12/03/2014

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat Otak

Firdaus45 - Sebenarnya cara meningkatkan daya ingat yang paling mudah adalah dengan menggunakan otak setiap hari, menggunakan bukan dalam fungsi mengatur kerja tubuh, melainkan dipergunakan untuk mengingat. Iya, mengingat adalah cara sederhana dan yang paling ampuh dalam meningkatkan daya ingat. Cara ini akan efektif jika dilakukan semenjak usia remaja. Mengasah otak dengan selalu mengerjakan soal-soal yang membutuhkan tingkat hafalan yang tinggi membuat otak semakin mudah dalam mengingat dan mengulang kembali sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Sebenarnya, menaruh memori dalam otak itu gampang sekali, tetapi yang susah adalah memanggil memori tersebut. Jika dimisalkan, kita menaruh barah dilaci, tetapi kita lupa menaruh barang itu di laci yang mana, hal ini bukan berarti barang atau ingatan itu hilang, melainkan kita yang tidak mampu untuk memanggil kembali ingatan tersebut.

Perlu anda ketahui, melakukan pekerjaan atau kegiatan yang membuat ingatan tetap terjaga bukan sepenuhnya faktor penentu kecemerlangan otak kita, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, yaitu beberapa asupan gizi yang dibutuhkan otak untuk menjaga kesehatan otak. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh otak merupakan sebuah kewajiban jika anda menginginkan kecemerlangan otak yang anda miliki. Untuk mengetahui makanan yang mampu menunjang pemulihan daya ingat dapat anda baca pada artikel Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Memulihkan Daya Ingat.

Penelitian terbaru mengenai cara yang sederhana dalam meningkatkan daya ingat otak adalah dengan mengepalkan tangan anda. Kenapa bisa dengan mengepalkan tangan daya ingat otak bisa kembali pulih?  Bagaimana cara kerjanya?

Sejumlah ahli di  Amerika Serikat melakukan eksperimen terhadap 50 orang dewasa yang bersedia ikut dalam penelitian ini. Sebagaimana ditulis Daily Mail, para ahli itu menemukan bahwa hanya dengan mengepalkan tangan kanan, bisa membantu meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu hal, misal nomor telepon atau daftar belanja. Sementara mengepal tangan kiri membantu kita mengingat peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Dari penelitian sederhana itu juga ditemukan bahwa mereka lebih mudah mengingat kata-kata dan kalimat yang panjang ketika melakukan gerakan mengepal.

Para peneliti itu menuturkan bahwa gerakan mengepalkan tangan memang berkaitan dengan bagian otak tertentu yang berhubungan dengan ingatan.

Penelitian soal kepalan tangan dan memori otak ini bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya sejumlah ahli juga menemukan bahwa mengepalkan tangan kanan juga bisa mengaktifkan bagian otak kiri, sementara mengepalkan tangan kiri akan mengaktifkan otak bagian kanan.

Para ahli itu juga menemukan hubungan antara kepalan tangan dengan emosi. Mengepalkan tangan kanan berkaitan dengan rasa senang dan kemarahan, sementara mengepalkan tangan kiri berkaitan dengan kesedihan dan kecemasan.

"Gerakan tubuh sederhana dapat mengubah cara kerja fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat, kata salah satu peneliti, Dr. Ruth Propper.