11/27/2014

Inilah Tips yang Patut Dicoba Saat Anak Susah Makan

MENGATASI ANAK YANG SUSAH MAKAN

Firdaus45 -  Jika anda menginginkan anak anda tumbuh dan berkembang secara maksimal, maka jalan yang terbaik adalah memberi makanan terhadap bayi yang maksimal juga. Tantangan bagi orang tua dalam memberi makanan bayi adalah saat bayi menolak makan makanan yang diberikan kepadanya.

Untuk itu diperlukan tips yang ampuh cara mengatasi anak susah makan. Hal ini bertujuan agar anak mau makan dengan teratur sesuai dengan waktunya.

Terkadang Anak – anak sekarang ini lebih suka bermain dan jajan dari pada makan. Sehingga waktu makan yang tepat dan baik kurang terpenuhi. Padahal asupan nutrisi yang dibutuhkan anak–anak lebih tinggi karena digunakan untuk bergerak, bermain, serta untuk proses pertumbuhan. Gak kebayang bukan jika anak kita mengalami kekurangan nutrisi pasti anak – anak kita akan mengalami gizi buruk sehingga proses tumbuh kembang dapat terganggu.

Ada beberapa faktor penyebab anak mengalami susah makan yaitu antara lain organis yang harus dilakukan dengan cara menyembuhkan penyakit melalui tenaga medis atau dokter, dan juga faktor psikologis yang dapat diatasi oleh para ibu.

Hal – hal yang dapat dilakukan ibu untuk meningkatkan nafsu makan anak antara lain :
  • Buatlah resep makanan yang mudah dan enak sehingga dapat menggugah nafsu makan anak dan sebaiknya disajikan semenarik mungkin atau seunik mungkin sehingga para anak tertarik untuk mencoba makanannya.
  • Jangan melakukan pemaksaan terhadap anak untuk menghabiskan makanan karena ketika anak dipaksa untuk menghabiskan makanan disitulah ada rasa tertekan yang dialami anak sehingga anak mulai malas untuk makan lagi. Jadi para ibu harus bersabar dalam memberi makanan anaknya.
  • Sebaiknya waktu makan disesuaikan dengan waktu makan keluarga, karena ketika anak makan bersama keluarga maka anak akan lebih bersemangat untuk makan dan bersemangat untuk menghabiskan makannya ketika anak makan bersama orangtua. Dan upayakan suasana makan dalam kondisi yang menyenangkan tanpa adanya pemaksaan anak untuk makan.
  • Melakukan pendekatan anak terhadap semua jenis makanan dan manfaatnya, hindari pembicaraan yang kurang menyenangkan terhadap jenis makanan tertentu. Karena jika orangtua tidak suka terhadap jenis makanan tertentu maka anak – anak akan menirukan apa yang tidak disukai oleh orangtua nya.
anak susah makan, tips mengatasi anak susah makan, cara mengatasi anak susah makan

Jika penyebab susahnya anak dalam makan adalah faktor pengaturan makanan, maka sebagai orang tua yang dapat kita lakukan adalah :
  • Mengatur pola makan anak dan makanan diberikan dalam keadaan lapar dan haus sehingga nafsu makan anak akan meningkat
  • Memberikan makanan tambahan atau makanan selingan. Ingattt!!! Makanan selingan yang diberikan jangan terlalu berat, karena jika makanan selingan ini terlalu banyak dan terlalu berat maka anak – anak akan merasa kenyang dan mulai malas untuk makan,
  • Melihat kuantitas dan kwalitas makanan yang diberikan terhadap anak, jangan sampai kita salah dalam memilih makanan untuk anak kita.
  • Jika anak menginginkan makanan selingan atau jajan sebaiknya dalam memilih jajanan didampingi oleh orangtua sehingga makanan yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Dan hindari makanan yang banyak mengandung pengawet, misalnya snack.
  • Makanan yang diberikan sebaiknya disesuaikan dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak

Artikel Menarik Lainnya