11/05/2017

Bolehkah Memandikan Bayi Saat Sedang Demam?

Firdaus45.com - Demam atau panas merupakan kondisi yang seringkali dialami oleh bayi usia 0-12 bulan. Demam yang dialami bayi merupakan suatu tanda bahwa bayi anda sedang melawan infeksi yang menyerang tubuh. 

Ini merupakan suatu kondisi yang wajar dan normal terjadi, karena bisa jadi bahaya bila sedang terkena infeksi namun tidak terjadi reaksi apapun, seperti panas. Untuk itu penting bagi ibu mengenali panas bayi yang sedang dialami.

Meskipun demam merupakan respon pembentukan imun tubuh, namun tetap saja, orangtua sangat khawatir saat mengetahui bayinya terserang demam.

bayi demam, memandikan bayi, menurunkan panas bayi
 Bayi demam - vemale.com

Saat bayi sedang demam ataupun panas, memang dibutuhkan penanganan khusus agar panas bayi dapat segera reda. Hal yang dapat dilakukan seorang ibu untuk meredakan demam salah satunya adalah dengan memandikan si kecil menggunakan air hangat.

Apakah boleh, bayi mandi saat sedang demam? 
Apakah benar madi dapat menurunkan demam?

Tidak ada yang melarang memandikan bayi saat demam. Bahkan para ahli terdahulu merekomendasikan agar bayi mandi saat demam. Namun begitu, tidak lagi untuk sekarang. Jika diperlukan, bayi demam boleh saja dimandikan dan boleh saja tidak dimandikan.

Bila ingin memandikan bayi saat demam, selalu gunakanlah air hangat, karena bila anda menggunakan air dingin, itu akan membuat bayi anda menggigil karena kedinginan. Gunakanlah air yang tidak terlalu panas dan segeralah berikan asi setelah selesai mandi agar si kecil tetap berada dalam kondisi hangat. 

Bila ternyata bayi tetap menggigil saat dimandikan menggunakan air hangat, segeralah angkat si kecil dari bak mandi dan berikan si kecil pakaian hangat. 

Meskipun menggunakan air hangat, jangan biarkan si kecil sampai menggigil dan kulit tangan mengerut. Menggigil hanya akan meningkatkan suhu tubuh bayi bukan membantu menurunkan suhunya. Atau, Anda juga bisa memandikan bayi dengan cara hanya membasuhnya dengan waslap yang telah dicelupkan air hangat. Cara ini mungkin lebih aman dilakukan.

Apakah mandi dapat menurunkan demam pada bayi?

Bila orang jaman dulu beranggapan bahwa memandikan bayi saat sedang demam dapat menurunkan panas bayi, namun ternyata cara semacam ini bukanlah cara terbaik dalam menurunkan panas atau demam bayi. 

Karena meskipun menggunakan air hangat, bayi tetap berpotensi menggigil dan itu akan membuat suhu tubuh bayi makin meningkat.

Bila memaksa ingin memandikan bayi, ada baiknya sebelum memandikan si kecil, berikan obat penurun panas terlebih dalu baru kemudian dimandikan dengan air hangat. Pilihan obat penurun panas banyak macamnya, misalnya paracetamol atau ibuprofen. Akan tetapi, anda konsultasikan dahulu atau bertanya pada dokter berapa dosis yang harus diberikan kepada si kecil sesuai dengan usia dan berat badan si kecil.

Setelah diberikan obat penurun panas, bayi Anda mungkin tidak akan menggigil setelah dimandikan. Sehingga, kombinasi dari pemberian obat penurun panas dan mandi air hangat dapat membantu menurunkan demam bayi lebih baik. Bayi yang tidak diberikan obat sebelum mandi mungkin akan menggigil karena tubuhnya akan mencoba untuk menaikkan suhunya lagi. Sehingga, hal ini dapat membuat demam menjadi lebih buruk.

Kapan bayi yang demam harus segera dibawa ke dokter?

Karena bayi usia 0-12 bulan memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan, ada baiknya segeralah periksakan si kecil ke dokter bila bayi mulai demam (sekedar menanyakan panas yang sedang dialami si kecil, apakah bahaya atau tidak, tidak harus meminta obat bila anda ragu memberikan obat).

Bila si kecil memiliki riwayat dengan kondisi fisik yang lemah, atau masih sangat muda, jangan pernah mencoba-coba memandikan si kecil ketika sedang demam atau panas, karena akan membahayakan si kecil.

Inilah rentangan suhu badan bayi yang sebaiknya harus segera dibawa ke dokter. 
  1. Bayi usia kurang dari 3 bulan: suhu tubuh 38°C atau lebih
  2. Bayi usia 3-6 bulan: suhu tubuh 38,3°C atau lebih
  3. Bayi usia lebih dari 6 bulan: suhu tubuh 39,4°C atau lebih
Baca juga: Inilah penyebab bayi Anda sering demam

0 komentar

Post a Comment