10/28/2014

Tips Memberikan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi Usia 6-12 bulan


Tips Memberikan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi Usia 6-12 bulan


Firdaus45 - Tumbuh Kembang Bayi sangatlah menjadi perhatian utama bagi setiap pasangan suami istri. Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Pada Tahap Awal memanglah memerlukan perhatian khusus. Salah sedikit dalam menjaga tumbuh kembang bayi, bisa berdampak buruk bagi perkembangan bayi itu sendiri. 


Setelah melewati usia 6 bulan, tentunya pemenuhan Nutrisi Bayi pada usia 0-6 bulan berbeda pada saat bayi menginjak usia 6-12 bulan. Masa Pertumbuhan Bayi Pada usia 6-12 bulan si bayi sudah mampu berkomunikasi dengan kedua orang tua meskipun masih sangat terbatas dalam hal komunikasi ini. Jika diusia 0-6 bulan pemberian gizi dan nutrisi melalui ASI saja sudah cukup, mungkin berbeda dengan bayi yang sudah menginjak usia 6-12bulan. Pemberian gizi dan nutrisi pada bayi usia 6-12 Bulan tidak cukup hanya dengan mengandalkan ASI saja. Disuianya yang sudah menginjak 6-12bulan, si bayi perlu diperkenalkan dengan beberapa Makanan Pendamping ASi.

Bayi dilahirkan kemampuan reflek makan, misalnya saja si bayi yang suka menghisap jempolnya sendiri, jempol orang lain, belajar mengunyah kemudian akhirnya dia menelan apa saja yang sudah berada dalam mulutnya. Dalam memberikan Makanan Pendamping ASI, sebagai seorang ibu harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan perkembangan si bayi itu sendiri, bagaimana sistem pencernaan si bayi itu sendiri misal memulai dengan memberikan makanan bertekstur cair, kental, semi pada dan sampai pada makanan yang memiliki tekstur padat. Kesemuanya harus diperhatikan agar tumbuh kembang si bayi ini terjaga. Kapan Bayi Mulai Makan? Beberapa gejala awal atau tanda-tanda mengenai kesiapan bayi dalam menerima Makanan Pendamping ASI diantaranya :
  • Diawali dengan dimulainya memasukkan tangan bayi ke dalam mulutnya sendiri.
  • Respon si bayi saat kita mencoba memberi makan kepada bayi dengan membuka mulutnya.
  • Ketika si bayi sudah siap untuk menerima Makanan Pendamping ASI, maka reflek si bayi dalam menjulurkan lidahnya akan hilang.
  • Biasanya bayi yang sudah siap untuk menerima Makanan Pendamping ASI lebih tertarik pada makanan daripada botol susu ketika disodorkan padanya.
  • Biasanya bayi yang sudah siap untuk menerima Makanan Pendamping ASI ditandai dengan rewel / menangis meskipun telah diberikan ASI atau susu formula sebanyak 4-5 kali sehari.
  • Bayi sudah bisa duduk meskipun masih disangga dan sudah mampu menegakkan kepalanya.



Variasi Dalam Memberikan Makanan Pendamping ASI


Bagaiamana Cara Memberi Makan Bayi? Ketika usia bayi sudah menginjak 6-12 bulan, sudah tentu setiap ibu bersiap memberikan makanan pendamping selain ASI. Namun, kadang kala mereka tidak begitu memahami bagaimana seharusnya memberikan makanan pendamping asi dan Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 6 bulan sampai 12 bulan yang semestinya. Memberikan Makanan Pendamping ASI sebaiknya dilakukan secara bertahap. Diawali dengan makanan yang memiliki tekstur cair dan amati apa yang terjadi pada si bayi ketika makanan itu sudah masuk dalam perutnya. Jika makanan tersebut tidak berpengaruh apa-apa maka anda bisa memberikannya secara berkelanjutan. Kekentalan dan jumlah yang akan diberikan harus disesuaikan dengan keterampilan dan kesiapan bayi dalam menerima makanan pendamping ASI ini. Setelah bayi bisa mengunyah dan menggerakkan lidah pada saat dia diberi makanan pendamping asi, berarti bayi sudah bisa kita beri makanan yang memiliki tekstur semi padat. Untuk memberikan makanan pendamping asi dengan tekstur yang padat, sebaiknya tunggu sampai Pertumbuhan Gigi Bayi itu muncul dan kuat untuk mengunyah makanan. Porsi yang diberikan juga harus disesuaikan. Mulailah dengan 1-2 suap setiap kali makan hingga berangsur-angsur bertambah sesuai dengan porsi makan si bayi.

Bayi Susah Makan? Dalam memperkenalkan makanan pendamping asi ini, sebaiknya kita mulai dari satu jenis makanan. Tujuannya adalah untuk melihat responnya, apakah makanan tersebut dapat diterima atau ditolak. Maksudnya diterima disini lebih kepada gejala yang muncul pada bayi setelah memakan makanan pendamping asi tersebut, apakah muncul alergi atau yang lainnya. Jika terlalu banyak jenis makanan pendamping asi yang diberikan, kita tidak bisa secara pasti mengetahui penyebab alergi yang ditimbulkan oleh makanan selain berkonsultasi pada dokter. Secara umum, bayi yang menginjak usia 6-12 bulan lebih menyukai makanan yang memiliki rasa manis. Jika sewaktu kita memberikan makanan pendamping asi kemudian si bayi menolak, maka jangan paksa untuk tetap memberikan makanan tersebut. Cobalah untuk mengganti makanan jenis lain yang disukai oleh si bayi dengan tetap memperhatikan kandungan gizi dalam makanan tersebut. Penolakan bayi terhadap jenis makanan bergantung pada rangsangan yang tepat pada syaraf pengecapannya. Karenanya, berikanlah makanan yang memiliki rasa manis. Sebelum memperkenalkan buah kepada si bayi, sebaiknya perkenalkanlah dulu sayuran sebagai makanan pendamping asi. Cita rasa yang sedikit tidak enak yang terdapat pada sayuran membuat sayuran kurang diminati oleh bayi. Untuk membiasakan lidah si bayi terhadap sayuran, mulailah dengan memberi makanan pendamping asi berupa sayuran ketimbang buah.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya