11/12/2017

Tips Untuk Anda dalam Menghadapi Morning Sickness

Morning Sickness - healthymummy.com

Firdaus45.com - Menghadapi Morning Sickness | Mengalami kehamilan merupakan suatu hal yang istimewa, namun bila setiap pagi harus berhadapan dengan rasa mual, tentu akan membuat ibu hamil merasa lelah.

Menurut Dr. Marjorie Greenfield, ob-gyn dan penulis The Working Woman's Pregnancy Book, setidaknya 70% dari wanita hamil mengalami mual atau morning sickness dan sekitar 50% mengalami muntah-muntah. Morning sickness dapat dimulai sejak enam minggu kehamilan dan cenderung mencapai puncak sekitar minggu kedelapan dan sembilan, menurut Greenfield. Meskipun pada umumnya morning sickness akan menghilang dengan sendirinya setelah 12 sampai 14 minggu.

Anda mengalaminya? Bila iya, simak 15 tips berikut ini untuk menghadapi morning sickness Anda.

1. Ambil Cuti Kerja dan Pergilah Berlibur Agar Suasana Hati Tenang dan Nyaman
Biarkan tubuh anda beristirahat dari pekerjaan yang mungkin berat anda lakukan saat hamil. Biarkan tubuh Anda menumbuhkembangkan bayi yang ada di dalam kandungan. 

Greenfield menyarankan agar para ibu hamil untuk pergi liburan di awal kehamilan (trimester pertama) dimana morning sickness lebih sering berkunjung. Dengan melakukan liburan, itu akan membantu anda menyembuhkan kebugaran tubuh juga mental anda.

2. Hiruplah aroma-aroma yang menyegarkan dan membuat anda merasa nyaman
Morning sickness biasanya dipengaruhi oleh aroma yang anda hirup, karena ada sebagian ibu hamil yang merasa lebih peka terhadap aroma. Oleh karena itu, ada baiknya bila anda menhindari aroma-aroma yang memang tidak anda suka pada saat awal kehamilan. Gantilah dengan aroma-aroma yang membuat anda nyaman ketika menghirupnya. 

Bila perlu, bawalah ekstrak lemon atau rose marry ke dalam tas anda. Jadi anda bisa menghirupnya kapan saja ketik anda mulai merasa tidak nyaman dengan aroma lingkungan sekitar.

3. Ungkapkanlah Semua keluan Anda kepada pasangan.
Pasangan Anda mungkin tidak tahu apa yang sedang Anda rasakan. Mungkin parfum atau sabun mandi yang pasangan Anda gunakan menimbulkan aroma yang kurang anda suka walaupun dulu sebelum hamil anda tidak masalah. 
Bicarakanlah semuanya yang menjadi keluhan Anda agar pasangan menjadi lebih mengerti mengenai peruban-perubahan kecil yang terjadi pada Anda selama kehamilan.

4. Lacak Semua yang menjadi penyebab mual
Selama kehamilan, mual memang seringkali datang dan pergi begitu saja tanpa seizin kita. Oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui kapan dan mengapa anda mulai merasa mual.

Bila Anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab anda mual, maka segeralah cari solusi, misalnya dengan aroma wangi, berlibur, beristirahat dan lainnya

5. Jaga asupan cairan dalam tubuh
Menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh merupakan salah satu menghindari mual pada awal kehamilan. Menurut Greenfield semakin Anda dehidrasi, maka anda semakin merasa mual. 

Untuk itu tetaplah jaga kebutuhan cairan Anda, setidaknya 8 gelas dalam sehari. Jangan ngemil makanan yang terlalu asin, karena makanan asin seperti keripik, keju dan sejenisnya akan membuat anda mudah merasakan haus.

6. Konsumsilah makanan yang benar-benar bermanfaat dan tidak membuat Anda mual
Selama hamil, memang disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang benar-benar bermanfaat, baik bagi janin Anda dan juga kesehatan Anda.

Pemberian asupan yang kaya nutrisi merupakan salah satu cara mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan. Oleh karena itu pilihlah beberapa makanan yang memiliki manfaat tinggi.

Namun, ada kalanya seorang wanita yang tengah hamil mudah merasa aneh dengan jenis makanan tertentu, padahal sebelumnya tidak bermasalah dengan jenis makanan tersebut. Maka, hindarilah beberapa jenis makanan tersebut agar tidak memicu mual dan gantilah dengan makanan lain namun yang memiliki kandungan gizi yang sama atau bahkan lebih bagus.

7. Makanlah sedikit tapi sering
Wanita hamil sebenarnya akan lebih mudah merasa lapar, oleh karenanya ngemil bisa dibilang keharusan agar ibu hamil tidak mudah lelah.

Ketika bangun tidur, lambung masih terasa kosong, hal ini yang sebenarnya membuat anda merasa mual. Oleh karena itu, biasakan untuk memakan beberapa cemilan ringan pada saat bangung tidur agar perut tidak kosong. Jangan terlalu kenyan dan usahakan agar perut selalu merasa kenyang, ini merupakan salah satu cara untuk melawan morning sickness yang seringkali melanda wanita hamil

Mengkonsumsi beberapa cemilan ringan yang sehat pada saat bangun tidur juga dapat menjaga gula darah anda selama kehamilan.

8. Buatlah Minuman ringan dengan campuran jahe
Sudah sejak lama jahe dikenal sebagai obat alami dalam mengatasi sakit perul atau mual.

Bila anda tidak terbiasa minum minuman jahe, anda bisa menggantinya dengan permen jahe atau minuman jahe yang dicampur dengan teh

9. Jangan terlalu lama memandangi layar komputer
Bagi kamu yang terbiasa bermain-main dengan layar komputer selama hamil, usahakan agar tidak terlalu lama melihat layar komputer.

Layar yang terlalu cerah dan terlalu lama memandanginya akan membuat kepala terasa pusing dan ini akan memicu anda mengalami morning sickness.

Sumber: parents.com

0 komentar

Post a Comment