12/20/2014

Mengenali Kanker Servik dan Bagaimana Cara Mencegah Kanker Servik

Mengenali Kanker Servik dan Bagaimana Cara Mencegah Kanker Servik


Apa itu Kanker servik?

Firdaus45 - Akhir – akhir ini banyak terjadi kanker servik yang dialami oleh seorang wanita. Kanker servik ini sangatlah berbahaya bagi seorang wanita dan bisa mengakibatkan kematian. Kanker servik adalah kanker leher rahim seorang wanita, kanker ini biasanya terjadi pada seorang wanita yang sudah melakukan hubungan intim baik wanita yang sudah berkeluarga maupun remaja yang sudah tida perawan lagi.

Penyebab terjadinya kanker servik

Penyebab terjadinya kanker servik ini beraneka ragam dan biasanya seorang wanita sering mengabaikan gejala – gejala ini. Penyebab dan gejalanya antara lain : 

kanker servik,kanker serviks,kanker serviks stadium 2,kanker serviks gejala awal,kanker serviks pdf,kanker serviks jupe,kanker serviks ppt,kanker serviks stadium 1,kanker serviks stadium 4,kanker serviks di indonesia,kanker serviks stadium 2a, mencegah kanker servik,mencegah kanker serviks,mencegah kanker serviks sejak dini,mencegah kanker serviks secara alami,mencegah kanker serviks dan payudara,mencegah kangker serviks,suntik mencegah kanker serviks,vaksin mencegah kanker serviks,mencegah penyakit kanker servik,buah mencegah kanker serviks,saatnya mencegah kanker serviks,

Kurangnya menjaga kebersihan

Wanita sebaiknya harus telaten menjaga kebersihan organ intim apalagi wanita yang sudah tidak perawan lagi. Pecahnya selaput dara mengakibatkan terbukanya daerah genetalia seorang wanita menjadi terbuka itu dan memudahkan bakteri yang merugikan berkembang biak. Untuk itu sebagai seorang wanita harus menaga kebersihan organ intim dengan cara mencuci organ intim setelah BAK maupun BAB, keringkan dengan handuk bersih setelah disusi dengan air bersih. Hindari penggunaan sabun kewanitaan yang berlebihan karena tanpa kita sadari penggunaan sabun kewanitan dapat membunuh bakteri yang baik didalam organ intim. Gantilah celana dalam minimal 2 kali dalam sehari ataupun ketika dalam keadaan basah sebaiknya segeralah ganti celana dalam anda.

Keputihan yang berangsur – angsur dan berbau

Keputihan adalah hal yang fisiologi atau normal dialami semua wanita. Lantas keputihan yang bagaimanakah yang berbahaya?? Keputihan yang berbahaya dapat dilihat dari warna dan bau keputihan. Keputihan yang normal umumnya berwarna putih dan berbau akasia, tetapi jika keputihan itu berwarna kuning sampai berwarna hijau dan berbau busuk dan merasakan adanya rasa gatal pada kemaluan sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis kandungan.

Artikel terkait: Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Seringnya berhubungan intim dengan banyak orang

Sebaiknya hindari berhubungan intim dengan ganti – ganti psangan karena daat menyebabkan perpindahan penyakit yang berbeda – beda dari alat kelamin sehingga dapat meyebabkan adanya penumpukan bakteri sehingga dapat mengaibatkan terjadinya kanker servik. 

Pola makan dan nutrisi

Pola makan yang buruk dapat mengurangi asupan nutrisi dalam tubuh sehingga tubuh dapat mudah terkena infeksi dan penyakit. Tanpa kita sadari kita sering mengkonsumsi makan – makanan yang sering mengandung bahan pengawet yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Cara Mencegah Kanker servik

  1. Hindari sex bebas. Bagi para remaja sebaiknya jangan melakukan sex bebas sebelum adanya pernikahan.
  2. Setia pada pasangan. Hindari ganti – ganti pasangan yang dapat mengakibatkan timbunya bakteri yang merugikan dalam organ intim.
  3. Menjaga kebersihan organ intim baik laki – laki maupun wanita agar tetap bersih yaitu dengan cara mencuci organ intim setelah buang air kecil maupun setelah buang air besar dan keringkan organ intim dengan handuk bersih.
  4. Mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari atau jika celana dalam tampak basah segeralah mengganti dengan celana yang bersih dan kering.
  5. Hindari makan – makan yang instan dan yang banyak mengandung bahan pengawet.
  6. Jaga kebugaran tubuh dengan berolah raga secara teratur, minimal 2 kali dalam seminggu.
  7. Mencukupi asupan nutrisi dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makan – makanan yang bergizi tinggi yaitu asupan karbohidrat yang cukup dan tidak berlebihan, mengkonsumsi sayu – sayuran, buah – buahan, lauk – pauk, susu.
  8. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk mengetahui kesehatan organ intim apakah organ intim kita dalam keadaan sehat atau dalam kondisi yang kurang baik.
Selengkapnya baca di: Mendeteksi Gejala Kanker Serviks

Artikel Menarik Lainnya