10/01/2017

Bila Anak Anda Menderita Penyakit Leukemia,

Firdaus45.com - Apa itu leukemia masa kanak-kanak?

Kanker dapat muncul di area manapun di bagian tubuh. Leukemia adalah sejenis kanker yang dimulai pada bentuk awal sel darah.

Leukemia dimulai ketika sel darah putih tumbuh tak terkendali dan menggairahkan sel darah normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya.

Leukemia dimulai di sumsum tulang, bagian dalam lembut dari tulang tertentu dimana sel darah baru dibuat, dan dengan cepat menyebar ke darah. Dari situ leukemia dapat menyebar ke suluruh bagian tubuh yang lain.

Sel darah normal

Untuk memahami berbagai jenis leukemia, ada baiknya mengetahui tentang jenis sel darah.

Sel darah merah berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke semua jaringan tubuh lainnya dan membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk diangkat.

Sel darah putih berperan untuk membantu tubuh melawan infeksi. Ada banyak jenis sel darah putih, namun tipe utamanya adalah:

  1. Limfosit
  2. Granulosit
  3. Monosit

Kebanyakan leukemia dimulai pada bentuk awal sel darah putih.

Trombosit sebenarnya adalah potongan yang lepas dari sel sumsum tulang tertentu. Trombosit membantu menghentikan perdarahan dengan cara memasukkan lubang pada pembuluh darah yang disebabkan oleh luka atau memar.

Jenis leukemia pada anak-anak

Ada banyak jenis leukemia, yang bisa tumbuh cepat (akut), atau tumbuh lebih lambat (kronis). Hampir semua leukemia pada anak-anak akut. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang tipe yang dimiliki anak Anda. Berikut adalah nama medis untuk 2 jenis leukemia yang paling umum pada anak-anak.

Leukemia limfositik akut

Leukemia limfoblastik akut ini adalah jenis leukemia anak yang paling umum. Ini dimulai dari bentuk awal limfosit di sumsum tulang.

Leukemia myelogenous akut

Leukemia myeloid akut ini adalah jenis kedua yang paling umum. Ada banyak jenis Leukemia myeloid, yang dimulai dari sel-sel yang membentuk sel darah putih lainnya (bukan limfosit), sel darah merah, atau trombosit.

Pengujian yang mungkin dilakukan

Terkadang leukemia masa kanak-kanak bisa salah untuk penyakit biasa seperti flu atau flu, apalagi saat gejala tidak hilang. Tanyakan kepada dokter anak Anda apakah anak Anda memiliki hal-hal berikut: demam, merasa lelah, sakit pada tulang, memar, atau sakit kepala. Dokter akan ingin tahu berapa lama anak Anda memiliki gejala ini.

Jika tanda-tanda menunjuk ke leukemia, lebih banyak tes akan dilakukan. Berikut adalah beberapa tes yang mungkin dibutuhkan oleh anak Anda:

Jumlah sel darah: Tes darah ini sering kali dilakukan tes pertama. Sebagian besar anak-anak dengan leukemia memiliki terlalu banyak sel darah putih dan tidak cukup sel darah merah atau trombosit. WBC yang ditemukan adalah sel darah muda yang disebut ledakan yang biasanya tinggal di sumsum tulang sampai mereka dewasa. Menemukan sel blast ini di dalam darah, atau menemukan sedikit sel darah putih sama sekali, juga bisa membuat dokter berpikir itu adalah leukemia.

Aspirasi sumsum tulang dan biopsi. Tes ini biasanya diperlukan untuk memastikan apakah anak Anda menderita leukemia. Seorang dokter menggunakan jarum tipis dan berongga untuk mengeluarkan sejumlah kecil sumsum tulang, biasanya dari tulang pinggul. Area di sekitar tulang sudah mati rasa, dan anak tersebut mungkin diberi obat untuk membuat mereka tidur selama tes berlangsung. Sampel dikirim ke laboratorium untuk melihat apakah ada sel leukemia di sumsum tulang.

Tes ini juga bisa digunakan nantinya untuk melihat apakah leukemia sudah membaik dengan pengobatan.

Tumpukan spinal: Untuk tes ini, dokter pertama kali mematikan area di bagian bawah punggung atas tulang belakang. Dokter mungkin memberi anak obat untuk membuat mereka tidur selama tes berlangsung. Jarum berongga kecil ditempatkan di antara tulang-tulang tulang belakang untuk menarik keluar beberapa cairan, yang diperiksa untuk sel leukemia.

Tes laboratorium untuk leukemia: Tes ini melihat sampel dari darah, sumsum tulang, cairan tulang belakang dan kelenjar getah bening di bawah mikroskop untuk membantu dokter mengetahui jenis leukemia apa yang dimiliki anak tersebut.

Tes darah lainnya: Jika anak memiliki leukemia, tes darah lainnya akan dilakukan untuk melihat seberapa baik hati, ginjal, dan organ lainnya bekerja.

X-ray: Rontgen dada dapat membantu mengetahui apakah organ atau kelenjar getah bening di dada bengkak. Hal ini juga dapat melihat apakah anak tersebut tampaknya memiliki infeksi paru-paru.

CT (computed tomography) scan: CT scan menggunakan sinar-x untuk membuat gambar rinci bagian dalam tubuh. Tes ini dapat membantu mengetahui apakah leukemia telah menyebar ke kelenjar getah bening di dada atau organ seperti limpa atau hati.

Klasifikasi leukemia masa kanak-kanak

Leukemia tidak seperti kebanyakan kanker lainnya. Kanker dimulai di sumsum tulang dan cepat menyebar ke darah, jadi sel leukemia sudah ada di seluruh tubuh. Perhatian yang paling penting untuk leukemia adalah mencari tahu jenis dan subtipe leukemia. Mintalah dokter untuk menjelaskan jenis leukemia yang dimiliki anak Anda. Tipe ini membantu dokter menentukan pilihan pengobatan mana yang terbaik.

Beberapa pertanyaan yang mungkin perlu Anda tanyakan kepada Dokter

  1. Maukah Anda menuliskan jenis leukemia apa yang dimiliki anak saya?
  2. Adakah faktor yang mungkin mempengaruhi pandangan anak saya?
  3. Apakah ada dokter lain yang perlu kita lihat?
  4. Berapa banyak pengalaman Anda yang telah merawat jenis leukemia ini?
  5. Tes apa yang harus dimiliki anak saya?
  6. Siapa yang akan melakukan tes ini?
  7. Kemana mereka akan selesai?
  8. Siapa yang bisa menjelaskannya padaku?
  9. Bagaimana dan kapan kita akan mendapatkan hasilnya?
  10. Siapa yang akan menjelaskan hasilnya?
  11. Seberapa cepat kita perlu memulai perawatan?
  12. Apa yang akan terjadi selanjutnya?
  13. Perawatan apa yang akan anak saya butuhkan?


Rencana perawatan yang terbaik untuk anak Anda akan tergantung pada:
  1. Tipe dan subtipe leukemia
  2. Kemungkinan bahwa jenis pengobatan akan menyembuhkan leukemia atau membantu dengan cara tertentu
  3. Perasaan Anda tentang pengobatan dan efek samping yang bisa menyertainya

Kemo

Kemoterapi atau kemo singkatnya adalah penggunaan obat untuk membunuh sel kanker. Ini adalah pengobatan utama untuk kebanyakan jenis leukemia.

Biasanya obat diberikan baik ke pembuluh darah, ke tulang belakang, atau sebagai pil. Begitu obat memasuki darah, mereka menyebar ke seluruh tubuh. Anak-anak mungkin mendapatkan lebih dari satu obat kemoterapi pada waktu yang berbeda.

Dokter memberi chemo dalam siklus, dengan setiap siklus diikuti dengan periode istirahat. Sebagai aturan, pengobatan AML (acute myeloid leukemia) menggunakan dosis kemo dosis tinggi selama periode waktu yang lebih pendek (biasanya kurang dari satu tahun), sementara SEMUA pengobatan menggunakan dosis rendah selama periode waktu yang lebih lama (sekitar 2 sampai 3 tahun).

Efek samping kemo

Kemo bisa memiliki banyak efek samping seperti:
  1. Rambut rontok
  2. Mulut luka
  3. Kehilangan selera makan
  4. Diare
  5. Mual dan muntah
  6. Meningkatnya risiko infeksi (karena jumlah sel darah putih yang rendah)
  7. Memar dan berdarah dengan mudah (dari jumlah trombosit rendah)
  8. Kelelahan (disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang rendah.
Tapi masalah ini cenderung hilang setelah perawatan berakhir. Ada beberapa cara untuk mengobati efek samping kemoterapi. Pastikan untuk berbicara dengan tim perawatan kanker anak Anda sehingga mereka dapat membantu.

Terapi yang ditargetkan

Obat yang ditargetkan adalah pengobatan baru yang dapat digunakan untuk jenis leukemia tertentu. Obat ini terutama mempengaruhi sel kanker dan bukan sel normal di tubuh. Mereka mungkin bekerja bahkan jika perawatan lainnya tidak. Mereka mungkin datang sebagai pil yang dibawa anak Anda di rumah. Obat ini memiliki efek samping yang berbeda dari kemoterapi dan seringkali tidak seburuk.

Kemoterapi dosis tinggi dan transplantasi sel induk

Transplantasi sel induk kadang-kadang dapat digunakan untuk anak-anak yang kemungkinan penyembuhannya rendah dengan dosis standar kemo. Transplantasi sel induk memungkinkan dokter menggunakan dosis kemoterapi yang sangat tinggi. Dosis tinggi obat ini menghancurkan sumsum tulang, yang membuat sel darah baru tidak dibuat. Hal ini merupakan ancaman bagi kehidupan anak. Tapi setelah perawatan selesai, anak mendapat transplantasi sel induk pembentuk darah untuk menggantikan sumsum tulang. Ada berbagai jenis Transplantasi sel induk, yang masing-masing memiliki efek samping yang serius. Tanyakan kepada dokter Anda tipe mana yang akan dimiliki anak Anda dan apa yang akan Anda harapkan.

Operasi

Pembedahan hanya memiliki peran kecil dalam mengobati leukemia. Ini karena leukemia adalah penyakit darah dan sumsum tulang dan tidak bisa disembuhkan dengan operasi. Pembedahan dapat digunakan sebelum kemo untuk menaruh tabung plastik kecil yang disebut kateter vena sentral atau perangkat akses vena ke pembuluh darah besar. Hal ini memungkinkan obat-obatan seperti kemoterapi diberikan dan sampel darah dikeluarkan.

Perawatan radiasi

Radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi (seperti sinar-x) untuk membunuh sel kanker. Pengobatan ini dapat digunakan untuk membunuh sel leukemia yang mungkin bersembunyi di otak atau di testis. Ini juga bisa digunakan sebelum transplantasi sel induk. Tanyakan kepada dokter anak Anda apakah radiasi akan menjadi bagian dari perawatan dan apa yang diharapkan.

Efek samping dari perawatan radiasi

Jika dokter anak Anda menyarankan perawatan radiasi, bicarakan efek samping apa yang mungkin terjadi. Efek samping tergantung di mana radiasi ditujukan. Efek samping radiasi yang paling umum adalah:
  1. Perubahan kulit di mana radiasi diberikan
  2. Merasa sangat lelah
  3. Efek samping ini cenderung membaik setelah perawatan berakhir. Radiasi juga bisa menyebabkan efek jangka panjang jika ditujukan ke otak, jantung, paru-paru, atau organ lainnya. Bicaralah dengan tim perawatan kanker anak Anda tentang apa yang diharapkan.

Uji klinis

Uji klinis adalah penelitian yang menguji obat baru atau pengobatan lain pada orang. Mereka membandingkan perawatan standar dengan orang lain yang mungkin lebih baik.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang uji klinis, mulailah dengan bertanya kepada dokter anak Anda jika klinik atau rumah sakit Anda ambil bagian dalam uji klinis.

Uji klinis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengobatan kanker terbaru. Tujuannya adalah untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mengobati kanker. Jika dokter Anda dapat menemukan orang yang mempelajari jenis kanker yang dimiliki anak Anda, terserah Anda apakah akan ikut serta. Dan Anda selalu bisa berhenti kapan saja.

Bagaimana dengan perawatan lain yang saya dengar?

Bila anak Anda terkena kanker Anda mungkin akan mendengar tentang cara lain untuk mengobati kanker atau gejalanya. Ini mungkin tidak selalu merupakan perawatan medis standar. Perawatan ini bisa berupa vitamin, herbal, diet khusus, dan hal lainnya. Anda mungkin bertanya-tanya tentang perawatan ini.

Beberapa di antaranya diketahui bisa membantu, namun banyak yang belum pernah diuji. Beberapa telah terbukti tidak membantu. Beberapa bahkan telah ditemukan berbahaya. Bicaralah dengan dokter anak Anda tentang apa pun yang Anda pikirkan tentang penggunaan, entah itu vitamin, makanan, atau hal lainnya.

Pertanyaan untuk ditanyakan ke dokter
  1. Perlakuan apa yang menurut Anda paling baik untuk anak saya?
  2. Apa tujuan pengobatan ini? Apa menurutmu itu bisa menyembuhkan leukemia?
  3. Apakah anak saya juga membutuhkan jenis pengobatan lain?
  4. Apa tujuan perawatan ini?
  5. Efek samping apa yang bisa dimiliki anak saya dari perawatan ini?
  6. Apa yang bisa kita lakukan tentang efek samping?
  7. Adakah percobaan klinis yang mungkin tepat untuk anak saya?
  8. Bagaimana dengan vitamin atau diet khusus yang dikisahkan teman-teman saya? Bagaimana kita bisa tahu apakah mereka aman?
  9. Seberapa cepat kita perlu memulai perawatan?
  10. Apa yang harus kita lakukan untuk siap berobat?
  11. Adakah yang bisa kita lakukan untuk membantu perawatan lebih baik?
  12. Apa pilihan pengobatan kita?
  13. Apa yang anda rekomendasikan dan mengapa?
  14. Haruskah kita berpikir tentang transplantasi sel punca?
  15. Apa kemungkinan penyembuhan leukemia?
  16. Apa langkah selanjutnya?
  17. Apa yang akan terjadi setelah perawatan?

Anda akan senang saat perawatan selesai. Tapi sulit untuk tidak khawatir tentang kanker kembali. Bahkan saat kanker tidak pernah kembali, orang masih khawatir akan hal itu. Selama bertahun-tahun setelah perawatan berakhir, anak Anda akan menemui dokter kanker Anda. Pastikan mereka mengunjungi semua kunjungan tindak lanjut ini. Anak Anda akan menjalani ujian, tes darah, dan mungkin tes lain untuk mengetahui apakah kanker telah kembali.

Pada awalnya, kunjungan dokter mungkin sekitar sebulan sekali. Kemudian, semakin lama anak Anda bebas dari kanker, semakin jarang kunjungan dibutuhkan.

Sumber:
  1. cancer.org
  2. lls.org
  3. empowher.com

Baca juga: Gejala dan Pengobatan Leukemia

0 komentar

Post a Comment