Inilah Hal yang Harus Dilakukan Bagi Kamu yang Baru Pertama Kali Merasakan Menstruasi

Firdaus45.com - Wanita yang tidak pernah mendapatkan informasi seputar haid pastilah akan merasa heran sekaligus takut bila secara mendadak keluar darah pada daerah kewanitaan.

Rasa panik dan malu untuk bertanya pada orang tua sudah tentu, terlebih jika haid pertama kali terjadi pada saat malam hari. Mungkin akan membuat kamu bingung bagaimana mencuci celana dalam yang sudah penuh dengan darah. Anda beranggapan bahwa orang tua tidak boleh mengetahui hal ini, karena takut dimarahi atau ditanyai yang aneh-aneh.


Semua hal tersebut adalah wajar sekali terjadi, sehingga diperlukan bimbingan, arahan serta pemahaman dari kedua orang tua bahwa si anak sudah beranjak dewasa dan memiliki tanggung jawab lebih terhadap mahkotanya tersebut.

Jika Anda belum pernah mengalami menstruasi dan sedang mencari-cari informasi seputar menstruasi, Anda tidak salah membaca artikel ini.

Sekilas akan dijelaskan mengenai apa saja gejala awal menstruasi akan datang. Berikut ini adalah beberapa gejala yang pada umumnya dialami oleh setiap wanita yang baru pertama kali merasakan haid pertamanya yaitu

1. Perubahan fisik
Perubahan fisik seorang gadis yang akan mengalami menstruasi pertamanya adalah membesarnya payudara.


Selain payudara, bila seorang gadis akan memperoleh haid pertamanya, pada daerah kewanitaan akan mulai tumbuh bulu halus.

Perubahan fisik tersebut dapat kamu jadikan sebagai penanda awal bahwa kamu akan segera mendapatkan haid pertamamu. Jadi persiapkan dengan baik dirimu.

2. Keluarnya lendir atau noda coklat yang menempel pada celana dalam
Seorang gadis yang akan mengalami haid pertama kali pasti ditandai dengan munculnya lendir. Lendir ini pada umumnya akan keluar 6 bulan sebelum darah haid pertama keluar.

3. Perubahan Hormonal
Bagi kamu yang bukan praktisi medis, perubahan hormonal tanda awal menstruasi memang seringkali terabaikan. Perubahan ini memang tidak berhubungan langsung dengan daerah kewanitaan yang kamu rasakan.

Perubahan hormonal lebih kepada naik turunnya emosi, dan mood yang tidak menentu.

4. Premenstrual Syndrome atau lebih dikenal dengan istilah PMS
Pada saat baru pertama kali merasakan haid, beberapa gejala dan keluhan semacam ini seringkali terjadi.

Rasa sakit pada bagian bawah perut sering dialami oleh setiap gadis yang baru mendapatkan menstruasinya. Rasa nyeri tersebut biasanya dikenal dengan istilah dismenore atau nyeri haid

Dismenore atau nyeri haid merupakan suatu kejadian alami yang diakibatkan oleh kontraksi otot rahim. 

selain itu, gejala lain seperti perut kembung, sakit kepala, dan terkadang membuat orang tersebut mudah sekali lelah. (baca: Cara mencegah perut kembung saat haid)

Selengkapnya: Tanda awal haid akan segera datang

Tips Memperiapkan Diri Menghadapi Menstruasi Pertama

Bila kamu sudah mengetahui apa saja yang merupakan tanda dan gejala awal bahwa haid pertama akan datang, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memperisapkan diri untuk menghadapi haid pertamamu. 

Apa saja yang harus dipersiapkan? yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pahami apa itu siklus menstruasi 
Siklus menstruasi merupakan periode kapan menstruasi ke 2 kamu peroleh. 

Dengan memahami siklus menstruasi ini, kamu akan mudah mempersiapkan diri jauh hari sebelum menstruasi datang. Sekaligus untuk membiasakan diri dalam mempersiapkan kebutuhan selama menstruasi.

2. Siapkan Pembalut
Menstruasi pertama memang datang tanpa harus permisi. Akan tetapi bila kamu sudah mengetahui tanda awal menstruasi akan datang, yang harus kamu lakukan untuk mengantisipasinya adalah dengan menyiapkan pembalut.

Pembalut digunakan untuk menahan darah yang keluar dari daerah kewanitaan agar tidak berceceran kemana-mana. 

Bila sedang bepergian, sangat disarankan untuk membawa pembalut cadangan sebagai ganti. Tujuannya adalah untuk dapat diganti sesegera mungkin bila pembalut sudah penuh dengan darah.

Saat memilih pembalut, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kondisimu, atau pilihlah pembalut yang mampu menampung banyak darah dengan daya serap tinggi agar daerah kewanitaanmu tetap terjaga kebersihannya.

3. Siapkan obat atau ramuan tradisional pereda nyeri
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa gejala yang pada umumnya terjadi saat menstruasi pertama adalah munculnya rasa nyeri pada bagian perut bawah.

Bagi sebagian orang nyeri haid akan sangat mengganggu aktivitas. Namun, ada juga yang tidak terlalu merasakan sakit ketika haid pertama datang
Disarankan meminum pereda rasa nyeri bila memang kamu tidak dapat menahan rasa sakit yang ditimbulkannya. 

4. Kurangi aktivitas fisik
Bagi kamu yang gemar olahraga, jalan-jalan, dan lain sebagainya, sebaiknya kurangi kegiatan tersebut bila haid sedang menghampirimu.
Sebenarnya tidak ada larangan, hanya saja menjaga diri agar darah menstruasi tidak jatuh berceceran tanpa disadari. 

Terlebih bila haid pertama dibarengi dengan nyeri haid, maka sebaiknya beristirahatlah yang cukup. Konsumsi makanan sehat penyubur sel telur agar kualitas sel telur tetap terjaga.

Jaga cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. 

5. Siapkan pembersih daerah kewanitaan
Darah haid merupakan darah kotor yang harus dikeluarkan. Akan menimbulkan masalah lain bila kamu tidak rajin menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

Beberapa masalah kesehatan bila kamu tidak rutin membersihkan daerah kewanitaan selama masa haid diantaranya yaitu keputihan, bau tidak sedap pada daerah kewanitaan, dan juga dapat berakibat munculnya kista yang dapat memicu kanker servik.
Saat haid datang, sering-seringlah mengganti pembalut yang sudah penuh dengan darah. Jangan lupa untuk mencuci bersih daerah kewanitaan agar darah yang diluar tersapu air. 

Bila tidak mengetahui dengan baik soal pembersih daerah kewanitaan, jagan gunakan obat tersebut.

Bila salah pemakaian, malah justru akan merusak pH pada daerah kewanitaan sehingga menyebabkan kuman tumbuh subur dan menyebabkan penyakit menular seksual.

Tidak usah terlalu panik menghadapi darah menstruasi, pada intinya selalu utamakan menjaga kebersihan daerah kewanitaan kamu selama masa subur datang. 
Loading...

No comments

Haid

Kecantikan

Ibu dan Bayi

Wisata