11/03/2014

Tips Memberikan Makanan Untuk Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan

Tips Memberikan Makanan Untuk Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan


Firdaus45 - Pemenuhan Gizi Bayi Usia 0-6 Bulan memang cukup dengan pemberian ASI Secara Eksklusif. Bayi usia 0-6 bulan memang tidak boleh diberi makanan lain selain ASI karena faktor pencernaan yang belum siap menerima makanan selain ASI. Bayi secara perlahan mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping saat usia bayi 6-12 bulan. Bayi usia 6-12 bulan sudah mulai diperkenalkan dengan makan pendamping ASI karena kebutuhan gizi yang harus dipenuhi sudah semakin kompleks dan tidak akan terpenuhi hanya dengan Pemberian ASI secara eksklusif. Maka dari

Pemenuhan gizi bayi merupakan salah satu kegiatan merawat bayi yang wajib dilakukan oleh orangtua khususnya bayi ibu. Pemahaman mengenai bagaimana cara merawat bayi haruslah dikuasainya. Kebutuhan Gizi bagi seorang anak memang tidak boleh dihentikan. Sebaliknya, seiring dengan bertambahnya usia anak, maka kebutuhan gizi yang harus dipenuhi juga semakin kompleks. Proses pemenuhan gizi anak disetiap usia memiliki variasi yang berbeda-beda. Kebutuhan gizi setiap anak disesuaikan dengan usia, berat badan dan lainnya yang ikut mempengaruhi.


Pada dasarnya kebutuhan gizi utama pada setiap anak yang harus dipenuhi adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral. Setidaknya dalam satu hari, asupan gizi yang harus masuk kedalam tubuh anak mengandung 10-15% kalori, 20-35% lemak dan sisanya merupakan karbohidrat dan mineral. Jika kita melihat bahwa setiap Kg dari berat badan anak, setidaknya energi yang harus dikonsumsi kurang lebih 100kkal. Di Usia yang masih muda, asupan lemak menjadi lebih penting dan diprioritaskan dan juga protein. Kebutuhan lemak di usia belia ini bertujuan untuk proses pembentukan otak. Otak manusia pada dasarnya terbentuk dari susunan lemak hasil dari metabolisme makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan lemak tersebut dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti minyak dan margarine. 

Makanan yang di berikan seorang ibu kepada anaknya memegang peranan yang sangat penting. Memberikan makanan yang sehat dengan melengkapi semua kebutuhan gizi anak, sama halnya dengan berusaha membentuk pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak secara baik. Selain kelengkapan gizi dalam setiap menu makan, jam makanpun sebaiknya diatur sebaik mungkin. Buat jadwal agar kebutuhan gizi anak setiap harinya tidak telat diberikan. Pengaturan jam makan ini sesuai dengan proses metabolisme yang berlangsung dalam tubuh. Dengan mengenali jam metabolisme, diharapkan dapat mengatur jam makan yang baik dan dapat menyehatkan pertumbuhan anak.


Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak Setiap Harinya
  1. Jika menginginkan kebutuhan gizi anak terpenuhi setiap harinya, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini,
  2. Agar Kebutuhan Gizi Anak yang diberikan Seimbang, setidaknya pemberian makan setiap harinya mengandung tiga unsur utama seperti Lemak karbohidrat dan protein dengan takaran yang sudah disesuaikan disetiap usia pertubuhan.
  3. Mengatur Jam makan, agar gizi yang dibutuhkan anak setiap harinya dapat dipenuhi secara utuh meskipun ketiga unsur utama tidak terdapat dalam setiap menu saat makan. Maka pengaturan jam makan baik digunakan dalam mengatur kebutuhan gizi anak setiap harinya. Contoh pengaturan jadwal yang dapat dijadikan pertimbangan diantaranya:
  • Pagi waktunya untuk sarapan dan jangan pernah untuk tidak sarapan pagi
  • 10.00 sebagai selingan, sebaiknya berikan makanan ringan dan berikan susu
  • 12.00 Biasakan untuk selalu makan siang dan jangan melewatkan makan siang
  • 16.00 Berikan selingan semacam cemilan secukupnya dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan cemilan
  • 18.00 Usahakan jam untuk makan malam tidak terlalu larut. Malam hari digunakan tubuh untuk istirahat dan sebaiknya sebelum tidur perut dikosongkan.
  • Jika memang hendak memberikan makan sebelum tidur, sebaiknya berikan buah atu susu.
  • Berkumur sebelum tidur dianjurkan supaya tidak banyak kuman dalam mulut sewaktu bangun tidur.
Tags: #Bayi #Nutrisi Bayi #Makanan Bayi #Perkembangan Bayi #Merawat Bayi

Artikel Menarik Lainnya