10/08/2014

Cara menurunkan berat badan dengan diet sehat

Cara menurunkan berat badan dengan diet sehat


Tips Kesehatan – Diet merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi para remaja putri jaman sekarang. Pasalnya, setiap remaja putri jaman sekarang terlalu memikirkan berat badan yang dimilikinya. Mereka akan merasa terganggu jika berat badan yang diperolehnya melebihi batas kewajaran. Mereka beralasan, berat badan yang berlebih akan mempengaruhi penampilannya.

Mungkin bagi sebagian remaja putri tidak terlalu memikirkan persoalan mengenai berat badan dan diet. Tapi bagi yang lebih mengutamakan penampilan, hal ini akan menjadi bahasan rutin dari pagi sampai pagi lagi. 



Mengenai soal diet, perlu diluruskan kembali define diet. Diet merupakan sebuah program yang diberlakukan untuk tubuh kita. Program diet lebih menekankan pada asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Pengawasan ketat terhadap nutrisi apa saja yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan takarannya.

Yang dimaksud diet bukan untuk berhenti mengkonsumsi nasi atau mengurangi jatah makan kita dalam satu hari, misal biasanya makan 3 hari sekali karena sedang program diet makan hanya sekali dalam sehari. Jika seperti ini bukan diet yang kita peroleh, tapi penyiksaan terhadap tubuh kita sendiri.

Diet Sehat

Diet sehat adalah diet yang tetap memikirkan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus dipenuhi. Program diet yang sehat tetap memikirkan kecukupan vitamin dan mineral, protein yang tercukupi, karbohidrat yang cukup dan konsumsi serat alami secukupnya serta mengurangi konsumsi lemak yang berlebihan dalam menu makan harian.

Para dokter dan ahli gizi menganjurkan, dalam melakukan diet sehat haruslah seimbang. Diet seimbang disini adalah dengan membatasi masuknya makanan yang mengandung banyak energy dan tetap mempertahankan zat-zat gizi lainnya yang masuk ke tubuh agar tetap seimbang. Untuk membantu program diet anda, ada baiknya jika anda mengkonsultasikan menu makan anda kepada ahli gizi yang lebih memahami makanan apa saja yang cocok untuk melancarkan program diet yang sedang anda lakukan.

Makanan Yang Dapat Membantu Program Diet

Makanan untuk diet tentunya berbeda dengan makanan yang dikonsumsi bagi orang yang tidak menjalankan diet sehat. Program diet pasti tidak akan terlepas dari makanan. Pemilihan makanan yang tepat juga dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya program diet yang sedang dijalankan. Beberapa makanan dibawah ini adalah makanan yang cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalankan program diet sehat.
  • Bit
  • Kayu manis
  • Goji berry
  • Kubis
  • Apel
  • Kacang almond
  • Blueberry
  • Bayam
  • Kacang merah
  • Brokoli
  • Ubi
  • Salmon
  • Gandum
  • Kedelai

Cara Menurunkan Berat Badan

Akhir-akhir ini banyak sekali para penjual obat yang menawarkan obat pelangsing tubuh secara instan. Yang perlu anda pahami disini, sayangilah tubuh anda, tidak ada suatu hal yang instan di dunia ini. Jangan karena tergiur dengan hasil yang ditawarkan lantas anda menjadikan tubuh anda satu-satunya sebagai bahan percobaan.

Cara menurunkan berat badan sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun, dalam menurunkan berat badan dibutuhkan kesabaran agar memperoleh hasil yang maksimal. Cara umum yang dilakukan oleh banyak orang dalam menurunkan berat badan adalah dengan menjaga pola makan. Ingat, pola makan disini bukan mengurangi takaran atau bahkan mengurasi skala makan anda. Menjaga pola makan disini lebih ditekankan pada pengkontrolan nutrisi apa saja yang akan dimasukkan kedalam tubuh.

Setelah pola makan dapat rutin anda control dengan baik, selanjutnya lakukan olah raga secara rutin, berikan jadwal khusus bila perlu. Berolah raga secara teratur sangat dianjurkan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya tertimbun menjadi lemak jahat. Tujuan melakukan olah raga secara teratur disini lebih dikarenakan pada proses pembakaran lemak.

Akan terasa percuma jika anda sudah susah payah mengkontrol pola makan, tetapi makan yang masuk tidak digunakan untuk membentuk otot tubuh tapi hanya digunakan sebagai sarana pembuatan lemak baru. Dengan melakukan olahraga secara teratur pembakaran kalori akan semakin mudah. Jadi makanan yang masuk tidak akan tertimbun menjadi lemak, tetapi akan menjadi keringat yang menyehatkan tubuh.

Dalam tubuh, terdapat hormone yang penting insulin dan glucagon. Kedua hormone ini berfungsi untuk mengendalikan sel-sel lemak dalam tubuh yang membuat seseorang menjadi kelebihan berat badan. Kedua hormone sangat terpengaruh oleh gula darah dalam tubuh manusia.

Semakin banyak anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak glukosa secara otomatis gula darah anda juga akan meningkat. Meningkatnya gula darah dalam tubuh dapat memicu pelepasan insulin yang berlebihan dari pancreas. Insulin dalam tubuh memiliki peran sebagai pengikat gula darah agar gula darah dalam tubuh turun.

Cara kerja insulin dalam menurunkan gula darah adalah dengan cara membantu proses penyerapan  glukosa ke dalam sel-sel jaringan penyimpan lemak (Jaringan Adiposa). Glukosa yang sudah terikat kemudian akan dirubah menjadi gliserol yang berkombinasi dengan asam lemak. Kombinasi ini akan berubah menjadi trigliserida, trigliserida inilah yang sering kita sebut dengan kata lemak.

Jadi dapat kita simpulkan, jika anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, maka berat badan anda akan sangat dimungkinkan menjadi berlebih. Cara yang paling ampuh dalam mengubah lemak yang tertimbun dalam tubuh menjadi energy adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Karena tujuan melakukan olah raga tidak lain untuk melakukan pembakaran lemak yang tertimbun dalam tubuh. 

Artikel Menarik Lainnya