11/06/2014

Pengobatan Kanker Menggunakan Daun Sirsak

Pengobatan Kanker Menggunakan Daun Sirsak


Firdaus45 - Berbicara mengenai Khasiat Sirsak memang menjadi perbincangan yang sangat menarik. Sirsak, tanaman yang dulu sering diabaikan kini menjadi paling dicari oleh para pencari obat herbal. Berbagai macam jenis penyakit yang dapat diobati oleh tanaman sirsak ini adalah salah satu menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman yang satu ini.

Berbagai macam penyakit mungkin dapat disembuhkan oleh tanaman yang satu ini, salah satu diantaranya adalah Kanker. Kanker merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel ini membelah begitu cepat dan tidak terkendali hingga akhirnya membuat yang diinanginya tidak dapat mempertahankan diri.

Kanker itu sendiri memiliki banyak jenis dengan kategori yang juga berbeda-beda. Secara umum, kanker digolongkan menjadi 6 jenis kanker, diantaranya:

Karsinoma

Karsinoma adalah kanker yang tumbuh atau berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh. Kanker jenis ini banyak terdapat pada lapisan kulit, testis, ovarium, kelenjar muskus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas, dan esofagus. Setiap jaringan sel pada bagian-bagian seperti disebutkan tadi, jika memiliki pertumbuhan yang tidak normal maka akan menyebabkan kanker, misal kanker kulit, kanker rahim, kanker payudara, Kanker paru-paru, Kanker serviks, dan lainnya. 

Limfoma

Limfoma adalah kanker yang tumbuh atau berasal dari jaringan yang membentuk darah.

Leukimia

Leukimia adalah kanker yang tidak membentuk tumor, akan tetapi kanker jenis ini menutupi pembuluh darah dan mengganggu fungsi pembuluh darah secara normal.

Sarkoma

Sarkoma adalah jenis kanker yang banyak dijumpai pada permukaan tubuh, seperti jaringan ikat, dan juga termasuk sel-sel yang disitu ditemukan otot dan tulang.

Glioma

Glioma adalah jenis kanker yang menyerang sistem atau susunan syaraf manusia.

Karsinoma In Situ 

Kanker jenis ini masih digolongkan pada jenis sel epitel yang abnormal, terbatas pada suatu daerah tertentu dan masih dianggap sebagai sekedar luka.


Mengapa Seseorang Bisa Mengidap Kanker dan Apa Penyebabnya?

Seorang penderita kanker, terkadang mereka tidak mengetahui kapan dan sejak kapan dia sudah mengidap kanker. Penderita kanker pada umumnya tidak pernah menyadari gejala-gejala awal dia mulai mengidap kanker. Mereka tidak bisa menyadari bahwa dirinya sudah mengidap kanker dikarenakan, penyebab terjadinya kanker itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai macam faktor yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker itu sendiri. Beberapa faktor yang sering disebutkan sebagai jalan terjadinya atau tumbuhnya sel kanker itu ada beberapa faktor, diantaranya:
  1. Faktor genetik atau keturunan
  2. Faktor lingkungan 
  3. Faktor makanan yang mengandung bahan kimia pemicu sel kanker
  4. Virus
  5. Infeksi
  6. Faktor perilaku
  7. Gangguan keseimbangan hormonal
  8. Faktor kejiwaan dan emosional
  9. Radikal bebas

Mendeteksi Gejala Awal Kanker

Meskipun banyak penderita kanker tidak mengetahui kapan dan sejak kapan dia mulai mengidap penyakit kanker, tetapi ada beberapa cara untuk mendeteksi potensi kanker yang terdapat dalam tubuh. Baru-baru ini, kita diperkenalkan dengan istilah PID atau Pencitraan Inframerah Digital untuk mendeteksi kanker. Tes PID ini pada umumnya mengecek atau memonitor kesehatan payudara dan leher rahim. Selain menggunakan PID, mendeteksi kanker dapat dilakukan dirumah misalnya dengan memeriksa kesehatan payudara dengan cara pijatan. Untuk menjaga kesehatan payudara, disarankan untuk melakukan Mamografi secara berkala. 

Melakukan tes buah zakar bagi pria sangat disarankan agar dapat membantu pria mendeteksi potensi kanker sedini mungkin sehingga dapat dilakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat.


Bagaimana cara Mengobati Kanker

Pengobatan kanker dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun yang sering dijumpai dalam melakukan pengobatan kanker adalah dengan menggunakan cara konvensional dan menggunakan obat-obatan herbal. Dalam pengobatan konvensional dapat dilakukan dengan cara Kemoterapi, terapi penyinaran (radiasi), pembedahan, maupun dengan dengan cara terapi kombinasi.

Sedangkan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan herbal, dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam ekstrak dari tumbuh-tumbuhan. Pengobatan herbal merupakan sebuah alternatif jika tidak ada biaya dalam berobat ke dokter maupun spesialist. Beberapa hal yang mendasari mengapa pengobatan kanker secara herbal dapat disembuhkan, diantaranya:

  • Dari hasil penelitian, kanker merupakan penyakit yang dapat dinormalkan kembali (reversible).
  • Pertumbuhan kanker dapat dihambat. Pertumbuhan kanker dikarenakan karsinogen dalam tubuh yang mendorong mutasi genetis.
  • Penuaan kanker, jika pertumbuhan sel kanker dapat dihambat dan tidak memiliki kesempatan berkembang, maka dia akan menjadi tua dan mati.
  • Memperkuat sel normal disekitar sel kanker. Pembetukan atau memperkuat sel normal sekitar kanker akan menjadi pertahanan dalam melawan sel kanker.
obat tradisional, obat herbal, kecantikan dan kesehatan, kesehatan kandungan,

Kenapa Memilih Daun Sirsak Sebagai Obat dan Bagaimana Caranya Daun Sirsak Dapat Menyembuhkan Kanker?

Riset mengenai khasiat daun sirsak yang mampu mengobati kanker sudah sejak lama dilakukan. Hasil riset mengenai daun sirsak menyimpulkan bahwa daun sirsak mengandung Annomuricin E sebuah senyawa kelompok Acetogenins yang terdiri dari Muricatosin A dan Muricatosin B, Annomuricin E, Muricapentocin, Annopentocin A dan B, dam Annopentocin C. 13 jenis dari 14 jeni acetogenins sangat berpotensi untuk menghambat multi-drug resistance (MDR) pada sel kanker payudara. Acetogenins ini dipercaya 10.000 kali lebih kuat daripada adriamycin yang banyak dijual di pasaran. Hasil penelitian lanjutan menyatakan bahwa ekstrak kasar daun sirsak kurang dari 20 ug/ml (mikrogram per milimeter) efektif jika digunakan untuk memberangus sel kanker.

Penelitian yang dilakukan oleh Joabe Gomes de Melo yang dipublikasikan dalam jurnal Molecellus, dia mengambil sek kanker laring dan paru-paru. Pada awalnya daun sirsak diekstrak dengan methanol sebanyak 300ml selama 72 jam menjadi ekstrak dengan hasil kurang lebih 221,52 ug/ml. Kemudian uji dari sitotoksik terhadap sel kanker menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak berpotensi menyembuhkan tumor.

Artikel Menarik Lainnya