11/13/2017

Bila Si Kecil Batuk, Beginilah Cara Meredakan Batuk yang Paling Efektif

Meredakan batuk bayi - nutriclub.co.id

Firdaus45 - Suhu yang berubah terlalu cepat dan drastis dapat membuat kondisi tubuh seseorang menjadi tidak vit, bukan hanya bayi saja, orang dewasa bila mengalami hal demikian juga akan merasakan hal yang sama. 

Bila ini terjadi pada bayi, akan membuat bayi mudah terkena batuk dan pilek. Bila mendapati hal semacam ini tidak usah khawatir, karena ini adalah kondisi yang sangat umum terjadi apalagi di Indonesia. 

Saat kondisi bayi seperti ini, biasanya bayi menjadi tidak nafsu makan, sulit bernapas, susah tidur, tidak mau menyusu. Bila sudah seperti ini, peran orang tualah yang harusnya cepat tanggap dalam menghadapi setiap permasalahan si kecil.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meredakan batuk pada bayi Anda. 

1. Jemur Dibawah Sinar Matahari Pagi
Membiarkan bayi terkena sinar matahari pagi sangat baik untuk mengurangi batuk bayi. Selain itu, sinar matahari pagi juga dapat menyehatkan kulit karena tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D secara alami.

Jemur dengan melepaskan baju si kecil sambil Anda memijat-mijat bagian punggung dan dada bayi. Pijatlah dengan lembut agar si kecil tidak kesakitan. Bila bayi terasa ingin muntah, mungkin karena dahak yang ada di tenggorokannya ingin keluar. Bila dahak bisa dikeluarkan, batuk dan pilek si kecil perlahan akan mereda.

Jangan terlalu lama menjemur bayi, karena bila terkena paparan sinar matahari justru akan merusak kulit si kecil
  
2. Menguap bayi dengan minyak esensial
Bila cara pertama tidak dapat meredakan batuk si kecil, Anda dapat mencoba memberikan sedikit uap kepada si kecil. Namun yang perlu Anda ketahui adalah cara menguap untuk si kecil berbeda dengan cara menguap untuk orang dewasa.

Bila ingin menguap bayi untuk meredakan batuknya, berikan beberapa tetes minyak esensial di kamar mandi atau di bak mandi bayi Anda. Kemudian letakkan air panas di ember atau baskom agar uap dari baskom dapat bercampur dengan minyak esensial.

Selanjutnya, bawa bayi Anda ke dalam kamar mandi dan tutup pintunya. Reaksi pertama mungkin bayi Anda akan terbatu-batuk, namun tenang saja, karena ini hal yang wajar. Uap yang dihirup si kecil akan menyebabkan dahak keluar dan bayi akan merasa lebih nyaman.

3. Pijat Bayi dengan Daun Kemangi 
Batuk bayi akan membuat ibu merasa sangat sedih karena bayi pasti merasa sangat tersiksa. Ada banyak cara alami untuk menyembuhkan batuk bayi dan tidak menyebabkan efek samping. Jika Anda memiliki daun kemangi maka gunakan daun kemangi untuk memijat bayi. Aroma kemangi dan senyawa dalam daun kemangi akan melonggarkan batuk dan membantu mengeluarkan dahak. Caranya sebagai berikut:
  1. Ambil beberapa lembar daun kemangi segar yang baru dipetik kemudian cuci hingga bersih.
  2. Hancurkan daun kemangi dengan tangan Anda.
  3. Lalu pijatkan ke bagian dada dan punggung bayi secara lembut.
  4. Jangan memberikan daun kemangi terlalu banyak karena bisa menyebabkan efek panas untuk kulit bayi.
  5. Segera bersihkan bekas daun kemangi dengan lap atau handuk bersih.

4. Pijat Bayi dengan Bawang Merah 
Bawang merah memiliki senyawa kimia yang akan meringankan batuk dan melegakan tenggorokan. Anda tidak perlu memberikan bawang merah untuk makanan bayi, karena cukup memijat bayi dengan bawang merah. Lakukan beberapa cara dibawah ini:
  1. Hancurkan beberapa bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci dengan parutan keju.
  2. Tambahkan sedikit air hangat dan pijat di dada atau punggung bayi.
  3. Bayi Anda mungkin akan menangis karena bawang merah bisa menyebabkan efek panas untuk mata dan kulit.
  4. Hapus bekas pijatan dengan lap atau handuk bersih.

5. Ibu Menyusui Makan Bawang Putih 
Ibu yang menyusui bayi juga bisa membantu mengatasi batuk dengan cara yang sangat alami. Ibu bisa mengkonsumsi  bawang putih mentah atau sayur yang menggunakan kaldu bawang putih. Bawang putih bisa membantu bayi mengembangkan kekebalan tubuh yang baik. Bayi yang menyusui akan menerima asupan terbaik dari ASI. Jadi berbagai makanan yang dikonsumsi ibu juga akan sampai ke tubuh bayi. Bawang putih juga termasuk salah satu jenis makanan untuk memperbanyak ASI.

6. Sering Memijat pada Dada Bayi 
Batuk bisa menyebabkan dada menjadi nyeri, sakit dan terkadang menjalar hingga ke perut. Jika bayi sering batuk maka daerah perut dan dada bisa menjadi tidak nyaman. Untuk membantu mengatasi batuk maka Anda bisa memberikan pijatan pada bagian dada, punggung dan perut. Pijat bayi Anda dengan menggunakan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Jangan memijat dengan tekanan yang kuat, karena tekanan yang lembut sudah bisa membuat bayi menjadi lebih nyaman. Sementara Anda memijat bayi maka ajak bicara bayi sehingga bayi akan lebih nyaman.

7. Buat Suasana Kamar Tidur Bayi Menjadi Nyaman 
Ruangan tidur sangat penting untuk membuat bayi bisa beristirahat dengan baik. Anda bisa membuat suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman untuk bayi dan mengurangi batuk secara alami. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
  1. Ganti semua perlengkapan tidur bayi sehingga bayi lebih nyaman, lakukan sesering mungkin ketika bayi sedang batuk.
  2. Buka jendela kamar bayi ketika pagi hari sehingga udara segar bisa masuk ke kamar bayi.
  3. Keluarkan semua benda-benda dikamar bayi yang bisa menjadi pemicu batuk seperti boneka dan benda lain yang bisa menjadi tempat debu.
  4. Gunakan humidifier untuk membuat udara di kamar bayi menjadi lebih nyaman.
  5. Atur posisi tidur bayi yang baik sehingga bayi lebih nyaman.

8. Pijat Bayi dengan Minyak Bawang Putih 
Bahan lain yang bisa membantu mengurangi batuk bayi adalah minyak bawang putih. Anda bisa membuat minyak bawang putih sendiri sehingga jauh lebih alami. Caranya adalah dengan cara sangrai tanpa minyak beberapa siung bawang putih. Jika sudah mengeluarkan aroma yang harum, maka angkat dan hancurkan dengan tangan. Bawang putih akan mengeluarkan minyak dan gunakan untuk memijat dada atau punggung bayi. Cara ini bisa membantu menyembuhkan batuk secara alami.

9. Tinggikan Bantal Bayi 
Jika bayi Anda tidur dengan posisi yang sangat rendah, maka bisa menyebabkan bayi mengalami batuk yang parah. Terlebih jika bayi juga mengalami hidung tersumbat dan pilek. Untuk mengatasi batuk pada saat bayi tidur, maka tinggikan posisi tidur bayi dan buat bayi merasa lebih nyaman. Tidur dengan posisi yang lebih tinggi juga bisa membuat bayi bisa bernafas dengan baik. Beberapa saat setelah tertidur mungkin posisi bayi sudah tidak sama, sehingga Anda perlu memeriksa beberapa kali.

Baca juga: Bolehkah Bayi Tidur Menggunakan Bantal?

10. Harumkan Ruangan dengan Minyak Kayu Putih atau Vicks 
Kulit bayi Anda mungkin akan merasa panas jika diolesi dengan salep Vicks dan minyak kayu putih. Perawatan ini memang lebih baik untuk orang dewasa. Namun Anda tetap bisa menggunakan kedua bahan ini dengan cara yang sangat aman. Caranya adalah dengan memberikan minyak kayu putih atau Vicks pada kain atau handuk lembut. Kemudian letakkan kain atau handuk lembut ini di ruangan bayi. Ingat bahwa minyak kayu putih dan Vicks bisa menyebabkan bayi panas atau keracunan jika sampai tertelan. Jadi pastikan Anda meletakkan kain atau handuk yang sudah diberi minyak kayu putih dan Vicks jauh dari jangkauan tangan bayi Anda.

11. Berikan Banyak Cairan / ASI 
Bayi yang mengalami batuk biasanya akan sangat rewel. Untuk mengatasi batuk secara alami sebenarnya obat yang paling mujarab untuk bayi adalah ASI. Ibu yang merawat bayi yang batuk harus banyak mengkonsumsi bahan-bahan yang bisa menyembuhkan batuk. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi bisa melewati ASI dengan kandungan gizi yang seimbang pada ibu. Beberapa makanan yang wajib dikonsumsi ibu menyusui untuk menghasilkan ASI berkualitas seperti sayuran hijau (brokoli, bayam, kale, daun pepaya dan daun singkong), kembang kol, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ibu juga harus banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin. (Baca: Tujuan dan Manfaat ASI Eksklusif)

Baca juga: Cara memberikan asi yang baik dan benar

12. Angkat Kepala Bayi Saat Tidur 
Jika bayi mengalami serangan batuk yang parah pada saat tidur, maka Anda bisa mencoba meredakan batuk. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengangkat kepala bayi dan biarkan bersandar pada lengan Anda. Cara ini akan membuat bayi bisa bernafas dengan baik. Sentuhan ibu ketika bayi sedang batuk juga bisa menenangkan bayi. Setelah bayi merasa tenang, maka Anda bisa menidurkan bayi kembali dengan posisi bantal yang lebih tinggi.

13. Beri Madu 
Anda juga bisa membantu mengatasi batuk bayi dengan memberikan madu. Madu sangat baik terutama untuk bayi yang sudah berusia lebih dari 1 tahun. Namun untuk bayi yang berusia kurang dari 1 tahun bisa mengalami hal yang buruk seperti sakit perut. Berikan sedikit madu sebelum tidur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Namun hindari memberi madu untuk bayi yang baru lahir karena bisa menyebabkan bahaya madu bagi bayi baru lahir.

Baca juga:
  1. Manfaat Madu untuk Ibu Hamil 
  2. Bahaya memberi madu kepada bayi di bawah 1 tahun
  3. Botulisme dan pencegahannya

14. Berikan Pakaian yang Hangat 
Batuk pada bayi biasanya disertai dengan berbagai gejala lain seperti flu dan badan yang lelah. Untuk mengatasi agar badan bayi kuat dan batuk cepat sembuh, maka berikan pakaian yang hangat untuk bayi Anda. Setelah mandi pagi dan mandi sore maka berikan pakaian hangat yang akan membungkus tubuh bayi. Jangan biarkan bayi terkena udara luar lebih sering karena tubuh bayi rentan dan mudah terkena virus. Istirahat di dalam rumah adalah cara yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh bayi Anda.

Cara Mencegah Batuk dan Pilek pada Bayi

  1. Jika ada anggota keluarga Anda dan tinggal bersama dalam satu rumah, kemudian mereka terkena pilek dan batuk, maka jaga jarak dengan bayi Anda. Cara ini bisa mengurangi resiko bayi terkena virus yang menyebabkan batuk dan pilek.
  2. Orang dewasa yang ingin mengajak bayi sebaiknya sebaiknya mencuci tangan dan kaki dengan baik. Cara ini akan mencegah resiko bayi tertular virus atau sumber penyakit yang lain.
  3. Ibu yang merawat bayi juga harus selalu menjaga kebersihan diri. Ibu sebaiknya mencuci tangan sebelum memegang bayi atau akan merawat bayi. Segera cuci tangan setelah mengganti popok bayi dan kegiatan lain yang kurang steril.
  4. Ibu yang merawat bayi hendaknya membiasakan diri untuk tidak terlalu sering menyentuh daerah mata, hidung dan mulut. Area ini menjadi daerah yang sangat dekat dengan infeksi penularan sumber penyakit.
  5. Semua orang dewasa yang batuk atau bersin di dekat bayi sebaiknya segera menutup mulut ketika batuk atau bersin. Cara ini akan mencegah penularan batuk dan pilek ke bayi Anda.
  6. Selalu usahakan menggunakan berbagai perlengkapan bayi secara khusus, jangan bercampur dengan anak atau orang dewasa yang lain. Semua keperluan pribadi bayi sebaiknya hanya dipakai oleh bayi untuk mencegah bayi tertular penyakit.
  7. Jaga kebersihan semua perlengkapan tidur bayi, pakaian bayi dan semua benda yang ada di kamar bayi termasuk mainan. Semua benda ini bisa menjadi tempat kuman, virus atau bakteri sehingga bayi mudah sakit.
  8. Jauhkan binatang peliharaan terutama seperti anjing atau kucing yang bisa menyebabkan bayi mengalami alergi. Jika bayi mengalami alergi terhadap bulu binatang, maka mereka juga lebih sering batuk. Ketahui, apakah bayi Anda mengalami alergi dengan berkonsultasi ke dokter anak. 

Bila si kecil batuk, memang akan membuat panik orang tua, pengetahuan mengenai bagaimana cara mengatasi batuk bayi secara alami atau bisa dikatakan pertolongan pertama saat bayi batuk memang perlu dikuasi oleh setiap orang tua.

Namun bila batuk bayi tidak kunjung membaik atau bahkan malah memburuk, sebaiknya segeralah bawa si kecil dokter akan mendapatkan perawatan medis atau obat-obatan yang tepat sasaran.

Cara alami adalah tindakan pencegahan atau pertolongan pertama ketika bayi menunjukkan gejala-gejala akan mulai batuk.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda meredakan batuk si kecil, tetaplah jadi ibu yang pintar lagi bijak

0 komentar

Post a Comment