11/14/2017

Inilah Fakta yang Perlu Remaja Ketahui Saat Menstruasi (Menarche) Petamanya


Firdaus45.com - Fakta Seputar Menstruasi Pertama | Setiap remaja mungkin akan memiliki perbedaan kapan mereka pertama kali merasakan menstruasi. Namun yang jelas, setiap wanita pasti akan mengalami menstruasi, meskipun waktunya berbeda-beda. Menstruasi pertama seorang gadis akan diperoleh ketika beberapa tanda atau gejala sudah mulai dirasakan, seperti 
  1. Perubahan payudara
  2. Tumbuhnya bulu pada area tertentu
  3. Adanya bercak noda pada celana dalam
Baca selengkapnya: Tanda Haid Pertama Pada Remaja

Itu adalah beberapa tanda bahwa menstruasi pertama akan segera datang, bila tanda itu sudah muncul maka si gadis harus mengetahui apa saja persiapan yang harus dilakukan dalam menghadapi menstruasi pertama. (Baca: Hal yang wajib dilakukan ketika haid pertama berkunjung)

Menstruasi yang baru pertama kali dirasakan oleh wanita disebut dengan istilah menarche. Bila seorang gadis sudah mengalami menarche, itulah tanda bahwa gadis tersebut sudah memasuki usia puber.

Berikut ini adalah beberapa fakta seputar menarche yang harus diketahui oleh setiap gadis. 

1. Waktu Menstruasi
Normalnya, menstruasi pertama terjadi pada usia 11-14 tahun, namun ada sebagian gadis yang mengalami menstruasi pada usia 9 tahun, ada juga yang mengalaminya ketika usia 20 tahun.

Perbedaan waktu dalam mengalami menstruasi pertama setiap gadis ini adalah permasalahan yang normal terjadi. Banyak faktor yang menjadi penyebab perbedaan menstruasi pertama pada setiap gadis. Beberapa faktor diantaranya yaitu, pola makan, stress, dan aktivitas fisik. 

Jadi kamu tidak perlu merasa bahwa ada yang tidak normal pada diri kamu bila lebih awal atau lebih akhir mengalami menstruasi dibanding teman-teman sebayamu. Karena itu adalah hal wajar saja terjadi. Hal yang harus kamu ketahui adalah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya menstruasi pertama.

2. Faktor yang mempengaruhi menstruasi pertama
Beberapa faktor, seperti faktor lingkungan dan sosial, bisa memengaruhi terjadinya menarche dini, seperti:
  1. Anak perempuan yang obesitas dan kurang melakukan olahraga
  2. Ketegangan atau stres yang berasal dari keluarga
  3. Anak perempuan yang lahir dengan berat badan rendah
  4. Anak perempuan yang sudah mengenal rokok
  5. Ibu yang mengalami preeklampsia saat kehamilan anaknya tersebut

Selain itu, beberapa faktor dibawah ini juga dapat mempengaruhi menarche yang terlambat bagi sebagian wanita. 
  1. Kadar lemak tubuh berada di bawah 15-22% dari total berat badan. Tidak saja memengaruhi menarche yang lebih lambat, kadar lemak tubuh yang sangat rendah juga dapat memengaruhi lonjakan pertumbuhan (growth spurt).
  2. Anak perempuan dengan diabetes mellitus tipe 1

3. Hal yang terjadi pada saat menstruasi pertama
Ketika menstruasi pertama baru menghampiri, seorang anak gadis mungkin akan merasa tegang dan lebih emosional sehingga mereka lebih mudah marah ataupun menangis. Perubahan emosi pada setiap gadis ini terjadi tanpa ada alasan yang jelas.

Bagi sebagian wanita, menstruasi pertama yang berkunjung mungkin akan membuat berat badannya menurun, perut merasa kembung, kram pada bagian pertu, punggung, atau kaki. Payudara juga akan terasa menjadi lebih lembut. Hal ini biasanya disebut dengan premenstrual syndrome (PMS).

Baca juga: Mengatasi Perut Kembung Saat Haid

Beberapa bulan sebelum menarche, anak perempuan juga biasanya mengalami keputihan. Hal ini adalah normal terjadi sebagai persiapan untuk terjadinya menarche. Kemudian, pada saat sistem reproduksi anak perempuan sudah matang, Anda akan mengalami menarche.

Pada saat menarche, anak perempuan akan menemukan darah di celana dalamnya. Darah ini keluar dari v4gina. Darah ini berwarna kecoklatan dan baru keluar dalam jumlah sedikit pada beberapa hari pertama menarche, kemudian akan berubah menjadi merah dan jumlahnya bertambah banyak pada hari-hari berikutnya. Pada saat ini, anak perempuan harus memakai pembalut untuk membantu menampung darah yang keluar.

Pada periode pertama, biasanya menarche atau menstruasi terjadi secara tidak teratur. Menstruasi akan mulai teratur memasuki tahun kedua. Pada menstruasi yang terjadi di tahun-tahun awal juga biasanya lebih lama berlangsung dan lebih banyak.

Baca juga: Cara mengatasi telat haid

Periode menarche atau menstruasi biasanya akan berlangsung selama 3-7 hari setiap bulannya. Namun, jangan khawatir, menstruasi setiap bulan tidak akan menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Anda sudah dapat DIHAMILI (Jadi berhati-hatilah dengan laki-laki hidung belang) 
Ya, menarche juga berarti anak perempuan sudah bisa hamil jika sudah melakukan hubungan seksual. Jika ada yang bilang bahwa melakukan hubungan seksual pertama kali tidak akan menyebabkan kehamilan, maka ini salah. Hamil tidak berhubungan dengan sudah berapa kali Anda melakukan hubungan seksual. Hamil bisa terjadi saat sel telur dari perempuan dilepaskan oleh ovarium bertemu dengan sperma dari laki-laki. Jika Anda berhubungan seksual mendekati waktu sel telur dilepaskan, maka kemungkinan hamil bisa terjadi.

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa anak perempuan yang baru mendapat menarche belum bisa hamil karena tubuhnya belum siap untuk hamil. Anggapan ini salah besar! Berapa pun usia anak perempuan, 11 tahun, 12 tahun, 13 tahun, lebih muda, atau lebih tua dari ini, jika ia sudah mendapatkan menarche, maka ia sudah bisa untuk hamil, walaupun tubuhnya belum cukup matang untuk hamil. Anak perempuan yang sudah menarche, setiap bulan ia akan melepaskan sel telur, yang jika bertemu dengan sperma maka kehamilan bisa terjadi, dan jika sel telur ini tidak dibuahi oleh sperma, maka menstruasilah yang akan terjadi.

Semoga dapat bermanfaat buat kalian para gadis yang mungkin sedang menunggu menstruasi pertamanya atau yang sedang mencari-cari informasi seputar menstruasi pertama. Tetap jaga diri dan kesucian anda, jangan biarkan burung kutilang bernyanyi pada daearah kewanitaan anda yang suci itu. Tetap jaga lapisan tipis supaya tidak robek sampai nanti kamu menikah nanti.

0 komentar

Post a Comment