12/12/2014

Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir

Firdaus 45 - Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir. Pemberian ASI secara eksklusif merupakan sebuah cara paling tepat  dan paling dianjurkan untuk memenuhi gizi dan nutrisi bayi yang baru lahir. Tujuan pemberian ASI untuk bayi baru lahir tidak lain adalah untuk memberikan kekebalan tubuh secara alami. Dengan memberikan ASI secara eksklusif. Dengan memberikan ASI secara eksklusif juga dapat membantu seorang ibu dalam membangun ikatan batin terhadap anak yang baru dilahirkannya. 

Kewajiban seorang ibu memberikan ASI nya atau menyusui bayinya dilakukan saat bayi baru lahir sampai pada usia 2 tahun.  Pemberian ASI secara eksklusif juga mempengaruhi perkembangan saluran cerna bayi. Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif memiliki saluran pencernaan yang baik terutama pada daerah usus. Hal ini ditunjukkan pada penelitian terhadap sel-sel usus yang diisolasi dari feses bayi, 12 bayi yang dberikan ASI dan 10 bayi yang diberikan susu formula, siklus sel-sel usus yang berlangsung hanya tiga hari ini dapat memberikan gambaran bagaimana perkembangan jutaan sel-sel usus dari mulai yang sederhana sampai sel-sel yang telah terdeferensiasi dan telah menunjukkan fungsinya terlihat bahwa perkembangan sel-sel usus bayi yang diberikan ASI lebih baik, di mana hal ini sangat penting karena saluran cerna pada bayi akan berkembang secara signifikan karena adanya respons makanan.



Bagi seorang ibu yang baru melahirkan pasti akan berupaya memberikan yang terbaik bagi bayi yang baru dilahirkan, akan tetapi terkadang banyak dari ibu yang baru melahirkan tidak mampu memberikan ASI kepada bayi. Masalah ini terjadi karena banyak hal, dan yang perlu diketahui oleh para ibu hamil kenapa ASI tidak dapat keluar walaupun terjadi hisapan oleh bayi. Mungkin beberapa faktor dibawah ini yang membuat ASI tidak dapat dikeluarkan diantaranya:
  • Asupan gizi ibu sewaktu hamil
  • Kesehatan ibu sewaktu hamil sampai melahirkan
  • Hormon esterogen dan progesteron yang terkandung dalam tubuh ibu
  • Faktor psikologis ibu
Ketika air susu ibu tidak lagi dapat diandalkan, maka pilihan lain untuk memenuhi gizi bayi agar tetap terjaga yaitu dengan memberikan susu formula. Memilih susu formula terbaik untuk bayi baru lahir memang tidaklah mudah. Usia bayi yang masih sangat rentan terhadap alergi menjadikan seorang ibu harus pintar-pintar dalam memilih mana susu formula yang bagus untuk bayi. (Baca: Memilih susu formula yang bagus untuk bayi)

Jika merujuk pada FDA ( Food and Drug Administration) yang berada diamerika, susu formula terbaik untuk bayi dibedakan menjadi tiga jenis. yaitu:

Formula susu sapi
Formula susu sapi ini terbuat dari susu sapi yang diperah di peternakan kemudian diolah. Formula susu sapi ini memiliki keunggulan dalam kandungan gizi yang seimbang dan mudah dicerna oleh bayi yang baru lahir. Akan tetapi, pada kasus tertentu bayi juga memiliki ketidak cocokan terhadap beberapa susu tertentu meskipun sama-sama dari susu sapi.

Formula susu kedelai
Formula susu kedelai merupakan jenis susu yang terbuat dari ekstrak kedelai yang diambil sarinya. Pemilihan susu kedelai ini dilakukan jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi. Pemberian formula susu kedelai sejauh ini belum terbukti dapat mengatasi kolik pada bayi. Bayi yang mengalami kolik biasanya mengalami intoleran terhadap laktosa. Oleh karena itu, pemberian susu yang tidak mengandung laktosa merupakan solusi yang dapat diberikan kepada bayi yang mengalami kolik.



Formula hidrolisa protein
Susu formula jenis ini mengandung protein yang dipecah atau dihidrolisa sehingga menjadi bentuk yang lebih kecil bila dibandingkan protein pada susu sapi atau susu kedelai dengan tujuan untuk mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan. Secara umum, nilai kandungan gizinya sama dengan susu formula. Susu formula hidrolisa protein sangat disarankan untuk dibrikan kepada bayi yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi dan susu kedelai.

Beberapa merk tersebut adalah merk yang pada umumnya dipilih oleh para ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi ketika terjadi masalah pada ASI. Setiap merk susu formula memiliki kriteria untuk usia tertentu. Jadi gunakanlah merk susu formula tersebut sesuai dengan usia bayi Anda. 
Meskipun merk susu formula tersebut sudah sering dipilih oleh para ibu, cerdas dalam memilih susu formula harus terus dilakukan. Selektif dalam memilih susu formula disebabkan karena mungkin kondisi bayi yang memiliki alergi terhadap susu formula. 

Hentikan pemberian susu formula meskipun itu merk terbaik apabila terdapat gejala alergi, menyebabkan bayi diare, muntah dan lain-lain. Ketika tidak ada gejala yang ditimbulkan, maka dapat Anda teruskan pemberian susu formula tersebut. Lakukan konsultasi kepada dokter bila terdapat gejala-gejala yang aneh setelah bayi meminum susu formula yang Anda berikan.

Baca juga:
1. Mitos Seputar Sufor
2. Takaran Pemberian Sufor 
3. Fungsi AA dan DHA bagi perkembangan bayi 
4. Sufor Terbaik untuk Tambah Berat Badan 
5. Sufor Terbaik untuk Bayi 
Loading...

Artikel Menarik Lainnya