bekas goresan pedang. Sekarang, manfaat gula pasir sudah banyak sekali dikembangkang terutama untuk kecantikan dan perawatan kulit. Gula pasir dapat membersihkan noda, mengangkat sel kulit yang mati, selain itu gula pasir juga dapat menghaluskan bibir seseorang.

Gula walau memiliki banyak manfaat yang diberikan untuk tubuh, namum gula juga dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan dalam tubuh

Sekilas mengenai beberapa manfaat gula seperti yang telah disebutkan diatas adalah jika gula yang dikonsumsi/dimasukkan ke dalam tubuh dalam takaran normal. Akan tetapi, yang dapat menimbulkan dampak buruk berbagai macam masalah kesehatan adalah jika mengkonsumsi gula dalam tubuh  secara berlebih. Beberapa dampak buruk mengkonsumsi gula diantaranya adalah "penyakit gula" atau  "diabetes militus".

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda akan sebarapa banyak gula yang harus dikonsumsi setiap harinya. Masalah inilah yang biasanya membuat orang mengabaikan seberapa besar bahaya jika orang tersebut kekurangan maupun kelebihan gula.

Baca juga:
  1. Manfaat jalan kaki
  2. Manfaat kacang hazelnut
  3. Manfaat buah sirsak

Tags: manfaat gula batu, manfaat gula merah, manfaat gula aren, manfaat gula, manfaat gula jawa, manfaat gula pasir, Kecantikan Kulit, Kesehatan Tubuh

Artikel Menarik Lainnya