12/07/2011

Beberapa Manfaat Berjalan Kaki

Firdaus45.com - Dijaman modern saat ini, sudah jarang sekali dijumpai pejalan kaki terutama di kota - kota besar. Pada umumnya mereka menggunakan kendaraan untuk mempersingkat dan mempercepat waktu tempuh saat menuju kantor. Hal ini jelas berbeda dengan kota - kota besar yang ada di negara Jepang, China, Korea dimana orang-orang disana masih membudayakan berjalan kaki.

Padahal, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari berjalan kaki. Beberapa manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh kita diantaranya

  1. Memperkuat jantung pria. Dalam sebuah penelitian, tingkat kematian pada pria pensiun yang berjalan kaki kurang dari 1 mil per hari dua kali lebih banyak dibanding mereka yang menempuh jarak 2 mil per hari.
  2. Baik untuk otak. Dalam studi tentang jalan kaki ditemukan, wanita yang berjalan 1,5 jam per minggu memiliki fungsi kerja organ kepala yang lebih baik daripada mereka yang hanya berjalan 40 menit per minggu.
  3. Memperpanjang umur. Sebuah studi yang meneliti 8000 pria menemukan bahwa berjalan minimal 3 km setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Risiko kematian akibat kanker juga ditemukan lebih rendah. Jadi biasakanlah berjalan kaki agar panjang umur.
  4. Mengurangi gejala depresi. Jalan kaki selama 30 menit, 3-5 kali per minggu selama 12 minggu, mengurangi gejala depresi.
  5. Baik untuk tulang. Riset memperlihatkan bahwa wanita menopause yang berjalan kurang lebih 1 mil per hari memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang sedikit berjalan kaki, dan jalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.
  6. Mencegah disfungsi ereksi. Memiliki kebiasaan berjalan kaki minimal 3 km setiap harinya dipercaya mampu mengurangi risiko impotensi pada pria. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association dan efeknya akan lebih berpengaruh pada pria setengah baya dan pria diabetes

    Dan masih banyak lagi manfaat yang akan kita peroleh. Semoga bermanfaat ^_^
    Loading...

    Artikel Menarik Lainnya