11/06/2017

Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama Kehamilan

Perkembangan Janin pada Trimester Pertama Kehamilan - Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri. Bila wanita telah mendapai tanda kehamilan, rasa bahagia akan selalu terpancar dari wajahnya.

Bila tanda kehamilan sudah didapati, hal yang selalu menjadi perhatiannya adalah perkembangan janin yang ada di dalam perutnya. Setiap ibu hamil pasti akan selalu antusias melihat perkembangan janin yang sedang dikandungnya.

Segala daya dan upaya pasti akan mereka lakukan agar janin di dalam kandungan tetap sehat. Buat anda yang penasaran, berikut ini adalah gambaran perkembangan janin dari minggu ke minggu pada trimester pertama masa kehamilan. Baca perlahan-lahan agar anda makin mencintai janin dan Allah dengan segala keagungan-Nya.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu pada trimester pertama kehamilan


Minggu 1 dan 2 Kehamilan 
Pada minggu pertama dan kedua ini tidak ada foto untuk perkembangan janin Anda. Pada minggu 1 dan 2, proses terjadinya kehamilan sedang berlangsung. Dimulai dari sel telur yang sudah siap dibuahi, pertemuan sel sperma dengan sel telur dan kemudian bersama-sama menuju rahim. 

Bila sel telur yang telah sampai rahim tidak mendapati sel sperma membuahi dirinya, maka rahim akan mengeluarkan sel telur beserta selaputnya keluar rahim. Keluarnya sel telur dari rahim inilah yang kemudian disebut dengan istilah menstruasi atau haid.

Minggu ke 3 kehamilan 
Pada minggu ke 3, merupakan awal dari kehamilan anda benar-benar dimulai. Setelah sperma dan sel telur bertemu dan akhirnya bersama-sama menuju rahim. Pada minggu ini, sel mulai membelah dengan cepat sehingga pada minggu depan atau minggu ke 4, anda sudah mulai dapat melihat janin anda melalui USG.

Minggu ke 4 kehamilan
Perkembangan janin pada minggu ke 4 kehamilan

Pada minggu ke 4, tes kehamilan akan selalu menunjukkan hasil positif karena pada minggu ini hasil pembuahan mulai memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin – HCG), sehingga apabila Anda melakukan test kehamilan, hasilnya positif.

Meskipun telah dinyatakan hamil akan tetapi ukuran janin belum dapat diketahui secara pasti. Bagi Anda yang melihat hasil USG mungkin merasa bingung mana janin Anda yang sebenarnya. Karena hasil USG hanya menunjukkan satu titik hitam. Titik hitam atau kantung kecil itu adalah sejenis kepompong bayi yang disebut kantung kehamilan.

Pada minggu ini, sel-sel yang ada di dalam kantung kehamilan tersebut akan memulai perannya masing-masing. Beberapa sel akan menjadi plasenta, membentuk kantung amnion (air ketuban). Sel lainnya ditakdirkan nantinya untuk membentuk segala sesuatu mulai dari bulu mata halus hingga otot dan kulit. Tapi itu masih jauh sekali.

Minggu ke 5 Kehamilan
Perkembangan janin usia 5 minggu

Pada minggu ke 5, ukuran janin berkisar antara 1/18 sampai 1/16 inci (kira-kira ukuran titik pena).

Pada minggu ini akan terbentuk 3 lapisan yang nantinya kan membentuk bagian-bagian dari organ tubuh janin.

3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm.

Ectoderm merupakan lapisan paling atas yang nantinya akan membentuk system saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut.

Lapisan Mesoderm berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung janin, pinggang, tulang dan organ reproduktif.

Lapisan Endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing.

Jika Anda melihat pada gambar USG kehamilan minggu ke 5, terlihat area gelap itu adalah cairan yang mengisi kantung kehamilan. Nantinya, kantung ini akan berisi cairan amnion (air ketuban).

Lingkaran putih di dalam cairan disebut kantung kuning telur. Sebelum plasenta terbentuk sepenuhnya, kantung kuning telur berperan dalam menyediakan semua nutrisi yang diperlukan janin untuk tumbuh dengan sehat.

Berdekatan dengan kantung kuning telur, tanda + kecil menunjukkan embrio yang sangat awal. Sang sonografer mengukur panjang embrio (mahkota-pantat panjang atau CRL) untuk mengkonfirmasi atau merevisi tanggal jatuh tempo yang diperkirakan dari LMP Anda, atau untuk mengevaluasi pertumbuhan embrio.

Minggu ke 6 kehamilan

Pada minggu ke 6 kehamilan ukuran janin sudah berkisar 1/6 sampai 1/4 inci.

Pada minggu ke 6 ini posisi janin sudah dapat terlihat seperti huruf C berurutan Kepala, kaki, dan tali pusat terbentuk.

Pada minggu ini, denyut atau detak jantung sudah dapat diukur darena adanya aktivitas jantung memompa darah.

Pada gambar USG 3D terlihat embrio yang sedang berkembang.

Kepala muncul di sisi kanan atas gambar. Kuncup kecil bisa dilihat dimana lengan dan kaki akhirnya akan berkembang.

Apa yang Anda Lihat: Di sini, ahli nifas menunjukkan detak jantung bayi yang sedang berkembang. Bagian atas gambar menunjukkan penempatan alat ukur pada mesin USG yang disebut M-mode melalui gambar jantung pemukulan. Alat ini menunjukkan pergerakan dari waktu ke waktu, yang ditampilkan di bagian bawah gambar. Gambar di bagian bawah menunjukkan bagaimana denyut jantung bayi dihitung. 

Minggu ke 7 kehamilan

Ukuran Janin: 1/4 sampai 1/3 inci panjangnya, atau sekitar kuku jari kelingking Anda.

Pada minggu ke 7 kehamilan ini, kepala janin mulai tumbuh lebih besar, dan struktur yang akan membentuk otak bisa dikenali. Lubang hidung dan lensa mata berkembang.

Selama minggu pertama trimester pertama, Anda dapat melihat calon bayi berkembang dalam gelembung di dalam kantung kehamilan. Gelembung di sekitar embrio adalah rongga ketuban yang penuh dengan cairan amnion. Lingkungan cair ini memberi ruang bayi Anda tumbuh dan berkembang dan bergerak. Cairan ketuban juga melindungi bayi Anda dari tekanan eksternal di perut. Daerah hitam di dalam kepala adalah bagian dari tabung saraf yang berkembang.

Minggu ke 8 kehamilan
Ukuran Janin: Panjang, 0,6 inci; berat badan, 0,04 ons.

Pada minggu ke 8 ini, bagian tangan dan kaki janin sedang berkembang. Jari-jari sudah mulai terbentuk akan tetapi masih menyatu.

Siku dan telinga mulai terbentuk. Tubuh, lengan dan kaki bayi menjadi lebih panjang. Gerakan kecil tersendat (terlihat pada sonogram).

Dalam gambar ini, embrio terbaring telentang dengan kepala di sebelah kanan layar. Dalam bentuk c yang sekarang dikenal, Anda dapat melihat bahwa kepala calon bayi menjadi lebih besar selama bagian trimester pertama ini untuk mengakomodasi otaknya yang sedang tumbuh. Otaknya dibagi menjadi tiga bagian utama: otak depan, otak tengah dan otak belakang. Seperti pada minggu sebelumnya, hindbrain dapat dilihat sebagai area gelap di bagian belakang kepala embrio.

Minggu 9 Kehamilan
 Ukuran Janin: Panjang, hampir 3/4 inci; berat, 2 gram

Wajah seperti kelopak mata dan telinga terus berkembang. Dahi bayi besar, dan dagu terbelakang. Jari kaki bayi disatukan.

Embrio muncul di bagian bawah gambar dengan kepala di sebelah kiri. Lengan dan tungkai tidak terlihat dari sudut ini, tapi tali pusar dapat terlihat membentang dari perut bayi saat menuju ke plasenta. Sang sonografer telah menandai panjang mahkota mahkota (CRL) embrio, yang akan membantu mengkonfirmasi atau merevisi tanggal jatuh tempo yang diperkirakan dari LMP. Cairan amnion (area gelap) mengelilingi bayi yang sedang berkembang.

Gambar ini memberi Anda sedikit gambaran tentang interaksi antara ibu dan bayi selama trimester pertama. Embrio terbaring telentang dengan kepala di sisi kanan. Hatinya adalah daerah yang biru. Tali pusar membentang dari perut bayi yang sedang tumbuh ke plasenta, dan warna merah dan biru di dalam kabelnya mewakili darah yang masuk ke dan dari plasenta, di mana ia mengambil oksigen dan nutrisi.

Minggu 10 Kehamilan
Ukuran Janin: Panjang, 1,22 inci; berat, 0,14 ons

Kelopak mata berkembang, dan telinga bayi terbentuk sepenuhnya (namun belum dalam posisi). Leher terbentuk. Jari-jari tangan dan kaki menjadi lebih jelas.

Anda dapat melihat dalam gambar ini bahwa calon bayi Anda terlihat lebih dan lebih seperti bayi yang baru lahir. Lengan dan kakinya terlihat, dan profil yang bisa dikenali bisa dilihat. Daerah putih terang di profil adalah tulang wajah.

Pada minggu ke 10 kehamilan, bentuk rudimenter dari semua organ hadir, dan tulang rawan mulai mengeras dan berubah menjadi tulang.

Pada akhir minggu ini, embrio Anda menjadi janin.

Seperti yang dapat Anda lihat pada citra 3-D bayi Anda yang sedang berkembang ini menunjukkan bagaimana manusia terlihat pada usia dini ini. Perhatikan bahwa terselip dalam bentuk c, dengan kepala ke arah perutnya dan lengan dan kakinya menonjol keluar. Tali pusar terlihat dari perut bayi ke plasenta.

Minggu 11 Kehamilan
Ukuran Janin: Panjang, 1,61 inci; berat badan, 0,25 ons.

Pada minggu ini, leher sedang berkembang. Fitur wajah menjadi lebih jelas. Telinga bayi bergerak lebih tinggi di kepala. Jari tangan dan kaki sekarang terlihat pada ultrasound. Alat kelamin bayi terbentuk tapi tidak terlihat dengan ultrasound.

Baby berbaring telentang dengan kepala di sisi kiri gambar dan kakinya mengarah ke atas. Dari gambar ini, Anda bisa melihat bahwa lehernya tumbuh, memisahkan kepalanya yang besar dari bagian tubuhnya yang lain.

Kepalanya masih membentuk lebih dari 50% ukuran tubuhnya, yang normal. Tulang wajah kembali terlihat sebagai area putih cerah di profil.

Dalam gambar 3-D ini, perhatikan bahwa fitur wajah Baby yang halus lebih terlihat. Otot dan tulang terbentuk di lengan dan kaki bayi. Bayi itu telah memasukkan tali pusar di atas satu bahu. Tampak dekat juga mengungkap jari dan jari kaki mungil. Jika gambar itu hidup, Anda akan bisa melihat gerakan tersentak bayi yang sedang berkembang.

Minggu 12 Kehamilan
Ukuran Janin: Panjang, mahkota 2,13 inci sampai pantat; berat badan, 0,49 ons.

Kuku dan kuku kaki mulai terbentuk. Genitalia terus berkembang juga, meski tidak terlihat pada ultrasound. Ginjal mulai berfungsi. Dan bayi mungkin mengisap jempolnya!

Dengan melihat hasil gambar USG bayi di profil dan kepala di sisi kanan, Anda dapat melihat bahwa profil wajah menjadi lebih dan lebih seperti yang Anda harapkan dapat Anda lihat pada bayi yang baru lahir. Bayi yang sedang berkembang memiliki satu tangan di depan wajah seolah-olah dia melindungi matanya.

Minggu ke 13 kehamilan
Ukuran Janin: Panjang, hampir 3 inci mahkota untuk pantat; berat, hampir 1 ons.

Pada minggu terakhir trimester pertama, Ginjal dan saluran kemih berfungsi. Sidik jari bayi telah terbentuk dan dia terus menghisap jempolnya. Kuncup gigi sekarang berkembang.

Cobat anda perhatikan gambar usg tersebut, calon bayi berbaring dengan pantatnya di sisi kiri gambar dan kepalanya ke kanan. (Meskipun janin disebut sebagai "dia" di sini, ahli nifas mungkin atau mungkin tidak dapat mengidentifikasi jenis kelamin bayi pada saat ini) Kakinya terlihat jelas terangkat, lutut ditekuk. Garis di tengah profil adalah ukuran sonographer dari mahkota mahkota (CRL). Dengan pengukuran ini, sang sonografer mampu menentukan usia bayi Anda.

0 komentar

Post a Comment