11/11/2017

Solusi Penanganan Psoriasis (Peradangan Kulit Menahun)

Firdaus45 - Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang terjadi selama bertahun-tahun (radang kulit yang menahun). Tanda umum psoriasis adalah adanya ruam merah pada kulit bagian siku, lutut dan kepala. Seringkali juga disertai dengan rasa gatal.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagian kulit yang lain dapat terserang psoriasis bila kondisinya sudah sangat parah. 

Perlu Anda ketahui bahwa serpihan kering seperti sisik kulit pada area psoriasis merupakan hasil dari proliferasi sel kulit yang terlalu cepat. Proliferasi sel kulit dipicu oleh peradangan akibat bahan kimia yang diproduksi oleh sel darah putih yang disebut dengan limfosit.

Psoriasis ini dianggap sebagai suatu kondisi peradangan kulit yang menahun dan tidak bisa disembuhkan. Terkadang kondisi kulit penderita psoriasis akan membaik dalam beberapa waktu, kemudian kembali memburuk. Penderita psoriasis divonis tidak dapat sembuh secara spontan, banyak dari mereka mengalami kondisi kulit yang semakin memburuk apabila cuaca sedang dingin, seperti musim hujan, musim dingin.

Psoriasis menyerang hampir pada semua ras manusia dan juga semua jenis kelamin. Mulai dari bayi hingga lansia semuanya memiliki kemungkinan terkena psoriasis (peradangan kulit yang menahun).


Hasi riset baru-baru ini menyatakan bahwa penderita psoriasis cenderung memiliki penyakit diabetes, kolesterol, penyakit kardiovaskular dan beberapa penyakit peradangan lainnya. Dimana hal ini menandakan bahwa tubuh penderita psoriasis tidak mampu menanggulangi peradangan di dalam tubuhnya.

Faktor apa sajakah yang menyebabkan Psoriasis?

Secara pasti, psoriasis tidak dapat diketahui apa penyebabnya. Namun, faktor genetik dan lingkungan diindikasikan menjadi penyebab persebaran peradangan kulit yang menahun ini. Hal ini disebabkan karena penderita psoriasis juga akan ditemukan pada anggota keluarga yang sama. 

Sisitem kekebalan tubuh dalam melawan peradangan dalam tubuh disinyalir memainkan peran yang cukup penting dalam menekan pertumbuhan psoriasis ini. Selama kurang lebih 30 tahun terakhir menunjukkan bahwa psoriasis merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi misteri, baik penyebab serta penyembuhannya.

Fakta Seputar Psoriasis

  1. Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang meradang.
  2. Psoriasis plak adalah bentuk psoriasis yang paling umum.
  3. Penderita Obesitas, diabetes dan penyakit jantung merupakan yang lebih sering mengalami psoriasis
  4. Psoriasis dimulai oleh pemicu lingkungan tertentu
  5. Psoriasis diwariskan melalui gen
  6. Meskipun gejala dan tanda bervariasi, itu termasuk plak merah, penskalaan gatal, kulit tinggi yang mempengaruhi siku, lutut dan kulit kepala.
  7. Psoriasis tidak menular.
  8. Psoriasis menjadi lebih baik dan lebih buruk secara spontan dan dapat memiliki remisi berkala (kulit bening).
  9. Psoriasis dapat dikontrol dengan pengobatan.
  10. Psoriasis saat ini tidak bisa disembuhkan.
  11. Ada banyak terapi baru yang menjanjikan, termasuk obat biologis baru.

Solusi penangan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah psoriasis yaitu:


1. Gunakan krim pelembab
Penggunaan krim yang tebal seperti jeli minyak atau pelembab lainnya dapat menahan air tetap berada pada kulit. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi kemerahan pada kulit.

2. Gunakan Cuka Apel untuk Kulit Kepala
Gunakan cuka apel pada kulit kepala setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Boleh dicampur air atau hanya cuka apel. Penggunaan cuka apel ini dapat melegakan kulit kepala Anda. Bilas kulit kepala anda bila minyaknya sudah terasa mengering.

Jangan gunakan cuka apel pada saat kulit kepala anda sedang terluka, karena anda akan merasakan sensasi terbakar bila terkena daerah yang terluka.

3. Berjemur di Pagi hari
Sinar Ultraviolet B dapat membantu Anda melawan Psoriasis yang Anda milkki.

Berjemurlah kuranglebih 5-10 menit sehari. Jangan lupa gunakan krim tabir surya pada area kulit yang tidak terkena psoriasis, jangan terlalu lama berjemur karena bila terlalu lama, resiko kanker kulit juga akan semakin meningkat.
Sumber:
  1. https://www.medicinenet.com/psoriasis/article.htm
  2. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/ss/slideshow-home-remedies-for-psoriasis

0 komentar

Post a Comment