Memahami Bagaimana Proses Pembentukan Laktogen

Memahami Bagaimana Proses Pembentukan Laktogen


Firdaus45 - Laktogen adalah hormon yang berhubungan dengan laktasi atau proses menyusui. Laktogen merupakan sebuah hormon yang berfungsi untuk merangsang kelenjar susu memproduksi air susu ibu (ASI) pada saat setelah melahirkan seorang bayi. Pada proses menyusui, laktogen tidak bisa bekerja sendiri, laktogen hanya berfungsi untuk merangsang pembentukan asi dalam kelenjar susu, sedangkan yang bertugas untuk mengeluarkan ASI adalah hormon Oksitosin. 

Proses pembentukan laktogen terjadi melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

Laktogenesis I

Pada fase ini, lobulus alveolos jumlahnya akan bertambah dan ukurannya juga akan bertambah besar. Proses penambahan jumlah lobulus alveolus dan pembesaran ini terjadi pada akhir masa kehamilan. Pada masa penambahan dan pembesaran lobulus alveolus, payudara juga memproduksi sebuah cairan kental yang berwarna kekuning-kuningan atau disebut dengan istilah kolostrum. Dalam proses pembentukan kolostrum, akan membuat hormon progesteron dalam payudara meningkat jumlahnya sehingga hal ini akan menghambat atau mencegah produksi asi. Munculnya kolostrum dalam payudara sebenarnya bukanlah menjadi masalah atau bahkan menjadi indikasi sedikit atau banyaknya jumlah asi yang diproduksi oleh payudara. 


Laktogenesis II

Pada tahap laktogenesis II, terjadi pengeluaran plasenta yang mengakibatkan menurunnya kadar hormon progesteron, esterogen dan HPL. Turunnya ketiga kadar horomon ini mengakibatkan terjadinya pembentukan atau produksi asi besar-besaran karena kadar hormon prolaktin tetap tinggi.

Jika terjadi rangsangan pada payudara, misalnya hisapan bayi hal ini akan membuat kadar prolaktin dalam darah ikut meningkat dan akan mencapai pucak produksi dalam periode kurang lebih sekitar 45 menit kemudian kembali normal. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seorang ibu hendaknya menyusui bayinya sesegera mungkin setelah melahirkan. Hormon prolaktin yang menstimulasi sel dalam alveoli dan merangsangnya untuk memproduksi asi juga akan keluar tercampur dalam asi itu sendiri saat bayi menghisapnya. 

Pada penelitian yang telah dilakukan, hormon prolakti akan meningkat jumlahnya atau lebih tinggi jumlahnya dan memproduksi asi lebih banyak pada waktu sekitar pukul 2 hingga 6 pagi. Ketika payudara terasa penuh dengan ASI, maka secara otomatis kadar hormon prolaktin juga akan ikut berkurang. Proses laktogenesisi dimulai sekitar 30-40 jam setelah melahirkan, namun pada umumnya, ibu yang baru saja melahirkan akan merasakan payudaranya penuh setelah 2-3 hari pasca melahirkan. Artinya, ASI memang tidak bisa langsung keluar sesaat setelah melahirkan, diperlukan sebuah rangsangan agar ASI dapat keluar. 

Laktogenesis III

Pada proses laktogenesisi III terjadi pembentukan sebuah sistem kontrol dengan peran utama yaitu hormon endokrin. Hormon endrokin yang terdapat dalam payudara akan mengatur produksi asi selama kehamilan dan beberapa hari setelah melahirkan. Hormon endrokin mulai bekerja setelah produksi asi sudah mulai stabil.

Dalam sebuah penelitian, ketika payudara dikosongkan secara menyluruh, maka produksi asi selanjutnya juga aka meningkat. Jadi, produksi asi juga dipengaruhi oleh seberapa sering seorang ibu menyusui sebara banyak bayi menghisap. 

Jadi bagi seorang ibu yang merasa asi nya tidak mau keluar, jangan sedih dan teruslah untuk menyusui, karena menyusui merupakan sebuah cara sederhana melancarkan pengeluaran asi itu sendiri. 

Tips Untuk Menjaga Kulit Muka

Tips Untuk Menjaga Kulit Muka

Tips Kesehatan - Kulit muka adalah salah satu bagian yang dapat dikategorikan sensitif. Cara menjaga kulit muka bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika bertanya pada google, akan muncul banyak sekali yang membahas mengenai tips menjaga kulit muka serta bagai mana cara menghilangkan bekas jerawat. Namun, beberap tips yang ditulis belum tentu cocok jika diterapkan kepada orang lain. Bukan karena salah memberikan tips, melainkan bisa dikarenakan kulit yang tidak sesuai dengan tips yang diberikan tersebut.

Tinggal didaerah yang beriklim tropis yang panas dan terkadang lembab membuat wajah memproduksi banyak keringat maupun minyak agar kulit tetap lembab dan tidak kering akibat sengatan matahari. Produksi minyak yang berlebih membuat kulit seseorang terlihat menjadi lebih kotor. Produksi minyak berlebih akan memudahkan kotoran menempel pada wajah, jika kotoran dibiarkan terus menempel pada wajah masalah baru akan muncul yaitu jerawat

Jerawat yang muncul di wajah akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Terkadang rasa sakit ditimbulkan akibat jerawat yang muncul di wajah seseorang. Jika sudah muncul jerawat di wajah, rasa ingin memencet jerawat juga akan timbul dengan sendirinya yang kemudian bekas jerawat yang dipaksa keluar akan menimbulkan noda hitam bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. 


Untuk itu, menjaga kulit muka menjadi sangat penting bagi sebagian orang karena kondisi kulit yang memiliki produksi minyak berlebih. Cara perawatan wajah mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang, tetapi bagi orang yang belum memahami bagaimana cara menjaga kulit muka dengan baik dan benar, maka wajah bisa saja rusak akibat banyaknya jerawat yang muncul. Mungkin bagi yang belum mengerti mengenai bagai mana cara merawat wajah dengan cara alami akan lebih memilih untuk menggunakan produk kosmetik yang terkadang membuat alergi pada penggunanya.

Beberapa tips untuk menjaga kulit muka yang dapat dilakukan sebelum menentukan pilihan untuk menggunakan produk-produk buatan pabrik, diantaranya:

Menjaga kulit muka menggunakan bengkuang

Kandungan utama dari buah bengkuang adalah vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah bengkuang berkisar 40% dan sisanya adalah air dan serat. Selain itu, bengkuang memiliki kandungan senyawa seperti pachyrhizon, kandungan rotenon. Beberapa senyawa tersebutlah yang membuat buah ini dapat menghilangkan flek hitam yang ada di wajah. Flek hitam yang terangkat akan membuat wajah menjadi lebih segar dan terlihat lebih bersih.

Menggunakan masker bengkuang setelah aktivitas dapat membuat wajah kembali segar karena kandungan air dan vitamin c yang terdapat dalam buah bengkuang. Masker bengkuang juga membuat kulit menjadi lebih lembut dan tidak menimbulkan alergi. 

Untuk merawat wajah menggunakan bengkuang dapat anda baca pada artikel Tips Merawat Wajah dengan Bengkuang

Mencuci muka menggunakan air hangat

Banyak diantara orang selalu mencuci mukanya menggunakan air dingin setelah beraktivitas diterik matahari dengan tujuan untuk mendapatkan kesegaran di wajah. Mencuci muka menggunakan air dingin setelah beraktivitas dapat membuat wajah menjadi gosong dan kotoran yang menempel tidak dapat larut. Setelah beraktivitas sebaiknya mencuci muka menggunakan air hangat agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan. Menggunakan air hangat untuk mencuci muka setelah beraktivitas ternyata dapat membantu melancarkan peredaran darah di wajah sehingga wajah terlihat nampak berseri dan bersih.

Menjaga Kulit Muka Menggunakan Wortel

Wortel yang kita kenal sebagai sayuran dengan kandungan vitamin A yang banyak ini ternyata juga dapat membantu menghilangkan minyak pada wajah. Cara menggunakan wortel sebagai obat untuk menghilangkan minyak di wajah cukup mudah, yaitu dengan merebus wortel kemudian haluskan. Setelah wortel halus campur dengan madu dan kemudian oleskan pada wajah seperti menggunakan masker, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Jika sudah terasa kering haluskan dengan air dingin.

Tips Merawat Wajah Dengan Bengkuang

Tips Merawat Wajah Dengan Bengkuang
Cara Memutihkan Kulit Wajah


Firdaus45 - Merawat wajah dengan bengkuang sebenarnya sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat indonesia. Sebelum kata Indonesia ada, para wanita pada masa karajaan merawat wajah menggunakan bahan-bahan alami agar terlihat cantik dan putih. Bengkuang (Pachyrhizus erosus) adalah jenis buah-buahan yang berasal dari umbi. Bengkuang hampir sama dengan umbi jalar. Bengkuang juga sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan rujak buah. Rasanya yang manis dan mengandung banyak air sangat cocok untuk sekali jika dikonsumsi bagi masyarakat daerah tropis seperti Indonesia ini. 

Bengkuang adalah jenis buah yang memiliki banyak manfaat, namun masyarakat indonesia lebih mengenal manfaat bengkuang dalam hal kecantikan. 




Umunya masyarakat Indonesia menggunakan bengkuang sebagai bahan alami pembuat masker. Merawat wajah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami memang sangat dianjurkan oleh para ahli kecantikan. Lantas pertanyaannya mengapa harus menggunakan buah bengkuang sebagai bahan dasar alami pembuat masker wajah untuk kecantikan?


Kandungan Buah Bengkuang

Kandungan utama dari buah bengkuang adalah vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah bengkuang berkisar 40% dan sisanya adalah air dan serat. Selain itu, bengkuang memiliki kandungan senyawa seperti pachyrhizon, kandungan rotenon. Beberapa senyawa tersebutlah yang membuat buah ini dapat menghilangkan flek hitam yang ada diwajah. Flek hitam yang terangkat akan membuat wajah menjadi lebih segar dan terlihat lebih bersih.

Dalam 100 gram buah bengkuang mengandung beberapa unsur seperti dibawah ini

Potassium 150 mg  4%
Carbohydrate 9 g  3%
Dietary fiber 4.9 g  19%
Protein 0.7 g          1%
Vitamin C          33%
Calcium                  1%
Magnesium          3%

Kandungan air yang sangat banyak dalam buah bengkuang dapat membuat wajah menjadi segar kembali jika digunakan sebagai masker alami. Penggunaan masker bengkuang ini sudah dilakukan sejak dulu pada zaman kerajaan. Dimana pada zaman itu tidak ada bahan kosmetik buatan pabrik yang digunakan oleh kebanyakan wanita pada masa sekarang. Mereka menggunakan bahan alami untuk merawat wajah agar tetap cantik. 

Penggunaan buah bengkuang ini juga semakin populer dengan digunakannya sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik secara masal. Jika sudah masuk dalam olahan pabrik, maka tidak mungkin jika menggunakan bahan dasar bengkuang 100% pasti ada bahan campuran yang digunakan untuk menghilangkan scrub dan noda hitam. Bahan campuran lain inilah yang membuat kulit anda terkadang menolak karena alergi. 

Cara Membuat Masker Bengkuang

Membuat masker untuk merawat dengan dengan bahan dasar bengkuang sangatlah mudah. Tidak ada campuran bahan lain yang digunakan, 100% menggunakan bahan dasar bengkuang. Berikut adalah cara untuk membuat masker bengkuang:

  • Siapkan satu buah bengkuang ukuran sedang. Kupas dan buanglah kulit buah bengkuangnya. Lalu cuci bersih menggunakan air.
  • Parut buah bengkuang sampai habis, ambil bagian airnya dengan cara memerasnya menggunakan kain bersih. Masukan hasil air perasan buah bengkuang pada mangkuk warna bening.
  • Diamkan dahulu air ini hingga air bengkuangnya menyisakan air bening dan endapan pati putih. Biasanya 30 menit sudah terlihat bersih.
  • Buang air berwarna bening, ambil endapan air pati warna putihnya,
  • Bersihkan wajah anda dari kotoran mengunakan air.
  • Ambil kuas masker, lalu masukan kedalam pati endapan bengkuang tadi, lalu oleskan hasil pati bengkuang ke area wajah merata sampai bagian leher.
  • Nah setelah masker ini menempel di wajah, maka anda akan merasakan sensasi dingin dari zat-zat alami bengkuang, biarkan masker ini mengering dengan sendirinya.
  • Bilas muka anda menggunakan air dingin. Lalu lap wajah menggunakan handuk halus dan kering.
Lakukanlah hal ini secara teratur dan rutin agar terlihat hasilnya. Menggunakan bahan dasar yang alami sebagai obat pemutih wajah tidak bisa dilakukan dalam sekejap kemudian terlihat hasilnya. Membutuhkan waktu yang cukup lama agar kulit terlihat bersih dan putih seperti yang diinginkan. 

Cara Merawat Wajah Dengan Cara Alami

Cara Merawat Wajah Dengan Cara Alami


Firdaus45 - Bagi sebagian orang mungkin merasa sangat susah ketika harus dihadapkan dengan permasalahan kulit wajah. Banyak yang mengeluhkan ketika wajahnya banyak dihinggapi jerawat, keriput atau bahkan bentuk-bentuk penyakit kulit yang menghinggapi diwajah. 

Sekarang, memiliki kulit wajah yang putih bersih dan bersinar secara alami bak artis sangat diidamkan oleh sebagian banyak orang. Dulu yang biasanya hanya perempuan saja yang ribet dalam hal mengurus wajah, kini laki-lakipun ikut rempong seperti perempuan. Aliran gaya hidup korea sudah menjadi kiblat dalam berpenampilan meskipun jika terkadang mereka menolak jika dibilang boyband. 

Okelah, aliran apa saja itu terserah kalian. Secara umum sebenarnya merawat tubuh merupakan sebuah kewajiban bagi kita untuk menjaga yang telah dianugerahkan-Nya kepada kita termasuk itu merawat wajah. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah bagaimana cara merawat wajah itu sendiri. Jika terlalu berlebihan dalam melakukan perawatan, pada ujungnya juga akan membuat rusak wajah itu sendiri.

merawat wajah,merawat wajah secara alami,merawat wajah,merawat wajah kusam,merawat wajah pria,merawat wajah berjerawat,merawat wajah kering,merawat wajah dengan madu,merawat wajah agar awet muda,merawat wajah dengan jeruk nipis,merawat wajah agar tidak kusam


Merawat wajah kini banyak treatmentnya, banyak muncul produk baru yang menawarkan berbagai macam khasiat. Cara cepat cara singkat dan jalan pintas dalam merawat wajah juga menjadi slogan dari produk-produk mereka, kita tinggal menunggu jalan by pasnya aja bukan itu ya? ^_^

Jika jeli dalam memilih produk, maka wajah yang sehat, putih bersih dan bersinar seperti lampu petromak juga akan diperoleh. Tetapi nahas bagi yang salah memilih produk kecantikan, bukannya cantik yang diperoleh tapi beruk yang datang. 

Memilih produk kecantikan sebenarnya mudah sekali. Yang harus dilakukan pertama kali adalah kenali tipe kulit wajah anda. Apakah ada riwayat alergi terhadap bahan dasar pembuatan obat. Obat kecantikan biasanya dibuat menggunakan berbagai macam bahan dasar yang tidak kita ketahui. Biasanya bahan dasar ini yang membuat kulit wajah muncul ruam akibat alergi. Lebih bagus lagi jika mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada ahli kecantikan mengenai produk yang akan digunakan. 

Jika memiliki trauma dengan produk-produk kecantikan olahan pabrik, mungkin waktunya bagi anda beralih menuju cara konvensional yang sudah banyak diterapkan bagi bangsa indonesia ini. Warisan turun temurun yang sangat manjur dengan bahan dasar yang alami dan banyak dijumpai dimana saja. 

Merawat wajah dengan cara alami sebenarnya lebih dianjurkan karena sedikit sekali resiko yang ditimbulkan apabila digunakan pada kulit. Gejala buruk yang ditimbulkan akibat merawat wajah menggunakan cara alami hanya sebatas alergi atau gatal tidak sampai membuat wajah menjadi berubah bentuk.

Sejak dulu, orang indonesia sudah menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kulit wajah agar tetap bersih, putih dan mulus. Beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai cara merawat wajah secara alami diantaranya:

Bengkuang

Kandungan utama dari buah bengkuang adalah vitamin C. Vitamin C yang terdapat dalam buah bengkuang berkisar 40% dan sisanya adalah air dan serat. Selain itu, bengkuang memiliki kandungan senyawa seperti pachyrhizon, kandungan rotenon. Beberapa senyawa tersebutlah yang membuat buah ini dapat menghilangkan flek hitam yang ada diwajah. Flek hitam yang terangkat akan membuat wajah menjadi lebih segar dan terlihat lebih bersih

Artikel terkait: Tips Merawat Wajah Dengan Bengkuang
  • Alpukat
  • Pepaya
  • Putih Telur dan Madu

Tanda Bahaya Yang Harus Diwaspadai Masa Kehamilan

Tips Merawat Kehamilan - Tanda Bahaya Yang Harus Diwaspadai Masa Kehamilan


Firdaus45.com - Tanda Bahaya Pada Masa Kehamilan - Bagi anda yang sedang memperoleh kehamilan, hal yang perlu diwaspadai adalah tanda bahaya yang mengancam kondisi kehamilan anda. Tanda-tanda atau kelainan yang muncul pada masa kehamilan bisa berdampak buruk bagi kondisi janin anda apabila anda tidak memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap perubahan kondisi tubuh anda. Beberapa tanda yang menjadi indikasi bahwa kandungan anda sedang bermasalah yaitu:


Perdarahan Pervaginam
Perdarahan pervaginam ini adalah perdarahan yang keluar dari jalan lahir atau vagina. Perdarahan jalan lahir ini biasaya akan berakibat terjadinya abortus yaitu pengakhiran keguguran. Abortus itu sendiri ada beberapa macam yaitu abortus spontan yang biasanya disebut dengan keguguran, abortus iminens yaitu keluarnya darah dari jalan lahir yang disertai rasa nyeri maupun tidak ada rasa nyeri, abortus inkoplitus yaitu perdarahan yang disertai keluarnya sebagian hasil kosepsi atau sebagian janin keluar dan usia kehamilan kurang dari 28 minggu dan sebagian janin masih ada yang tertinggal didalam kandungan atau rahim seorang wanita. (Baca: Keluar darah atau flek saat hamil)

kehamilan,kehamilan,kehamilan 8 minggu,kehamilan 20 minggu,kehamilan 1 minggu,kehamilan 16 minggu,kehamilan 29 minggu,kehamilan 10 minggu,kehamilan 35 minggu,kehamilan pertama,kehamilan 7 bulan

Hiperemesis
Hiperemesis adalah rasa mual yang berlebihan yang dialami ibu hamil saat usia kehamilan 1 sampai 3 bulan pertama. Rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil itu wajar jika tidak mengganggu aktifitas, tapi jika rasa mual dan muntah itu berlebihan itulah yang akan menjadi salah satu tanda bahaya dalam kehamilan. Biasanya ibu hamil yang mengalami Hiperemesis ini akan mengalami hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan yang cukup drastis, badan terasa lemah, letih dan lesu, perasaan nyeri pada ulu hati, lidah tersa kering, bau mulut, suhu meningkat, urine terasa pekat, jika dalam kondisi sangat berat akan terjadi gangguan kesadaran, nadi melemah dan cepat, dan sampai terjadi kematian. Untuk itu bagi ibu hamil yang mengalami hiperemesis sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan.

Pre – Eklampsia dan Eklampsia
Pre – Eklampsia yaitu keracunan kehamilan kondisi dimana ditemukannya penyulit dalam kehamilan yang ditimbulkan karena kehamilan itu sendiri yaitu dengan ditandainya meningkatkannya tekanan darah saat hamil, protein dalam urine positif (+), terkadang terjadi pembengkakan pada daerah wajah dan kaki, nyeri ulu hati, dan gangguan penglihatan. Sedangkan Eklampsia adalah ditemukannya tanda dan gejala pre – eklampsia yang disertasi dengan kejang pada ibu hamil. Ibu hamil yang mengalami hal tersebut sangatlah beresiko terhadap kesehatan ibu dan janinnya, bahkan bisa mengakibatkan terjadinya kematian. Ibu hamil yang merasakan keluhan seperti tersebut sebaiknya segera periksa atau konsultasikan dengan dokter.

Ketuban Pecah Dini
Ketuban pecah dini yaitu pecahnya selaput ketuban dan keluar cairan dari jalan lahir yang berbau anyir sebelum waktunya. Ketuban dikatakan pecah dini yaitu ketika ketuban pecah setelah kehamilan 22 minggu, ketuban pecah sebelum terjadi proses persalinan, dan juga dapat terjadi sat usia kehamilan sebelum 37 minggu maupun saat sudah 40 minggu. Ketuban pecah dini biasa terjadi karena adanya coitus atau hubungan suami istri yang berlebihan dan adanya aktifitas yang berlebihan pada ibu hamil. Bagi ibu hamil yang mengalami ketuban pecah dini ini sebaiknya segera memeriksakan ke Bidan atau dokter spesialis kandungan. 

Berkurangnya atau tidak adanya gerakan janin
Gerakan janin ini biasanya sering disepelekan oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa merasakan adanya gerakan janin ketika usia kehamilan minimal 12 minggu pertama kehamilan, jika sampai usia 22 minggu lebih kehamilan tidak merasakan adanya gerakan janin sebaiknya ibu segera memeriksakan kehamilannya dikarena kemungkinan terjadi IUFD (Intra Uterine Fetal Death) atau kematian pada janin. Periksakanlah rutin kesehatan ibu dan janin ke Bidan atau Dokter Spesialis Kandungan minimal 1 kali dalam satu bulan.

Pemenuhan Gizi Pada Masa Kehamilan Harus Optimal
Seorang wanita yang berada pada masa kehamilan, kebutuhan nutrisinya jauh meningkat jika dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak berada pada masa kehamilan. Kebutuhan nutrisi dan gizi ibu hamil bisa mencapai dua kali lipat dari kebutuhan normal. Meningkatnya kebutuhan gizi ini diakibatkan karena keberadaan janin yang terdapat dalam kandungan yang juga membutuhkan asupan gizi. Akan berakibat sangat buruk bagi seorang ibu dan bagi janin yang sedang dikandungnya jika gizi yang dibutuhkan pada saat kehamilan tidak terpenuhi. Mulai dari hal yang ringan sampai yang berat kemungkinan bisa terjadi jika tidak cukup gizi untuk melewati masa kehamilan.

Artikel Terkait : Dampak Kekurangan Gizi Saat Kehamilan

Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik merupakan suatu kelaian kehamilan yang disebabkan karena janin tumbuh dan berkembang tidak di dalam rahim, melainkan di tuba falopi. Kehamilan ektopik ini sangat membahayakan nyawa ibu hamil karena dapat sewaktu-waktu terjadi perdarahan hebat karena pecahnya tuba falopi. Masalah ini akan terjadi akibat perkembangan janin yang terus membesar sehingga tuba falopi tidak mampu lagi menampungnya. (Baca: Cara mengetahui kehamilan ektopik)

Mengenali Kanker Servik dan Bagaimana Cara Mencegah Kanker Servik

Mengenali Kanker Servik dan Bagaimana Cara Mencegah Kanker Servik


Apa itu Kanker servik?

Firdaus45 - Akhir – akhir ini banyak terjadi kanker servik yang dialami oleh seorang wanita. Kanker servik ini sangatlah berbahaya bagi seorang wanita dan bisa mengakibatkan kematian. Kanker servik adalah kanker leher rahim seorang wanita, kanker ini biasanya terjadi pada seorang wanita yang sudah melakukan hubungan intim baik wanita yang sudah berkeluarga maupun remaja yang sudah tida perawan lagi.

Penyebab terjadinya kanker servik

Penyebab terjadinya kanker servik ini beraneka ragam dan biasanya seorang wanita sering mengabaikan gejala – gejala ini. Penyebab dan gejalanya antara lain : 

kanker servik,kanker serviks,kanker serviks stadium 2,kanker serviks gejala awal,kanker serviks pdf,kanker serviks jupe,kanker serviks ppt,kanker serviks stadium 1,kanker serviks stadium 4,kanker serviks di indonesia,kanker serviks stadium 2a, mencegah kanker servik,mencegah kanker serviks,mencegah kanker serviks sejak dini,mencegah kanker serviks secara alami,mencegah kanker serviks dan payudara,mencegah kangker serviks,suntik mencegah kanker serviks,vaksin mencegah kanker serviks,mencegah penyakit kanker servik,buah mencegah kanker serviks,saatnya mencegah kanker serviks,

Kurangnya menjaga kebersihan

Wanita sebaiknya harus telaten menjaga kebersihan organ intim apalagi wanita yang sudah tidak perawan lagi. Pecahnya selaput dara mengakibatkan terbukanya daerah genetalia seorang wanita menjadi terbuka itu dan memudahkan bakteri yang merugikan berkembang biak. Untuk itu sebagai seorang wanita harus menaga kebersihan organ intim dengan cara mencuci organ intim setelah BAK maupun BAB, keringkan dengan handuk bersih setelah disusi dengan air bersih. Hindari penggunaan sabun kewanitaan yang berlebihan karena tanpa kita sadari penggunaan sabun kewanitan dapat membunuh bakteri yang baik didalam organ intim. Gantilah celana dalam minimal 2 kali dalam sehari ataupun ketika dalam keadaan basah sebaiknya segeralah ganti celana dalam anda.

Keputihan yang berangsur – angsur dan berbau

Keputihan adalah hal yang fisiologi atau normal dialami semua wanita. Lantas keputihan yang bagaimanakah yang berbahaya?? Keputihan yang berbahaya dapat dilihat dari warna dan bau keputihan. Keputihan yang normal umumnya berwarna putih dan berbau akasia, tetapi jika keputihan itu berwarna kuning sampai berwarna hijau dan berbau busuk dan merasakan adanya rasa gatal pada kemaluan sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis kandungan.

Artikel terkait: Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Seringnya berhubungan intim dengan banyak orang

Sebaiknya hindari berhubungan intim dengan ganti – ganti psangan karena daat menyebabkan perpindahan penyakit yang berbeda – beda dari alat kelamin sehingga dapat meyebabkan adanya penumpukan bakteri sehingga dapat mengaibatkan terjadinya kanker servik. 

Pola makan dan nutrisi

Pola makan yang buruk dapat mengurangi asupan nutrisi dalam tubuh sehingga tubuh dapat mudah terkena infeksi dan penyakit. Tanpa kita sadari kita sering mengkonsumsi makan – makanan yang sering mengandung bahan pengawet yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Cara Mencegah Kanker servik

  1. Hindari sex bebas. Bagi para remaja sebaiknya jangan melakukan sex bebas sebelum adanya pernikahan.
  2. Setia pada pasangan. Hindari ganti – ganti pasangan yang dapat mengakibatkan timbunya bakteri yang merugikan dalam organ intim.
  3. Menjaga kebersihan organ intim baik laki – laki maupun wanita agar tetap bersih yaitu dengan cara mencuci organ intim setelah buang air kecil maupun setelah buang air besar dan keringkan organ intim dengan handuk bersih.
  4. Mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari atau jika celana dalam tampak basah segeralah mengganti dengan celana yang bersih dan kering.
  5. Hindari makan – makan yang instan dan yang banyak mengandung bahan pengawet.
  6. Jaga kebugaran tubuh dengan berolah raga secara teratur, minimal 2 kali dalam seminggu.
  7. Mencukupi asupan nutrisi dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makan – makanan yang bergizi tinggi yaitu asupan karbohidrat yang cukup dan tidak berlebihan, mengkonsumsi sayu – sayuran, buah – buahan, lauk – pauk, susu.
  8. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis untuk mengetahui kesehatan organ intim apakah organ intim kita dalam keadaan sehat atau dalam kondisi yang kurang baik.
Selengkapnya baca di: Mendeteksi Gejala Kanker Serviks
Dampak Kekurangan Gizi Saat Kehamilan

Dampak Kekurangan Gizi Saat Kehamilan

Firdaus45.com - Bahaya kekurangan gizi pada ibu hamil - Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses degesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan mengeluarkan zat – zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal organ – organ serta menghasilkan energi (Kristiyanasari W, 2010). 

Seorang wanita memerlukan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan proses – proses yang unik yang dialami oleh seoarang wanita yaitu saat menstruasi dan saat terjadinya kehamilan. Apalagi saat wanita tersebut sedang dalam keadaan hamil, tentu saja nutrisi yang dibutuhkan dua kali lebih banyak untuk kesehatan ibu hamil dan juga untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya, dan juga untuk persiapan diwaktu melahirkan dan juga saat nifas. Dan tentunya sebagai seorang wanita normal ingin hamil dalam kondisi yang sehat, nyaman, dan bahagia begitu juga sewaktu melahirkan pastinya ingin melahirkan secara normal dan sehat baik ibu maupun bayi yang telah dilahirkan. Adapun dampak – dampak yang terjadi pada ibu hamil yang mengalami kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi, antara lain :



Dampak saat kehamilan

Anemia
Anemia adalah kondisi dimana kadar Hb (hemoglobin) dalam darah dibawah batas normal. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh, anemia ini umumnya sering terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil yang kurang zat besi biasanya mengeluhkan sering mengalami pusing, lemah, letih, lesu, gampang capek.

Anemia pada ibu hamil ini berdampak buruk pada kesehatan janin juga ibu hamil. Anemia pada ibu hamil ini bisa mengakibatkan abortus (keguguran), kematian janin, terhambatnya pertumbuhan janin, kecacatan pada janin, dan BBLR ( berat bayi lahir rendah ). Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan tersebut maka zat besi dalam tubuh harus terpenuhi apalagi untuk ibu hamil khususnya, yaitu dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi tablet tambah darah saat kehamilan, makan – makanan yang bergizi yang banyak mengandung zat besi misalnya : kangkung, pepaya, bayam, daging, hati ayam, susu, dll.

KEK ( Kekurangan Energi Kalori )
KEK adalah kondisi dimana berat ibu hamil kurang memenuhi kebutuhan ( terlalu kurus ). KEK ini bisa ditentukan dengan mengukur LILA (lingkar lengan atas). LILA (lingkar lengan atas) normal pada ibu hamil minimal 23,5 cm. Ibu hamil yang mengalami KEK diperkirakan akan melahirkan bayi dalam kondisi BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah) dan bayi yang dalam kondisi beratnya kurang akan mempunyai resiko – resiko yang fatal misalnya : gizi kurang pada bayi, kematian bayi, gangguan terhapad pertumbuhan anak dan juga gangguan terhadap perkembangan fisik maupun perkembangan otak anak. Untuk itu ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi jumlah energi kalori yang cukup (nasi, ubi, dll) dan juga vitamin – vitamin serta mineral yang ada dalam buah – buahan, sayur – sayuran, lauk – pauk maupun dalam susu.

Dampak saat Persalinan
Ibu dengan kondisi kekurangan nutrisi beresiko persalinan sulit atau lama, melahirkan bayi dalam kondisi premature (lahir belum cukup bulan), terjadinya perdarahan pada ibu sesudah melahirkan, Dan biasanya saat persalinan ibu juga kekurangan tenaga untuk mengejan saat terjadinya proses persalinan sehingga melahirkan dengan cara operasi cenderung tinggi bagi ibu hamil yang kekurangan nutrisi.

Dampak saat nifas
Saat nifas, ibu memerlukan banyak nutrisi dimana nutrisi tersebut digunakan sebagai tenaga pemulihan sesudah melahirkan. Biasanya ibu yang kekurangan nutrisi diwaktu nifas akan mengalami pusing, mata berkunang – kunang, lemah, letih, lesu, demam, mudah terkena infeksi, terhambat proses kembalinya kandungan dalam ukuran semula dan juga terhambatnya penyembuhan luka saat terjadi persalinan. Dimasa ini ibu nifas dilarang untuk berpantangan dalam mengkonsumsi makanan karena bisa mengakibatkan hal – hal tersebut dan juga bisa berdampak kematian pada ibu nifas. Pada saat nifas ini protein yang tinggi lah yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka, protein tersebut antara lain: daging, telur, ikan, susu, tahu, tempe, dll. Selain itu ibu nifas juga memerlukan bnyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur – sayuran dan buah – buahan untuk menjaga stamina atau kondisi ibu nifas saat pemulihan dan agar susu yang diproduksi oleh ibu nifas berkualitas tinggi.

Dampak pada bayi atau janin
Ibu hamil yang kekurangan gizi atau nutrisi juga berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan janin yang dikandungannya. Janin yang kekurangan gizi biasanya akan mengalami penghambatan dalam tumbuh kembang dalam janin, serta dapat mengakibatkan keguguran. Selain itu juga akan terjadi BBLR pada bayi saat dilahirkan, bayi tampak kurus dan mudahnya terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuh pada bayi berkurang.

Salah satu cara untuk mencegah kekurangan gizi pada ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat kaya gizi selama masa kehamilan. Saat sedang hamil, seorang ibu hami hendaknya mengkonsumsi beraneka macam jenis makanan yang memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan pada masa kehamilan. Akan tetapi, bagi ibu hamil bukan porsi makan yang harus banyak dengan beranggapan bahwa makanan yang sedang dimakan untuk dua orang. Ini merupakan sebuah anggapan yang keliru. Bukan jumlah makanan yang sebenarnya dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan, akan tetapi nutrisi yang mereka serap dari hasil apa yang telah si ibu makan. Jika anda khawatir, bukan makan dengan jumlah banyak yang menjadi solusi, akan tetapi makanlah dengan porsi yang cukup, penuh nutrisi dengan intensitas yang lebih sering. (Baca: Jenis makanan yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil )
Mengenal Apa Itu Jerawat

Mengenal Apa Itu Jerawat

Mengenal Apa Itu Jerawat

Firdaus45.com - Pada umumnya jerawat akan mulai muncul ketika seseorang berada pada masa pubertas. Sebuah masa peralihan dari anak-anak sampai menjelang dewasa atau lebih dikenal dengan masa remaja. Jerawat muncul karena berbagai macam faktor. Pada umumnya jerawat akan muncul di dua tempat yaitu bagian wajah dan bagian punggung. Jerawat juga memiliki berbagai macam jenis. 

Pemahaman jerawat secara umum adalah terjadinya sebuah sumbatan pada pori-pori kulit. Sumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit ini nantinya akan membentuk sebuah kantung. Kantung-kantung ini pada akhirnya akan terisi oleh nanah yang lama-kelamaan akan meradang dan nampak memerah jika dilihat dari luar. 




Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti jerawat yang terkenal mengemukakan bahwa tidak ada satu orangpun yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat. Munculnya jerawat masih belum dapat dipastikan apa faktor utama penyebab jerawat muncul dalam tubuh seseorang.

Para peneliti dari Universitas Georg-August di Gottingen, Jerman, seperti dilaporkan bbc.co.uk, menemukan gen bakteri yang menyerang dan merusak komponen jaringan kulit manusia. Penemuan gen bakteri ini bisa membantu menjawab berbagai pertanyaan seputar penyebab jerawat.

Penelitian tersebut berhasil memecah kode genetik dari bakteri yang terlibat dalam jerawat. Ini membuka pintu gerbang baru untuk pengobatan jerawat dengan lebih tepat. Memang ada banyak faktor penyebab jerawat dan pemicu peradangan pada kulit. Maka, mengetahui bakteri penyebabnya justru memberikan nilai tambah dalam penemuan obatnya.

"Kami berusaha melihat seberapa banyak gen yang terlibat dalam degradasi jaringan kulit," papar pimpinan tim peneliti tersebut, Holger Bruggeman di Jerman, beberapa waktu lalu. Bakteri yang menjadi biang keladi dari jerawat dikenal dengan nama Propionibacterium acnes (P-acnes). Bakteri ini ditemukan pada permukaan kulit orang dewasa yang berkaitan erat dalam masalah jerawat ini. Walaupun ditemukan di permukaan kulit, bakteri ini hidup di dalam kelenjar dan sekresi minyak hingga di dalam folikel rambut.

Tim peneliti Jerman itu mengidentifikasi 2.333 unit gen. Sejumlah gen menjelaskan cara bakteri P-acnes memicu munculnya jerawat. Mereka juga menemukan jejak-jejak enzim dari bakteri itu yang menghancurkan kulit. Bakteri ini, kata Bruggeman, meninggalkan produk-produk enzimnya di kulit sehingga menyebabkan degradasi di jaringan tersebut. Menurutnya, penelitian itu menjadi awal upaya menemukan terapi baru untuk mengatasi sistem enzim yang diproduksi bakteri P-acnes.

Ketika bakteri bergerak menurunkan fungsi kulit manusia, maka peradangan mengintai. "Mungkin itu ada kaitannya dengan penurunan sistem kekebalan tubuh. Di sinilah bedanya bahwa sistem kekebalan tubuh tiap orang berlainan," tutur Bruggeman. Pimpinan Acne Support Group Alison Dudley mengatakan, penemuan ini menjadi langkah maju bagi generasi mendatang. "Kita tahu, jerawat bisa menggiring orang berpikir untuk bunuh diri dan depresi."

Selama ini, menurut Ketut, pengobatan yang dilakukan berlangsung selama beberapa waktu dan tak cukup hanya satu jenis. "Biasanya pengobatan jerawat dilakukan lewat obat topikal (hanya di permukaan kulit -- Red). Tapi, perlu juga dilakukan dengan obat oral Misalnya, antibiotik, vitamin A, anti hormonal bila memang masalahnya dari hormonal, dan lain-lain."

Ketut menambahkan, dalam pengobatan tersebut pasien tak sekadar mengonsumsi berbagai macam obat-obatan, tapi juga harus patuh pada pengaturan makanannya. "Mereka harus memperhatikan makanan hariannya. Jadi, mereka harus diet dengan rendah lemak, kurangi makanan yang merangsang, dan yang paling penting adalah terapi keratinisasi."

Titi juga mengatakan, pola hidup sehat pun perlu dilakukan oleh mereka yang mengalami jerawat yang cukup parah. Selain makanan, kebiasaan menjaga kebersihan kulit perlu dilakukan. Tidur yang cukup pun menjadi salah satu kunci pencegahan timbulnya jerawat. selengkapnya tentang bakteri penyebab jerawat

Namun secara umum, terdapat beberapa indikasi penyebab munculnya jerawat di kulit seseorang diantaranya adalah:
  • Produksi minya yang berlebih
Produksi minyak yang berlebih dapat memicu terjadinya penyumbatan pada kelenjar minyak. Minyak yang diproduksi oleh kulit secara terus menerus akan menjadi sebuah timbunan minyak yang kemudian bercampur dengan debu, bakteri dan sel kulit mati.
  • Banyaknya sel kulit mati
Sel kulit mati yang tidak terkelupas dan dibersihkan juga akan mempermudah munculnya jerawat, Sel kulit yang mati akan bercampur dengan timbunan minyak di kelenjar kulit. Timbunan kotoran pada kelenjar kulit akan memunculkan bakti, dan secara otomatis kekebalan tubuh akan bekerja untuk melawan bakteri tersebut hingga pada akhirnya terdapat nanah akibat dari proses mematikan bakteri pada kelenjar kulit.
  • Bakteri
Sebuah bakteri P. Acne adalah bakteri yang sering terdapat pada kelenjar minyak dan dapat berkembang biak secara cepat. Bakteri inilah yang memproduksi zat-zat yang dapat membuat iritasi pada kulit. 
  • Kosmetik
Pemakaian kosmetik secara rutin akan menimbulkan masalah bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Kosmetik yang digunakan jika tidak dibersihkan akan menimbulkan sisa, sisa inilah yang akan menyumbat kelenjar minyak.
  • Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan yang membuat daya tahan tubuh menurun dapat menimbulkan berbagai macam bakteri yang memicu munculnya jerawat dikarenakan aktivitas bakteri patogen yang meningkat.
  • Stres
Saat stres, terkadang produksi hormon tertentu akan meningkat jumlahnya. Peningkatan hormon ini dapat membuat kondisi fisik seseorang berubah secara cepat.
Artikel terkait
Tips Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat 

Sampai saat ini, belum bisa secara pasti disebutkan penyebab utama munculnya jerawat pada kulit seseorang. Namun beberapa faktor diatas dapat dijadikan sebuah acuan untuk merawat kulit dari munculnya jerawat yang mengganggu penampilan. Untuk lebih memahami tentang jerawat, berikut juga disebutkan beberapa jenis jerawat yang sering dialami oleh sebagian besar orang diantaranya:

Komedo.

Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup(whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Banyak faktor penyebab munculnya komedo pada wajah (Baca: Penyebab munculnya komedo). Pada umumnya komedo muncul diarea wajah yang memiliki kandungan minyak tinggi seperti pada hidung.

Jerawat biasa

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat batu (Cystic acne)

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secaragenetik penderitanya memiliki:

  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  • Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit
Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Tips dan Cara Mengatasi Keputihan Yang Tidak Normal (Abnormal)

Firdaus45 - Keputihan adalah keluarnya cairan dari alat kelamin wanita yang berwarna bening atau putih. Banyak kasus yang menimpa wanita soal keputihan yang dialaminya. Beberapa diantara wanita yang memiliki kasus yang sama mengeluhkan masalah daerah kewanitaan terutama tentang masalah keputihan. Sebenarnya keputihan itu wajar dialami oleh semua wanita asalkan keputihannya itu dalam batas normal, apalgi jika keputihannya itu sebelum menstruasi atau sesudah menstruasi. Keputihan ini keluar akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh seorang wanita ketika akan mengalami atau bahkan sesudah menstruasi tetapi ada juga keputihan yang keluar akibat  kecapean maupun ketika seorang wanita dalam kondisi stres. 





Keputihan yang dalam kondisi normal yaitu ketika keputihan itu keluar dari daerah kewanitaan berwarna bening sampai putih. Lantas keputihan yang bagaimanakah keputihan itu dikatakan abnormal atau tidak normal? keputihan itu dikatakan dalam keadaan tidak normal jika keputihan itu disertai rasa gatal pada area daerah kewanitaan, keputihan yang keluar berbau tidak sedap atau berbau busuk dan keputihan yang keluar berwarna kuning sampai hijau. Betapa meresahkan bukan jika daerah kewanitaan kita terganggu. Bahkan bagi yang sudah berkeluarga sangatlah penting daerah kewanitaan ini untuk memenuhi kebutuhan suami, jika kondisi daerah kewanitaan kita tidak sehat maka keharmonisan keluarga juga akan terganggu.

Untuk itu, agar kita terhindar dari keputihan yang tidak normal tersebut sebagai seorang wanita disarankan harus teliti dalam menjaga kebersihan daerah kewanitaan, yaitu dengan cara mencuci daerah kewanitaan sesudah BAB dan BAK menggunakan air bersih, keringkan alat kelamin jika sesudah dibersihkan menggunakan tisue atau handuk yang bersih, ganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari dan jika celana dalam wanita dalam kondisi basah sebaiknya segeralah mengganti celana dalam untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat.

Jika dalam kondisi haid/menstruasi sebaiknya ganti pembalut setiap 4 jam sekali, jangan menggaruk – garuk daerah kewanitaan dengan tangan yang dalam keadaan kotor jika terasa gatal cucilah daerah kewanitaan tersebut agar rasa gatal hilang, dan hindari penggunaan sabun kewanitaan karena tidak semua sabun kewanitaan kandungan PH dalam sabun sesuai dengan PH di area kewanitaan kita, sehingga sabun tersebut dapat membunuh bakteri – bakteri yang juga menguntungkan bagi daerah kewanitaan kita.

Dan jangan lupa mencukur bulu kemaluan kita sesudah menstruasi karena saat terjadinya menstruasi banyaknya sisa – sisa menstruasi yang masih menempel diarea rambut kemaluan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat dan dapat mengakibatkan terjadinya keputihan yang abnormal pada daerah kewanitaan. (Baca: Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar Tetap Harum)

Beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah keputihan anda diantaranya menggunakan:

Sambiloto

Selain digunakan untuk menurunkan panas badan dan mencegah pembentukan radang, tumbuhan yang bernama latin Andrographis paniculata ini juga dipercaya mampu menyembuhkan keputihan.
Caranya,

  • Ambil 3 batang sambiloto
  • Cuci lalu dipotong-potong
  • Rebus bersama dengan 4 gelas air
  • Setelah menjadi 2 gelas, dinginkan air rebusan untuk diminum (tambah sedikit madu jika perlu)
  • Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran ¾ gelas setiap kali minum

 

Daun Sirih

Tanaman asli Indonesia yang bernama latin Piper betle dan umumnya dimakan bersama dengan kapur, gambir, dan pinang ini tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit seperti batuk, sariawan, gusi bengkak, demam berdarah, asma, atau lainnya, tetapi juga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan masalah kewanitaan, sebut saja keputihan.
Caranya,

  • Ambil 10 lembar daun sirih, 1 ruas temulawak dan kunyit
  • Cuci, potong kecil-kecil, lalu rebus bersama dengan dengan 1 liter air selama 15 menit
  • Gunakan air rebusan tersebut (dalam keadaan hangat) untuk membasuh daerah kewanitaan
  • Lakukan 2 kali sehari agar hasil maksimal

Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, umumnya kunyit digunakan untuk pengobatan hepatitis, gangguan pencernaan, anti tumor, dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa kunyit juga mampu meyembuhkan keputihan.
Caranya,

  • Parut kunyit yang telah dikupas dan dicuci
  • Peras air kunyit tersebut dan campur dengan air asam dan larutan gula jawa
  • Minum 2 gelas setiap harinya

Daun Jarak Pagar

Tumbuhan yang bernama latin Jatropha Curcas ini umumnya dapat dtumbuh di tanah yang kurang subur asalkan memiliki drainase yang baik. Tanaman yang sanggup hidup lebih dari 20 tahun ini bisa digunakan untuk mengobati keputihan.
Caranya,

  • Ambil 7 lembar daun jarak dan cuci
  • Tumbuk hingga halus lalu seduh dengan air panas
  • Setelah dingin, saring dan peras airnya
  • Gunakan air tersebut untuk membersihkan bagian kewanitaan
  • Lakukan secara rutin 2 kali sehari
Asupan Gizi Bayi Memiliki Peran Penting Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Asupan Gizi Bayi Memiliki Peran Penting Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Asupan Gizi Bayi Memiliki Peran Penting Dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi


Firdaus45 - Akan menjadi suatu yang hal sangat diprioritaskan saat berbicara mengenai asupan gizi bayi. Seorang bayi tidak akan dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkannya tanpa ada pengelola asupan gizi untuk dirinya. Peran orang tua sangat dikedepankan dalam pemenuhan asupan gizi bayi agar nanti pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat terjadi secara maksimal. 

Agar tidak salah dalam pemenuhan gizi bayi, terlebih dahulu sebaiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan gizi bayi. Ilmu Gizi adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara makanan terhadap kesehatan optimal tubuh. Jadi gizi adalah suatu bentuk kesehatan atau pertumbuhan dan perkembangan secara optimal yang dipengaruhi oleh makanan yang dimakan. 

Pemenuhan gizi bayi saat baru lahir dapat dilakukan hanya dengan memberikan ASI secara eksklusif pada bayi. Pemberian asi secara eksklusif dalam pemenuhan gizi bayi usia 0-6 bulan sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Bayi usia 0-6 bulan memang sangat rentan terhadap serangan virus, karena ketahanan tubuh bayi memang sangat lemah sekali di masa ini. Tujuan memberikan asi secara eksklusif kepada bayi bayi usia 0-6 bulan adalah untuk memberikan ketahanan tubuh secara alami kepada bayi. Karena alasan itulah sebaiknya bayi di usia ini jangan dulu diberikan makanan pendamping ASI jika memang tidak dalam keadaan yang memaksa misal asi tidak bisa keluar.
Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir

Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir

Firdaus 45 - Susu Formula Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir. Pemberian ASI secara eksklusif merupakan sebuah cara paling tepat  dan paling dianjurkan untuk memenuhi gizi dan nutrisi bayi yang baru lahir. Tujuan pemberian ASI untuk bayi baru lahir tidak lain adalah untuk memberikan kekebalan tubuh secara alami. Dengan memberikan ASI secara eksklusif. Dengan memberikan ASI secara eksklusif juga dapat membantu seorang ibu dalam membangun ikatan batin terhadap anak yang baru dilahirkannya. 

Kewajiban seorang ibu memberikan ASI nya atau menyusui bayinya dilakukan saat bayi baru lahir sampai pada usia 2 tahun.  Pemberian ASI secara eksklusif juga mempengaruhi perkembangan saluran cerna bayi. Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif memiliki saluran pencernaan yang baik terutama pada daerah usus. Hal ini ditunjukkan pada penelitian terhadap sel-sel usus yang diisolasi dari feses bayi, 12 bayi yang dberikan ASI dan 10 bayi yang diberikan susu formula, siklus sel-sel usus yang berlangsung hanya tiga hari ini dapat memberikan gambaran bagaimana perkembangan jutaan sel-sel usus dari mulai yang sederhana sampai sel-sel yang telah terdeferensiasi dan telah menunjukkan fungsinya terlihat bahwa perkembangan sel-sel usus bayi yang diberikan ASI lebih baik, di mana hal ini sangat penting karena saluran cerna pada bayi akan berkembang secara signifikan karena adanya respons makanan.



Bagi seorang ibu yang baru melahirkan pasti akan berupaya memberikan yang terbaik bagi bayi yang baru dilahirkan, akan tetapi terkadang banyak dari ibu yang baru melahirkan tidak mampu memberikan ASI kepada bayi. Masalah ini terjadi karena banyak hal, dan yang perlu diketahui oleh para ibu hamil kenapa ASI tidak dapat keluar walaupun terjadi hisapan oleh bayi. Mungkin beberapa faktor dibawah ini yang membuat ASI tidak dapat dikeluarkan diantaranya:
  • Asupan gizi ibu sewaktu hamil
  • Kesehatan ibu sewaktu hamil sampai melahirkan
  • Hormon esterogen dan progesteron yang terkandung dalam tubuh ibu
  • Faktor psikologis ibu
Ketika air susu ibu tidak lagi dapat diandalkan, maka pilihan lain untuk memenuhi gizi bayi agar tetap terjaga yaitu dengan memberikan susu formula. Memilih susu formula terbaik untuk bayi baru lahir memang tidaklah mudah. Usia bayi yang masih sangat rentan terhadap alergi menjadikan seorang ibu harus pintar-pintar dalam memilih mana susu formula yang bagus untuk bayi. (Baca: Memilih susu formula yang bagus untuk bayi)

Jika merujuk pada FDA ( Food and Drug Administration) yang berada diamerika, susu formula terbaik untuk bayi dibedakan menjadi tiga jenis. yaitu:

Formula susu sapi
Formula susu sapi ini terbuat dari susu sapi yang diperah di peternakan kemudian diolah. Formula susu sapi ini memiliki keunggulan dalam kandungan gizi yang seimbang dan mudah dicerna oleh bayi yang baru lahir. Akan tetapi, pada kasus tertentu bayi juga memiliki ketidak cocokan terhadap beberapa susu tertentu meskipun sama-sama dari susu sapi.

Formula susu kedelai
Formula susu kedelai merupakan jenis susu yang terbuat dari ekstrak kedelai yang diambil sarinya. Pemilihan susu kedelai ini dilakukan jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi. Pemberian formula susu kedelai sejauh ini belum terbukti dapat mengatasi kolik pada bayi. Bayi yang mengalami kolik biasanya mengalami intoleran terhadap laktosa. Oleh karena itu, pemberian susu yang tidak mengandung laktosa merupakan solusi yang dapat diberikan kepada bayi yang mengalami kolik.



Formula hidrolisa protein
Susu formula jenis ini mengandung protein yang dipecah atau dihidrolisa sehingga menjadi bentuk yang lebih kecil bila dibandingkan protein pada susu sapi atau susu kedelai dengan tujuan untuk mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan. Secara umum, nilai kandungan gizinya sama dengan susu formula. Susu formula hidrolisa protein sangat disarankan untuk dibrikan kepada bayi yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi dan susu kedelai.

Beberapa merk tersebut adalah merk yang pada umumnya dipilih oleh para ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi ketika terjadi masalah pada ASI. Setiap merk susu formula memiliki kriteria untuk usia tertentu. Jadi gunakanlah merk susu formula tersebut sesuai dengan usia bayi Anda. 
Meskipun merk susu formula tersebut sudah sering dipilih oleh para ibu, cerdas dalam memilih susu formula harus terus dilakukan. Selektif dalam memilih susu formula disebabkan karena mungkin kondisi bayi yang memiliki alergi terhadap susu formula. 

Hentikan pemberian susu formula meskipun itu merk terbaik apabila terdapat gejala alergi, menyebabkan bayi diare, muntah dan lain-lain. Ketika tidak ada gejala yang ditimbulkan, maka dapat Anda teruskan pemberian susu formula tersebut. Lakukan konsultasi kepada dokter bila terdapat gejala-gejala yang aneh setelah bayi meminum susu formula yang Anda berikan.

Baca juga:
1. Mitos Seputar Sufor
2. Takaran Pemberian Sufor 
3. Fungsi AA dan DHA bagi perkembangan bayi 
4. Sufor Terbaik untuk Tambah Berat Badan 
5. Sufor Terbaik untuk Bayi 

Memahami Bagaimana Proses Pembentukan Air Susu Ibu (ASI)

Memahami Bagaimana Proses Pembentukan Air Susu Ibu (ASI)

Firdaus45 - Seputar Wanita. Air susu yang diproduksi oleh payudara wanita, sebenarnya terbentuk karena dipengaruhi oleh faktor prolaktin dan juga karena kontrol dari laktasi. Pembentukan air susu ibu (ASI) pada proses laktasi dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan hormon oksitosin. Laktogen dalam payudara berfungsi untuk merangsang kelenjar susu memproduksi air susu ibu yang kemudian dengan bantuan hormon oksitosin air susu dapat keluar saat ada hisapan oleh bayi.

Dengan mengetahui bagaimana proses pembentukan asi, kita juga akan memahami bagaimana cara memperlancar asi bagi ibu yang baru menyusui akan tetapi kekusahan dalam menyusui karena asi tidak lancar. Untuk mengetahui bagaimana memperbanyak asi dapat anda baca pada artikel Cara Alami Meningkatkan ASI

Pembentukan air susu ibu pada ibu yang baru melahirkan, ada dua hal yang memiliki peran dalam hal pembentukan air susu ibu (ASI) dan juga dalam hal bagaimana ASI itu dapat dikeluarkan dan diberikan kepada bayi. Selain kedua hal ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi asi berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi pada masa kehamilan.

Refleks Prolaktin (Proses Pembentukan Air Susu Ibu)

Menjelang akhir dari kehamilan, hormon prolaktin memegang peran penting dalam pembentukan kolostrum. Terbatasnya jumlah kolostrum pada payudara disebabkan karena aktivitas dari prolaktin terhambat adanya hormon esterogen dan progesteron yang tinggi dalam payudara ibu hamil.

Kolostrum akan meningkat jumlahnya seiring dengan proses melahirkan dan pada saat pemotongan tali pusar bayi. Selain itu, isapan bayi terhadap puting susu ibu yang dilakukan segera setelah ibu melahirkan juga membuat kolostrum dalam payudara meningkat. Hisapan yang dilakukan bayi terhadap puting susu membuat sebuah rangsangan pada payudara dan selanjutnya akan merangsang ujung-ujung syaraf sensorik yang berfungsi sebagai reseptor mekanik.

Rangsangan tersebut kemudian dilanjutkan menuju hipotalamus melalui medula spinalis untuk menekan pembentukan zat zat yang akan menghambat sekresi prolaktin. Sebaliknya, hipotalamus ini akan menekan agar zat-zat yang berfungsi dalam pembentukan prolaktin ditingkatkan. Faktor-faktor yang memicu keluarnya prolaktin selanjutnya akan merangsang adenohipofise sehingga keluarlah prolaktin.

Setelah prolaktin dapat terbentuk, kemudian alveoli yang berfungsi sebagai penghasil air susu juga akan terangsang dengan adanya hormon prolaktin tadi sehingga air susu dapat terbentuk dalam alveoli. 

payudara, kanker payudara, merawat payudara, memberikan asi, tips memproduksi asi, proses pembentukan asi,proses pembentukan asi,proses pembentukan asi dalam tubuh,proses pembentukan asi pdf,proses pembentukan asi pada ibu hamil,proses pembentukan asi saat hamil,proses pembentukan asi dalam tubuh ibu,proses pembentukan asi pada masa kehamilan,proses terbentuknya asimilasi,proses pembentukan hujan asid,artikel proses pembentukan asi dari darah

Pada ibu yang baru saja melahirkan, kadar prolaktin akan menjadi normal setelah 3 bulan melahirkan sampai selesai masa menyusui atau pensapihan. Selama masa menyusui tersebut, kadar prolaktin dalam payudara ibu menyusui tidak mengalami peningkatan walaupun terjadi hisapan oleh bayi pada puting susu. Meskipun prolaktin tidak mengalami peningkatan, akan tetapi air susu tetap bisa keluar saat terjadi hisapan pada puting susu ibu. 

Untuk kasus ibu yang baru saja melahirkan akan tetapi tidak menyusui bayinya, kadar prolaktin yang terkandung dalam payudara akan kembali normal setelah 2-3 minggu pasca melahirkan.

Sedangkan bagi ibu menyusui, kadang prolaktin dalam payudara seringkali menigkat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: pengaruh psikis atau stres, anastesi, operasi, rangsangan puting susu, hubungan kelamin, dan karena pengaruh obat-obatan.

Rerfleks Let Down (Proses Pengeluaran ASI)

Proses pengeluaran ASI yang sebelumnya sudah diproduksi pada saat reflek prolaktin dipengaruhi oleh rangsangan yang berasal dari hisapan bayi pada puting susu. Rangsangan yang berasal dari hisapan bayi kemudian diteruskan ke neurohipofise yang selanjutnya mengeluarkan oksitosin.  Hormon ini selanjutnya diangkut oleh darah menuju uterus dan menimbulkan kontraksi pada uterus sehingga terjadi involusi dari organ tersebut.

Oksitosin yang sudah sampai pada alveoli akan mempengaruhi sel mioepitelium dan menimbulkan kontraksi. Kontraksi ini akan memeras air susu yang telah terbuat dalam alveoli masuk menuju duktulus kemudian mengalir melalui laktiferus masuk ke mulut bayi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi proses refleks let down adalah:
  • melihat bayi yang dilahirkan
  • mendengar suara tangisan bayi
  • mencium bayi
  • munculnya pikiran untuk menyusui bayi yang baru dilahirkan
Sedangkan proses pengeluaran ASI dapat terhambat oleh beberapa faktor diantaranya:
  • Perasaan bingung / panik
  • Rasa takut dan cemas
Yang perlu diperhatikan bagi ibu yang baru melahirkan dan hendak menyusui adalah tingkat stres. Stres yang muncul setelah melahirkan dapat memicu atau menghambat keluarnya ASI. Penghambatan keluarnya ASI dikarenakan adanya adrenalin yang yang membuat hormon oksitosin terhambat dan tidak dapat mencapai pada organ mioepitelium.

Faktoru yang menyebabkan asi tidak keluar diantaranya dikarenakan stres yang melanda ibu yang baru melahirkan akan berakibat terjadinya penumpukan Air Susu Ibu pada alveoli. Penumpukan air susu ini akan membuat payudara menjadi membesar. Bagi ibu menyusui, jika tidak dapat mengeluarkan ASI dan produksi asi terus berlanjut hal ini akan menyebabkan payudara terasa sakit dan rasa sakit yang ditimbulkan akan menambah stres yang dialami ibu yang baru melahirkan.

Memahami Bagaimana Pembentukan Kelenjar Payudara

Memahami Bagaimana Pembentukan Kelenjar Payudara


Firdaus45 -  Payudara merupakan suatu organ yang dimiliki oleh setiap manusia. Payudara terletak pada bagian dada sebelah atas. Pembentukan kelenjar payudara pada wanita tidak sama dengan pembentukan kelenjar payudara pada laki-laki. Payudara wanita dan laki-laki sangat berbeda, pada wanita, payudara mengalami perkembangan dan pertumbuhan, sedangkan pada laki-laki tidak mengalami perkembangan serta pertumbuhan. Pada wanita, payudara memiliki fungsi yang sangat vital dalam hal memberikan nutrisi dan gizi pada bayi yang baru dilahirkan. 

Menjadi sebuah kewajiban bagi seorang wanita untuk merawat payudara yang dimilikinya. Payudara yang dimiliki oleh wanita sangat rawan sekali terkena penyakit, terutama untuk penyakit kanker payudara jika tidak dirawat sebaik mungkin. Untuk itu memahami bagaimana payudara yang anda miliki jauh lebih bermanfaat daripada sekedar memberperbesar payudara yang anda miliki menggunakan berbagai macam cara.

Salah satu yang perlu diketahui adalah pembentuk payudara dan bagaimana mereka berkembang dari waktu ke waktu. Secara umum, payudara dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu : Korpus adalah bagian payudara yang membesar. Areola adalah bagian dari payudara yang berwarna kehitaman di bagian tengah. Papilla atau puting adalah bagian dari payudara yang menonjol di puncang payudara. 

Pembentukan Kelenjar Payudara

  1. Sebelum Pubertas. Duktus primer dan duktus sekunder sudah terbentuk pada masa fetus. Pada masa pubertas, duktus tumbuh sangat cepat karena pengaruh dari hormone esterogen. Di masa seseorang sedang mengalami pubertas, ada dua hormon yang sedang aktif berkembang dan mempengaruhi tubuh yaitu hormon esterogen dan hormon progesteron. hormon esterogen akan membentuk kelenjar payudara bagian duktus sedangkan untuk hormon progesteron akan mempengaruhi pertumbuhan alveoli. Beberapa hormon yang mempengaruhi bentuk payudara adalah hormon prolaktin, Hormon prolaktin ini dikeluarkan oleh kelenjar adenohipofise.
  2. Masa Pubertas. Pada masa pubertas, pertumbuhan kelenjar payudara lebih banyak terjadi dalam hal membentuk percabangan-percabangan pada sistem duktus, poliferasi dan kanalisasi dari unit-unit lobuloalveolar yang terletak pada ujung-ujung distal duktus.  Pada masa pubertas, jaringan penyangga stoma juga mengalami perkembangan dan sekaligus membentuk septum interlobalir.
  3. Masa Siklus Menstruasi. Pada saat wanita sedang mengalami menstruasi, kelenjar payudara wanita dewasa mengalami perkembangan atau perubahan pada kelenjar payudara yang diperngaruhi oleh siklus menstruasi dan beberapa hormon. Pada masa menstruasi hormon esterogen dan progesteron yang dihasilkan oleh korpus luteum juga akan mempengaruhi siklus menstruasi seseorang. Apabila kedua kadar hormone tersebut meningkat, maka yang akan terjadi adalah payudara akan dirasa berat dan penuh, payudara akan terlihat lebih padat dari biasanya. Apabila siklus menstruasi sudah selesai, maka secara otomatis ukuran payudara juga akan kembali normal seperti semula. Payudara seseorang akan selalu bertambah besar pada saat siklus menstruasi sedang berjalan, dimulai dari awal kali atau pertama kali mengalami menstruasi sampai pada umur 30 tahun. 
  4. Masa Kehamilan. Pada masa kehamilan, terjadi peningkatan pertumbuhan pada kelenjar duktus yang baru, percabangan-percabangan dan lobulus. Perkembangan ketiga kelenjar ini dipengaruhi oleh adanya hormon plasenta dan korpus luteum.
  5. Pada Masa 3 Bulan Kehamilan. Prolaktin dan adeno hipofase yang terdapat dalam payudara wanita hamil akan merangsang kelenjar air susu untuk menghasilkan asi yang disebut kolostrum. Pada masa ini, asi yang dihasilkan oleh kelenjar asi belum bisa dikeluarkan karena tehambat oleh keberadaan hormon esterogen dan hormon progesteron. Meskipun keluarnya asi masih terhambat oleh kedua hormon tersebut, tetapi kadar prolaktin dalam payudara akan meningkat hanya untuk membuat kolotrum.
  6. Pada Masa Trimester Kedua Kehamilan. Laktogen plasenta sudah meulai merangsang pembentukan kolostrum. Pada masa ini, asi yang tadi masih terhambat oleh hormon esterogen dan progesteron sudah mulai dapat untuk dikeluarkan

Baca juga artikel tentang:

Memahami Gejala Depresi Pada Anak Usia Remaja

Memahami Gejala Depresi Pada Anak Usia Remaja


Firdaus45 - Perkembangan seorang anak mulai sejak dari bayi sampai dewasa memang tidak dapat kita cegah. Perkembangan seorang anak adalah hal emosional atau tingkah laku tidak bisa kita kendalikan dengan kata jangan. Semakin sering mengucapkan kata jangan, maka akan semakin keras anak tersebut memberontak. Pahamilah apa yang sebenarnya anak inginkan, jika itu tidak baik untuk kemajuan atau untuk perkembangan mentalnya, maka larangan yang paling tepat adalah dengan mengajak dia berdiskusi memikirkan sendiri mengenai baik buruknya dari apa yang menjadi pilihannya. 

Seperti kita ketahui, usia remaja merupakan masa dimana seseorang ingin mencari jati diri, mencari identitas dengan dirinya terhadap suatu komunitas social. Tugas kedua orang tua adalah memberikan pandangan terhadap anak untuk dapat menentukan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dirinya sendiri. 

Sebuah kata motivasi untuk kesehatan mental dari Marcus Valerius Martial 
“Hidup tidak hanya sekedar untuk hidup, tapi untuk menjadi baik”.

Jika membaca kalimat diatas, kita hidup memang bukan sekedar untuk hidup. Manusia itu berbeda dengan hewan, jika hewan memang hidup untuk mencari kehidupan atau mencari makan. Sedangkan manusia, jika hidup hanya sekedar untuk hidup, maka samalah dia dengan seekor hewan. Tentu siapa saja tidak ingin dikatai demikian, maka dari situlah mulailah seseorang melakukan perjalanan hidup mencari jati diri. Terkadang dalam mencari sebuah jati diri, banyak hal yang kita anggap benar tapi pada kenyataannya itu adalah hal yang salah untuk dilakukan. Alasan inilah yang mendorong kedua orang tua ingin selalu mengawasi anaknya, memberikan disiplin tinggi dalam mendidik anaknya. Hal itu adalah suatu hal yang biasa saja dilakukan oleh setiap orang tua. Tetapi, bertindak sebagai orang tua sudah sepantasnya mengetahui bagaimana kondisi kejiwaan anak. 

Informasi kesehatan, Cara dan tips kesehatan, Bayi, Nutrisi bayi, Merawat bayi, makanan bayi, perkembangan bayi, Informasi kehamilan, tips sehat,


Memahami tingkat depresinya, kegalauannya menjadi sangat penting untuk dilakukan kedua orang tua. Jika dalam rumah, suasananya begitu menyenangkan, seorang anak tidak akan mencari penyelesaian diluar rumah. Saat sedang mengalami masalah yang rumit, sebenarnya seorang anak selalu ingin berbagi dengan kedua orang tua. Namun, karena berbagai macam alasan niat itu urung dilakukan dan anak lebih memilih untuk mencari solusi diluar. Maka mulai sekarang cobalah untuk belajar memahami emosi anak dan cobalah untuk mencari solusinya.

Mungkin perlu anda baca juga:

Kata Motivasi Penyemangat Diri Untuk Maju

Menjaga kesehatan otak


Beberapa gejala yang menunjukkan seorang anak sedang berada dalam kondisi depresi diantaranya:

Berikut ini adalah tanda-tanda apabila seorang anak mengalami depresi:
  • Uring-uringan atau gampang marah, ini adalah gejala yang paling umum dari orang yang depresi. Bahkan dalam beberapa kasus sering terjadi ledakan amarah.
  • Merasakan sakit atau nyeri yang samar-samar, apabila seorang remaja merasakan sakit kepala, sakit perut, dan keluhan lain yang tak nampak secara fisik penyebabnya dan tak menunjukkan masalah medis. Maka kemungkinan si anak mengalami depresi.
  • Peka terhadap kritik, seseorang yang sensitif terhadap kritikan terkadang normal. Akan tetapi bila seorang remaja terlalu marah ketika dikritik, bisa jadi remaja tersebut sedang mengalami depresi.
  • Berkumpul dengan kenalan-kenalan baru, jika seorang remaja menjauhi teman-teman lama, keluarga dan sahabat kemudian lebih sering berkumpul dengan komunitas yang baru dikenalnya, ada kemungkinan si anak sedang depresi.


Mengapa kita harus secepatnya menolong remaja yang depresi? Karena depresi pada anak remaja potensial membawa efek buruk dalam kehidupannya bahkan dapat menghancurkan kehidupan remaja dan sangat sulit untuk dipulihkan. Berikut ini adalah berbagai dampak buruk remaja yang depresi:
  • Bermasalah di sekolah, energi yang rendah menyebabkan sulit berkonsentrasi untuk menerima pelajaran. Nilai rendah, tingkat kehadiran buruk, dan tidak sanggup mengerjakan tugas-tugas sekolah.
  • Perasaan rendah diri sangat dominan, mengalami gangguan makan, bahkan anoreksia.
  • Kecanduan game computer dan surfing internet sebagai mekanisme pelarian.
  • Penyalahgunaan zat, seperti kecanduan alkohol atau pun obat-obatan terlarang.
  • Sering berperilaku ceroboh, seperti kurang hati-hati dalam berkendara, sering ceroboh meletakkan benda-benda tidak pada tempatnya. Sehingga potensial menyebabkan bencana.
  • Kekerasan menjadi sifat dominan dalam kehidupan sehari-hari, timbul rasa kebencian pada seseorang.
  • Mencederai diri sendiri, mulai dari menarik rambut sendiri sampai menyayat nadi sendiri.
  • Dalam tahap ekstrim, sering melontarkan komentar-komentar tentang kematian dan muncul hasrat untuk bunuh diri. Oleh karena itu depresi perlu di deteksi lebih dini agar si anak tidak terlanjur mengalami dampak buruknya.

Cara Memberikan ASI Pada Bayi yang Baik dan Benar

Cara Memberikan ASI Pada Bayi yang Baik dan Benar

Tips Kesehatan - Pada umumnya bayi yang baru lahir sudah memiliki kemampuan untuk menghisap yang tinggi namun setelah beberapa jam kemudian kemampuan tersebut akan menurun. Oleh karena itu, sebaiknya bayi yang baru lahir sesegera mungkin untuk disusui. 

Beberapa dokter menyarankan bagi para ibu muda yang baru melahirkan seorang bayi untuk sesegera mungkin menyusui banyinya. Beberapa alasan yang mengapa ibu yang baru saja melahirkan disarankan untuk segera memberikan ASI kepada bayi, diantaranya :
  1. Bayi yang baru lahir akan memperoleh kepuasan dan ketenangan setelah si ibu memberikan asi kepada bayi.
  2. Menyusui sesegera mungkin dapat mengembalikan atau mempercepat proses uterus ke ukuran normal.
  3. Untuk ibu yang memiliki masalah dengan asi, cara yang paling baik adalah dengan segera menyodorkan asi kepada bayi. Hisapan bayi akan membantu dalam melancarkan asi.
  4. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi asi segera setelah melahirkan akan lebih sehat dan jarang terkena infeksi dan gizi bayi di tahun pertama akan lebih baik dari pada bayi yang tidak diberi asi.


Perlu diperhatikan dan diketahui oleh ibu menyusui. ASI memiliki kadar atau komposisi yang berbeda-beda tiap waktunya. Komposisi ASI dipengaruhi oleh laktasi yang juga mempengaruhi proses pembentukan asi. Secara umum, komposisi asi dibedakan menjadi 3 macam:
  1. Kolostrum. Adalah komposisi asi yang dihasilkan pada saat ibu melahirkan sampai pada hari ke 3 pasca melahirkan bayi.
  2. ASI masa transisi. adalah ASI yang dihasilkan pada hari ke 4 sampai hari ke 10 pasca melahirkan
  3. ASI mature adalah asi yang akan diberikan kepada bayi setelah 10 hari melahirkan sampai bayi berusia 2 tahun.
Setiap ibu dan masyarakat tertentu memiliki perbedaan dalam cara memberikan asi. Untuk kasus dipedesaan, biasanya para ibu yang baru melahirkan memberikan ASI kepada bayi sesukanya tanpa aturan. Setiap bayi menangis, para ibu biasanya memberikan ASI dengan harapan tangis bayi akan reda, namun pada kenyataannya, bayi menangis bukan karena lapar dan membutuhkan ASI.

Para pakar dan ahli kesehatan saat lebih berpedoman pada penggunaan jarak waktu dalam memberikan ASI pada 3 jam sekali. Alasan memberikan asi tiap 3 jam adalah karena lambung bayi akan mulai kosong setelah 3 jam diberikan asi.

Beberapa alasan mengapa pemberian asi secara eksklusif ditentukan dengan jarak 3 jam setelah menyusui? beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan frekuensi pemberian ASI, diantaranya:

  1. Jarak pemberian asi yang terlalu dekat membuat bayi tidak dapat menghabiskan produksi ASI yang terdapat dalam payudara ibu
  2. Payudara yang masih berisi asi lama kelamaan akan melemahkan rangsangan terhadap sel-sel yang bertugas untuk memproduksi asi, hingga pada akhirnya produksi asi akan cepat menurun.
  3. Seorang bayi yang makanya sedikit-sedikit akan mengakibatkan nafsu makan bayi menurun. Penurunan nafsu makan dikarenakan kadar gula dalam tubuh bayi selalu tinggi  sehingga akan menurunkan nafsu makan bayi secara keseluruhan.
Artikel yang disarankan:
Ternyata Inilah Makanan Bayi yang Paling Bagus Untuk Pertumbuhan Bayi

Ternyata Inilah Makanan Bayi yang Paling Bagus Untuk Pertumbuhan Bayi

Ternyata Inilah Makanan Bayi yang Paling Bagus Untuk Pertumbuhan Bayi


Firdaus45 - Pertumbuhan bayi sebenarnya dimulai sejak dalam kandungan, sehingga pada saat bayi lahir, berat badan bayi sudah menjadi berat badar normal. Pertumbuhan dan perkembangan bayi ini akan berlangsung sampai dia dewasa atau bahkan sampai dia meninggal. Pertumbuhan dan perkembangan bayi dipengaruhi oleh banyak faktor, namun yang paling dominan dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah makanan yang diberikan oleh orang tua kepada bayinya.

Pada masa bayi, makanan yang paling sesuai dan sangat diperlukan adalah Air Susu Ibu (ASI). Asi sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan karena memang asi terbuat secara alami dan khusus untuk bayi. Sebuah makanan yang disediakan oleh Sang Pencipta karena kemurahannya kepada setiap makhluk ciptaan-Nya.



Sebuah penelitian telah dilakukan oleh banyak ahli anak mengenai keutamaan dan keunggulan asi sebagai makanan pokok bayi. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa keunggulan asi daripada makanan lain adalah :
  1. ASI mengandung hampir semua zat gizi yang diperlukan oleh bayi dengan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan bayi.
  2. ASI mengandung kadar laktosa yang lebih tinggi. Laktosa ini akan mengalami peragian dalam usus bayi yang berfungsi untuk membentuk asam laktat yang bermanfaat dalam usus bayi
  3. ASI lebih aman dari kontaminasi karena diberikan langsung dari produsen sehingga kecil kemungkinan tercemar zat berbahaya.
  4. ASI mengandung berbagai macam anti body yang dapat melindungi bayi dari berbagai macam penyakit dan infeksi.
  5. ASI tidak mengandung beta laktoglobulin yang dapat menyebabkan alergi pada bayi.
  6. ASI merupakan sarana sebagai jalan untuk menjalin hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi.
  7. ASI memiliki temperatur yang sesuai dengan suhu tubuh bayi
  8. ASI memiliki peran dalam membantu pertumbuhan gigi bayi
  9. ASI tidak membuat bayi tersedak saat meminumnya karena didesain secara khusus memang untuk bayi
  10. ASI mengandung laktoferin yang berfungsi mengikat zat besi
  11. ASI adalah makanan yang sangat ekonomis dan murah, tersedia setiap saat dibutuhkan oleh bayi saat lapar
  12. ASI merupakan obat mujarab bagi ibu yang baru melahirkan. Dengan memberikan asi, hal ini juga menjaga jarak kelahiran berikutnya.
Artikel yang disarankan untuk menambah wawasan tentang merawat bayi
  1. Tips Memberikan Nutrisi Pada Bayi Usia 0-6 bulan 
  2. Tips Memberikan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi Usia 6-12 bulan 
  3. Tips Memberikan Makanan Untuk Perkembangan Anak Usia 12-24 BulanTujuan Dan Manfaat Pemberian ASI Secara Eksklusif 
  4. Mengenali Panas Tubuh Bayi Apakah Demam Ataukah Kejang Demam