11/08/2017

Inilah Jenis Makanan yang Dapat Menyembuhkan Panas (Demam) Si Kecil, Bunda Perlu Mencobanya

Firdaus45.com - Pada umumnya, obat penurun panas adalah pilihan utama bagi para ibu ketika mendapati si kecil sedang terkena demam. Padahal, tanpa obat penurun panas, demam bayi dapat mereda ketika si kecil mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang daplat menurunkan demam.

Demam yang mendera si kecil dapat membuat mereka kehilangan keceriaan mereka beberapa waktu, terkadang juga membuat mereka harus melewatkan kegiatan belajarnya di sekolah. Tentu ini akan merugikan bagi si kecil, karena sakit juga dapat menghambat tumbuh kembang si kecil.


Meskipun begitu, obat bukanlah menjadi pilihan terakhir dalam meredakan demam, karena disini ada beberapa jenis makanan yang telah kami himpun dapat meredakan demam bayi.  

Berikut ini adalah beberapa makanan super yang terbukti dapat mengurangi flu, batuk, sakit kepala dan demam:

1. Sup Ayam
sup ayam untuk redakan panas bayi
Sup Ayam untuk Redakan Demam Si Kecil - prokal.co

Dari hasil sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Therapeutics, mengatakan bahwa sup ayam memiliki kemampuan untuk menolong system imun tubuh kita untuk melawan gejala flu. 

Senyawa Carnosine yang ditemukan pada dada ayam dan kaldu berguna untuk membantu tubuh menghambat peradangan oksida nitra. Oksida nitra ini biasanya datang bersamaan dengan gejala flu yang menyerang si kecil. 

Penelitian lain dari double blind juga mengatakan bahwa uap sup ayam yang terkena aliran udara dan lendir di hidung pasien, dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

2. Madu
manfaat madu untuk meredakan panas anak
Para peneliti mengatakan madu dapat menjadi salah satu obat alami yang terbaik untuk mengobati batuk di malam hari. Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang memakan 2 sendok the madu 30 menit sebelum tidur frekuensi dan tingkat parahnya batuk pada malam hari mereka berkurang dan mereka dapat tidur dengan lebih baik sepanjang malam dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.


Dan penelitian dari double blind oleh peneliti Iran menemukan bahwa kombinasi antara madu dan kopi menjadi lebih efektif daripada obat steroid dan palesbo untuk menghilangkan gejala pada orang dewasa yang menderita batuk secara terus-menerus selama 3 minggu.

3. Kacang Almond Beserta Kulitnya

Segenggam almond ternyata memiliki kemampuan pencegahan yang baik dan terapi untuk penyakit pilek, dengan memakannya sekaligus. Sebuah penelitian dalam jurnal Microbiology Letters menemukan bahwa senyawa polifenol yang ditemukan pada kulit almod dapat meningkatkan sensitivitas sel-sel darah putih yang dikenal sebagai Sel T Helper yang dapat membantu dalam perlawanan virus.

Selain itu, kacang Almond juga memiliki kemampuan seperti vaksin alami yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh .

4. Tiram
Kerang Tiram - pakrudi.com
Banyak penelitian yang sudah dilakuikan dalam mengukur efek seng di dalam gejala demam dengan hasil penelitian yang beragam. Namun hasil yang paling terbaru yang diterbitkan di dalam The Cochrane Library menyimpulkan bahwa memenuhi mineral khususnya dalam beberapa hari mengalami gejala kemungkinan dapat mengurangi tingkat parah dan lamanya sakit.

Misalnya dalam satu penelitian yang dilakukan oleh double-blind , pasien yang mengkonsumsi zinc pada setiap beberapa jam memperlihatkan gejala-gejala yang mulai menghilang tiga hari lebih awal daripada pasien yang diberikan dengan placebo. Cobalah ambil beberapa tiram, tiram adalah sumber alami zinc terbaik.

5. Kiwi
manfaat buah kiwi untuk turunkan panas anak, cara turunkan demam anak dengan buah kiwi
 Buah Kiwi - tribunnews.com

Penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition menyarankan untuk mengemil buah kiwi dapat membantu mengurangi gejala demam dan bahkan mempercepat penyembuhan. Penelitian yang mengambil sebanyak 132 orang dewasa dan menempatkan setengahnya dalam diet yang termasuk mengkonsumsi empat buah kiwi dan dua buah pisang perhari.

Mereka yang memakan kiwi memiliki sakit tenggrokkan sembuh selama tiga hari lebih awal dan sakit kepala yang sembuh hanya dalam hampir empat hari lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang hanya memakan pisang.

Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa kandungan di dalam buah kiwi emas dapat meningkatkan konsentrasi dalam peningkatan eritrosit yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam sel darah merah.

Itulah beberapa jenis makanan yang terbukti dapat meredakan demam ataupun panas bayi. Jangan lupa dicoba ya Bun?

Baca juga: Bolehkah Memandikan Bayi Saat Demam?

Tetap selalu waspada bila demam atau panas bayi tidak segera turun dalam 2-3 hari ke depan. Atau bila suhu badan si kecil mendadak meningkat secara drastis, segeralah bawa ke dokter untuk penanganan medis.

0 komentar

Post a Comment