12/12/2014

Asupan Gizi Bayi Memiliki Peran Penting Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Asupan Gizi Bayi Memiliki Peran Penting Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi


Firdaus45 - Akan menjadi suatu yang hal sangat diprioritaskan saat berbicara mengenai asupan gizi bayi. Seorang bayi tidak akan dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkannya tanpa ada pengelola asupan gizi untuk dirinya. Peran orang tua sangat dikedepankan dalam pemenuhan asupan gizi bayi agar nanti pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat terjadi secara maksimal. 

Agar tidak salah dalam pemenuhan gizi bayi, terlebih dahulu sebaiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan gizi bayi. Ilmu Gizi adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara makanan terhadap kesehatan optimal tubuh. Jadi gizi adalah suatu bentuk kesehatan atau pertumbuhan dan perkembangan secara optimal yang dipengaruhi oleh makanan yang dimakan. 

Pemenuhan gizi bayi saat baru lahir dapat dilakukan hanya dengan memberikan ASI secara eksklusif pada bayi. Pemberian asi secara eksklusif dalam pemenuhan gizi bayi usia 0-6 bulan sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Bayi usia 0-6 bulan memang sangat rentan terhadap serangan virus, karena ketahanan tubuh bayi memang sangat lemah sekali di masa ini. Tujuan memberikan asi secara eksklusif kepada bayi bayi usia 0-6 bulan adalah untuk memberikan ketahanan tubuh secara alami kepada bayi. Karena alasan itulah sebaiknya bayi di usia ini jangan dulu diberikan makanan pendamping ASI jika memang tidak dalam keadaan yang memaksa misal asi tidak bisa keluar.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya