11/14/2014

Mengenal Kanker Payudara dan Bagaimana Cara Mencegah Serta Cara Mengatasinya

Mengenal Kanker Payudara dan Bagaimana Cara Mencegah Serta Cara Mengatasinya

Tips Kesehatan - Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang bagian payudara seseorang. Pada umumnya, kaum perempuanlah yang lebih sering menderita kanker payudara ini. Bagi kaum laki-laki resiko terkena kanker payudara sangat kecil sekali. Penangangan medis mengenai kanker payudara ini lebih sering menggunakan cara kemoterapi maupun radiasi.

Kanker Payudara merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang manusia diakibatkan karena kondisi sel atau jaringan tubuh yang telah kehilangan kendali atas dirinya sendiri. Sel semacam ini sudah tidak bisa mempertahankan kondisi normalnya sehingga pertumbuhannya menjadi tidak terkendali. Pembentukan sel kanker payudara ini berasal dari sel-sel yang awalnya normal, karena adanya proses tansformasi sel yang secara cepat maka terbentuklah kanker payudara.

Pembentukan Kanker Payudara




Dalam istilah medis, kanker payudara terbentuk melalui dua fase, yang pertama fase inisiasi dan yang kedua adalah fase promosi.

Fase Inisiasi adalah fase dimana suatu sel yang awalnya normal karena suatu faktor x sel tersebut menjadi tidak normal dan mengakibatkan pertumbuhan yang sangat cepat. Pada tahap ini, terjadi perubahan genetik dalam sel normal yang memicu timbulnya sel ganas. Perubahan genetik yang terjadi pada sel normal ini disebabkan karena adanya pemicu atau agen pembawa perubahan genetik sel atau yang lebih sering disebut dengan karsinogen. Karsinogen pemicul sel kanker payudara didapat dari bahan kimia yang sering dikonsumsi secara langsung maupun tidak langsung, radiasi saat melakukan pengobatan kulit dan sejenis yang menggunakan terapi penyinaran atau karena lokasi yang dekat dengan radiasi berbahaya, virus yang masuk dalam tubuh tanpa disadari dan karena sinar matahari bagi seseorang yang sangat sensitif terhadap sinar matahari. Sebenarnya, tidak semua sel dalam tubuh peka terhadap rangsangan suatu karsinogen, terkadang kelainan dalam suatu genetiklah yang menyebabkan sel lebih rentan terkena ganguan karsinogen.

Dalam kasus kanker payudara, terdapat progesteron suatu hormon yang menginduksi ductal side-branching pada kelenjar payudara. Progesteron inilah yang dipercaya menjadi jalan masuk tumor atau kanker yang dibawa oleh karsinogen.

Fase Promosi adalah sebuah fase dimana suatu sel yang telah ter-inisiasi akan berubah menjadi sel ganas. Sel yang belum ter- Inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. Oleh karena itu pengobatan kanker payudara sebaiknya dilakukan pada saat fase inisiasi, untuk itu diperlukan adanya perawatan khusus terhadap payudara dan pengecekan secara berkala. Secara umum suatu sel akan berubah menjadi sel ganas membutuhkan beberapa faktor yang sebenarnya tidak terdapat secara alami dalam tubuh seseorang. Kecuali faktor genetik yang memudahkan seseorang mengidap kanker payudara, faktor lain seperti gaya hidup yang tidak sehatlah yang membuat sel yang awalnya normal berubah menjadi sel ganas karena adanya karsinogen.

Apakah Sel Kanker Payudara Berhenti Hanya Pada Fase Promosi?

Setelah sel dalam tubuh yang awalnya normal berubah menjadi ganas atau dalam kasus ini sudah memasuki fase promosi. Sel kanker payudara tersebut tidak akan diam hanya disitu saja, sebuah inang atau rumah yang sudah tidak bisa menampung penghuninya, secara otomatis penghuni tersebut akan mencari rumah lain agar bisa leluasa. Dalam kasus kanker atau kanker payudara setelah melewati fase promosi ternyata masih ada fase satu lagi yaitu fase metastasis. Fase metastasis adalah fase dimana suatu sel kanker yang sudah tidak lagi menyerang bagian kulit atau daging dari payudara. Pada fase metastasis sel kanker sudah mulai memasuki jaringan tulang, hal ini seringkali terjadi pada kanker payudara. Pada fase ini, terkadang penderita mengalami suatu gejala komplikasi selain kanker payudara. Tulang adalah sebuah jaringan yang terdapat dalam tubuh yang banyak mengandung kalsium. Tulang terbentuk atau terbuat dari matrik protein. Mekanisme yang biasa digunakan oleh sel kanker untuk membuat ruang pada matriks ekstraselular dengan penggunaan enzim metaloproteinase matriks tidaklah efektif. Oleh sebab itu, resorpsi tulang yang memungkinkan invasi neoplastik terjadi akibat interaksi antara sel kanker payudara dengan sel endotelial yang dimediasi oleh ekspresi VEGF. VEGF merupakan mitogen angiogenik positif yang bereaksi dengan sel endotelial. Tanpa faktor angiogenik negatif seperti angiostatin, sel endotelial yang berinteraksi dengan VEGF sel kanker melalui pencerap VEGFR-1 dan VEGFR-2, akan meluruhkan matriks ekstraselular, bermigrasi dan membentuk tubulus.

Bagaimana Cara Mencegah Serta Cara Mengatasinya?

Sebenarnya kanker payudara itu dapat dicegah bahkan dapat dikendalikan jika kita paham atau mengerti bagaimana mekanisme kerja dari sel kanker itu sendiri. Tapi kebanyakan dari orang tidak terlalu memperhatikan apa saja penyebab sel kanker itu muncul. Secara sederhana sel kanker itu muncul atau menjadi ganas karena adanya sebuah rangsangan, rangsangan dalam hal ini adalah karsinogen. Seperti yang sudah banyak diulas, karsinogen diperoleh seseorang dari konsumsi suatu makanan, infeksi virus dan dari sinar matahari.

Untuk mencegah resiko kanker payudara, cobalah untuk menerapkan beberapa hal dibawah ini:
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari stres
  • Kurangi lemak
  • Kurangi konsumsi daging
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang alami tanpa pestisida (tanam sendiri bila perlu)
  • Usahakan cukup serat
  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi
  • Sering-seringlah menghirup udara segar
  • Saat melahirkan, usahakan atau paksakan untuk tetap menyusui bayi anda meskipun ASI anda tidak mau keluar.

Sedangkan untuk mengobati, bisa anda gunakan ramuan herbal atau menggunakan kemoterapi. Istilah mengobati sebenarnya tidak tepat dalam kasus penyakit kanker payudara ini. Kanker payudara merupakan suatu perubahan sel yang awalnya normal menjadi ganas dikarenakan adanya suatu pemicu. Untuk itu, yang harus dilakukan sebenarnya adalah menormalkan kembali sel yang sudah menjadi ganas. Sebuah penelitian terhadap obat kanker payudara adalah mengenai khasiat dari daun sirsak yang telah dilakukan penelitian ternyata daun sirsak dapat menormalkan kembali sel yang telah berubah menjadi ganas. Bagaimana cara pengobatan kanker payudara menggunakan daun sirsak dapat anda baca pada artikel Pengobatan Kanker Menggunakan Daun Sirsak.

Baca juga:
Apakah Deodoran Dapat Memicu Kanker Payudara?

Artikel Menarik Lainnya