10/18/2014

Tips - tips Menjaga Agar Kandungan Sehat dan Kuat


Firdaus45.com - Tips Menjaga Kehamilan - Wanita mana sih yang tidak menginginkan anak? Semua wanita pasti ingin menjadi sosok ibu bukan?Tapi ada beberapa wanita yang mengalami kesusahan dalam hamil, misalnya lamanya tidak dikarunia anak, sering mengalami keguguran dan lain sebagainya. Salah satu penyebabnya adalah adanya kelemahan dalam rahim seorang wanita sehingga hasil konsepsi atau janin tidak dapat bertahan lama didalam rahim sehingga janin mudah luruh ataupun mudah terjadi keguguran.

Bagi wanita yang baru menikah mungkin tidak akan mengetahui bagaimana ciri-ciri dan tanda-tanda kehamilan. Mungkin karena faktor inilah yang mebuat mereka tidak bisa menjaga kandungan pada saat minggu-minggu awal kehamilan. Sebenarnya cukup mudah untuk mendeteksi kehamilan, saat anda telat datang bulan segeralah pergi ke dokter terdekat dan periksakan kandungan atau kalau tidak coba anda pegi ke apotek dan membeli tes pack untuk mengetahui bagaimana urine anda.



Beberap tips yang dapat dilakukan agar kandungan sehat dan kuat diantaranya:

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E


Vitamin E sangat baik bagi kulit dan kandungan. Kandungan dari vitamin E ini adalah untuk menyuburkan kandungan seorang wanita. Vitamin E ini banyak terkandung dalam kacang – kacang  dan juga kecambah. Bagi seorang wanita sebaiknya perbanyak makan kecambah, memang sih rasa kecambah ini agak sedikit aneh tapi kalau dilihat dari kandungannya manfaat dari kecambah ini sangatlah luar biasa bagi kesuburan rahim seorang wanita. So.. jangan tanggung – tanggung bagi kalian para calon ibu untuk mengkonsumsi kecambah dan kacang – kacangan.

Konsumsi serat, vitamin dan protein

Serat, vitamin dan protein ini berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh sehingga nutrisi kandungan atau rahim seorang wanita dapat terjaga dan kandungan lebih kuat. Seorang wanita yang kecukupan dalam nutrisi angka terjadinya keguguran semakin kecil, sebaliknya jika seorang wanita kekurangan nutrisi maka kandungan atau rahim wanita tersebut akan mudah melemah sehingga mudah terjadi keguguran. Jadi cukupilah kebutuhan serat, vitamin dan protein kalian dengan perbanyak mengkonsumsi sayur – sayuran, buah – buahan dan juga lauk pauk tinggi protein (telur, daging, hati, dll)

Kurangi karbohidrat yang berlebihan

Pola makan orang Indonesia cenderung karbohidrat (nasi) lebih banyak dari pada sayur – mayur dan lauk – pauk. Bahaya kelebihan karbohidrat pada ibu hamil yaitu meningkatkan resiko obesitas. Tanpa kita sadari penumpukan lemak yang berlebihan ini dapat mengganggu proses kehamilan seorang wanita. Untuk itu bagi kalian para wanita sebaiknya mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyaklah mengkonsumsi sayur – sayuran dan lauk pauk.

Artikel Terkait:
Manfaat Gula Bagi Kesehatan Tubuh
Apa Itu Diabetes dan Apa Penyebab Diabetes

Hindari rokok

Rokok sangat berpengaruh bagi kandungan dan kehamilan. Wanita yang merokok lebih besar beresiko mengalami keguguran dan kematian janin. Bukan hanya wanita perokok saja yang berisiko tapi wanita yang menghirup asap rokok pun juga beresiko terjadinya keguguran dan kematian janin. Untuk itu sebaiknya jika menginginkan kandungan tetap sehat dan kuat sebaiknya hindari merokok dan sap roko.

Hindari alkohol dan makanan instan.

Konsumsi alkohol juga sangat fatal bagi kandungan seperti halnya rokok alkohol juga mempunyai efek samping yang sama terhadap kandungan dan janin. Selain itu makan – makanan instan yang tanpa kita sadari mengandung bahan pengawet yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan melemahnya kandungan seorang wanita. Jika kalian ingin sehat sebaiknya hindari makanan instan seperti hal nya mie instan dan juga hindari konsumsi alkohol yang dapat mengganggu proses kehamilan dan kesehatan janin seorang wanita.

Olahraga yang cukup

Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan dan kebugaran dalam tubuh. Olahraga berfungsi untuk memperlancar aliran darah. Sebagai seorang wanita sebaiknya rajin – rajin lah untuk berolahraga sebelum kita mengalami proses kehamilan agar peredaran darah kita lancar sehingga rahimpun juga ikut kuat karena peredaran darah dalam rahim dapat berfungs dengan baik. Rutin berolahraga juga dapat membantu memperlancar dalam proses persalinan. Salah satu olah raga yang dapat memperlancar pada saat proses persalinan salah satunya adalah jakan kaki secara rutin (Baca: Memperlancar persalinan dengan jalan pagi secara rutin).