11/07/2014

Tips dan Cara Mengobati Kolesterol Menggunakan Daun Sirsak

Tips dan Cara Mengobati Kolesterol Menggunakan Daun Sirsak


Firdaus45.comCara Buat Obat Herbal Untuk Kolesterol Menggunakan Daun Sirsak - Kolesterol merupakan senyawa metabolik yang banyak mengandung lemak (unsur utama), senyawa ini sering dijumpai pada membran sel dan terkadang terdapat dalam plasma darah. Dalam tubuh, kolesterol terbentuk secara alami dan pada umumnya dipengaruhi oleh makanan apa saja yang dikonsumsi seseorang. Pola makan dengan menu makan yang tinggi lemak bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh seseorang inilah yang dapat memicu berbagai macam penyakit dalam tubuh. 

Penderita kolesterol tinggi tidak hanya terjadi pada orang-orang bertubuh gemuk, orang yang memiliki bobot tubuh kurus juga berpotensi memiliki kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya. Menurunkan kolesterol tidak dapat dilakukan secara instan, dibutuhkan pengaturan hidup sehat dengan pola makan yang juga sehat. Rutin melakukan olahraga akan membantu proses pengobatan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebenarnya, kolesterol dalam tubuh manusia tidak dapat dihilangkan 100% karena kolesterol sendiri memiliki fungsi sebagai penghangat tubuh. Tetapi banyak orang yang salah persepsi mengenai hal ini. Saat kolesterol tubuh mulai meningkat, sebetulnya yang harus dilakukan adalah mengontrol agar kolesterol tersebut tidak terus naik dan mengganggu kesehatan tubuh salah satunya dengan cara mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat.

Agar kolesterol dalam tubuh tetap stabil, ada beberapa resep obat herbal dari tanaman sirsak yang dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan tanaman sirsak sebagai obat pengontrol kolesterol lebih spesifiknya terdapat pada bagian daun sirsak. Untuk membuat resep tradisional tersebut, yang dibutuhkan hanya:
  • 3-5 lembar daun sirsak 
  • Rebus daun sirsak tersebut dengan 3 gelas air
  • Rebus hingga air tersisa menjadi 1 gelas (disaring terlebih dahulu sebelum diminum)
  • Minum secara rutin selama satu bulan. Minum sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan dengan harapan dapat secepat mungkin menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain resep yang diatas, anda juga bisa menggunakan jus sirsak sebagai obat penurun kolesterol. Pembuatan jus sirsak sangatlah mudah, anda tinggal mengambil daging buah sirsak sebanyak kurang lebih 250 gr kemudian blender dengan memberi campuran jeruk nipis dan madu. Setelah diblender segeralah untuk meminumnya dan lakukan secara rutin dengan mengontrol pola makan anda.


Baca juga:
Jenis Olahraga yang cocok untuk penderita kolesterol
Tips mencegah kolesterol dengan menu makan penurun kolesterol

     

Loading...

Artikel Menarik Lainnya