10/19/2014

Apakah Benar Gula Dalam Karbohidrat Adalah Penyebab Kegemukan Dan Diabetes?


Apakah Benar Gula Dalam Karbohidrat Adalah Penyebab Kegemukan Dan Diabetes?

Firdaus45 - Gula merupakan sumber energy yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Sumber gula yang pokok itu banyak terdapat pada makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Mungkin bagi sebagian orang makan banyak nasi akan membuat energy juga semakin banyak. Hal ini tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Dalam karbohidrat yang terkandung dalam nasi yang sering kita konsumsi setiap hari memang sangatlah banyak mengandung gula. Banyak juga yang beranggapan bahwa kegemukan atau diabetes yang diderita seseorang itu dikarenakan gula dalam karbohidrat itu sendiri. Anggapan inilah yang menjadikan dasar seseorang yang sedang menjalani program diet memutuskan untuk tidak lagi mengkonsumsi karbohidrat. Tuduhan itu tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak benar. Orang yang sedang menjalani program diet pasti sangat membatasi makanan apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh. Karena beberapa faktor kegagalan diet bersumber dari makanan yang kita konsumsi.



 

Sebenarnya Apakah Gula Itu?

Sebelum anda menyalahkan gula sebagai salah satu penyebab kegemukan atau diabetes yang anda alami, sebaiknya anda mengenal lebih jauh mengenai apa itu gula.
Gula merupakan sebuah karbohidrat sederhana yang dapat larut dalam air dan langsung diserap oleh tubuh. Gula yang terdapat dalam karbohidrat sering kita sebut dengan Glukosa. Gula yang terserap oleh tubuh kemudian diolah menjadi sumber energy. Mengapa gula dalam bentuk karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh? Hal ini dikarenakan gula yang berbentuk karbohidrat berfungsi untuk menjaga mesin-mesin tubuh agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak terhenti atau mengalami kerusakan. Oleh karena itulah, setiap manusia membutuhkan sekitar 140gr glukosa.
Saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gula, maka tubuh anda akan langsung mengubahnya menjadi glukosa. Saat tubuh sudah menyerap glukosa, maka tubuh sudah tidak lagi dapat membedakan dari mana sumber gula yang sudah masuk dalam tubuh tersebut. Dalam tubuh, yang berfungsi untuk menjaga agar pasokan gula (glukosa) tetap terjaga adalah organ pancreas. Pancreas dalam tubuh memproduksi hormone insulin yang berfungsi untuk menjaga ketersediaan gula.

Apa Akibatnya yang muncul dalam tubuh saat kita mengkonsumsi gula?

Saat gula masuk ke dalam tubuh dan diserap oleh tubuh, gula akan memasuki aliran darah. Saat gula sudah memasuki aliran darah, secara otomatis gula darah juga akan ikut meningkat. Peningkatan gula darah ini memicu pancreas untuk memproduksi insulin dan melepaskannya. Insulin yang dilepaskan ini bertujuan untuk merubah gula menjadi energy. Setelah sejumlah insulin dilepaskan, secara otomatis gula darah anda juga akan berkurang karena pengaruh insulin yang merubah gula darah menjadi energy. Semakin banyak gula yang masuk kedalam tubuh, semakin banyak pula insulin yang diproduksi.

Selain mengubah gula darah menjadi energy, ternyata insulin juga memiliki fungsi untuk merangsang penyimpanan lemak yang berasal dari gula. Jadi, semakin banyak insulin yang diproduksi maka semakin banyak pula rangsangan yang akan disimpan menjadi lemak. Lemak yang disimpan oleh insulin disini adalah lemak yang berasal dari energy hasil olahan insulin dalam merubah gula darah menjadi energy. Energy yang sudah diproduksi oleh insulin ini semestinya kita rubah menjadi energy gerak agar energy tersebut dapat keluar dari tubuh. Energy yang tidak terpakai inilah yang akan dirangsang oleh insulin menjadi lemak. tujuannya, suatu saat kita membutuhkan energy, maka lemak inilah yang menjadi cadangan energy. Dengan kata lain, semakin banyak anda mengkonsumsi gula tanpa melakukan aktifitas, maka semakin besar pula kemungkinan anda mengalami kelebihan berat badan karena energy yang dihasilkan terlalu banyak dan tidak digunakan.

Artikel Menarik Lainnya