Tips Agar ASI Tetap Lancar Saat Berpuasa

Firdaus45.com - Saat seseorang sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan kebutuhan cairan juga akan semakin meningkat. Hal ini akan menjadikan tubuh menjadi cepat lelah karena dehidrasi. Terlebih lagi bila yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah seorang ibu yang sedang menyusui, hal ini pastilah akan terasa berat.

Banyak yang percaya bahwa ketika seorang ibu menyusui menjalankan ibadah puasa maka ASI yang dimilikinya menjadi tidak lancar lagi.

Padahal, proses pembentukan asi pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor stress, obat-obatan, dan juga operasi. Faktor-faktor tersebutlah yang sebenarnya membuat asi menjadi tidak lancar.

Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan agar tetap tenang pada saat awal menyusui bila asi yang dimilikinya tidak kunjung keluar.

ibu menyusui indonesia,

Nah untuk itu, usahakan agar tetap dalam kondisi tenang dan jangan panik apabila sudah masuk bulan ramadhan tetapi anda sedang menyusui. Meskipun sebenarnya anda boleh tidak berpuasa karena sedang menyusui, dengan mengganti di lain hari.

Tapi, bagi anda yang berniat tetap menjalankan ibadah puasa jangan pernah lupa untuk terus memenuhi kebutuhan gizi. Jangan pernah lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda agar dapat memberikan ASI dengan lancar saat sedang berpuasa.


1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh.
Tidak makan dan minum selama sehari penuh memang akan membuat orang dehidrasi. Selain badan lemas, kekurangan cairan juga akan mempengaruhi volume asi yang terkandung di dalam payudara anda.

Dan apabila volume asi anda tetap banyak, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak lemas karena sebagian cairan tubuh dialirkan menuju payudara untuk produksi asi.

Nah, cara yang paling baik dalam memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa yaitu pada saat sahur. Mengakhirkan sahur dengan gizi yang lengkap dan minum air yang cukup akan membuat anda terhindar dari rasa lelah atau dehidrasi yang berlebihan.

2. Selalu konsumsi sayuran segar selama berpuasa
Mengkonsumsi sayuran hijau selama berpuasa akan membuat pencernaan anda terhindar dari masalah.

Rajin mengkonsumsi sayuran hijau baik selama puasa ataupun tidak akan sangat bagus bagi ibu menyusui. Beberapa sayuran hijau memang memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi asi. Salah satu contohnya adalah sayur katu yang sudah sejak dulu dipercaya sangat ampuh dalam meningkatkan produksi asi.

Jangan lupa untuk selalu mencuci bersih sayuran yang hendak dimasak karena ditakutkan ada cairan pestisida atau telur cacing yang masih menempel pada sayuran.

Masaklah dengan benar agar kandungan gizinya tidak hilang pada saat dimasak.

3. Usahakan selalu menjaga kondisi badan.
Menjaga kondisi badan menjadi sangat penting bagi anda yang sedang menyusui. Usahakan untuk tidak sakit selama menjalani ibadah puasa.

Terkadang sakit juga akan membuat asi anda menjadi tidak lancar, bahkan sebagian orang pernah mengalami setelah selesai sakit asinya sudah tidak lagi berproduksi.

Meskipun demikian, usahakan agar tetap tenang selama menjalani ibadah puasa.

4. Hindari menu sahur yang berminyak
Makanan yang berminyak akan membuat anda mudah merasa haus. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak juga akan membuat anda mudah sakit tenggorokan.

Untuk itu, saat santap sahur usahakan jangan makan makanan yang berminyak banyak

5. Konsumsilah makanan yang sehat.
Meskipun kelihatannya segar dan alami, namun beberapa makanan seperti ikan terkadang terkontaminasi dengan merkuri.

Bukan rahasia lagi bahwa merkuri adalah senyawa yang sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh. Terutama bagi ibu menyusui, mengkonsumsi makanan yang tercemar merkuri akan mengganggu kesehatan yang pada akhirnya berdampak pada kelancara produksi asi.

6.Cukupi kebutuhan gizi
Mencukupi kebutuhan gizi adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh ibu menyusui, tidak hanya saat berpuasa saja.

Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang dapat melancarkan asi dan juga dapat meningkatkan produksi asi. 

7. Hindari stress

Stress merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab asi menjadi tidak lancar. Saat jenuh, ada baiknya bila pergi jalan-jalan keluar mencari udara segar agar kondisi mental anda tetap terjaga.

Penuhi juga jam istirahat anda pada siang ataupun malam hari. Bila sulit mendapatkan jam tidur di malam hari, ada baiknya untuk menggantinya di siang hari.

8. Saat terjadi keluhan, segeralah konsultasi ke dokter.
Berpuasa pada saat menyusui merupakan tantangan besar bagi ibu menyusui. Selain harus memenuhi kebutuhan gizinya sendiri, dia juga harus memenuhi asupan gizi si kecil.

Maka wajar bila terkadang terjadi masalah seperti asi tidak lancar saat menyusui bila ibu memaksakan tetap berpuasa sambil menyusui bayi anda.

Jika terjadi hal demikian, maka segeralah berkonsultasi ke dokter agar dapat segera diketahui apa yang menjadi permasalahannya.

No comments

Haid

Kecantikan

Ibu dan Bayi

Wisata