12/18/2014

Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Firdaus45 - Keputihan adalah keluarnya cairan dari alat kelamin wanita yang berwarna bening atau putih. Banyak kasus yang menimpa wanita soal keputihan yang dialaminya. Beberapa diantara wanita yang memiliki kasus yang sama mengeluhkan masalah daerah kewanitaan terutama tentang masalah keputihan. Sebenarnya keputihan itu wajar dialami oleh semua wanita asalkan keputihannya itu dalam batas normal, apalgi jika keputihannya itu sebelum menstruasi atau sesudah menstruasi. Keputihan ini keluar akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh seorang wanita ketika akan mengalami atau bahkan sesudah menstruasi tetapi ada juga keputihan yang keluar akibat  kecapean maupun ketika seorang wanita dalam kondisi stres. 





Keputihan yang dalam kondisi normal yaitu ketika keputihan itu keluar dari daerah kewanitaan berwarna bening sampai putih. Lantas keputihan yang bagaimanakah keputihan itu dikatakan abnormal atau tidak normal? keputihan itu dikatakan dalam keadaan tidak normal jika keputihan itu disertai rasa gatal pada area daerah kewanitaan, keputihan yang keluar berbau tidak sedap atau berbau busuk dan keputihan yang keluar berwarna kuning sampai hijau. Betapa meresahkan bukan jika daerah kewanitaan kita terganggu. Bahkan bagi yang sudah berkeluarga sangatlah penting daerah kewanitaan ini untuk memenuhi kebutuhan suami, jika kondisi daerah kewanitaan kita tidak sehat maka keharmonisan keluarga juga akan terganggu.

Untuk itu, agar kita terhindar dari keputihan yang tidak normal tersebut sebagai seorang wanita disarankan harus teliti dalam menjaga kebersihan daerah kewanitaan, yaitu dengan cara mencuci daerah kewanitaan sesudah BAB dan BAK menggunakan air bersih, keringkan alat kelamin jika sesudah dibersihkan menggunakan tisue atau handuk yang bersih, ganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari dan jika celana dalam wanita dalam kondisi basah sebaiknya segeralah mengganti celana dalam untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat.

Jika dalam kondisi haid/menstruasi sebaiknya ganti pembalut setiap 4 jam sekali, jangan menggaruk – garuk daerah kewanitaan dengan tangan yang dalam keadaan kotor jika terasa gatal cucilah daerah kewanitaan tersebut agar rasa gatal hilang, dan hindari penggunaan sabun kewanitaan karena tidak semua sabun kewanitaan kandungan PH dalam sabun sesuai dengan PH di area kewanitaan kita, sehingga sabun tersebut dapat membunuh bakteri – bakteri yang juga menguntungkan bagi daerah kewanitaan kita.

Dan jangan lupa mencukur bulu kemaluan kita sesudah menstruasi karena saat terjadinya menstruasi banyaknya sisa – sisa menstruasi yang masih menempel diarea rambut kemaluan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat dan dapat mengakibatkan terjadinya keputihan yang abnormal pada daerah kewanitaan. (Baca: Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar Tetap Harum)

Beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah keputihan anda diantaranya menggunakan:

Sambiloto

Selain digunakan untuk menurunkan panas badan dan mencegah pembentukan radang, tumbuhan yang bernama latin Andrographis paniculata ini juga dipercaya mampu menyembuhkan keputihan.
Caranya,

  • Ambil 3 batang sambiloto
  • Cuci lalu dipotong-potong
  • Rebus bersama dengan 4 gelas air
  • Setelah menjadi 2 gelas, dinginkan air rebusan untuk diminum (tambah sedikit madu jika perlu)
  • Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran ¾ gelas setiap kali minum

 

Daun Sirih

Tanaman asli Indonesia yang bernama latin Piper betle dan umumnya dimakan bersama dengan kapur, gambir, dan pinang ini tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit seperti batuk, sariawan, gusi bengkak, demam berdarah, asma, atau lainnya, tetapi juga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan masalah kewanitaan, sebut saja keputihan.
Caranya,

  • Ambil 10 lembar daun sirih, 1 ruas temulawak dan kunyit
  • Cuci, potong kecil-kecil, lalu rebus bersama dengan dengan 1 liter air selama 15 menit
  • Gunakan air rebusan tersebut (dalam keadaan hangat) untuk membasuh daerah kewanitaan
  • Lakukan 2 kali sehari agar hasil maksimal

Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, umumnya kunyit digunakan untuk pengobatan hepatitis, gangguan pencernaan, anti tumor, dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa kunyit juga mampu meyembuhkan keputihan.
Caranya,

  • Parut kunyit yang telah dikupas dan dicuci
  • Peras air kunyit tersebut dan campur dengan air asam dan larutan gula jawa
  • Minum 2 gelas setiap harinya

Daun Jarak Pagar

Tumbuhan yang bernama latin Jatropha Curcas ini umumnya dapat dtumbuh di tanah yang kurang subur asalkan memiliki drainase yang baik. Tanaman yang sanggup hidup lebih dari 20 tahun ini bisa digunakan untuk mengobati keputihan.
Caranya,

  • Ambil 7 lembar daun jarak dan cuci
  • Tumbuk hingga halus lalu seduh dengan air panas
  • Setelah dingin, saring dan peras airnya
  • Gunakan air tersebut untuk membersihkan bagian kewanitaan
  • Lakukan secara rutin 2 kali sehari

Artikel Menarik Lainnya