10/10/2014

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kacang Hazelnut Bagi Kesehatan Tubuh


Beberapa Khasiat Kacang Hazelnut Bagi Tubuh Dan Kandungan Nutrisi Kacang Hazelnut


Firdaus45 - Kacang Hazelnut adalah kacang yang masuk dalam golongan spesies Filbert. Kacang ini memiliki tekstur kulit yang berserat dan berbentuk bulat. Kacang hazelnut ini mirip dengan bumbu dapur kemiri. Kacang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Asam lemak yang terkandung didalamnya mirip dengan asam lemak yang terdapat dalam ASI.

Kacang Hazelnut ini berasal dari Eropa dan Amerika dan Negara yang banyak memproduksi kacang jenis ini adalah Negara Turki. Kacang hazelnut ini sering kita jumpai pada makanan roti yang terdapat coklatnya. Kacang hazelnut ini biasa digunakan sebagai bahan campuran dalam coklat.

Selain banyak mengandung protein dan asam lemak tak jenuh, kacang hazelnut ini juga kaya akan kandungan thiamin dan vitamin B. kandungan minyak yang terdapat pada kacang hazelnut ini memiliki aroma yang khas. Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa asam lemak dari hazelnut dapat membuat kandungan nutrisi pada susu formula jadi lebih lengkap.

Karena kandungan gizinya yang cukup banyak, maka kacang hazelnut ini akan memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat dari kacang hazelnut ini diantaranya:




Membantu orang yang sedang menjalankan Program diet

Bagi yang sedang menjalankan program diet, pastilah sangat memperhatikan pola makan. Makanan apa saja yang masuk kedalam tubuh pasti sangat diperhitungkan gizinya. Jangan sampai terlalu banyak kalori dan lemak yang masuk kedalam tubuh sehingga lemak dan kalori menjadi berlebihan. Kacang hazelnut ini memiliki kandungan 176 kalori dengan 3 gram serat dan 17 gram lemak dalam 1 ons setara dengan segenggam kacang hazelnut. Kandungannya yang bisa dibilang rendah lemak ini dapat anda jadikan sebagai cemilan saat anda senggang.

Menjaga Kesehatan Otak

Kacang hazelnut ini juga mengandung berbagai fitokimia seperti proantosianidin, quecertin, dan kaempherol. Proantosianidin yang terdapat dalam kacang hazelnut ini berfungsi untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan sirkulasi darah yang menuju ke otak.

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah dan Juga Baik Untuk Jantung

Lemak yang terkandung dalam kacang hazelnut merupakan lemak yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya bagi penderita kolesterol, memilih cemilan kacang hazelnut merupakan suatu pilihan yang tepat. Kacang hazelnut juga memiliki kandungan asam oleat yang berfungsi untuk menurunkan menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL, dimana kolesterol jenis ini diperlukan oleh tubuh daripada kolesterol jenis LDL.

Dapat Mencegah Kanker

Kacang hazelnut memiliki sifat anti-karsinogenik karena kandungan alpha-tocopherol, yaitu varian Vitamin E yang dikenal memiliki kekuatan untuk menurunkan risiko timbulnya kanker kandung kemih lebih dari 50%.

Sumber Protein

Cukup makan satu mangkuk kecil hazelnut mampu memenuhi kebutuhan protein harian Anda, Ladies. Anda bisa memasukkan kacang ini dalam menu camilan diet karena juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Meskipun belum ada penelitian secara medis mengenai khasiat dari kacang hazelnut ini, tetapi jika dilihat dari kandungan yang terdapat dalam kacang hazelnut ini, bisa dipastikan bahwa kacang ini memiliki khasiat atau manfaat jika dikonsumsi oleh seseorang. Meskipun khasiatnya yang bagus, tetapi kita harus tetap mengontrol seberapa banyak yang harus kita makan dalam satu hari. Jangan karena kacang ini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, lantas kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena pada dasarnya, meskipun itu baik, jika kita konsumsi secara berlebih, kandungan gizi yang baik akan mempengaruhi system metabolisme dalam tubuh.

diambil dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Baca juga:
  1. Manfaat jalan kaki

Artikel Menarik Lainnya