12/26/2014

Tips Untuk Menjaga Kulit Muka

Tips Untuk Menjaga Kulit Muka

Tips Kesehatan - Kulit muka adalah salah satu bagian yang dapat dikategorikan sensitif. Cara menjaga kulit muka bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika bertanya pada google, akan muncul banyak sekali yang membahas mengenai tips menjaga kulit muka serta bagai mana cara menghilangkan bekas jerawat. Namun, beberap tips yang ditulis belum tentu cocok jika diterapkan kepada orang lain. Bukan karena salah memberikan tips, melainkan bisa dikarenakan kulit yang tidak sesuai dengan tips yang diberikan tersebut.

Tinggal didaerah yang beriklim tropis yang panas dan terkadang lembab membuat wajah memproduksi banyak keringat maupun minyak agar kulit tetap lembab dan tidak kering akibat sengatan matahari. Produksi minyak yang berlebih membuat kulit seseorang terlihat menjadi lebih kotor. Produksi minyak berlebih akan memudahkan kotoran menempel pada wajah, jika kotoran dibiarkan terus menempel pada wajah masalah baru akan muncul yaitu jerawat

Jerawat yang muncul di wajah akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Terkadang rasa sakit ditimbulkan akibat jerawat yang muncul di wajah seseorang. Jika sudah muncul jerawat di wajah, rasa ingin memencet jerawat juga akan timbul dengan sendirinya yang kemudian bekas jerawat yang dipaksa keluar akan menimbulkan noda hitam bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. 


Untuk itu, menjaga kulit muka menjadi sangat penting bagi sebagian orang karena kondisi kulit yang memiliki produksi minyak berlebih. Cara perawatan wajah mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang, tetapi bagi orang yang belum memahami bagaimana cara menjaga kulit muka dengan baik dan benar, maka wajah bisa saja rusak akibat banyaknya jerawat yang muncul. Mungkin bagi yang belum mengerti mengenai bagai mana cara merawat wajah dengan cara alami akan lebih memilih untuk menggunakan produk kosmetik yang terkadang membuat alergi pada penggunanya.

Beberapa tips untuk menjaga kulit muka yang dapat dilakukan sebelum menentukan pilihan untuk menggunakan produk-produk buatan pabrik, diantaranya:

Menjaga kulit muka menggunakan bengkuang

Kandungan utama dari buah bengkuang adalah vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah bengkuang berkisar 40% dan sisanya adalah air dan serat. Selain itu, bengkuang memiliki kandungan senyawa seperti pachyrhizon, kandungan rotenon. Beberapa senyawa tersebutlah yang membuat buah ini dapat menghilangkan flek hitam yang ada di wajah. Flek hitam yang terangkat akan membuat wajah menjadi lebih segar dan terlihat lebih bersih.

Menggunakan masker bengkuang setelah aktivitas dapat membuat wajah kembali segar karena kandungan air dan vitamin c yang terdapat dalam buah bengkuang. Masker bengkuang juga membuat kulit menjadi lebih lembut dan tidak menimbulkan alergi. 

Untuk merawat wajah menggunakan bengkuang dapat anda baca pada artikel Tips Merawat Wajah dengan Bengkuang

Mencuci muka menggunakan air hangat

Banyak diantara orang selalu mencuci mukanya menggunakan air dingin setelah beraktivitas diterik matahari dengan tujuan untuk mendapatkan kesegaran di wajah. Mencuci muka menggunakan air dingin setelah beraktivitas dapat membuat wajah menjadi gosong dan kotoran yang menempel tidak dapat larut. Setelah beraktivitas sebaiknya mencuci muka menggunakan air hangat agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan. Menggunakan air hangat untuk mencuci muka setelah beraktivitas ternyata dapat membantu melancarkan peredaran darah di wajah sehingga wajah terlihat nampak berseri dan bersih.

Menjaga Kulit Muka Menggunakan Wortel

Wortel yang kita kenal sebagai sayuran dengan kandungan vitamin A yang banyak ini ternyata juga dapat membantu menghilangkan minyak pada wajah. Cara menggunakan wortel sebagai obat untuk menghilangkan minyak di wajah cukup mudah, yaitu dengan merebus wortel kemudian haluskan. Setelah wortel halus campur dengan madu dan kemudian oleskan pada wajah seperti menggunakan masker, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Jika sudah terasa kering haluskan dengan air dingin.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya