12/26/2014

Tips Merawat Wajah Dengan Bengkuang

Tips Merawat Wajah Dengan Bengkuang
Cara Memutihkan Kulit Wajah


Firdaus45 - Merawat wajah dengan bengkuang sebenarnya sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat indonesia. Sebelum kata Indonesia ada, para wanita pada masa karajaan merawat wajah menggunakan bahan-bahan alami agar terlihat cantik dan putih. Bengkuang (Pachyrhizus erosus) adalah jenis buah-buahan yang berasal dari umbi. Bengkuang hampir sama dengan umbi jalar. Bengkuang juga sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan rujak buah. Rasanya yang manis dan mengandung banyak air sangat cocok untuk sekali jika dikonsumsi bagi masyarakat daerah tropis seperti Indonesia ini. 

Bengkuang adalah jenis buah yang memiliki banyak manfaat, namun masyarakat indonesia lebih mengenal manfaat bengkuang dalam hal kecantikan. 




Umunya masyarakat Indonesia menggunakan bengkuang sebagai bahan alami pembuat masker. Merawat wajah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami memang sangat dianjurkan oleh para ahli kecantikan. Lantas pertanyaannya mengapa harus menggunakan buah bengkuang sebagai bahan dasar alami pembuat masker wajah untuk kecantikan?


Kandungan Buah Bengkuang

Kandungan utama dari buah bengkuang adalah vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah bengkuang berkisar 40% dan sisanya adalah air dan serat. Selain itu, bengkuang memiliki kandungan senyawa seperti pachyrhizon, kandungan rotenon. Beberapa senyawa tersebutlah yang membuat buah ini dapat menghilangkan flek hitam yang ada diwajah. Flek hitam yang terangkat akan membuat wajah menjadi lebih segar dan terlihat lebih bersih.

Dalam 100 gram buah bengkuang mengandung beberapa unsur seperti dibawah ini

Potassium 150 mg  4%
Carbohydrate 9 g  3%
Dietary fiber 4.9 g  19%
Protein 0.7 g          1%
Vitamin C          33%
Calcium                  1%
Magnesium          3%

Kandungan air yang sangat banyak dalam buah bengkuang dapat membuat wajah menjadi segar kembali jika digunakan sebagai masker alami. Penggunaan masker bengkuang ini sudah dilakukan sejak dulu pada zaman kerajaan. Dimana pada zaman itu tidak ada bahan kosmetik buatan pabrik yang digunakan oleh kebanyakan wanita pada masa sekarang. Mereka menggunakan bahan alami untuk merawat wajah agar tetap cantik. 

Penggunaan buah bengkuang ini juga semakin populer dengan digunakannya sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik secara masal. Jika sudah masuk dalam olahan pabrik, maka tidak mungkin jika menggunakan bahan dasar bengkuang 100% pasti ada bahan campuran yang digunakan untuk menghilangkan scrub dan noda hitam. Bahan campuran lain inilah yang membuat kulit anda terkadang menolak karena alergi. 

Cara Membuat Masker Bengkuang

Membuat masker untuk merawat dengan dengan bahan dasar bengkuang sangatlah mudah. Tidak ada campuran bahan lain yang digunakan, 100% menggunakan bahan dasar bengkuang. Berikut adalah cara untuk membuat masker bengkuang:

  • Siapkan satu buah bengkuang ukuran sedang. Kupas dan buanglah kulit buah bengkuangnya. Lalu cuci bersih menggunakan air.
  • Parut buah bengkuang sampai habis, ambil bagian airnya dengan cara memerasnya menggunakan kain bersih. Masukan hasil air perasan buah bengkuang pada mangkuk warna bening.
  • Diamkan dahulu air ini hingga air bengkuangnya menyisakan air bening dan endapan pati putih. Biasanya 30 menit sudah terlihat bersih.
  • Buang air berwarna bening, ambil endapan air pati warna putihnya,
  • Bersihkan wajah anda dari kotoran mengunakan air.
  • Ambil kuas masker, lalu masukan kedalam pati endapan bengkuang tadi, lalu oleskan hasil pati bengkuang ke area wajah merata sampai bagian leher.
  • Nah setelah masker ini menempel di wajah, maka anda akan merasakan sensasi dingin dari zat-zat alami bengkuang, biarkan masker ini mengering dengan sendirinya.
  • Bilas muka anda menggunakan air dingin. Lalu lap wajah menggunakan handuk halus dan kering.
Lakukanlah hal ini secara teratur dan rutin agar terlihat hasilnya. Menggunakan bahan dasar yang alami sebagai obat pemutih wajah tidak bisa dilakukan dalam sekejap kemudian terlihat hasilnya. Membutuhkan waktu yang cukup lama agar kulit terlihat bersih dan putih seperti yang diinginkan.