9/27/2014

Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Makanan yang dapat Meningkatkan Daya Ingat


Tips Kesehatan - Anugerah terindah yang dikaruniakan Tuhan kepada kita salah satunya adalah sebuah otak yang sehat dengan daya ingat yang tajam. Coba anda bayangkan jika otak anda sudah tidak mampu lagi untuk mengingat? Betapa sengsaranya hidup anda. Kenapa begitu? Karena anda akan melupakan orang yang anda sayangi dan orang-orang terbaik yang ada disekitar anda.

Mungkin ini terlalu berlebihan tapi bagi orang yang menderita Alzheimer hal itu bukanlah hal yang tidak mungkin. Hari ini mengingat kemudian besok harinya mereka sudah melupakan ingatannya hari ini. Untuk mengingatnya, mereka harus merekam ulang, atau yang lebih parah lagi, mereka harus memulainya dari nol lagi. Sungguh hal yang tidak pernah diingankan oleh setiap manusia. 

Kita sebagai manusia, dituntut untuk selalu menjaga apa saja yang sudah dikaruniakan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Hal ini sebagai tanda bahwa kita senantiasa bersyukur dengan apa yang telah dikaruniakan Tuhan kepada kita. 

Untuk menjaga agar daya ingat kita tetap terjaga, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Salah satunya dengan mengetahui bagaimana cara meningkatkan daya ingat. Jika tips-tips itu terlalu sulit dilakukan, cobalah lakukan dengan cara yang alami, mengkonsumsi makanan yang sehat misalkan.




Beberapa makanan yang dipercaya dapat menjaga atau bahkan memulihkan daya ingat kita diantaranya : 

Bayam

Kandungan asam folik yang terdapat pada bayam diyakini dapat meningkatkan atau bahkan memulihkan daya ingat seseorang. Nutrisi ini juga diyakini dapat mencegah seseorang agar tidak kehilangan ingatan yang dimilikinya karena factor usia atau karena pengaruh penyakit Alzheimer.

Bawang Merah

Bawang merah yang sering terdapat dalam setiap makanan ternyata juga memiliki khasiat untuk memulihkan daya ingat. Di india, selama berabad-abad orang disana meyakini bahwa bawang merah dapat memulihkan daya ingat yang sudah menurun. Kandungan anthocyanin dan quercetin inilah yang dipercaya dapat memulihkan daya ingat seseorang yang sudah melemah.

Terung

Sebuah berita menggembirakan bagi pecinta makanan yang diolah dari bahan dasar terung. Pasalnya terung juga salah satu makanan yang dapat memulihkan daya ingat seseorang. Dalam terung, mengandung sebuah senyawa nasunin, antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung lipid dalam membrane sel.

Minyak ikan

Mungkin inilah salah satu alasan kenapa orang jepang memiliki ingatan yang tajam dan mudah sekali dalam belajar. Kebiasaan mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak ikan membuat mereka semakin cerdas dan mudah sekali dalam mengingat. Dalam minyak ikan terdapat senyawa omega 3 yang berfungsi untuk menjaga saraf otak dan menjaga agar ingatan tetap terjaga.

Gandum

Kenapa makanan yang terbuat dari gandum dapat membantu seseorang dalam memulihkan daya ingat. Didalam gandum, terdapat vitamin B6 dan B12 yang dapat mempertahankan daya ingat seseorang. 

Kacang-kacangan

Mencari camilan yang memiliki segala yang baik untuk otak? Adalah camilan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Seperti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecan, biji labu, biji bunga matahari, dan jenis lain kacang atau benih yang bisa Anda pikirkan, baik untuk otak Anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E, dan vitamin B6. Semua nutrisi ini memungkinkan agan untuk berpikir lebih jernih. Mereka juga membantu agan berpikir lebih positif, karena Omega-3 dan Omega-6 fatty acid bekerja sebagai antidepresan alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga penuh tiamin dan magnesium, yang bagus untuk daya ingat, dan fungsi kognitif otak.

Kemampuannya dalam menerobos pembuluh darah yang paling sempit dan paling kecil untuk memberi makan jaringan yang kekurangan oksigen di otak, jantung dan bagian tubuh yang lainnya. Beberapa ahli menyarankan agar mengkonsumsi makanan yang satu ini bagi seseorang yang sedang mengalami pelemahan dalam mengingat / daya otak melemah. Secara umum, senyawa aktif ginkgo biloba terdiri atas dua kelompok utama, yaitu flavonoid dan terpene lactones, termasuk ginkgolides A, B, dan C, bilobalide, quercetin, dan kaempferol.Suplemen ginkgo biloba yang dijual di pasaran umumnya terdiri atas 24-32 persen flavonoid dan 6-12 persen terpenoid. Seperti vitamin E, ginkgo biloba dapat melumpuhkan radikal bebas yang sering merusak sel tubuh, terutama sel otak.

Ginkgo biloba diketahui manfaatnya dalam memacu produksi molekul ATP (adenosin trifosfat). Melimpahnya produksi ATP akan menggenjot metabolisme glukosa, yang merupakan bahan bakar bagi otak. Itulah sebabnya ginkgo mujarab meringankan stres, menahan datangnya lelah otak, dan menggiatkan daya pikir.

Dengan produksi ATP yang melejit, jaringan elektrik tubuh dipacu keaktifannya. Karena itu, ginkgo biloba dikatakan mampu meningkatkan nafsu seks. Ditambah lagi dengan aktivitasnya melonggarkan pembuluh darah, sehingga organ seks memperoleh pasokan energi lebih lancar.

Dr. Drieu dalam penelitiannya menemukan fungsi ginko biloba untuk meremajakan sel-sel otak, yaitu dengan cara memulihkan reseptor-reseptor di dalam otak serta meningkatkan serotonin yang umumnya mulai berkurang ketika proses penuaan berlangsung.

Mungkin daftar makanan diatas adalah beberapa makanan yang dapat anda gunakan sebagai sarana dalam membantu anda dalam memulihkan daya ingat yang sudah mulai melemah karena factor usia atau bahkan karena factor penyakit Alzheimer. 

Berbicara otak, adalah berbicara sesuatu hal yang vital. Jangan pernah malakukan percobaan jika anda tidak ingin menyesal dikemudian hari. Karena, sekali saja otak mengalami kerusakan untuk mengobatinya kita juga akan mengalami kesusahan. Meskipun bisa diobati, akan tetapi pemulihannya tidak akan mencapai angka 100%, eh, mencapai angka 85% saya rasa itu sangat sulit dilakukan. Biasanya orang selalu tergiur dengan iklan dari produk kesehatan atau obat herbal yang menawarkan kesembuhan secara instan dan permanen. Sekali kali jangan pernah anda telan mentah-mentah iklan semacam ini, orang yang menjual saja saya yakin tidak pernah mengkonsumsi obat yang dijualnya secara rutin dan teratur. Apalagi obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan yang tidak jelas asal usulnya dan kredibilatas dari perusahaan itu sendiri. Sayangilah tubuh anda sebagaimana anda menyayangi keluarga anda. Konsumsilah makanan yang berasal dari alam karena itulah obat yang terbaik untuk tubuh kita sendiri. Namun demikian, jangan pernah mengkonsusi sesuatu itu secara berlebihan, karena meskipun itu baik, jika dilakukan secara berlebihan juga berdampak buruk bagi tubuh kita. 

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat kita lakukan dalam upaya memulihkan daya ingat. Namun, pembahasan kali ini saya cukupkan dari segi makanan sehat. Karena apa yang kita makan berdampak langsung dengan kesehatan tubuh yang kita miliki. Jadi, jagalah anugerah tuhan yang paling indah ini dengan mengkonsumsi makanan yang juga baik-baik, hasil usaha sendiri jangan hasil korupsi atau mencuri karena hal itu akan membuat makanan yang baik akan menjadi buruk saat dikonsumsi oleh tubuh hehe

Semoga tulisan ini benar benar bermaanfaat bagi anda yang ingin meningkatkan daya ingat anda ,, selamat beraktifitas ^_^
Loading...

Artikel Menarik Lainnya