11/05/2014

Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Sirsak

Khasiat dan Kandungan Gizi Buah Sirsak


Firdaus45 - Sirsak adalah salah satu jenis buah yang berasal dari kepulauan karibia amerika tengah dan amerika serikat. Buang sirsak memiliki kandungan buah yang baik jika dikonsumsi oleh manusia. Khasiat maupun manfaat dari buah sirsak begitu begitu besar bagi kesehatan seseorang. Salah satu manfaat yang paling besar dari buah sirsak ini adalah kemampuannya untuk mencegah kanker dan sekaligus dapat melemahkan penyakit kanker yang menyerang bagian tubuh seseorang

Sirsak merupakan jenis buah yang memiliki kandungan daging buah sebesar 67,5% 20% kulit buah, dan sisanya merupakan biji. Selain memiliki kandungan air yang cukup banyak, ternyata buah sirsak ini memiliki kandungan karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat dalam buah sirsak ini merupakan jenis gula yang dapat mereduksi. Kadar gula yang terkandung dalam buah sirsak ini sebesar 81% dari kandungan gula total. Buah yang sedikit manis asam ini ternyata kandungan lemaknya sangat sedikit. Rasa asam yang terdapat pada buah sirsak ini berasal dari asam organik non volatil. Kandungan vitamin paling dominan yang terkandung dalam buah sirsak ini adalah vitamin C dengan jumlah sekitar 200mg per 100gr daging buah. Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan vitamin C setiap orang per hari sekita 60mg. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi buah sirsak ini sebanyak 300gr perhari maka kebutuhan tubuh akan vitamin C sudah dapat dipenuhi. Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah sirsak ini merupakan anti oksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh selain antioksidan yang terkandung dalam kulit buah manggis. Anti oksidan ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga untuk memperlambat proses penuaan.

Selain mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, ternyata buah sirsak juga mengandung beberapa mineral yang juga baik jika dikonsumsi misalnya fosfor dan kalsium. Masing-masing mineral tersebut sangat penting untuk kesehatan dan juga untuk pertumbuhan dan pembentukan massa tulang, sehingga sangat berguna untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat serta mencegah terjadinya Oesteoporosis.

Keunggulan buah sirsak terdapat pada kadar sodium (natrium) yang juga rendah dibanding dengan buah yang lain. Kadar sodium dalam buah sirsak berkisar 14mg/300g tetapi memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi 278mg/100g. Perbandingan yang sangat mencolok ini ternyata sangat menguntungkan bagi tubuh dalam hal mencegah hipertensi.

Buah sirsak selain mengandung banyak komponen gizi ternyata juga banyak mengandung komponen nongizi yang utamanya adalah serat pangan (dietary Fiber) mencapai 3,3g/100g daging buah. Mengkonsumsi 100g daging sirsak berarti kita sudah memenuhi 13% kebutuhan serat pangan dalam satu hari. Buah sirsak juga banyak mengandung senyawa fitokimia, karena kandungan gizinya yang banyak, maka buah sirsak ini sangat cocok jika dikonsumsi setiap hari karena kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.


Khasiat dan Manfaat Sirsak

Banyak yang mengenal bahwa tanaman sirsak adalah salah satu jenis tanaman buah. Rasanya yang sedikit asam mungkin membuat sebagian orang tidak terlalu menyukai buah sirsak ini. Namun, jika kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam buah sirsak, mungkin perlu berpikir ulang untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Akhir-akhir ini buah sirsak menjadi sangat fenomenal karena diketahui buah ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Pemanfaatan dari setiap bagian tumbuhan ini tidak hanya dilakukan oleh orang Indonesia saja, melainkan sudah banyak sekali negara yang memanfaatkan setiap bagian dari tanaman ini untuk dijadikan obat herbal.

Beberapa bagian tumbuhan sirsak yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar obat herbal diantaranya :

Daun

Pemanfaatan Daun Sirsak oleh masyarakat amazon pada umumnya menggunakan air rebusan daun sirsak sebagai tonik. Masyarakat madagaskar menggunakan rebusan daun sirsak sebagai obat penyakit liver. Dari hasil laboratorium mengenai daun sirsak terdapat beberapa zat yang sangat berkhasiat dan sangat efektif dalam mencegah beberapa penyakit yang diderita oleh seseorang.

Selain daun yang sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar obat herbal, Bunga, Buah, Biji, dan Batang ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar obat herbal.

Baca juga:
  1. Manfaat jalan kaki
  2. Manfaat kacang hazelnut

Loading...

Artikel Menarik Lainnya