10/09/2014

Beberapa Jenis Buah-buahan yang Dapat Membantu Program Diet


Beberapa Jenis Buah-buahan yang Dapat Membantu Program Diet  


Buah-buahan yang dapat membantu program diet - berat badan yang berlebih pasti akan menggangu si pemilik tubuh dalam melakukan aktifitas hariannya. Jika kelebihan berat badan yang dimiliki seseorang masih terbilang wajar, mungkin si pemiliki berat badan tidak akan terlalu memikirkan masalah berat badan berlebih yang sedang dialaminya. Namun, jika berat badan yang dimiliki seseorang itu sudah melebihi batas maksimal, pasti orang tersebut akan merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri.

Melakukan diet adalah sebuah pilihan jika berat badan seseorang sudah melebihi batas kewajaran. Melakukan diet tidaklah semudah seperti yang dibayangkan, akan ada banyak pantangan dan hambatan dalam melakukan program diet. Jika kita memahami mengapa tubuh kita bisa memiliki berat badan yang berlebih, pastilah kita kan tahu bagaimana cara untuk mengatasi atau bahkan bisa menurunkan berat badan kita tanpa perlu membeli obat-obatan mahal yang belum tentu jelas hasilnya.

Dari sekian banyak cara menurunkan berat badan, yang paling utama adalah menekankan kepada pengaturan pola makan dan melakukan olahraga secara teratur. Perlu digaris bawahi, diet itu bukan berarti kita tidak makan seharian. Jika kita melakukan hal itu, kita pasti akan kurus semua sepakat dengan hal ini. Yang jadi permasalahan disini adalah, efek samping dari kegiatan kita yang tidak makan seharian. Apa akibatnya jika kita keseringan tidak makan dalam satu hari? Jawaban pasti akan berbeda-beda. Pada umumnya, jika kita mengurangi konsumsi makanan dalam satu hari atau tidak makan, badan akan terasa lemas. Kerja otot akan semakin melemah dan kita akan merasa mudah lemas dan mudah mengantuk. Jika kegiatan ini diteruskan, tidak menutup kemungkinan juga mempengaruhi asam lambung. 




Diet sehat merupakan diet yang tetap menjaga asupan gizi tubuh yang harus tetap dipenuhi. Selain menjaga pola makan, diet sehat juga tetap melakukan kegiatan pembakaran lemak / olah raga. Meskipun kita mengatur pola makan, tetapi kita jarang melakukan olahraga, lemak yang masuk melalui makanan juga akan tetap tertimbun.

Beberapa dokter menyarankan agar pelaku diet sehat mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari. Makanan yang cocok untuk orang yang sedang melakukan program diet diantaranya :

1.    Yogurt

Kandungan gula, lemak dan protein dalam yogurt dapat membantu kita mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap stabil. Tapi yang perlu diperhatikan disini, tidak semua yogurt itu baik untuk orang yang sedang menjalankan program diet. 

2.    Apel

Kandungan serat dalam buah apel sangat baik untuk proses pencernaan. Apel juga memiliki efek mengenyangkan, selain itu kandungan antioksidan dalam buah apel itu sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

3.    Alpukat

Manfaat alpukat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah membantu program diet. Kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam alpukat dapat meningkatkan leptin atau hormone yang berfungsi untuk menahan lapar. Rasa kenyang setelah makan buah alpukat inilah yang dapat membantu anda menurunkan berat badan karena menunda rasa lapar. Alpukat membantu mengatur kadar kolesterol darah karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini terbukti dari berkurangnya jumlah kolesterol serta tingkat fosfolipid sekitar 20% apabila di konsumsi setiap hari. Karena mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh, maka buah alpukat ini juga disarankan bagi orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) atau bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk dijadikan menu harian. 

4.    Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai peningkat sensitifitas hormone insulin. Hormone insulin disini berperan dalam membantu pembangunan otot dan menurunkan lemak pada bagian perut.

5.    Minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan serta memberikan rasa kenyang karena mengandung lemak yang sehat bila dikonsumsi.

Mungkin lima daftar makanan diatas dapat membantu anda dalam melaksanakan program diet yang sedang anda jalani. Karena pada dasaranya, kita melakukan program diet tanpa memikirkan pola makan yang sehat, akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga, diet yang seperti inilah yang dikatakan diet tidak sehat.

6. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi sehatan tubuh seseorang. Memakan buah pisang membuat perut menjadi terasa kenyang sehingga keinginan untuk memakan makanan yang lain menjadi berkurang. Dalam buah pisang terdapat Fructooligosaccharide yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi secara maksimal.

Banyak mengkonsumsi buah pisang juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit tekanan darah tinggi hal ini disesababkan karena adanya kandungan kalium dalam buah pisang.

Baca juga artikel tentang:
Ingin Program Diet Anda Berjalan Cepat Dan Alami? Coba Lakukan Cara Ini
Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh
Khasiat Buah Pisang Untuk Pria

Artikel Menarik Lainnya